09 Maret 2014

Black Forest Cake Versi Kukus - Kue untuk Ultah Kirana



Black forest merupakan cake yang banyak sekali di-request oleh pembaca JTT untuk saya sharing di sini namun berulangkali saya tunda untuk mencobanya. Alasannya apalagi kalau bukan rasa malas yang mendera karena banyaknya pernak-pernik yang harus dipersiapkan. Selain itu membuat cake dengan aneka hiasan dan topping merupakan salah satu kelemahan saya karena kemampuan mendekorasi cake yang pas-pasan. Namun hari Minggu ini, tanggal 9 Maret, Kirana, keponakan cewek semata wayang saya berulang tahun yang pertama. Tedy, sang ayah sekaligus adik saya, sejak seminggu sebelumnya telah mengirimkan pesan, "Mba Endang jangan lupa ya datang tanggal 9, aku selamatan rumah baru di Bogor sekaligus perayaan ulang tahun Kirana yang pertama". 

Manisan cherry atau maraschino cherry

Hmm, kalau sudah seperti ini insting tante saya pun bekerja dan biasanya itu selalu berhubungan dengan makanan, "Kue apa ya yang harus dibawa"? Nah karena momennya adalah hari ultah maka cake yang sedikit spesial tampaknya bisa saya praktekkan, jatuhlah pilihan kali ini pada cake black forest. Dan agar bisa dipraktekkan oleh semua pembaca JTT  maka saya pun membuat versi kukusnya. Tidak ada yang sulit untuk menciptakan cake black forest namun perjuangan saya untuk menyajikan cake ini saat ultah Kirana lah yang cukup membuat jantung ber-roller coaster tak karuan. Anda ingin tahu ceritanya? Yuk lanjut....^_^

Cherry merah kalengan dalam sirup gula
Parutan coklat blok


Untuk pergi ke rumah Tedy di Cilebut, Bogor, maka saya pun lantas menghubungi adik saya, Wiwin, agar kami bisa berangkat bersama. Hari Sabtu sore bersama sekoper perlengkapan perang membuat kue saya pun berangkat ke Mampang. Rencananya malam harinya saya akan membuat cake black forest di rumah Wiwin sehingga besok paginya kami bisa langsung berangkat ke Cilebut. Berhubung karena ukuran panci pengukus milik Wiwin yang kecil dan saya yang hanya membawa 1 buah loyang tipis maka adonan yang dibagi menjadi empat bagian harus saya kukus secara bergantian. Rencana besar saya adalah cake akan saya buat menjadi empat layer! Bagi pemula yang sama sekali belum pernah membuat cake black forest sebelumnya ide ini terdengar terlalu 'lebay', namun saya tetap nekat. Syukurnya saya menggunakan baking powder double acting sehingga walau harus antri cukup lama namun semua adonan mengembang dengan baik sehingga saya bisa bernafas lega. Tapi sialnya posisi panci pengukus yang miring membuat dua buah lapisan cake menjadi tidak balance, satu sisi tebal dan sisi lainnya super tipis. Saya masih bisa berbesar hati, dengan bantuan segentong krim maka permukaan cake yang berbeda ketinggian ini bisa disiasati. ^_^


Nah bagi anda yang masih bertanya-tanya mengenai asal muasal cake ini dan deskripsinya mungkin bisa sedikit tercerahkan dengan intermezo singkat saya di bawah. Black forest cake (biasa disebut demikian dalam bahasa Inggris-Amerika atau Inggris - Australia) dan black forest gateau (untuk Inggris-British) merupakan nama versi bahasa Inggris untuk dessert dari Jerman bernama Schwarzwälder Kirschtorte atau jika diterjemahkan menjadi 'black forest cherry torte'. Black forest merupakan cake asli dari negara Jerman. Umumnya black forest terdiri dari lapisan-lapisan cake coklat dimana di setiap lapisannya diisi dengan krim kocok dan manisan cherry. Kemudian permukaan cake dihias kembali dengan krim kocok, manisan cherry merah (maraschino cherry) dan coklat serut. Versi tradisional cake ini menggunakan Kirschwasser sejenis minuman beralkohol yang dibuat dari buah cherry yang asam, walau kemudian jenis minuman beralkohol lainnya juga sering digunakan sebagai pengganti (seperti misalnya rum biasa digunakan di resep black forest dari Austria). Di US sendiri umumnya cake ini tidak pernah disajikan dengan alkohol di dalamnya, namun di Jerman penggunaan Kirschwasser merupakan hal yang sangat wajib dan jika alkohol ini di skip maka cake yang dibuat tidak bisa disebut sebagai Schwarzwälder Kirschtorte. Selain penggunaan alkohol maka black forest yang asli dihias dengan menggunakan cherry hitam, bukan merah seperti yang selama ini kita lihat di pasaran.

Selai blueberry

Kembali ke proses saya membuat cake ini, ketika jam menunjukkan pukul delapan malam, akhirnya empat lapis cake coklat telah siap di atas meja. Masing-masing cake lantas saya olesi dengan cairan manisan cherry merah yang rasanya sedikit unik hampir-hampir mirip seperti rum. Nah pada tahap ini anda bisa menambahkan rum atau rum essence di air cherry untuk membuat cake lebih nendang rasanya. Cake perlu kita basahi dengan air manisan cherry untuk membuat rasanya menjadi lebih kuat. Untuk cake ini saya menggunakan dua jenis cherry yaitu manisan cherry merah dengan tangkai, biasa disebut dengan maraschino cherry dan cherry manis dalam kaleng. Terus terang karena manisan cherry merah cukup mahal harganya maka saya hanya membeli beberapa butir saja di Pasar Blok A sebagai dekorasi di bagian atas cake. Setelah dibubuhi dengan air cherry kemudian setiap lapisan cake diolesi dengan selapis tipis selai yang diencerkan dengan sedikit air cherry kalengan. Seharusnya menggunakan selai cherry, namun karena sulitnya menemukan selai tersebut maka saya menggunakan selai blueberry, bisa juga digantikan dengan selai strawberry, walau kedua selai ini tidak original namun rasanya tetap lezat pada cake.


Krim kental yang telah dikocok hingga kaku kemudian dioleskan pada masing-masing layer cake diikuti dengan butiran cherry kalengan yang saya tata memenuhi permukaan krim. Setelah semua cake terpasang maka seluruh permukaan cake kemudian ditutup dengan krim kocok dan dipoles hingga smooth. Rafif, keponakan saya yang paling besar, yang sedari awal nangkring di salah satu kursi makan menemani saya menghias cake, berulang kali berkomentar sambil tertawa terbahak-bahak ketika hasil polesan krim yang saya lakukan tampak belepotan kemana-mana termasuk di kamera yang saya gunakan untuk menjepret step by step prosesnya. Komentar dan celotehnya mulai dari "Cakenya miring seperti menara pisa"! atau "Ini chef amatir"! atau "Cakenya Tante Endang gagal"! bertebaran kemana-mana di udara dan hanya saya sambut dengan dengusan sedikit 'gondok'. "Under estimate banget sih, ntar lihat hasilnya ya"! Cetus saya tak mau kalah dengan bocah berumur 10 tahun. Sebenarnya apa yang dicetuskan putra sulung Wiwin itu ada benarnya, karena lapisan cake yang tidak sama tingginya seperti yang saya jelaskan di awal membuat permukaan cake menjadi tidak seimbang dan miring ke satu sisi. Selain itu empat layer sepertinya terlalu tinggi untuk lingkar cake yang hanya 20 cm, jadi saran saya buatlah menjadi tiga layer saja jika anda ingin mencobanya. ^_^


Akhirnya walau polesan krim yang saya buat tidak terlalu smooth dan amburadul, namun ketika coklat serut ditaburkan di permukaan dan sekujur badannya serta cake mulai dihias maka tampilannya menjadi sedikit lebih sedap dipandang mata. Apalagi ketika 10 butir cherry merah diletakkan di tengah-tengah cake maka cake yang saya buat walau terlihat gendut, montok dan sedikit miring namun 'hampir' mirip dengan cake black forest yang dijual di pasaran. Rafif pun akhirnya mengeluarkan komentar, "Wah jadinya bagus ya, boleh minta one slice dong". Di pukul sepuluh malam cake masuk ke dalam kulkas untuk dibawa keesokan harinya. Nah perjalanan membawa cake ke Bogor yang tadinya saya anggap akan mudah ternyata berubah menjadi bencana, dimulai dari kotak kue yang kekecilan hingga mobil yang penuh dengan beberapa barang sehinggga kami harus duduk berhimpitan. Walau firasat sebenarnya sudah tidak enak namun enggan juga rasanya kalau sepanjang perjalanan harus duduk memangku kotak cake, sehingga cake saya letakkan di atas salah satu kardus berisi hadiah untuk Tedy di kursi belakang.

Cake ultah Kira yang belepotan setelah dipermak dengan whipped cream kalengan

Mobil pun melaju dengan tenang menuju Cilebut hingga kemudian saat berbelok miring di tikungan tajam terdengar suara gubrak di belakang.  Saya dan Wiwin langsung menjerit dan saling berpandangan, "Cakenya numplek"! 'Numplek' adalah bahasa Jawa yang artinya jatuh gubrak dengan sukses. Saat kotak berisi cake saya buka maka tampilan di dalamnya membuat saya menjerit lebih keras lagi, "Mati dah, hiasan cakenya mrotol semua Win"! Wiwin dan Rafif yang duduk di sebelahnya langsung melongok ke dalam kotak dan ngakak sekeras-kerasnya. Semua topping krim dan cherry yang anda lihat di gambar tersapu bersih seperti daratan diterjang tsunami meninggalkan permukaan cake yang porak poranda. Musnah sudah jerih payah menghias cake hingga jam sepuluh malam. "Dihias lagi saja"! Cetus adik saya yang kemudian langsung dia ralat sendiri dengan kata-kata, "Tapi kita nggak bawa krim-nya ya, padahal masih ada sisa di kulkas". Ah, tapi supermarket besar selalu menyediakan whipped cream siap pakai di dalam tabung, jadi ketika melewati Hypermart di Sentul City berhentilah kami sejenak disana dan perburuan saya menghasilkan satu tabung whipped cream instan, sekaleng cherry dan sekantong coklat meses untuk menutupi bagian cake yang rusak. 


