12 Juni 2011

Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang


Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang JTT

Ide otak-otak tahu dan ikan bandeng ini tercetus ketika saya melongok kulkas dan menemukan 5 buah tahu kuning yang telah menginap beberapa hari di kulkas. Saya sedang tidak bernafsu makan tahu goreng jadi dengan sedikit modifikasi bersama ikan bandeng di freezer, saya pun memutuskan untuk bereksperimen sedikit sambil memanfaatkan kulit kembang tahu yang masih ada. Semua bahan saya haluskan dengan food processor beserta bumbu-bumbu racikan, kemudian saya bungkus dengan kulit kembang tahu dan dikukus. Trala, jadilah otak-otak tahu ikan bandeng yang lezat. Untuk saus kacangnya saya memanfaatkan sambal pecel yang dibawa oleh Ibu saya dari Ngawi. Hmm, sambal pecel Ngawi terkenal lezatnya lho, next saya berencana untuk membagi resep sambal pecel  ala Ibu saya di sini.

Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang JTT

Untuk menghaluskan semua bahan-bahan ini tentu saja tidak harus menggunakan food processor, saya biasanya menghaluskan ikan beserta bumbu-bumbunya menggunakan blender sehingga tulang-tulang bandeng yang halus bisa hilang tergiling. Jika menggunakan ulekan biasa, maka anda harus memisahkan tulang dan daging bandengnya ya agar tidak mengganggu saat otak-otak disantap. Kulit ikan yang liat agak sulit untuk dihaluskan, blender pun sulit berputar maksimal, maka sebaiknya anda keruk daging bandeng dengan sendok terlebih dahulu agar terpisah dari kulitnya. Jika kembang tahu sulit untuk diperoleh, maka bungkus otak-otak dengan daun pisang dan kukus hingga matang. Kemudian bakar otak-otak di panggangan atau wajan hingga kering.

Otak-otak tahu ikan bandeng ini sangat lezat dan gurih dengan rasa ikan bandeng yang kuat. Jika anda bukan penggemar ikan bandeng maka ikannya bisa anda ganti dengan jenis lainnya ya. Untuk menyantapnya, siram otak-otak goreng dengan saus kacang, taburi dengan irisan ketimun segar. Kucuri dengan air jeruk nipis/limau seperti menyantap siomay, plus dengan saus sambal jika ingin pedas. Yummy! 

Berikut resepnya ya.


Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang JTT


Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 buah otak-otak dengan panjang + 10 cm diameter + 4 cm

Bahan:
- 275 gram daging ikan bandeng, sekitar 2 ekor ukuran sedang
- 5 buah tahu putih, saya pakai tahu kuning ukuran 5 x 5 cm, haluskan hingga benar-benar halus
- 1 butir telur ayam
- 1 sendok makan tepung sagu (optional)
- 5 buah kulit kembang tahu, ukuran 20 x 15 cm

Bumbu:
- 3 butir bawang putih, cincang kasar
- 1 butir bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk

Pelengkap:
Bumbu pecel siap pakai

Cara membuat:

Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang JTT

Siangi ikan bandeng, buang isi perut dan insangnya, cuci bersih. Menggunakan pisau yang tajam, pisahkan daging bandeng dengan tulang dan kepalanya. Kerok menggunakan sendok untuk memisahkan daging dari kulitnya, jika daging ikan akan ditumbuk atau diblender. Jika menggunakan food processor, cukup potong-potong daging ikan menjadi ukuran yang lebih kecil tanpa harus memisahkan kulitnya. Kepala, tulang dan kulitnya bisa anda rebus untuk menjadi kuah kaldu sup ikan yang lezat, resepnya bisa di klik di Tuna Kuah Asam dengan Belimbing Wuluh atau di Sup Ikan Patin ala Sragen atau di Bandeng Masak Pindang Serani

Masukkan daging ikan, bawang putih, bawang bombay, merica, garam, kaldu bubuk, telur, kecap asin, saus tiram dan gula pasir ke blender/food processor. Proses hingga halus. Tuangkan adonan ikan ke mangkuk, tambahkan tahu dan aduk rata. Jika menggunakan food processor masukkan tahu langsung ke dalam alat dan proses semua bahan hingga lembut.

Tambahkan tepung sagu ke adonan, tepung sagu fungsinya membuat otak-otak menjadi lebih keras, jika anda ingin menghilangkannya dari bahan tidak apa-apa, karena otak-otak tetap bagus hasilnya hanya saja teksturnya lebih lunak.

Siapkan selembar kulit kembang tahu di meja, beri 3 sendok makan adonan, ratakan memanjang, kemudian gulung hingga kulit menutupi adonan dan menjadi satu gulungan bulat. Lakukan hingga semua bahan habis. Kukus otak-otak di dandang selama 20 menit. Angkat.

Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang JTT

Goreng dengan minyak panas jika suka otak-otak yang berkulit crispy, walaupun tanpa digorengpun otak-otak tetap bisa anda nikmati dengan rasa yang lezat.


Resep Otak-Otak Tahu & Ikan Bandeng dengan Saus Kacang JTT
Sambal pecel


Potong-potong otak-otak setebal + 2 cm, tata di piring dan siram dengan sambal pecel siap pakai dan taburi irisan ketimun jika suka. Anda bisa menggunakan saus kacang untuk siomay yang resepnya pernah saya posting di Membuat Siomay Sendiri di Rumah

Selamat mencoba. 



10 komentar:

  1. Mbak Endang, salam kenal ya..
    Blog nya bagus deh, tiap resep ada step by step n fotonya, jadinya enak diikuti, mo nanya nh, untuk resep diatas, kalo kulit kembang tahunya diganti daun pisang bisa gak ya? kira2 ntar masih tetep bisa jadi gak adonannya?
    trims-eka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eka, salam kenal juga ya. Bisa kok dibungkus daun pisang, trus kukus. Jadi kok, sama kaya bikin otak2 biasa hehehhe

      Hapus
  2. kembang tahu yg biasa dipake untuk bungkus itu sama ga ya dengan kembang tahu yg dipake untuk sup?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, disini saya pakai kulit tahu. ada dua jenis produk tahu seperti ini: kembang tahu yang agak tebal dan bergelombang, biasa untuk sup ya dan kulit tahu yang tipis seperti kertas. kembang tahu harus diirendam air hingga lemas baru bisa dipakai, kalau kulit tahu langsung dipakai tanpa direndam.

      Hapus
  3. mbaaa endanngg, kalo pake bandeng presto gmn tuh hehehe.....bakal enak ga yaaa, pengen bikin susah cari kulit tahunya disini :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kayanya gak bisa pakai bandeng presto, bandeng presto produk bandeng yang sudah jadi alias sudah dimasak sehingga dagingnya sudah berubah teksturnya. untk resep diatas kudu pakai daging ikan mentah yang dihaluskan ya supaya padat dan bisa dipotong2. Kalau nggak ada kulit tahu, bungkus pakai daun pisang dan kukus.

      Hapus
  4. mba tanya ya, kalau tidak di bungkus tapi hanya di kukus saja kemudian di goreng bisa gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung goreng saja mba, kalau langsung dikukus tanpa bungkusan takutnya buyar kena air kukusan

      Hapus
  5. mba Endang... trus itu duri ikannya dibirain aja ya apa klo diblender hancur ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau duri2 halus di tengah2 daging sih hancur ya, tapi duri besar di tengah ikan ngak ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...