15 Februari 2011

Resep Devil's Food Cake


Resep Devil's Food Cake JTT

Cake ini tentu saja bukan makanan para setan (devil), lebih tepat jika dijuluki ambrosia - makanan para dewa - saking lezatnya. Menurut sejarah, devil's food cake diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat bagian Selatan. Nama devil yang cukup provoktif ini diberikan karena dulunya cake ini berwarna kemerahan. Banyak yang salah kaprah mengira, warna merah kecoklatan tersebut terjadi karena reaksi antara baking soda dengan bubuk coklat yang digunakan. Walaupun bubuk coklat memang mengandung pigmen merah tanaman, namun penggunaannya sangat kecil sekali dan reaksi yang terjadi juga tidak mampu menghasilkan warna coklat kemerahan yang pekat. Akibatnya, pada awal cake ini diperkenalkan, banyak yang menambahkan pewarna merah ke dalam adonan agar berwarna merah seperti pada cake versi tradisionalnya sehingga sesuai dengan nama devil yang disandangnya. Saat ini devil's food cake dibuat dengan komposisi coklat dan lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan cake coklat biasa. Setelah pemanggangan cake akan berwarna coklat gelap dengan rasa yang lembut, cake juga dilengkapi dengan frosting coklat sebagai topping-nya. 

Resep Devil's Food Cake JTT

Untuk menghasilkan cake coklat lezat ini memang memerlukan proses yang sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan cake coklat pada umumnya. Selain bubuk coklatnya harus kita panaskan terlebih dahulu bersama dengan susu atau air, putih telurnya pun harus kita kocok hingga kaku dan terbentuk puncak. Proses ini untuk membuat cake menjadi lebih lembut dan mengembang. Yang jelas hasilnya tidak mengecewakan dan bagi para penggila coklat rugi rasanya jika tidak mencobanya.

Resep yang saya sertakan di bawah jika mengikuti versi originalnya di buku akan menghasilkan 2 buah cake dengan menggunakan loyang diameter 23 cm kemudian masing-masing cake dibelah menjadi 2 layer. Saya menjadikannya dalam 1 loyang saja, dengan menggunakan loyang bongkar pasang diameter 20 x 6 cm kemudian cake saya bagi menjadi 3 layer.

Berikut resepnya. 

Resep Devil's Food Cake JTT

Devil's Food Cake
Resep diadaptasikan dari Baking With Passion - Devil's Food Cake

Untuk 1 buah cake menggunakan loyang bongkar pasang diameter 20 x 6 cm

Bahan Cake:
- 150 gram coklat masak blok kualitas yang baik, potong-potong
- 115 gram gula halus
- 125 ml susu cair
- 40 gr bubuk coklat, kualitas yang baik
- 3 butir telur, pisahkan kuning & putihnya + 1 buah kuning telur
- 150 gr mentega, suhu ruang
- 40 gr gula palem
- 45 gr gula pasir
- 225 gr tepung terigu protein rendah (Kunci Biru)
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh baking soda (saya ganti dengan 1 sendok teh baking powder)
- 170 gr sour cream suhu ruang (saya pakai Yummy Sour Cream)

Bahan frosting:
- 200 gr coklat blok masak, potong-potong
- 60 gr bubuk coklat
- 100 ml air
- 1 sendok makan sirup vanila atau sirup berwarna keemasan lainnya
- 280 gr gula icing bubuk, ayak
- 45 gr mentega, suhu ruang
- 2 butir kuning telur 

Untuk frosting yang lebih simple, bisa menggunakan resep chocolate ganache pada postingan saya disini. 

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 170'C. Siapkan loyang bongkar pasang, olesi mentega dan taburi dengan tepung, sisihkan.

Untuk membuat cake:
Masukkan coklat blok, gula halus, susu cair, bubuk coklat dan 2 buah kuning telur ke dalam panci atau mangkuk alumunium dan panaskan dengan cara di tim. Aduk-aduk hingga meleleh dan tercampur rata menjadi adonan. Angkat dan sisihkan. 