Alhasil setibanya di rumah Tedy, saat semua orang sibuk bersalaman dengan pemilik rumah, saya masih nangkring di dalam mobil menyemprotkan whipped cream dan menata cherry di cake. Sejujurnya baru kali ini saya bersyukur ada orang yang menemukan ide memasukkan krim kocok ke dalam tabung karena dengan sedikit aksi semprot sana-sini, cake pun menjadi cantik kembali dan cukup layak untuk berfoto bersama gadis cilik yang menangis terus di ultahnya yang pertama. Mungkin si imut ini tahu cake ultahnya tidak hadir sempurna. Anyway busway, cake black forest kukus ini terasa sangat lezat, moist, dan nendang coklatnya, jadi bagi anda yang berminat untuk menghadirkan cake ultah bagi si buah hati mungkin resep di bawah bisa menjadi alternatif untuk dicoba. 

Berikut resep dan proses pembuatannya ya. 


Black Forest Cake Versi Kukus
Resep basic cake coklat diadaptasikan dari web King Arthur Flour - Black Forest Cake 
Resep lainnya untuk menata cake hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang cake diameter 20 cm

Tertarik dengan cake coklat lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Devil's Food Cake
Chocolate Fudge Cake
Chocolate Mayonnaise Cake 

Bahan cake coklat:
- 85 gram coklat bubuk kualitas yang baik
- 227 gram tepung terigu serba guna
- 300 gram gula bubuk (haluskan gula pasir dengan menggunakan blender)
- 2 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh garam
- 450 gram susu cair + 2 sendok makan air jeruk nipis (sebagai pengganti buttermilk)
- 135 gram minyak sayur
- 2 sendok teh vanila ekstrak
- 4 butir telur ukuran besar (5 butir jika telur yang anda gunakan kecil), kocok lepas dengan garpu

Bahan isi cake:
- 2 kaleng cherry merah dalam larutan gula. Tiriskan, sisihkan airnya.
- 200 gram selai blueberry  (bisa menggunakan selai cherry, blueberry, raspberry) + 3 sendok makan air cherry kalengan
- 2 sendok teh rum essence (optional)
- 200 ml air manisan cherry maraschino merah atau cherry kalengan yang telah disisihkan

Bahan topping:
- 700 ml whipping cream/heavy cream/double cream/krim kental untuk whipping cream *)
- 5 sendok makan gula bubuk (haluskan gula pasir menggunakan blender)
- 100 gram coklat blok (dark cooking chocolate), serut kasar menggunakan parutan keju dengan lubang besar, simpan parutan coklat di kulkas hingga saat diperlukan
- beberapa butir cherry merah untuk dekorasi 

*) note: krim kental merupakan kepala susu dimana kandungan lemaknya lebih tinggi dibandingkan dengan susu cair biasa. Jenisnya bisa cooking cream, heavy cream dan whipping cream. Untuk bisa dikocok hingga mengembang dan kaku maka diperlukan jenis heavy cream untuk whipped cream dan whipping cream. Whipping cream sendiri ada dua jenis dairy dan non dairy cream, dairy cream biasanya memiliki rasa lebih lezat tetapi mudah meleleh kala diletakkan di suhu ruang. Untuk cake black forest ini saya menggunakan jenis non dairy cream. Krim kental bisa diperoleh di toko bahan kue dan supermarket besar biasanya diletakkan di bagian produk susu bersama keju, butter, susu segar dan yogurt. 

**) Anda bisa mengganti topping krim kocok ini dengan buttercream, resep buttercream silahkan klik di resep brownies dengan buttercream di sini

***) Rum merupakan minuman beralkohol dan rum essence terbuat dari rum yang masih menyisakan sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Skip jika anda tidak mengkonsumsinya. 

Cara membuat:
Siapkan kukusan, isi dengan air dan panaskan hingga mendidih. Siapkan 4 buah loyang cake diameter 20 cm dengan tinggi 5 cm. Olesi permukaannya dengan margarine dan alasi dengan kertas baking. Sisihkan. 

Note: menurut saya 4 layer cake menjadi terlalu tinggi dan kurang balance dengan diameter cake jadi saran saya membuatnya menjadi 3 layer hasilnya akan lebih baik.


Siapkan cherry merah kalengan dan manisan cherry, tiriskan airnya. Masukkan selai blueberry ke dalam mangkuk kecil, tambahkan 3 sendok makan air cherry kalengan, aduk rata hingga selai menjadi tidak terlalu kental. Sisihkan.


Ayak jadi satu bahan kering (tepung terigu, coklat bubuk,  gula, garam, baking powder dan baking soda), sisihkan.  Di mangkuk lainnya campur jadi satu susu cair dan minyak, aduk rata dengan spatula balon. 


Tuangkan campuran susu cair dan minyak ke dalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk rata menggunakan spatula. Masukkan telur kocok secara  bertahap sambil adonan diaduk hingga tercampur baik. Kondisi adonan kental encer dan  tidak pekat selayaknya adonan cake yang  menggumpal.

Note: Jangan mengaduk adonan terlalu lama karena akan membuat cake menjadi bantat. Jika adonan telah tercampur baik segera hentikan. Cake ini tidak memerlukan mikser, anda bisa mengaduknya dengan spatula biasa atau balon. 


Bagi adonan menjadi 4 bagian ke dalam masing-masing loyang dengan ukuran yang sama. Kira-kira masing-masing seberat 400 gram. Ratakan permukaan adonan dengan spatula. Masukkan loyang ke dalam kukusan dan kukus selama 20 menit hingga cake matang. 

Note: jika anda menggunakan baking powder single acting maka sebaiknya cake langsung dikukus/dioven sekaligus dalam sekali kesempatan (tidak mengantri) untuk mencegah cake bantat. Atau masukkan semua dalam loyang yang lebih tinggi, kala cake matang anda bisa mengirisnya menjadi 3 atau 4 bagian. Namun jika anda menggunakan baking powder double acting maka cake bisa dikukus secara bergantian apabila panci pengukus atau oven anda tidak bisa memuat semua loyang dalam 1 kali kesempatan. 

Keluarkan cake, biarkan uap panasnya hilang dan cake tidak terlalu panas. Balikkan cake di rak kawat, lepaskan kertas baking yang menempel dan biarkan cake hingga benar-benar dingin. 


Di mangkuk kecil, aduk jadi satu air manisan cherry merah dan rum. Tusuk-tusuk permukaan cake dengan garpu di beberapa tempat kemudian oleskan air cherry + rum menggunakan kuas di permukaan cake hingga cake menjadi lembab dan sedikit basah. Sisihkan. 


Siapkan mangkuk mikser, masukkan krim kental, kocok dengan speed rendah selama beberapa detik kemudian rubah speed menjadi sedang dan kocok sambil sesekali ditaburi dengan gula halus hingga berubah menjadi kaku. Jangan berlebihan mengocok karena akan membuat krim menjadi pecah dan terpisah antara lemak dan airnya, jika krim terlihat telah kaku segera hentikan mengocok.

Sisihkan kira-kira 5 sendok makan penuh krim, kita memerlukannya untuk menghias permukaan cake.

Menata kue:


Letakkan selapis cake coklat di tatakan, olesi permukaannya dengan satu sendok makan selai. Ratakan selai sehingga menutupi seluruh permukaan cake. Ambil sekitar 3 - 4 sendok makan krim kocok, letakkan di permukan cake dan ratakan dengan spatula. Tata cherry kalengan di permukaan krim. 

Kemudian letakkan kembali selapis cake coklat diatas cake yang telah ditata, sedikit tekan dengan telapak tangan agar cake memadat. Ulangi proses mengoles selai dan krim serta menata cherry di atasnya hingga lapisan cake terakhir di letakkan paling atas. 


Bagian cake paling atas tidak perlu diolesi dengan selai, langsung tutup seluruh permukaan cake dengan krim kocok hingga rata. Rapikan krim dengan spatula hingga terlihat smooth. Taburi seluruh permukaan cake dengan coklat serut demikian juga bagian pinggir cake. 

Menempelkan coklat serut di bagian tepi cake merupakan pekerjaan yang cukup sulit, kondisi tangan dan suhu ruangan harus cukup dingin agar coklat tidak mudah meleleh saat kita pegang. Letakkan parutan coklat di telapak tangan kemudian tempelkan telapak tangan di bagian pinggir cake hingga parutan coklat menempel. Dengan menggunakan sendok makan berisikan coklat parut, coklat lantas saya siramkan ke bagian krim yang masih bolong-bolong tidak tertutup coklat dengan baik.


Masukkan spuit kembang ke dalam plastik segitiga untuk menyemprotkan adonan kue/icing, potong ujung plastik dan dorong spuit keluar plastik segitiga. Masukkan adonan krim yang kita sisihkan tadi, kemudian semprotkan pada permukaan cake hingga terbentuk bunga kecil, semprotkan di satu titik saja jangan gerakkan posisi spuit dan krim akan keluar membentuk bunga. Buat bunga melingkari permukaan cake, kemudian tata sisa cherry kalengan diatasnya, sisakan ruang tepat di tengah cake dan letakkan manisan cherry merah disana. 

Masukkan cake ke dalam kulkas minimal 3 jam untuk membuat semua krim dan bagian cake mengeras dan padat. Keluarkan dari kulkas dan cake siap disantap.  Super yummy!

Sources:
Wikipedia - Black Forest Cake 
King Arthur Flour - Black Forest Cake 
Wikipedia - Maraschino Cherry 



184 komentar:

  1. terima kasih untuk resep kuenya kelihatannya enak sekali yaaa

    BalasHapus
  2. mantap banget ya black forestnya jadi kepengen :D''

    BalasHapus
  3. hahahahaha jadi pengen ketawa baca ceritanya mba endang, untung kuenya masih bisa diselametin ya mba. Ak sering bikin kue, tp lom pernah bikin black forest. Kapan2 mo coba resep ini deh, jaminan mutu soalnya. Waktu anakku Divy ultah ak bikin Red Velvet 2 versi. Satu pake resep mba endang, satu lagi pake resep aslinya yg dari Yongki. Kata orang2 enakan yang versi mba endang, menurutku juga gitu. Lebih mantab kuenya. Mba, request resep perkedel kentang donk. Blom ketemu resep yang mantep nih, kalo dari mba endang kan dijamin enak :)
    oiya, met ultah buat Kirana ya....

