04 February 2011

Selai Strawberry

 
Strawberry merupakan salah satu buah yang saya gemari, rasanya yang asam manis cukup menyegarkan dan lezat untuk dibuat jus atau smoothie strawberry dengan tambahan yoghurt. Selain lezat buah ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Salah satu kelemahan strawberry adalah buah ini cepat sekali membusuk meskipun telah kita simpan di dalam kulkas, hanya dalam dua hari buah yang saya beli dalam kondisi segar mulai ditumbuhi jamur pada permukaannya terutama pada bagian yang memar. Biasanya agar tahan lama maka saya menyimpannya di dalam freezer untuk dibekukan dan saya gunakan untuk jus buah atau smoothie. Sayangnya strawberry yang telah dibekukan tidak enak lagi jika dimakan begitu saja, ketika mencair maka strawberry menjadi sangat lembek dan taste-nya pun menjadi aneh. 


Berhubung strawberry segar dengan kondisi baik jarang ada dipasaran maka biasanya jika melimpah ruah di penjual buah maka saya membelinya dalam jumlah banyak dengan harga yang murah. Strawberry lokal dengan ukuran sebesar anggur red globe dengan rasa asam yang lebih dominan jika dibandingkan dengan versi impornya yang berat bagi kantung saya. 

Nah, ketika membuka-buka buku masakan yang baru saya beli saya melihat ada resep cake gulung dengan selai strawberry yang cukup menarik. Hmm, tampaknya strawberry saya tidak akan berakhir di freezer karena kali ini saya akan merubahnya menjadi selai strawberry. Membuatnya sangat mudah dan saya tidak menambahkan bahan pengawet apapun di dalamnya, jadi saya menyimpannya di dalam kulkas agar tetap oke hingga saya perlukan. Tentu saja selai ini juga bisa digunakan untuk menemani roti anda. 

Yuk kita buat.

Selai Strawberry
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 350 gram strawberry segar, cuci hingga bersih. Buang bagian pangkal dan daunnya, belah dua. 
- 250 gram gula pasir (tambahkan jika kurang manis)
- 100 ml air
- 1/4 sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan panci kecil yang cukup untuk menampung strawberry. 

Masukkan strawberry segar, gula, air dan garam. Masak strawberry sambil menekan-nekannya dengan ujung sodet atau sendok kayu hingga strawberry hancur. Tidak perlu sampai benar-benar menjadi bubur, biarkan potongan-potongan kecil agar selai anda memiliki tekstur. 


Masak hingga menjadi adonan yang kental dan pekat. Angkat dan dinginkan. 


Selai strawberry siap anda gunakan untuk olesan roti atau isian cake gulung. 

0 komentar:

Post a Comment

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...