Resep Devil's Food Cake JTT

Masukkan mentega, gula pasir dan gula palem ke dalam mangkuk mixer dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berubah warna menjadi pucat. Masukkan sisa 2 buah kuning telur terus kocok hingga tercampur rata, kurangi kecepatan mixer menjadi rendah, masukkan tepung terigu, garam dan baking soda. Matikan mixer. Tambahkan sour cream diikuti dengan adonan coklat yang tadi kita masak. Aduk rata menggunakan spatula.

Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT

Dalam mangkuk lainnya, kocok 3 buah putih telur dengan mxer kecepatan tinggi hingga putih telur kaku dan membentuk puncak. Tandanya ketika pengocok mixer kita angkat maka akan terbentuk puncak-puncak yang kaku. Masukkan kocokan putih telur kedalam adonan cake, aduk dengan teknik aduk balik/aduk lipat (folding). 

Caranya, spatula dijalankan dari atas, memotong kedua macam adonan hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik/dilipat. Gerakannya seperti membalik atau melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata. Lakukan hingga menjadi adonan yang tercampur rata.

Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT

Masukkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya dengan mengangkat dan menjatuhkan loyang perlahan. Panggang dengan rak di tengah oven, selama 45 - 50 menit atau hingga lidi dimasukkan  ke tengah cake maka tidak ada lagi adonan yang menempel. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga dingin di dalam loyang. 

Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT

Untuk membuat frosting coklat:
Siapkan panci kecil, masukkan coklat blok, lelehkan coklat dengan cara di tim. Dalam panci lainnya, masukkan bubuk coklat, air dan sirup, panaskan diatas kompor menggunakan api kecil hanya agar hangat saja jangan mendidih. Aduk-aduk hingga menjadi adonan yang halus. Masukkan coklat leleh, aduk hingga rata.

Angkat dari atas kompor, masukkan mentega dan gula icing, aduk rata dan biarkan agak mendingin kemudian masukkan kuning telur, kocok hingga halus dan menjadi cream yang kental. Pastikan gumpalan coklat bubuk benar-benar telah larut agar ketika frosting diaplikasikan pada permukaan cake hasilnya halus bebas gumpalan. Cicipi rasanya dan tambahkan gula icing jika kurang. Biarkan dingin hingga icing kental dan bisa dioleskan ke cake.

Resep Devil's Food Cake JTT

Keluarkan cake dari loyang, belah menjadi 2 atau 3 lapisan/layer. Oleskan frosting pada permukaan salah satu layer kemudian tumpuk dengan cake lainnya. Lakukan seperti sandwich. Terakhir, dengan menggunakan pisau palette oleskan frosting pada permukaan dan samping cake hingga frosting menutupi seluruh cake.

Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT
Resep Devil's Food Cake JTT

Biarkan cake selama 1 malam di tempat sejuk hingga coklat mengeras, tetapi jangan masukkan ke kulkas karena akan membuat frosting menjadi tidak mengkilap/buram. 

Potong cake sesuai selera dan santap! Yummy!
   
Sources:
Buku Baking With Passion - Devil's Food Cake
Recipestips.com - Devil's Food Cake
Wikipedia - Devil's Food Cake



48 komentar:

  1. mba aq pengen cb yg ini, tp sour cream itu apa ya? n kl gk ada, apa bs diganti dg bahan lain?makasiy sbelumnya yah mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sour cream bentuknya seperti yoghurt atau cream cheese ya, padat kental berwarna putih. Bisa diganti dengan yoghurt hanya saja rasanya berbeda, sour cream lebih terasa susu dan berlemak dibandingkan yoghurt. Bisa di beli di Carefur atau Giant di bagian counter keju atau produk susu. Saya biasa pakai merk Yummy yang murah meriah hehehe

      Hapus
  2. gula icing bubuk beda dg gula bubuk biasa ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non, Gula icing bubuk tidak sama dengan gula bubuk biasa. Icing biasanya ditambahkan bahan yang membuat gula mudah mengeras ketika bertemu dengan air/cairan. Sedangkan gula bubuk biasa disebut dengan confectioner sugar terbuat dari gula pasir biasa yang dihaluskan.