    Sugi

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba sugi, iya perjuangan banget mba bikin ini cake wakakka, untungnya udah sempat difoto2 sebelum accident numplek jadi bisa posting ke blog, kalau nggak gak bakalan buat lagi daahhh hahhahah. thanks ya mba

      Hapus
    2. bukan mbak sugi, tau dari mana komentar di atas dari mbak sugi

      Hapus
  4. mbak kocoknya pake spatula atau perlu mixer ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pakai mikser mba suci, aduk pakai spatula saja, praktis kan hehhehe

      Hapus
  5. mba, q salah satu ur secret admirer..hehe..resep2nya ajib smua.tiap hr pasti buka jtt..udh nyoba bolhar,ayam woku nya..enak cetar smua..maaf nanya cara buat buttermilk itu gimana?trus di resep koq ga beritau kpn dicampurnya?hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya sharingnya.Untuk buttermilk diganti sama susu cair + air jeruk nipis, saya sudah cantumkan di resep ya. Diaduk saja dan dipakai sesuai instruksi di cara pembuatan.

      Hapus
  6. Mbak Endang , bagian paling menyenangkan dlm membuka resep di blog mbk adalah membaca cerita pengantarnya . Gak ada tandingannya deh ! Bisa ketawa ngakak sy membacanya . Trus , resep2nya jaminan mutu . Dijamin enak dan gampang dg penjelasan step by step yg mudah dimengerti . Sy sdh berhasil bikin manisan mangganya lho , mbk . Thx ya . Met ultah buat Kirana . Smg menjadi anak cantik pintar sehat dan sholehah . Amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yeni, hahahha thanks ya Mba, iya nih tobattt rempongnya bikin tart yaaa, kalau gak ingat pengen ditampilkan di blog saya kayanya mending beli di bakery saja hahahah. Thanks doanya buat Kirana ya Mba Yeni, amiiinnn.

      Hapus
  7. Mba cake ini bisa dipanggang juga kan ya?pingin bikin tapi versi panggang.klo dipanggang berapa menit ya mba?
    Aku fans beratmu lho mba.pertama masak pke resep ayam woku belanga.trus ketagihan masak macem2 sampe skrang :)

    Vita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vita, yep bs dipanggang ya. panggang disuhu 170'C, kalau dibagi dalam 4 lapis masing2 dipangang selama 15 s/d 20 menit atau tergantung ovennya masing2 ya, cek saja pakai tusuk lidi. Thanks sudah jadi fans JTT ya Mba Vita, senang sekali JTT disuka. ^_^

      Hapus
  8. mbak endang saya suka sekali dg resep2 disini... praktis :-)
    mbk mau saran aja kalo bisa dirokemendasikan penggunaan bahan2 yang halal... seperti penggunaan rhum sebaiknya tidak usah karena merupakan alkohol. makasih mbak... ditunggu resep2 berikutnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, thanks sarannya ya, untuk rum atau cream o tartar saya kembalikan ke user masing2 ya, saya selalu kasih pilihan optional, artinya tergantung dengan kepercayaan masing2. Thanks ya ^_^

      Hapus
  9. dear, mba endang...
    thx resepnya, kemaren sukses bikin steamed moist cake, hasilnya cukup memuaskan. bedanya dgn kue kukus untuk black forest ini, telornya pake banyak ya mbak. setelah bahan nyampur semua, baru si telur kocok masuk ke adonan beda sama yg steamed moist cake, yg telornya di campur susu, butter n gula halus, baru masuk ke tepung yg sdh diayak. pertanyaannya, bisa ga sih, si telor kocok ini nyampur dulu sama susu n minyak, baru di masukkan ke tepung? saya takut nanti over mix mba...biar ngaduknya sekalian gitu...hehe. kira2 pengaruh ga ya? makasih sblmnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shava, bisa kok Mba, basicnya sama saja. Kalau pakai BPDA saya rasa gak masalah kok, asalkan gak melenceng jauh adonan pasti akan kembang,

      Hapus
  10. halo mba endang....
    makasih yah resepnya mantap2 banget... aku udah nyoba brownies, pizza bun n nugget ayam wortel... anak ku suka banget sama nuggetnya...
    pas lagi nyari inspirasi buat kue ultah anakku tanggal 23 maret nanti, pas banget mba kasih resep ini. jadi pengen nyoba juga... apalagi anakku suka banget sama cherry merah...
    mba, mau tanya kalo hiasnya pake whipping cream yang bubuk merk haan bisa gak? secara dari segi harga khan lebih murah mba...
    sekalian aku mau request resep kulit pangsit n kulit lumpia ada gak? makasih yah mba sudah berbagi resep2nya...

    ida

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ida, thanks ya Mba! Silahkan dicoba resepnya ya, semoga suka. Bisa pakai whipping cream merk Haan kok Mba, asalkan dikocok benar dan kembang bs dipergunakan.

      resep kulit pangsit belum ada kalau lumpia saya ada resep, ini linknya ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/02/lumpia-goreng-isi-sayuran.html

      Hapus
    2. Maaf bu... mw tanya ovennya saya gak tahu kenapa..... setiap oven cake lama matengnya kalau suhunya di gedein gosong bu.... itu knapa yea

      Hapus
    3. oven memang harus dicoba2 mba, serig dipakai supaya tahu plus minusnya, karena masing2 oven bs beda. Kalau mudah gosong coba alas bawahnya dengan loyang tipis (double) supaya tdk mudah gosong.

      Hapus
  11. Halo mbak endang... salam kenal.. mbak, pengen nyoba black forest ini deh... tp sebelum nyoba, nanya dulu yaa..biar gak Gagal hehee... kalo pas kita tuang adonan ke loyang buat di kukus, itu sampe loyang nya penuh atau 3/4 aja ya?... makasih ya mbak.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Retha, salam kenal juga ya Mba. Biasanya 3/4 saja Mba, kalau terlalu penuh dan kue mekar maka sebagian akan keluar terlalu tinggi dan bentuknya menjadi kurang bagus ya,

      Hapus
  12. mbak.. kapan nich kopdar sama fans2 nya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ria, wakakkak belum ada waktunya Mba, belum pede nihhh hihiihih

      Hapus
  13. wakakakaaa.....mbaaakkk ceritanya bikin aku ngakak nih, hihi....kalo ceritanya seru gini pasti yang komen segambreng. Seneng ya kalo dikomen banyak orang biarpun pada akhirnya pusing nyari variasi jawaban kalo komennya kayak koor semua, hihi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rina, thanks ya, hahaha iya komentar banyak suka pusing juga jawabnya hahhaha

      Hapus
  14. bener kata mba ria..kpn bs kopdar ya?bikin kelas baking donk mba..sapa tau bs berbagi ilmu ama yg lain..hehehe..*salah satu penggemar kursus tp ga pernah praktek, yg penting tau cara nya ama bs bawa plg hasil*..hahhaahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkakk, iya ya, dah banyak yang kasih saran, sayanya yang belum pede dan belum ada waktu. one day ya mba hehehheh

      Hapus
    2. Salam kenal mba Endang, saya penggemar blogmu mba, seneng baca resep2 yg details plus cerita serunya.... Udah coba bbrp resep mba Endang, makasih banyak ya. Sepertinya mau coba black forest ini, look so yummy.....hmmmm....Sukses selalu, ditunggu terbitan bukunya....

      Hapus
    3. halo mba Marlian, salam kenal juga ya, thanks sudah menjadi penggemar jtt. silahkan dicoba resepnya ya, moga hasilnya sukses dan suka yaaa^_^

      Hapus
  15. salam kenal mba Endang.
    perjuangan berat buat keponakan yg manis ya mbak Endang, saya senyum2 sendiri nih bacanya. boleh nanya ya Mbak Black Forest ini bisa di versi dijadikan panggang kah?.. jika bisa apa ada bahan yg harus ditambahkan?..
    black forest ini kalau dibandingkan Chocolate Fudge Cake enakan mana ya mbak Endang?..
    saya pernah buat Chocolate Fudge Cake enak banget.

    thank's : Wani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Wani, iyaaa ini cake betul2 trial error banget wakakka. kalau mau panggang langsung saja mba, gak ada bahan yang dirubah, aslinya memang dipanggang ya. kalau menurut saya hampir mirip rasanya yaa, atau lidah saya yang errror ya, habis kalau dah dikasih coklat dan aneka toping dah bingung rasanya wkakaka

      Hapus
  16. mbak endang yang cantik baik hati dan tidak sombong.... bagaimana ya cara mengaduk yang bener dengan spatula itu? kok menurutku aku sering butuh waktu lama ngaduknya untuk bener tercampur. bagi tips mbak,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, aduk sampai spatula menyentuh dasar mangkuk dan jangan aduk searah jarum jam. saya suka mengaduk dengan cara membalikan spatula jadi kaya teknik aduk balik. Tangan kanan membalik spatula dan mengaduk adonan, tangan kiri memutar mangkuk sehingga semua bagian adonan bisa terkena adukan.

      Hapus
  17. terimakasih banyak mbak resepnya, bisa saya coba dirumah nih

    BalasHapus
  18. mbak endang...makasih postingan resepnya yaa...
    smlm udah aq praktekin utk ultah adek ku hr ini hehee..dan hasilnya sdh pasti kalah jauh dgn yg mbak buat
    dan rasanya..aq blm tau krn blm dipotong sm sekali :)
    skali lg makasih ya mbak, sukses selalu resep2 barunya dan ditunggu loh postingan selanjutnya..
    ~nela~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nela, waaaah moga rasanya sedap yaaa, dan moga ultahnya sukses. Happy bday untuk adiknya ya dan thanks sharingnya disini Mba Nela.

