06 Februari 2011

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT


Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Mie kuah yang satu ini segar dan kaldu sapinya nendang sekali. Pho Bo, mie kuah  dari negara Vietnam yang sekarang restorannya banyak bertebaran di Jakarta. Memang paling asyik saat hujan gerimis bersama sahabat anda, ngerumpi di resto Vietnam sambil menikmati semangkuk besar Pho berkuah panas dengan aroma rempah yang menyeruak kala uap panas mie mengepul dari mangkuk anda. Hmm, so delicious! Di Jakarta, saya biasanya menyantap pho di resto Pho24 yang cabangnya memang mudah di jangkau dari kantor atau rumah Pete. 

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Pho merupakan mie rebus yang racikan utama bumbu di kuahnya adalah jinten, pekak (kembang lawang) dan kayu manis. Biasanya isinya terdiri atas, mie yang terbuat dari tepung beras, irisan tipis daging sapi dan tauge, dilengkapi dengan taburan daun rempah seperti daun bawang, seledri, daun ketumbar dan mint sehingga menciptakan rasa yang segar dan tidak eneg.  Bagaimana jika kita buat sendiri saja di rumah? Ternyata membuatnya sangat mudah dan aneka rempah-rempah yang diperlukan untuk kuah mie ini gampang kita temukan di pasar tradisional maupun supermarket dengan harga yang murah. 

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Tipsnya untuk mendapatkan kaldu daging yang sedap sebaiknya gunakan tulang belulang sapi, cari tulang paha yang didalamnya terdapat sumsumnya. Rebus selama + 2 jam hingga kaldunya benar-benar terasa. Diamkan semalam baru besoknya kita gunakan, dengan cara ini bumbu yang kita rebus bersama tulang akan semakin mengeluarkan aroma dan rasa sehingga kuah pho menjadi sangat lezat. Untuk mendapatkan tulang belulang sapi tentu saja anda harus ke pasar tradisional di bagian los daging, penjual daging sapi disana pasti memilikinya. Harganya juga cukup murah, cukup dengan sepuluh ribu rupiah saya mendapatkan sepanci tulang seperti  foto saya  di samping :)

Jadi, tunggu apalagi yuk langsung saja menuju ke TKP.


Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam
Resep diadaptasikan dari BBC Food,  Vietnamese Beef Noodle Soup (Pho Bo)

Bahan:
- 300 gram daging sapi
- 1 kg tulang belulang sapi, cari yang ada sumsumnya
- 1 1/2 liter air
- mie rebus, saya menggunakan mie kuning ukuran kecil

Bumbu untuk kuah kaldu:
- 1 sendok teh ketumbar
- 8 butir cengkeh
- 2 buah pekak/kembang lawang
- 1 sendok teh merica hitam butiran
- 2 potong kayu manis
- 1/2 sendok teh jinten
- 2  ruas jahe, iris tipis
- 6 butir bawang merah, iris kasar
- 1 buah bawang bombay, belah 4
- 2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1 batang wortel, potong-potong
- 1 batang daun bawang, iris kasar
- 1 batang seledri, iris kasar

Pelengkap mie:
- daun bawang, iris halus
- daun seledri, iris halus
- kecap ikan
- tauge buang ekornya
- jeruk nipis, belah
- cabai rawit, iris halus

Cara membuat:
Letakkan jahe dan bawang merah di talenan, keprak sebentar hingga agak pipih, sisihkan.

Panaskan wajan, masukkan jinten, ketumbar, kayu manis dan pekak, sangrai hingga kecoklatan tetapi tidak gosong. Angkat dan tuangkan ke dalam mangkuk dan sisihkan.

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Dengan menggunakan penggorengan yang sama, sangrai jahe dan bawang merah sebentar hingga sisinya kecoklatan. Angkat dan masukkan ke dalam mangkuk bumbu sangrai sebelumnya. Sisihkan.

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Siapkan panci, masukkan air, tambahkan tulang sapi, bumbu sangrai, seledri, wortel, bawang bombay, jahe, cengkeh, merica hitam butiran dan bawang merah. Masukkan sekalian daging sapi utuh. Rebus hingga mendidih dan daging empuk. Angkat daging dari panci, sisihkan. Buang kotoran yang biasanya mengapung ketika kita merebus daging.

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT
Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT
Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Kecilkan api, tambahkan garam dan teruskan merebus selama 1 jam. Tambahkan air jika kurang. Saring kuah kaldu ke panci bersih lainnya, paling bagus jika kaldu didiamkan semalam agar lemak membeku dan mengapung di permukaan kaldu, buang lemak yang mengapung. 

Panaskan kuah, tambahkan irisan daun bawang dan seledri di kuah kaldu, masukkan kecap ikan.  Cicipi rasanya.

Menyiapkan Pho
Iris tipis daging sapi yang telah direbus setipis mungkin, sisihkan.
  
Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Untuk mie-nya, rebus air hingga mendidih, masukkan mie hingga mie terendam. Rebus hingga matang, jangan terlalu lunak. Angkat dan tiriskan.

Menata Pho
Siapkan mangkuk, tata mie rebus dan tauge ke dalamnya. Letakkan irisan daging sapi diatas mie, siram dengan kuah kaldu yang mengepul panas.  Taburi dengan daun bawang, seledri cincang dan cabai rawit cincang.

Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT
Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT
Resep Pho - Mie Kuah Sapi ala Vietnam JTT

Sajikan dengan pelengkap kecap ikan dan irisan jeruk nipis.

Sources:
BBC Food,  Vietnamese Beef Noodle Soup (Pho Bo)
Wikipedia, Pho 



11 komentar:

  1. Salam kenal dari Melbourne mbak,
    Saya sueeeneenggg bgt nemuin blog ini... resepnya komplit dan intruksi nya clear bgt (terutama dgn ditampilkan photo step by step nya).. , dulu saya gak pernah menyentuh area dapur semenjak tinggal jauh dari kampung "terpaksa" harus masak buat memenuhi kebutuhan krucil2.. jajan terus mahal rek.. :) , Pho ini favourit saya .. secara disini susah bgt cari halal pho jadi harus bikin klo lagi kepengen... thx bgt ya mbak Endang .. you make my life easier..heheheh (bakal jadi pengunjung setia blog ini deh.......)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya disini ya, saya ikutan senang resep pho nya disuka. dan semoga resep2 di JTT bisa banyak membantu di dapur ya, sukses selalu! ^_^

      Hapus
  2. kayanya enak banget nih mba, wajib coba ah

    BalasHapus
  3. Halooo Mba
    Numpang nanya, 2 batang kayu manis sama dengan berapa sendok teh ?
    Soalnya di daerah sini, ga punya kayu manis yang batang, adanya yang bubuk...
    Thank u mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Meidy, pakai 1/2 sendok teh kayu manis saja ya.

      Hapus
  4. mbak..kalo daging sapi tidak diangkat dan dibiarkan di panci bersama tulang2 efeknya apa ya? saya trauma nih masak daging...kurang bs empuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak masalah mba, kalau daging tidak empuk memang harus dimasak dalam waktu lama mba

      Hapus
  5. Kelihatannya saya harus memcoba nich.

    BalasHapus
  6. Sdh dieksekusi & anakku suka, thanks mba Endang,Love It.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...