      Hapus
  3. Mba` klo panggang di oven, pke api bawah aj atw api atas bwah ? Thankz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai oven listrik api atas bawah Mba, pengalaman pakai api bawah saja kue gak matang. Hanya saja kalau pakai oven gas sepertinya api bawah ya. Teman saya yang pakai oven gas bilang dia cuman pakai api bawah untuk bikin cake dan hasilnya oke

      Hapus
  4. Dear Mba Endang,

    berarti untuk frostingnya mesti pake gula icing ya? kalo gula bubuk hasilnya kurang oke kah?

    thanks,

    Indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indah, pakai gula bubuk biasa bisa Mba. Tapi kalau mau resep frosting coklat yang lebih simple pakai resep dari joy of baking saja, coba yang ini: http://www.justtryandtaste.com/2011/09/cake-coklat-pisang-chocolate-banana.html

      Hapus
    2. Thank u for fast response nya Mba, demen banget deh sama Mba Endang yang selalu sigap menjawab pertanyaan2 yang masuk :D
      oke Mba, rencana besok mau coba bikin buat kado ultah suami *blushing* semoga sukes aminnnn.. kalo sukses saya pamer di sini hihihi.. (biar yang lain pada pengen bikin juga), kalo gagal *amit2* saya curhat yah heheh.. thanks lagi Mba :)

      Indah

      Hapus
    3. hai Mba Indah, gimana? Sukses gak kue ultahnya? Hehehe, saya yang jadi penasaran wwkakkaak

      Hapus
  5. Hai Mba Endang...

    penampakan sih ga secantik punya Mba Endang :( tapi hasilnya sih sukses Mba, soalnya yang ultah suka (semoga suka beneran, bukan karna kasian sama istrinya yang bangun subuh2 bikinin kue hihihi). Dimasukin kulkas dulu lebih nyam nyam, nyoklat bgt,, oh ya, akhirnya olesan dalem n luarnya saya pake fudge dari resep Mba Endang yang chocolate fudge cake, yummy..
    Mba, request donk, hehe.. cake yang simple, telur dikit (emak irit :D) n no food additives. anak saya 13 bulan, demen banget makan cake. jadi pengen kasi yang no food additives gitu :)
    Ditunggu loh Mba #maksa

    Indah
    #yang kecanduan bikin kue gara2 blog ini#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indah, saya senyum2 sendiri baca sharingnya. Saya rasa pasti mantep jadinya ya hehehhe.

      Iya nih, samaaa saya juga sukanya sama yang minim telur dan simple. Cuman kadang susah juga nyari resep2 seperti itu wakakkak. Apalagi kebanyakan resep2 pakai food additive (tanpa BP atau BS), ntar diusahaankan ya heheh ^_^

      Hapus
  6. hai mba mau nannya, resep cake coklat yg ga trlalu manis tapi tetep mantep yg mana ya mba? suami ku mau cake coklat tapi requestnya malah aneh2 aja yg ga trlalu manis he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget resep cake coklat di JTT, kalau gak suka manis, kurangi saja takaran gulanya Mba. Saya suka cake coklat mayonaise: http://www.justtryandtaste.com/2013/05/chocolate-mayonnaise-cake-menikmati.html