      Hapus
  19. haloww mbak endang...hahaha...maaf ya kl saya sambil ketawa liat postingan mbak endang, seru bgt...ehh iya met ultah bwt kirana ya...n kebetulan bgt jg mbak endang posting kue ini scr sebentr lg anak saya jg ultah yg kedua nich...trims ya mbak resepny...terus semangat jg bwt nyelesaikn bukuny...yani-bogor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, thanks ya Mba, hehehhe, sukses untuk kue ultah krucilnya juga yaaa, moga gak terjadi accident kaya saya wkakaa

      Hapus
  20. Hallo Mbak Endang,,,akhirnya resep black forestnya muncul jg...Senenng dech...
    Mbak,klo misal minyak nya diganti dengan mentega/minyak kedelai/minyak yg lain bs ga ya?
    Apakah akan mempengaruhi tekstur dan rasanya???
    Makasih ya Mbak buat jawabannya....Semangat buat rencana terbitin bukunya....
    -Diar-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Diar, silahkan kalau mau diganti dengan minyak lainnya ya, tetap bs kok. Hanya saja minyak goreng akan memberikan tekstur yang lebih lembut di cake dibandingkan mentega/margarine cair, dan lembutnya bertahan sampai esoknya ya.

      thanks ya mba!

      Hapus
    2. Mbk Endang, ini saya lg...hehehehe
      Saya akhirnya nyoba bikin blackforest ini jg...
      Duh Mbk....ga nyangka klo saya bisa bikin blackforest seenak ini..
      Cuman ya itu penampakannya masih "mengerikan" blm bs cantik.
      Mbk saya mau tanya,
      1. Saya bikin cake nya kan di panggang, kok bagian tengahnya permukaannya lebih menggelembung.bagaimana mengatasinya?
      2.Cake ini apa memang teksturnya tidak spongy kyk sponge cake?cake yg saya buat ini padat, tidak terlalu mengembang tapi lembut dan moist?apa memang seperti itu y Mbak?
      Pokoknya makasih bgt buat Mbk Endang,gr2 Mbk Endang saya jd ketagihan buat nyoba resep2 dsni...
      hihihihi
      -Diar-

      Hapus
    3. halo mba diar, thanks sharingnya ya mba. berikut jawaban saya ya:
      1. cake menggelembung bs karena wadah/loyang terlalu kecil atau adonan yang dimasukkan terlalu penuh ya. selain itu suhu terlalu tinggi saat memanggang jg bs membuat cake menggelembung

      2. yep, teksturnya padat, bukan sponge cake. kalau mba mau yang seperti sponge cake pakai resep ini saja:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/12/simple-basic-sponge-cake-dalam-10-menit.html

      tambahkan bubuk coklat sekitar 30 gram

      moga membantu ya

      Hapus
    4. O,gtu ya Mbk...soalnya udh khawatir bgt takut klo bantat...
      ternyata memang begitu...
      Mungkin api ny yg kegedean...
      Iya nanti klo bikin lg pengen nyoba pakai sponge cake....
      Btw kmrn udh enak bgt Mbk....kata yg pd nyicip rasanya enak layak jual...cuman ya itu penampilannya masih hrs dipermak biar lebih bgs&cantik lg...
      hehehehe
      Makasih bnyk y Mbk buat resepnya.....
      -Diar-

      Hapus
    5. halo mba diar, sipp, moga next time hasilnya lebih oke yaa, sukses selalu

      Hapus
  21. Mba endang saya sudah mencoba resepx
    Dan ini kue yg pertama kali saya buat ..
    Saya pikir apa iya gak pake mixer bisa jadi kuex praktis buangt ?
    Makax saya coba n nekat nih beli bahan n buat kuex .ni buat kue kebetulan tgl 24 kemarin anak saya ultah yg ke3, tgl 23 malam saya buat kuex kebetulan saya pake yg baking powder biasa bukan double acting juga vanilix saya beli yg bubuk tapi saya cuma kasi 1sdt takut kebanyakan krn klo saya liat yg ekstrak mba pake 2 :D btw anyway mo nanya mba vanila ekstrak itu yg kayak apa ymba?secara saya baru pertama kalix buat kue tapi hasilx hebat mba ueeenaakkkk haha g nyangka saya bisa buatx ajaib makasihhh buanget mba endang saya cinta buanget sama dikau nah lho :D
    saya doakan mba endang sekeluarga selalu diberikan kesehatan,rejeki berlimpah dan mendapatkan yg terbaik dari Nya.amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba mia, wah thanks sekali atas sharingnya ya, hebat loh pakai single acting BP bisa mekar, kalau saya pasti gatot mba wakkakak. senang sekali resepnya sukses dicoba dan met ultah untuk putranya ya.

      vanila ekstrak itu bentuk dan warnanya seperti madu, aromanya vanila lembut, kalau pakai ini walau banyak gak terasa pahit dan baunya lebih enak dibanding bubuk. tapi harganya mahal ya dan adanya hanya di toko bahan kue saja.

      Hapus
    2. mbak endang kalo nggak punya vanilla ekstrak bisa pakai bubuk vanili biasa? takarannya berapa mbak?

      Hapus
    3. vanili bubuk pakai 1/4 sendok teh saja ya, kalau banyak akan membuat cake pahit

      Hapus
  22. salam kenal mba endang.

    saya sering takjub dgn resep2 JTT ini, resep yg super simple tp dahsyat rasanya. saya salah satu dr sekian bny fans JTT lho mba, beneran. udah beberapa resep yg saya coba dan hasilnya... utk rasa smua enak tp prnh jg ada yg bantat hehe... tp gak apa2 namanya jg blajar.

    resep black forest jg bikin saya takjub, ternyata ada jg ya black forest yg cara buatnya simple begini, slalunya black forest itu kan ribet cara buatnya setidaknya ini menurut saya yang baru belajar baking..hehe...
    mba Endang memang TOP abis, saya salut dech mba.

    utk BF ini saya ada pertanyaan ya mba, sejujurnya saya belum pernah mencicipi/belum pernah tau black forest yg benar2 original itu sprti apa,tp saya pengen bngt coba buat BF sendiri tentu saja pake resep BF mba ini, (memang resep yang simple sprti ini yg dicari hihi..)
    pertanyaan saya apakah black forest itu rasanya memang ada sensasi rasa asam2 dari selai begitu ya mba?....
    apakah boleh ya mba menghias black forest tanpa di olesi selai dan di olesi air buah2 kalengan?... (seperti halnya menghias cake coklat biasa yang hanya olesi simple syirup aja dan tidak diolesi selai) saya ingin black forest namun tanpa ada rasa asam2 nya, mohon masukannya ya mba Endang.
    terima kasih sebelumnya, sukses selalu utk mbak Endang.

    Salam - Regita Wahyu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Regita. Thanks ya atas sharingnya dan thanks sudah menjadi pembaca JTT. untuk black forest sebenarnya walau pakai selai blueberry seperti resep saya diatas (harusnya selai cherry), ketika terkena dengan cake dan lain2nya gak ada rasa asamnya sama sekali, karena selai yang dipakai tidak banyak.

      selai dan air buah kalengan (biasanya rum yang digunakan) untuk memgoles cake diperlukan untuk membuat cake lebih kaya rasa, karena kalau nggak cake akan terasa seperti cake coklat biasa. Kalau mau diskip silahkan ya Mba, tapi akan membuat cake ini tidak spesial lagi rasanya ^_^

      Hapus
  23. mba, thx ya utk resep resepnya
    saya mau coba bikin kue, krn tdk pakai pangganggan
    yg mau sy tanyakan apakah cerry yg kalengan bisa diganti dgn yg lain mba?
    thx ya mba -maria-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Maria, umumnya cake ini memang menggunakan cerry kalengan ya, ini ciri khas black forest. Bisa diskip tapi akan membuatnya tidak seperti BF umumnya

      Hapus
  24. MBA,sy rncn mau bikin kue ini buat ultah anak sy.tp sy mau bikin pake square pan.biar gampang dipotong buat dibagi disekolah. Sy mo tny resep diatas unt 4loyang?jd klo sy mau bikin 2 layer aj, apa hrs dibagi 2 resep ny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dibagi dua resepnya Mba, akan membuat cake menjadi kecil. Sebaiknya adonanya saja yang dibagi dua bagian, atau kalau hanya punya satu loyang maka kukus cake dengan loyang yang agak tinggi ya, kemudian setelah matang cake di belah menggunakan benang menjadi dua lapisan.

      Hapus
  25. mba, kukusnya pakai api sedang kah ?

    BalasHapus
  26. Akhirnya ada resep black forest versi kukus. Makasiy mba' endang... Mau ku coba kalo si bayik nggak rungsing ngancurin dapur Hehehe....

    Aku baru coba resep nugget ayam wortel dan moist choco cakenya mba'. Suamiku doyaaannn.... Sekarang selalu nyetok nugget homemade buat suamiku... Makasiy ya mba' udah sharing resep-resep buat newbie di urusan perdapuran macam saya... :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, waah moga punya waktu luang sehingga bisa eksekusi black forest ini ya heheheh. thanks sharingnya, senang sekali resep jtt disuka. sukses untuk mba dan keluarga ya!

      Hapus
    2. Aamiin...

      Mba' aku mau tanya, adonannya bisa dikukus sekaligus nggak? Nanti kalo udah matang baru di iris gitu. Soalnya kalo nunggu 2 atau 3 kali naik kukusan keburu si bayik bangun. hehehe....
      Kalo mau dikukus sekaligus, baiknya pakai loyang ukuran berapa mba'?

      Krim kental untuk topping dan lapisan di kemasannya tulisannya whipping cream atau heavy cream mba'? Boleh tau biasanya mba' pakai merk apa untuk yang non dairy? Merk Roselle itu temasuk whipping cream mba'?

