16 Februari 2011

Resep Sapo Tofu Tuna dan Jamur


Resep Sapo Tofu Tuna JTT

Sapo adalah makanan berkuah yang komposisi utamanya biasanya adalah sayuran, tofu dan seafood. Umumnya di sajikan dalam mangkok hotplate karena hidangan ini paling lezat jika dinikmati saat kuahnya masih mengepulkan uap. Dulu saya paling suka nongkrong di Bakmi Pinangsia yang berada di food court Pasaraya Grande Blok M. Cita rasa saponya benar-benar mantap. Kuahnya segar, bumbunya kental dilengkapi dengan potongan cumi-cumi, ikan kakap dan udang. Untuk menikmatinya bisa dengan nasi atau mie. Slrrrpp, sedap bo!

Resep Sapo Tofu Tuna JTT

Masakan yang sangat mudah dibuat ini cukup memanfatkan sisa-sisa bahan makanan di kulkas, seperti yang saya lakukan kali ini. Saya menggunakan ikan tuna, satu-satunya seafood yang ada di freezer saya, bakso ikan yang kebetulan masih ada 4 butir, tofu, wortel, dan jamur, plus daun bawang yang banyak. Cemplungkan semua bahan dalam wajan, sreng sreng sebentar, dan dalam hitungan menit  menu makan siang saya di hari libur kemarin terhidang di meja. 

Berikut resep dan cara pembuatannya.

Resep Sapo Tofu Tuna JTT

Sapo Tofu Tuna
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 1 buah egg tofu, bagi menjadi 6 bagian, goreng hingga  permukaannya kecoklatan dan kering
- 100 gram jamur merang, belah 2
- 100 gram fillet kakap atau tuna, potong dadu
- 4 butir bakso ikan, iris tipis
- 2 batang daun bawang, iris serong tipis
- 2 batang wortel, iris menyerong tipis
- 500 ml air

Bumbu:
- 3 siung bawang putih, keprak, cincang halus
- 1 ruas jahe, kupas dan cincang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan kecap asin
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan tepung maizena, untuk pengental
- 1/2 sendok makan garam
- 1/2 sendok makan gula 

Pelengkap:
Sambal botolan

Cara membuat:
Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih cincang dan jahe hingga harum. Masukkan tuna, masak hingga setengah matang. Tambahkan air, masak hingga air mendidih. Masukkan wortel, bakso ikan dan semua bumbu.  Masak hingga wortel agak empuk. 

Tambahkan jamur merang dan larutan tepung maizena. Masak hingga  kuah mengental dan semua bahan matang, cicipi rasanya. Sebelum diangkat, masukkan daun bawang iris. 

Resep Sapo Tofu Tuna JTT

Jika menggunakan hotplate, pada saat sapo akan dihidangkan, panaskan hotplate di kompor hingga benar-benar panas. Angkat dan tuangkan sapo ke dalam hotplate. 

Sapo siap disajikan. Enjoy!



10 komentar:

  1. Mba, ijin copas resep2nya yah, udah bnyk yg sy copas tp baru skrg minta ijin, hehehe. Blognya seru bgt, enak buat dibaca, resep2ny jg mantap bgt. Thanks yah mba. Btw kalo tofunya ga digoreng bisa ga yah? Sy lg anti minyak nih. Mksdnya, tofu diteflon aja tanpa pake minyak. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sip silahkan di copy dan dicoba resepnya ya. Tofu sebenarnya sudah matang dan bisa disantap begitu saja tanpa digoreng, atau di grill sebentar di teflon juga fine. Thanks sharingya ya.

      Hapus
  2. looks yummy mbak - ijin copas ya resepnya. seru soalnya ada kisah cerita, step-by-step dan gambarnya. two thumbs up!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya,maaf saya baru baca pesan ini, kok bisa keselip yaaa huaa. Thanks, silahkan di share resepnya yaa

      Hapus
  3. Mba' Endang, I admire and envy you at the same time deh. Setelah jadi silent reader dan praktisi resep Mba' selama beberapa bulan terakhir akhirnya nyerah juga dan posting komen. Hihihi...
    Udah beberapa resep dicoba alhamdulillah sukses kabeh. Kecuali 1 yg memang salah ovennya ga ada pengatur suhu.
    Skarang mo coba bikin ini buat bukber, kira2 ini untuk berapa orang ya Mba'? Ben iso dikira-kira buat 20 orang tuh berapa kali resep. Hehehe... Makasi sblumnya yooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha Mb Kartika, maaf pesannya ke selip ya, jadi telat balsnya. Resep diatas hanya untuk sektar 2 atau 3 orang saja ya mba.,

      Hapus
  4. Mba Endang....klo ini diganti ayam fillet masih cocok kan ya mba bumbunya? Mamaciy sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Triska, tetap enak ya mba, gak masalah kok. Bumbu sama saja ya

      Hapus
  5. Salam kenal mbak,beberapa resep mbak sdh sy coba lho .Hasilnya enak n sedap Sapo tahu ini jadi resep favorit keluarga sy klo lagi ngumpul.Lebaran kali ini Sapo tahunya ga ketinggalan.Trims ya mbak n smoga selalu sehat n sharing resep lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...