      mantep dan mudah

      Hapus
  7. trima kasi banyak mba suggest nya :D segera dieksekusi hehehhe

    BalasHapus
  8. Salam kenal mba. Kemarin sy coba buat devils choc cake ini..thanks resepnya mba. Orang rumah suka ;) besok2 pasti sy bikin lagi. Sy ingin tanya saat masukan putih telur kaku ke adonan coklat..ini hanya asal tercampur rata saja ya mba? Apa perlu diaduk2 lama sampai benar2 tercampur? Karena kemarin tuh sy hanya asal tercampur rata saja (sekeliatan mata tdk ada putih2 lagi yaudah deh) tp hasil jadi kue nya... ada yg putih nya mba. Kata mama sy..nyampurin putih telur nya kurang tuh hehehehehe. Apa ya pengaruh klo ngaduk nya tll sebentar ato ngaduknya lama? Thanks buat reply nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eka, saya ada tips supaya mencampur putih telur lebih mudah. Kalau adonan coklat sudah jadi, masukkan sekitar 1/3 kocoka putih telur, aduk hingga rata. Tujuanya supaya adonan coklat lebih encer dan membuat sisa putih telur mudah tercampur kala diaduk. Baru kemudian sisa putih telur dimasukkan dan aduk perlahan dengan teknik aduk balik.

      yep putih telurnya kudu sampai tercampur baik, tetapi juga harus hati2 mengaduknya supaya putih telur gak mencair. Kalau terlalu banyak putih telur yang mencair kue akan bantat

      Hapus
  9. mba mo nannya ini tekstur padat ato kayak sponge cake? thankyou

    BalasHapus
  10. Kak ini icing bubuknya beli dimana dan merknya apa ya? Salam kenal kak dan makasih -nabilah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, coba di toko bahan kue ya, saya suka beli di Titan, wah kalau merk saya nggak ingat, tapi ada banyak icing sugar disana ya.

      Hapus
  11. icingny kayak ganache gt ya mba?hehe

    BalasHapus
  12. Mba Endang tanya dong,,untuk frostingnya berarti kuning telurnya mentah ya,,terus untuk ngaduk kuning telur di adonan coklat itu pakai mikser atau cukup dgn spatula??makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, yep frosting ini memang pakai kuning telur mentah. Ganti saja pakai ganache yang ini mba, lebih oke:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/cake-kukus-lapis-srikaya-dengan-coklat.html

      Hapus
  13. Halo mbak Endang, mau tanya untuk devil food cake ini apakah bisa dikukus ya mbak? Terima kasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yep bisa dikukus ya. Resepnya nggak berubah ya.

      Hapus
  14. Hallo, mba endang ^^
    Salam kenal sebelum nya ya mba.. saya vivi dari bekasi hhe
    Mau nanya untuk devil's food cake ini chocolate ganache nya enakkan yg tertera di resep ini atau resep chocolate ganache yg di cake coklat pisang ya mba? Kalo yg disini bahan frosting saya udah sedia semua sih mba.. cuma kalo yg cake coklat pisang nya saya ngga ada krim kental.. jadi rencana mau di ganti susu cair yg di campur margarin aja mba..
    Kalo menurut mba sendiri taste nya lebih coklat yg mana ya mba? Hehe terus saya juga suka yg manis ya mba.. minta recommend dari mba nya nih ^^
    Ohiya mau nanya juga mba.. kue ini bisa di kukus ya mba setelah saya baca komentar teman teman disini.. boleh tau ngga mba kira2 waktu pengukusan nya berapa lama ya mba?
    Btw rencana nya buat kue ultah sendiri nih mba wkakakak ultah sendiri bikin cake sendiri.. kaya ada yg mau rayain aja wkakak maklum saya agak aneh mba :))
    sebener nya karna saya suka cake coklat sih mba.. coklat yg nyoklat bgt dan saya tertarik buat kue ini.. karna suka yg moist jadi rencana mau kukus aja.. kebetulan bentar lagi ulangtahun wkakak doain saya sukses yah mba hhe
    Maaf banyak nanya dan bawel ya mba.. terimakasih resep resep nya karna saya banyak belajar dari sini soal kue ^^
    Sukses selalu buat mba endang dan keluarga^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Vivi, salam kenal ya. Berikut jawaban saya:
      1, Ganachenya enak yang cake coklat pisang ya.
      2. taste coklat lebih nyoklat yang ini ya
      3. Bisa dikukus, jangan pakai api terlalu besar, waktu sekitar 45 - 50 menit atau lebih ya, saya suka lebihkan.
      4. Cake ini oke untuk cake ultah ya.