      Maaf ya mba' nanyanya borongan... ^^'

      Hapus
    3. Bisa kok mba, silahkan dikukus jadi satu dan potong pakai benang. Nah ukuran loyangnya mungkin yang 23 x 23 cm tinggi 10 cm atau yang diamter 23 cm tinggi 10 cm, takutnya gak muat pas naik ntar.

      whipping cream ya mba. atau heavy cream untuk whipping cream. saya biasa pakai merk avoset. Merk roselle adalah krim untuk whipping cream tapi dairy cream ya.

      Hapus
    4. Lapooorrr... sukses mbak bik����in bf-nya buat ultah suami walau acak adut penampilannya tapi enyaakk..

      Aku ada cerita di blog ku. Resep bf-nya ku link kesini boleh kan ya mbak?

      Hapus
    5. Halo Mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep BF nya berakhir sukses. Sayangnya saya tidak memperkenankan untuk memasukkan link hidup ke sini ya Mba, tapi mba bisa ketik saja nama blog dan resepnya.

      Hapus
    6. owh.. kalo gitu saya edit ya mbak postingannya. Cukup ketik nama blog dan resep tanpa direct link kesini ya kalo gitu...
      terima kasih peringatannya mbak...

      Hapus
    7. Hai Mba, maksud saya tidak meninggalkan link hidup di komentar disini hehehe. Kalau memasukkan back link (direct link) di blog Mba, itu diperkenankan yam bahkan justru saya minta tolong supaya diberi direct link kesini hehehe.Thanks ya, sori jawaban saya membingungkan

      Hapus
    8. Oalaaahh... Begitu tho... Sayanya yang gaptek mbak. Hihihi...
      Sudah saya edit lagi di postingan saya, saya kasih direct link ke postingan-postingan mbak yang menginspirasi buat masak di dapur :)


      Hapus
    9. Sipp, thanks ya Mba sudah mencantumkan back link hehhehe

      Hapus
  27. Dear Mba Endang yang baik, ini kali kedua saya coba resep mba, mulanya ragu karena keliatannya agak ribet, tapi saya nekat, dan hasilnya mantap, yummy, saya buat cake ini untuk ultah suami tgl 12 April kemarin, makasih banyak ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yuyun, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka! ^_^

      Hapus
  28. Salam kenal mba Endang. Sy mau nanya utk krim kental, jika sy beli jadi di tbk berupa butter cream yg biasa utk hias kue, apakah sama atau beda? Jika sama, bs dipake, apakah tetap hrs dikocok lg dgn gula? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya rasa butter cream terbuat dari mentega/margarine yang dikocok dengan gula ya, rasanya saya rasa beda dengan krim kental kocok, tapi terus terang saya sendiri belum pernah pakai buttercream ready to use begini.

      Hapus
  29. mba kl mau dikukus sekaligus waktunya brp lama? sama pinggiran loyannya perlu dioles sm dibedakin g mba?? trims..-.ade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 60 menit ya Mba, pakai api kecil saja supaya permukaanya rata. Yep bagian tepiannya juga olesi dengan margarine dan tepung ya.

      Hapus
    2. lapor mba..udah jadi buat cake ini tgl 29 kemaren...dibagi 2 krn takut loyang ga muat cuma tinggi 7 cm soalnya. ini aja tnyata menjulang tinggi...seneng bgt dpt pujian dr anak2 padahal hari itu mereka baru maraton ke 2 acara ultah temennya sm sepupunya. agak deg2an pas mereka pulang kerumah udah gak exciting sm kue eh ternyata si sulung bilang...kue bunda paling uenak...happy birthday bunda...yep yesterday is my birthday...29@29. tengkyu berat buat mba endang...mulai sekarang berhenti beli kue ditoko..next project 17 mei buat ultah ayah...bikin kue apa ya??? ada saran mungkin dr mba endang. ..

      Hapus
    3. happy b'day Mba Ade! Sukses selalu dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Senang sekali kue ultahnya sukses ya. Wakakka saya suka mumet kalau diminta saran cake mana yang harus dicoba, kayanya mba harus buka2 daftar resep JTT yaaa

      Hapus
  30. Pertama mau curhat.belah cake pake benang gak bisa soal ya tadi bikin cake coklat kukus lapis stowbery empuk jadi susah belah ya tapi cake ya enak banget ohh saya suka yg di kocok cake ya .nahh mau naya cake kukus lapis staubery tu kalo di panggang butuh suhu berapa dan berapa lama panggang .mau dii tambahin bpad sama fanila bubuk berapa yah takeran ya .truss ni bikon krim kocok harus berapa lama ya supaya pas takut ya kalo lama malah pecah kalo sebentar malah gak kokok trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Windy, pakai suhu 170'C saja, waktu sekitar 45 - 50 menit. Silahkan kalau mau tambah BP, 1 sendok teh, vanili 1/4 sdt saja.

      lama waktu mengocok tergantung degan mikser yang digunakan mba, beda mikser bisa beda waktu, saya tidak pernah melihat waktu ya, yang penting kalau krim sudah kental, kaku hentikan mengocok.

      Hapus
    2. hai mbak Endang.......aku Ayu dari Probolinggo.....aku seneng banget deh sm blognya.....mbak mau nanya nih, minyak sayur itu apa sama dengan minyak goreng biasa seperti filma, tropical, dll?kalo misalnya aku pake minyak goreng biasa untuk bahan cake nya bisa gak mbak? makasih ya mbak....semoga sukses terus buat mbak endang^^

      Hapus
    3. hai mba ayu, yep minyak sayur sama dengan minyak goreng biasa yang mba sebutkan ya. Bisa pakai minyak goreng biasa kok mba untuk cakenya. bahkan kebanyakan cake dengan minyak goreng biasa itu lebih lembut hasilnya ya hanya memang kurang harum.

      Hapus
    4. makasih ya mbak infonya.....oiya mbak kapan hari sempet bikin brownies kukus coklat resepnya mbak endang.....waktu pertama kali bikin sih bentuknya bagus....terus bikin lagi yang kedua, lhaaa kok permukaan atasnya gak rata, bergelombang gitu....apa itu krn dimixer kelamaan ya mbak? saya tungguin sampek adonan telur gula ovaletnya warnanya agak putih.....masih bingung adonan yang mengembang itu gmn bentuknya hehe^^.....

      Hapus
    5. api kompor saat mengukus kebesaran mba, itu yang membuat permukaannya bergelombang tak rata ya.

      Hapus
    6. ooooooh gitu ya,,,,,,makasih ya mbak infonya......sukses terus buat mbak Endang............^^

      Hapus
  31. Mba endang mau tanya, manisan cherry dlm rendaman gula yg di kalengan nya merk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, merk Wilan ya, seperti gambar diatas, saya foto kaleng manisannya.

      Hapus
  32. Mbaaakk endaangggg....
    Aq bagi cerita yaa bikin blackforest pertamaku dgn resep mbak... ^.^
    Minggu kemaren tetangga ad yg tanya bisa bikin blackforest buat ultah anaknya gak??? Aq langsung iyain aja krn pernah baca resep mbak yg ini... Hehehe Tapi pas browsing lagi aq pikir kayaknya mau coba resep lain deh, eksekusi malam minggu bukannya berhasil cakenya malah hancur2 rapuh gitu, padahal blackforestnya harus udah siap untuk minggu paginya, nangis tobatttttt deh pindah kelain blog selain blog mbak endang... (˘_˘"II) *nyesel hiks*
    Akhirnya aq buka lagi blog mbak dan malem2 aq ke alfamart buat beli susu cair, krn semua bahan masih ada selain susu... Aq buat 2 resep untuk 4 layer cake uk.24x24, udah gitu krn dandang aq gak muat sama loyangnya dgn H2C aq panggang menggunakan otongku tersyg sambil berdoa hasilnya ttp bagus... Untk creamnya aq pake cream instan kiloan yg tinggal dikocok sebentar dan ditambahin susu kental manis, aq skip manisan cherry krn mahal *gak sesuai bajet* hahahaha, untuk dekor karena aq gak bisa buat cream dipinggir2 smooth n keknya bakal ribet bgt pake coklat parut aq akalin aja tutup dgn pagar coklat yg aq cetak2, atasnya aq hias sedemikian rupa untuk ultah anak 1 tahun... Krn aq pikir 4 layer terlalu tinggi, penyelesaiannya aq buat 3 layer aja, layer yg satunya aq bagi 2 aq buat edisi mini untuk dicicipi keluarga...
    Dan hasilnyaaa.... Taraaaaaa blackforestnya cantik, pagi2 suami kaget liatnya krn malamnya aq udah putus asa n nangis2, tetangga aq girang banget pas ngambil katanya gak kalah sama yg dijual ditoko dan rasanyaa semua pada bilang nyummiiii, emejinggg bangettt bisa bikin blackforest dgn tangan aq sendiri... Щ(˘̩̩̩Д˘̩̩̩Щ)
    Rencana untuk my 1st wedding anniv minggu depan mau buat lagi... Hihihi
    Makasih banyak2 mbak, semua berkat resep dirimu...
    Kalo gak ada resep mbak, gak kebayang aq ngancurin acara ultah orang... Hahahaha
    Maaph kepanjangan yaa mbak... (´̯ ̮`̯ )
    Tuhan Berkati selalu mbak endang sehingga bisa bagi2 resep yg muantrapp truss, amiinnnn....

    hugkiss
    Wina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooow Mba Wina, saya ngakak2 baca sharingnya. Waah ceritanya seru juga yaaa! memang membuat cake untuk satu acara itu bikin deg2an, apalagi kalau waktu mepet dan setelah dicoba hasilnya acnhur minah. Waduuuh stress dah!

      Apalagi kasus mba Wina kuenya pesenan buat ultah, tambah deg2an berlipat2 hahhahha.

      Senang banget baca ceritanya, membuat hari lebih hidup. Sukses selalu buat Mba dan keluarga ya! ^_^

      Hapus
  33. Hai Mba Endang
    Saya penyuka blog nya mba dan sudah nyoba banyak resep disini
    Mbak, saya mau bikin kue ultah buat anak hari sabtu besok, pengin bikin dasarnya cake 2 lapis, coklat-vanilla. Yang cake coklat, saya pakai resep blackforest ini bisa kan ya ? lalu yang vanilla/putih, saya pakai resep ini juga dengan skip coklat bubuknya kira2 bisa apa engga ya mba ?
    Lalu kalau saya ga pakai baking powder, modifikasi apa ya yang harus saya lakukan di resep mba ini agar kue tetap mengembang ?

