23 Juni 2011

Resep Sapo Sayur, Bakso, Jamur & Nasi Merah


Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT

Sapo salah satu jenis hidangan berkuah yang lezat, kaya akan bumbu dan rasa serta sangat mudah dibuat. Keunikan makanan ini adalah cara menghidangkannya yang menggunakan mangkuk hotplate yang dipanaskan terlebih dahulu di atas api kemudian aneka bahan makanan dan masakan dituangkan ke dalamnya hingga berdesis dan uap mengepul keluar. Hmm, sedap! Mangkuk tahan panas yang umumnya terbuat dari clay atau tanah liat ini mampu menahan panas cukup lama sehingga masakan tetap hangat selama disantap.

Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT
Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT

Banyak sekali hidangan yang bisa kita kreasikan menjadi sapo, umumnya merupakan perpaduan antara karbohidrat seperti nasi atau mie dengan aneka sayuran berkuah yang telah ditambahkan seafood, tahu, daging, ayam atau lainnya. Nah, kali ini dalam rangka hidup lebih sehat maka saya menggunakan nasi dari beras merah sebagai bahan pengisi mangkuk hotplate. Beras merah yang diklaim sejak lama kaya akan serat dan vitamin ini rasanya memang sulit untuk diterima oleh lidah saya yang doyannya makanan yang super tasty. Well, sepertinya saya harus membiasakan diri untuk menerima rasa yang sedikit kurang gula, sedikit kurang garam, sedikit kurang ini dan itu, alias agak hambar, selayaknya nasi dari beras merah ini ^_^.

Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT
Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT

Untuk nasinya, saya mencampurnya dengan nasi putih biasa, jadi satu mangkuk nasi putih dan satu mangkuk nasi merah. Saya pernah melakoni program diet nasi beras merah full selama 3 bulan dan setelah itu setiap kali melihat beras merah saya langsung bergidik. Tetapi dalam rangka pola makan yang lebih sehat maka saya mulai untuk beradaptasi menyukai nasi dari beras merah lagi, tentu saja dengan campuran nasi putih agar rasanya tidak terlalu hambar. Satu hal yang saya sama sekali tidak menyangka adalah ketika nasi merah dimasukkan ke dalam mangkuk hotplate dan disiram dengan kuah sapo, rasa hambar nasi beras merah hilang sudah, kuah sapo yang sedap meresap ke dalam nasi sehingga rasanya pun mantap. Sungguh! Jadi lain kali mungkin saya akan menggunakan beras merah saja tanpa campuran beras putih biasa.  

Berikut resepnya ya.

Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT

Sapo Sayur, Bakso, Jamur & Nasi Merah
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 3 porsi


Bahan:
- 2 mangkuk nasi merah, berat kira-kira 500 gram
- 1/2 batang wortel, iris serong
- 1 buah jamur shiitake kering, rendam dalam air, iris tipis
- 2 sendok makan kacang polong beku
- 4 butir bakso, iris tipis
- 2 buah labu siam kecil, iris tipis
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 300 ml air

Bumbu:
- 1 butir bawang bombay kecil, iris tipis
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- 2 cabai merah keriting, potong menjadi 2 bagian dan masing-masing potongan belah di tengah
- 2 butir cabai rawit merah, rajang halus (optional)
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT

Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berwarna kecoklatan. Masukkan bakso, wortel, labu siam, dan jamur shiitake, aduk hingga layu. Tambahkan air, masak hingga mendidih. 

Masukkan semua bumbu lainnya, aduk dan cicipi rasanya. Masukkan daun bawang, aduk sebentar dan angkat. 


Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT
Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT


Siapkan mangkuk hotplate, panaskan diatas kompor. Tata 1 mangkuk nasi di dalamnya, masak sebentar hingga nasi panas. Siramkan tumisan sayuran dan bakso ke atas nasi merah secukupnya. Tutup mangkuk dan terus masak selama + 5 menit. 


Resep Sapo Sayur & Nasi Beras Merah JTT


Angkat dan sapo siap disajikan. Enjoy!



10 komentar:

  1. Mbak, mau nanya dong takaran air kalo masak beras merah berapa ? Aku stres masak beras merah gatot hiks u,u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mutiara, saya suka campur beras merah dengan beras putih supaya teksturnya lebih lunak, airnya sama seperti saat masak beras putih hehheheh.

      Hapus
  2. Mbak, itu takaran beras putih sama beras merahnya berapa ? Hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, saya pakai 1 : 1, dengan jumlah air tambahkan sedikit dari porsi biasa kalau memasak nasi putih.

      Hapus
  3. maaf mbak, mau tanya, kalau mangkuk hotplate untuk sapo ini bisa dibeli di mana, ya? Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, seingat saya belinya di ace hardware ya, atau carfur, wakkakak saya lupa dah lamaaa banget

      Hapus
    2. Aku blom lama ini beli mangkuk sapo/claypot di artha gading mba. Di diamond. Lagi disc 50% pula. Dan ada macem2 size nya.

      Hapus
    3. Hai Mba Febry, thanks infonya ya mBa, waduh sayangnya jauh bener dari rumah saya hiiiks, pengennnn banget

      Hapus
  4. Mbak saya pernah pakai mangkuk sapo seperti itu untuk masak langsung diatas api tapi langsung retak/pecah. Mohon pencerahannya bagaimana memilih yg fire proof dan cara pakai yang benar. Terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nana, wah saya tidak punya tipsnya mba, saya beli mangkuk sapo ini di spm dengan harga tidak mahal, saya suka pakai di atas kompor dengan api kecil saja, dan memang ada sedikit retak tapi mash bs dipakai

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...