      Moga sukses yaa, salam

      Hapus
    2. Hallo mba endang^^
      Minggu depan udah siap buat eksekusi kue ini nih mba.. cuma mau tanya kalo mau aku hias dengan cream lagi yg di beri perisa coklat menggunakan spuit itu kira2 kapan saya bisa lakukan ya mba? Karna saya baca untuk di biarkan ganache nya mengeras, dibutuhkan waktu 1 hari.. yg mau saya tanyakan, jadi saya menghias nya setelah 1 hari ganache mengeras, atau cukup beberapa jam setelah ganache nya saya siram ya mba?
      Ngomong2 nanti kalo udah jadi, boleh ya saya share lagi hehe jangan bosen ya mba ^^y
      Hehe makasih banyak ya mba sebelum nya mau menjawab pertanyaan dari saya.. maaf ya mba kalo banyak nanya ^^
      Salam^^

      Hapus
    3. halo mba Vivi, coklat ganache akan cepat mengeras kalau cake disimpan di dalam chiller kulkas ya, sebaiknya hiasan di spuit ketika ganache sudah mengeras supaya hasilnya rapi.

      silahkan dishare ya mba, saya senang sekali mendapatkan sharing hasilnya ^_^

      Hapus
  15. Hi mbak.. Aku rencana mau bikin cake ini nih.. mau tanya dong, margarinnya bisa diganti butter ga? Kebetulan punya stok butter banyak bangett.. sayang ga kepake.. makasih ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, yep silahkan diganti butter ya, rasanya akan lebih sedap

      Hapus
    2. Thank you mbak balesannya.. td sore udah eksekusi, dan kayaknha sih jadi hehhee..aku masih newbie bgt nih baking2. aku pake loyang 24 cm dan Cakeku nggak terlalu mengembang kayak punya mbak Endang. Tapi rasanya tetep nyoklat enakkkk.. tinggal tunggu besok nih buat nyobain slice pertama.. makasih banyak ya mbak. This is my very first cake ever.. kayaknya bakal sering nyontek2 resep di sini lagi nih.. keep on writing mbak.. semangat!

      Hapus
  16. Mba mau tanya, kalo gula palemnya diganti jadi pake gula pasir semua bisa ga ya? trus takarannya jadi berapa gram gula pasir? thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diganti gula pasir ya, takaran sama dengan gula palem yang digantikan

      Hapus
  17. Mbak endang salam kenal saya widya. Mbak mau tanya frosting coklat pakai mentega tawar atau mentega biasa? Trims

    BalasHapus
  18. Malem Mba Endang,salam kenal. Saya Leni. Saya tertarik bgt utk bikin cake devil nya mba Endang,,cuma berhubung saya msh pemula. Saya agak bingung, yg 115gr gula halus itu maksudnya gula pasir yg butirannya halus(kastor), atau gula yg mirip tepung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Leni, salam kenal ya. Saya diatas pakai gula bubuk/tepung atau gula pasir diblender halus, bs pakai castor sugar yang butirannya halus ya.

      Hapus
  19. Mba, jenis kue ini bisa dihias fondant gak? Kokoh gak kue-nya?

    BalasHapus
  20. Bu endang saya loncat dari halaman Chocolate Fudge ke sini hehe.Masih bingung bu mau buat yang mana soalnya sama2 nyoklat.dan itu kue wajib kalo buat ultah.Bu endang minta rekomendasi dong buat kue ultah sendiri Coklat Fudfe atau Devils food?Thank you so much...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, keduanya oke ya, yang fudge cake lebih padat saja teksturnya. Untuk rasa, sama saja mba

      Hapus
  21. Hai mbak endang, salam kenal yah. Mau nanya mbak, itu kuning telur di tim apa gak jadi mateng ya mbak? Apa emang tujuannya supaya mateng? Maacih mbaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, mungkin ya, ini resep lama banget dan saya ikutin dr buku tanpa modifikasi. Saya belum pernah pakai cara ini di resep2 terbaru

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...