    Terimakasih sebelumnya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Indira, maaf jika saya terlambat membalas pertanyaannya ya dan momen ultahnya juga sudah lewat ya.

      bisa pakai cara mba, untuk membuat 2 layer cake dengan warna berbeda, skip saja coklat bubuknya ya. Kalau mau memastikan cake mengembang tanpa menambahkan Baking Powder, Mba harus rubah prosesnya. Telur gula harus dikocok hingga kembang/ribbon stage baru dimasukkan tepung, aduk balik dan baru disusul dengan mentega cair, aduk rata.

      Hapus
  34. Mbaa Endang... lop u so muchhhh mbaaaa :* saya penggemar berat mba endang... sdh bbrapa resep saya cobain mba... td pagi nyobain resepblack forestnya, tp gagal mbaa hikss apinya kebesaran mba, sama krg lama ngukusnya. Semua kujadikan 1 mba, cm dikukus 25 mnt.. huaa... ga naik n bergelombang cakenya.. hikss.. mbaa aku mau coba lagi,, gimana caranya spt bahan keringnya waktu dicampur susu ga ngegumpal mba. Aku kesulitan mba ngaduk2 ngilangin gumpalan tepungnya.. hiksss ada saran mba? Makasih banyak yaa mba endang yg baik hati.. salam sayang dr aku, Anna :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Anna, thanks ya sudah menjadi penggemar JTT, berikut saran saya.
      1. Gunakan Baking powder double acting supaya adonan kembang dengan baik
      2. Kalau adonan dikukus jadi satu maka waktu mengukus lebih lama sekitar 45 - 50 menit, pakai api kecil saja, supaya air tidak habis dan cake memiliki permukaan rata.
      3. bahan kering harus diayak ketika dimasukkan ke dalam adonan cairan. Masukkan secara bertahap dan aduk perlahan sampai tercampur baik baru masukkan lagi thapan berikutnya. Biasanya bahan kering dibagi menjadi 3 bagian saat dimasukkan ke adonan,
      4. ketika mengaduk gunakan teknik aduk balik ya, dan lakukan gerakan dengan lembut dan jangan berlebihan mengaduk.
      5. jangan mengaduk serah jarum jam, coba googling teknik aduk balik ya.
      moga membantu yaaa.

      Hapus
  35. Haloo mbak endang.. salam knl ya.. tgl 9 agstus kmrn aku sdh eksekusi bf versi mbak endang ini lho... wow.. unbelieveable mbak.. sukses brt. Mudah, gak ribet pk mixer dan rasanya..aduhai. Wkt sdh jd dan dihias anakku smp ga sabar pgn motong kuenya. Tp aku ga pk black cerry mbak, cm pakai selai blueberry yg aku rebus lg dtmbh sdkt rum.rasany ga klh sm aslinya heheh. Smp tetangga bilang ' mbak rasanya mirip kyk buatan bakery'. Jd gr deh.. thank you so much ya mbak endang.. ditunggu cake2 selanjutnya yg mudah & ga ribet.

    GBU,
    Anna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooow Mba Anna, waah thanks sharingnya yaa, senang sekali cakenya berakhir sukses dan ultahnya menjadi meriah. Selamat ultah buat si kecil yaaa, sukses selalu!

      Hapus
  36. Mbaa..... salam kenal y mb...
    Aq ud coba resep emba ini. Tp.... kq cake saya tengahx berongga y mb? Padahal api yg sy gunakan api kecil.trus mb... apakah cakex perlu dikasih air cherry jg y mb? Trus dikasih air cherry hitam nya baru selaix?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sulis, kemungkinan karena BP tidak tercampur merata dengan tepung. Pastikan semua bahan kering diaduk rata dan diayak dengan baik saat masuk ke adonan ya mba. Yep, cake dikasih air cherry, bisa air cherry merah atau cherry hitam kalengan ya, baru dioles dengan selai

      Hapus
  37. halo mba endang...bf nya dah aq eksekusi kmrn pas ultah suami tgl 12 sept...n wow ga nyangka bf kukusx bs uenak banget malah suami minta d buatin lg...hehehehehe kembang kempis nih hidung saking senengx. mksh ya mba 4 resepx..love u dah.
    salam mila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mila, waah ikutan senang nih bacanya. Thanks sharingnya yaa, keknya sekarang sibuk bikin bf terus yaa hehhehe

      Hapus
  38. Mom...mau nanya donk..resep diatas dengan 227gr tepung terigu, 300gr gula bubuk, itu menjadi 4 loyang diameter 20cm, atau hanya 1 loyang saja? saya masih bingung hehehe, dan tepung terigu untuk cake BF ini pakai apa ya biar bagus? tq mb.Endang,,,,help ya cause saya mau buat BF ini untuk acara kakak Married....sukses buat mb.Endang yang slalu menyajikan menu2 pilihan dan merespone pertanyaan dengan baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, please, please jangan panggil saya Mom ya, saya merried juga belum loh. :)

      Bisa menjadi 1 loyang ya Mba, tapi untuk proses diatas adonan saya bagi jadi 4 loyang, karena saya mau buat 4 lapisan kue, Kalau mba mau prakstis bisa buat 1 loyag dan belah cake jadi 3 atau 4 lapisan,

      Hapus
  39. mb.Endang....aku sudah eksekusi neh BF nya untuk acara married kkku kmrn tgl 17 Okt, sukses, penganten pria dan saudara serta ponakan ponakan bilang enak....hehehe (Alhamdulillah), black cerrry aku ganti dengan buah strawberry yang aku iris tipis tipis untuk taping yang tengah...hehehe...pokoke sukses enak untuk ukuran saya yang baru belajar....cium dan peluk persahabatan buat mb.Endang ya....muaccchhhh....

    + Hera +

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hera, thanks sharingnya ya, waaah mba hera memberikan saya satu ide bagus pakai stroberi hehehe. lebih mudah didapatkan yaaa. Mantap. ikutan senang cakenya sukses mba hehehe

      Hapus
  40. mba endang ak mo share and minta pencerahan niih..btw thx sblmnya blog mba ini bbanyak menambah wawasan aku di dunia baking contohnya coklat bubuk mba dr dulu yg ak tau coklat bubuk yg top itu cocoa vanhouten punya baca di blog mba ternyata ada lagi yg lebih ajib baking powder jg and baking soda juga.minggu kemarin pas ak dgn suami weekend kubelilah semua bahan kue yg seperti mba dan tadi ak praktekkan buat puding yg super nyoklat dari blog mba wh rasanya mantep mba dgn coklat bubuk bendsrop sebelumnya ak pake cocoa mba.oiya mba ak mau coba resep bf punya mba ini kebetulan anakku yg paling kecil ultah tgl 28 ak tgl 20 ak mau bt beberapa cake di bog mba salahsatunya bf ini mba tp ak mohon pencerahanya supaya ndk gatot mba..sebelumnya ak pernah bt bf tp pake adonan yg jadi.yg mau kutanyakan mba:
    ak punya 2 loyang kotak diameter 20kali 20 tinggi 5cm adonannya sekaligus ato dibagi dua bagian mba??
    supaya ndk bantat and naik sarannya apa ya mba kelemahanku bt cake disini mba sering ndk naik or bantat.ak ada oven hock yg manual and panci kukusan mba bagusnya pakai yg mana mba and waktunya brp lama mba?krn and punya vanili ekstrak aku pake vanili biasa mba.topingnya pake whipping cream yg haan punya mba cari yg praktis mba cos ngurus 2 krucil jg dirumah.mohon feedbacknya ya mba.thx sblmnya mba endang vida bontang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Vida,

      Untuk cake diatas silahkan kalau mau dituangkan dalam 1 loyang kemudia cake diiris2, atau adonan dibagi 3 bagian dan dikukus seloyang2, saya kembalikan ke pembaca masing2. Saya sendiri memilih mengukus bertahap karena susah mengiris cake jadi 3 bagian.

      Kalau pakai baking powder double acting dan ikuti resep pasti cake akan kembang mba. Silahkan kalau mau dioven atau kukus, saya cuman pakai kukusan biasa. Kalau cake dijadikan 1 loyang waktunya tentu lebih lama ya minimal 1 jam mengukus. kalau oven tergantung panas ovennya.

      BIsa pakai vanilli bubuk, pakai 1/4 sendok teh saja. Bisa pakai whipped cream haan yang bubuk ya.

      Hapus
  41. mba ada yg ketinggalan pertanyaanya..mba toping kembangnya ak mau bt warna narni spy cerah aja biar anakku tambah selera.bagusnya and aman pake apa ya mba..ditunggu ya mba sarannya.thx before vida bontang

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai pasta pewarna saja mb, silahkan cek di toko bahan kue saja, pasti banyak pasta pewrana makanan yang aman disana ya.

      Hapus
  42. mba out of topic nih. saya punya rhum tp sudah lupa kapan belinya? :D. kira2 ada exp date nya gak ya? krn ditoko kue dijual dlm kemasan botol kecil yg tdk pake merk.. thanks utk jawabannya ya. -Lili

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lili, kalau disimpan di kulkas saya rasa gak masalah ya, Kalau ini rhum minuman beralkohol biasanya tidak ada masa kedaluarsanya kecuali yang rhum essence ya.

      Hapus
  43. aq mau panggang skaligus mba tar bar dibelah suhu nya 170 derajat trus waktuny 40 menit mba?apa suhu nya dikecilin lagi mba kan kuenya tebel tuh, bagusny gmn mba? :D mau buat cake natal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. suhu oven tetap sama mba, antara 165 - 170"C tetapi waktunya tentunya nambah ya, kayanya 40 menit belum matang. Cek dan tes saja dengan tusuk lidi mba untuk memastika cake matang sempurna.

      Hapus
  44. Kak kalo susu nya pake susu UHT bisa ga? Terus juga tepung nya tepung khusus kue atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya pakai susu cair apapun ya mba. tepung terigu biasa saja bisa ya.

      Hapus
  45. Mbak Endang, ini cakenya memang agak padet atau punya saya yg bantat ya? :)

    BalasHapus
  46. Mba endang kalau susu cair dan jeruk nipisnya saya tmbahkan coklat blok leleh dg mengurangi takaran susu bisakah? Mksdnya agar rasa coklatnya lbh nendang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, silahkan dutmbahkan coklat blok ya, tapi menurt saya cake diatas rasa coklatnya sudah sangat nendang ya, karena saya pakai 85 gram coklat bubuk, itu sangat banyak menurut saya. pakai coklat bubuk yang kualitasnya oke, supaya rasanya mantap

      Hapus
  47. Mba.. Kalau whipping cream nya merk elle vire apa bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, asalkan di box nya ada tulisan untuk whipping cream, maka oke ya

      Hapus
  48. Halo mba endang... saya fitri. Saya Berencana bikin black forest ini utk ultah anak saya bulan depan. Jauh2 hari udah saya pantengin lho resep ini berikut komentar2 nya hehehe.. dan sebagian bahan2 nya sdh saya beli..prepare bngt dech pokok nya.

    Tp tetep ni mba endang saya ada prtanyaan hehehe.. jika pengganti buttermilk yakni susu cair putih 450 gr itu saya ganti susu cair coklat bisa ga ya mba?... apa bisa susu cair coklat jika di beri perasan jeruk nipis Atau cuka jg bisa di jadi kan sbagai pngganti buttermilk ya mba?... mohon saran ya mba.. krn bny stok susu coklat yg sdh ga di sentuh anak saya lg. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, skip saja jeruk nipisnya nggak papa kok. Bs pakai susu cair coklat ya. Cake ini harus pakai BP double acting ya mba, karena cuman diaduk2 saja ya.

      Hapus
    2. halo mba Endang... saya sdh bikin Black Forest ini utk ultah anak saya tempo hari. saya gak jadi pake susu cair coklat hehehe.. takut bantat mba. sya bikin sesuai resep dan instrukdi mba Endang aja biar aman hehehe.
      Dan Alhamdulillah... cake nya sukses dan ga bantat, moist dan lembut skali. makasih bny utk resep nya ya mba. ini resep yg kesekian yg saya coba dr blog JTT ini. trus brkarya ya mba... smoga mba Endang slalu sehat ya..aamiin.
      Salam Sukses @ Fitri.

      Hapus
    3. hai mba Fitri, thanks sharingnya yaa, senang sekali resep BF nya sukses dicoba. met ultah untuk si kecil yaaa, sukses selalu!

      Hapus
  49. Mbak endang,,
    Coklat bubuk diganti coklat BF ndak apa2 kan?
    Tp rasax koq jd aneh di lidah saya yah?:'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba widhi, nggak pa2 ya mba saya rasa, kalau terasa aneh nah itu saya belum coba ya hehehe

      Hapus
  50. Mbak mau tanya aku newbie banget utk urusan masak n cake, aku coba cake ini hasilnya enak banget mnrtku yg pemula moist banget tp kenapa ya kok tiap aku keluarkan dr loyang amburadul smua terbelah belah gitu jd bentuknya gak bagus waktu aku tata, akhirnya kuoles buttercream n coklat sebanyak banyaknya agar gak terlihat soale pertama buat n lgsg mau ksh ke orang hiks, hiks, apa nuangnya dr loyang hrs nunggu dingin atau gmn?tx bgt advisenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba retno, cake ini aslinya dipanggang tetapi saya kukus ya, jadi lebih moist dan tentu saja lebih lembut, jadi harus didiamkan dulu sampai agak dingin di loyang baru dibalik. kalau masih panas akan hancur, dan sebaiknya loyang dialasi kertas baking supya cake benar2 gak lengket di loyang.

      Hapus
  51. mbak mau ty lagi jgn bosen ya kl mau buat cake tp yg coklatnya agak item gitu pake coklat bubuk apa ya, aku pake bendsdorp kok msh mrasa kurang item krn ada bbrp cake yg kuliat penampilannya item coklat bgt tp di resep gak pake DCC jd hrs coklat bubuk apa?atau bendsdorp py dark coklat bubuk?tx bgt infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai coklat bubuk namanya coklat noir ya, ada di toko bahan kue, warnanya hitam pekat.

      Hapus
  52. Hallo mba Endang, mau coba resepnya buat ultah suami, pgn tanya dl klo gulanya lgsg pake gula halus (bukan gula pasir yg diblender) pengaruh gak ya mbak?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa ya, pakai gula pasir gak masalah kok mba, nggak ngaruh ya

      Hapus
  53. Mb endang. Bedain BP double akting sm yg biasa gimana ya? Sy cek BP merk ovalet ngga ada keteranganny. Tks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba sarah, bisanya dikemasannya tertera tulisan double acting ya, kalau nggak ada keteranga itu maka itu BP single acting. Saya baru nemu BPDA ya cuman merk Hercules itu hehheheh

      Hapus
  54. Ini pengalaman saya semalam mba untuk resep yang ini https://www.facebook.com/notes/risa-alfatih/selamat-ulang-tahun-yang-ke-23-dan-cerita-tentang-mendekor-kue/10153342095296943?pnref=story

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, saya sudah baca mba Risa, sayang gak ada foto cake nya yaa

      Hapus
  55. Hai mba..slm kenal..sy ratna.. Sy ini salah satu pemuja rahasia blog ini.. :D #skrg udh ga rahasia lg dong ya..hehe
    Smalem saya coba resep ini dikukus..di skip coklat bubuknya..soalnya mau buat basic cheese cake meleleh itu loh.. Eh..jadinya bantat kaya dodol...*tp enak si..* pdhl mau dipake buat ngasih temen.. Trus katanya kan resep aslinya dipanggang ya? Skrg sy lg nyoba manggang nih..td si sy intip cake nya ngembang bgus deh..doakan yaa..smg brhasil...hihihi. *big hug mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Ratna, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT. Untuk cake ini karena cuman aduk2 maka dibutuhkan BP double acting ya, kalau gak pakai itu saya gak yakin bisa ngembang bagus Mba.

      Hapus
  56. Mba endang... waduhh malam2 gini baru selesai hias BF nya . Aq mau nanya mba. Ini kedua kalinya aq bikin BF ini tp kok knp bisa bantet dan kl dikulkasin malah agak kenyal seperti karet ya mba ? Dan mau nanya juga aq pake whipping cream yg rosell* tp kok hasilnya knp bisa encer ya mba ? Lagi menghias malah luntur semua karena mencair , apa ada pengaruhnya karena aq agak lebihin gula halusnya ya ? Tp cuma beberapa gram ajasih. . Ada cara buat bikin supaya whipping cream nya kokoh gak mba . Dan kalau sudah mencair apa bisa di mixer kembali mba ?mohon pencerahnnya mba soalnya semua resep mba endang yg pernah aq eksekusi hasilnya bagus bagus aja . Thanks before . God Bless buat mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Christie, sepertinya cakenya bantat itu Mba, mungkin over mixing saat mengaduk atau BPnya kurang aktif ya.

      Roselle biasanya baik2 saja kalau dikocok kaku ya, saya juga sering pakai. Bisa encer mungkin kurang maksimal kocokannya, atau justru over mixing sehingga krim pecah, Atau mungkin suhu ruangannya cukup tinggi sehingga krim mudah cair. Coba kocok ketika krim baru keluar dari kulkas sehingga suhu masih dingin. Cara lainnya next time pakai whipped cream yang non dairy Mba, seperti merk Avoset, krim yang non dairy ini gak cept mudah leleh.

      Gula jangan ditambahan dr awal tetapi baru dimasukkan ketika cream telah dikocok kaku baru gula masuk.

      Cara lain untuk mencegah krim cepat cair dengan menambahkan gelatin yang telah dimasak hingga leleh. Saya kurang tahu apakah gelatin ini bs digantikan dengan agar2 ya.

      Sya belum pernah mengocok kembali krim yang leleh, tapi mungkin bs dicoba dalam jumlah kecil dulu ya.

      Hapus
  57. Halo Mbak Endaang.. ^^
    Saya ada rencana mau buat BF dari resep mbak Endang. Tpi adonannya apa bisa saya jadikan satu dan memakai loyang ukuran 26 ??
    Apa nanti cakenya setelah jadi tidak terlalu tipis?
    saya ingin membuat blackforest ukuran 26 tapi resepnya gak ketemu2 dari kemarin mbak :'( hikkssshiksss..
    Mohon sarannya mbak :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, ukuran 26 terlalu tipis untuk cake diatas, mungkin hanya 2 lapis saja ya. 26 terlalu besar, mungkin mba harus bikin 2 kali resep diatas

      Hapus
  58. Hallo mbak, mo tnya, klu d kukus apa hrs d tutup dg serbet? O y, BPDA apa ada yg d jual dlm bentuk timbangan (per gram, sesuai permintaan pembeli).
    Trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, jika membuat cake kukus maka penutup kukusan kudu dibungkus dengan serber,

      setahu saya ada TBK yang jual BPDA eceran ya,

      Hapus
  59. Mbak endang .... Saya sdh bbrp kali praktekkin resep2 mbak...sukses semua dan enak ... Klo black forest ini saya sampai coba 3x dan yg trakhir baru sukses... YG pertama gagal krn susu cair dgn dua sendok makan jeruk lemon tidak kunjung mengental pdahal sudah sejam lebih saya tunggu mkn saya pikir krn susunya dingin jd lemon lama bereaksi, nah .... Jd saya maksain masuk ke adonan dan ya sudah banget deh. YG kedua butter milk buatannya berhasil tp susu saya kurangi 400ml dan lemonnya 1buah ... Adonan pun mengembang dgn baik...eeeh pas saya coba malah hambar...ternyata lupa masukin gula halus...wkkwkwkkkk... Dan yg terakhir dgn cara yg sama butter milk 400ml susu dan 1 buah lemon ...berhasil dan sukses... Saya buat dgn cara dipanggang.. Terima kasih ya... Sukses buat mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Malia, thanks sharingnya yaa, senang sekali membaca akhirnya resep BF cake ini akhirnya sukses dicoba. Sukses untuk mba yaa

      Hapus
  60. Gak nyangka blackforest yang dikukus rasanya seenak iniii... ^_^
    Resepnya OKE banget mbak endang, caranya jg mudah diikuti bagi pemula seperti saya :D
    Makasi ya mbak udah share berbagai resep yg memang "anti gagal"
    Sudah beberapa resep yg saya coba dirumah dan hasilnya memuaskan bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba merry, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka. memang gak murni black forrest cakenya ya heheheh, biasanya kalau BF cakenya lebih sponge dan berpori, yg ini lebih padat, tapi lumayan simple hehehheh.

      Hapus
  61. Hai mb endang yang baik hati...
    Semalem aku eksekusi blackforestnya mb, buat ultah suamiku hari ini... adonan aku kurangin mb. Karna kukusan di tempatku kecil, adonan pertama aku aduk pakai spatula mb. Tapi hasilnya agak mengeras kenapa ya mb? Akhirnya yg adonan kedua aku pakai mixer mb.. dan hasilnya wooooowwww... ngembang, rasanya lembut, top markotop mba.. akhirnya aku belah jadi 2 bagian mb.. untuk pertama kali ini aku bikin blackforest mb,, dan kesan pertama suamiku bilang rasanya ueeeenakkk.. besok2 kayanya mo bikin lg nih... makasih ya mb.. sukses buat mb endang.

    Chintia-Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi karena over mixing mba, atau baking powdernya kurang aktif ya, karena basicnya hanya diaduk2 saja. Thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka,

      Hapus
  62. Hallo mbak Endang, slm kenal ya..,aku mau tanya kalau tepungnya bisa pakai self raising flour gak ya? Klo bisa, berpengaruhkah dengan bahan lain sprt penggunaan BP? Maklum belum pernah sm sekali yg namanya bikin kue hehe....n kalo gak pake extract vanilla bisakah? Thanks a lot...ditunggu blsannya ya...rencana pingin buat kejutan untuk suamiku yg ultah bln ni...Chantini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Chantini, yep bs pakai tepung self raising ya, skip BP atau gunakan BP 1/2 dari resep saja. Vanilla ekstrak bs diganti dengan vnilli bubuk ya mba, pakai 1/4 sendok teh saja. Atau skip vanili juga gak papa. sukses yaa

      Hapus
  63. Barusan aku coba resep bf mb endang,,, tp cuma 1/2 resep,,, dan taraaaa,,, berhasil,,, enak, moist jg,,,, hny saja sy lupa,,, sepertinya air lemonnya kebanyakan,,, jd agak terasa aroma/rasa lemonnya.hehe maklum pemula dn pakai kirologi mengukur bahan2nya... krn dirumah blm ad rimbangan/sendok ukur...thanks mb endang:) oia iji kue nya aku peruntukan kpd keponakan aku yg ultah... wlwpn mini,, tp rasanya enakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  64. Salam kenal mbak endang. Sblmnya makasi bngt lho mbak, berkat mbak jd gampang nemu resep2 yg top! Aku termasuk fans resep2 mbak ni, mulai dr nugget, kroket kentang, kue telur gabus. Nah skrg baru otama kali mw nyoba buat BF, buat ultah suami.
    Mau tanya mbak, di bagian toping, n prosesnya itu kan pake mixer, krn aku gak punya mixer trus ngakalinnya gmn ya mbak? Thx

    Salam, kenik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Kenik, thanks ya sudah menyukai resep2 JTT.

      Topping cream dikocok pakai kocokan spiral secara manual bisa ya mba.

      Hapus
  65. Selamat malam mba,

    Salam kenal.. Sya adalah penggemar blog embak lho

    Dari awal g pernah kedapur jadi sering bngt masak buat keluarga dan menghabiskan waktu di dapur sambil baca blog nya.

    Saya mau tanya dong mba kalo loyang saya kotak ukuran 28cm
    Bahan2nya jadi berapa dong mba banyaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ica, salam kenal dan thanks sharingnya.

      loyang ukuran 28 termasuk besar ya, kalau mau membuat kue yang tinggi mungkin 2 kali resep mba.

      Hapus
  66. Hai mbak. Resepnya mirip dgn mud cake yg punya cupcake jemma ya (youtube). Bedanya ini kukus.tapi kalo cupcake jemma pakai kopi cair jg. Mau coba ini kapan2, soalnya sdh coba yg resep mbak pakai 2 telur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Sofie, saya malah gak tahu resep cupcake jemma hehehe. silahkan dicoba, moga suka ya

      Hapus
  67. Hi Mba endang kalo pake gula halus takarannya sama ga dengan pake gula pasir yg di blender halus? Terus utk buttermilk kalo pake jeruk lemon takarannya sama dg pake jeruk nipis? Makasih

    BalasHapus
  68. Halo mbak aku dian, mau nanya untuk olesan kuenya apa ada pengganti untuk air cherry kalengan mba? Saya punya rum essence aja mba. Apa bisa cuma pakek rum aja? Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai rum saja mba, yang penting permukaa cake jadi agak lembab saja ya

      Hapus
    2. Mba makasi ya resepnya udah aku coba, aku kasi hadiah ulang tahun pacar. seneng banget semua keluarga pacar suka :) makasi banyak mba

      Oh ya, aku juga udah coba beberapa resep yang lain. selalu enakk

      -dian

      Hapus
    3. thanks mba dian sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  69. Thanks bunda resep nya. Bakal nyoba black fores nih

    BalasHapus
  70. Makasih mbk endang resepnya terbukti makkk nyussss. Yg ini uda bikin 4x dan alhamdulillah temen"banyak yg bilang endesss bingit.
    Aku pake loyang bulat yg besar 2x ngukus. Temen"heran kok bisa ngembang padahal gk pake mixer jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  71. Mbak Endang, mau tanya, aku udh bikin cake ini kemarin, Tp kenapa ya cake ini rapuh banget, gak kokoh gitu,gimana ya mbak caranya bikin cake ini kokoh? Krn mau saya buat jualan, klo rapuh kan rawan ancur klo udah dipotong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Alvi, cake ini padat dan sama sekali tdk rapuh. Saya malah jadi bingung kalau rapuh. Pastikan cake benar2 dingin ketika diproses atau masukkan ke kulkas supaya lbh keras.

      Hapus
  72. hai mb End, salam kenal, sy mama khalila, pecandu blog mb setahun terakhir ini, khalila mo sy buatin bf tgl 8 april besok di ultah ke3nya, mo nanya mb, 450 gr susu cair dan 135gr minyak itu maksudnya susu / minyak seberat sekian gr dgn timbangan ya mb? bukan pake gelas ukur sekian ml mb?trus kalo pake vanili bubuk yg kemasan wadah bulat kecil itu apakah seukuran 1/4sdt? makasi mb uda jd bagian terbaik dlm peran sy sbg ibu yg mendadak rajin didapur, wss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep saya pakai timbangan untuk resep ini ya bukan pakai gelas ukur. Untuk susu dan minyak, berat dan volume berbeda ya, yang berat dan volume sama hanya air biasa.

      kalau pakai vanili bubuk sebaiknya jangan terlalu banyak, karena rasanya akan pahit ya. saya kurang tahu berapa ukuran vanili di paket ya.

      Hapus
  73. Mba endang... Saya sudah buat BF berkali kali pake resep ini dan berhasil... Terima kasih banyak ya mba... Btw kalau kue ini dijadikan cupcake bisa jadi berapa pcs ya mba? Terus adonannya bisa antri tidak? Makasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Lidya, thanks sharingnya, senang resepnya disuka. Bisa dijadikan cupcake tapi saya kurang tahu bs jadi berapa porsi, Adonan bs antri ya kalau pakai BP double acting.

      Hapus
  74. Maaf mba saya maw coba bikin niatnya besok...
    Ada yang ingin saya tanyakan
    1. Gula halus itu digunakan hanya untuk krim? Klo iya berarti adonan cakenya apakah tidah menggunakan gula halus? Lalu klo gula halus itu itu dipakai di cake dicampur ke adonan tepung yg sudah di ayak atau adonan telor kah atau adonan minyak n susu?
    2. Garan itu dimasukkan ke adonan mana yah mba
    Maaf banyak nanya... tapi memang saya kurang jelas di 2 tahapan itu..
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Verra, menurut saya sudah sangat jelas ya.
      coba mba cek daftar bahannya, masing2 bagian sudah saya bedakan bahan2nya. Nah ikuti saja daftar bahan itu untuk membuat setiap bagian. Gula kan ada di bagian daftar bahan cake dan krim.

      mba kemudian menuju ke proses pembuatan masing2 bagian, gula kan masuk ke bahan kering bersama tepung, tolong dibaca seksama lagi prosesnya. Garam masuk ke bahan kering bersama tepung.

      menurut saya sudah saaangat jelas.

      Hapus
  75. Assalamu'alaikum
    mba endang, Mau tanya kalau basic cake coklat ini bisa ga yah untuk bikin tiramisu, saya mau coba buat karena cakenya ga pake mixer. Kalau mau buat cakenya putih kira2 coklat bubuknya ganti susu bubuk atau tambahkan tepung ya?
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam Mba, skip coklat bubuk, ganti saja dengan tepung dgn porsi yang sama mba. Susu bubuk sesuai selera saja, bs tambah bs nggak ya

      Hapus
  76. Mba endang, mau tanya. Kalau baking soda tidak dipakai ngaruh ga? Susah dapetin baking soda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja mba, selama pakai baking powder double acting oke ya

      Hapus
  77. Mba endang kalo semisalnya coklat bubuk diganti dcc yg dicairkan bisa ga? Kl bisa ukurannya brp dan pada saat kapan dimasukinnya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mb, hanya takaran coklatnya saya kurang tahu mungkin sekitar 150-200 gram, masukin barengan kocokan telur mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...