01 Februari 2011

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna


Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Roti gandum yang kemarin saya posting di Membuat Roti Gandum Sendiri di Rumah, pagi ini menjadi sarapan yang sangat lezat. Sandwich isi tuna yang padat, bergizi dan mengenyangkan. Membuatnya mudah dan rasanya tidak kalah dengan sandwich tuna yang dijual di cafe. Terlalu menyombongkan diri? Tidak juga, karena memang seperti itu kenyataannya. Bayangkan dan hitung, berapa harga sepotong sandwich tuna di cafe seperti Oh La La atau Daily Bread? Pasti diatas dua puluh lima ribu  rupiah dan yang anda dapatkan hanyalah setangkup roti isi. Meluangkan waktu sejenak di dapur dan dengan biaya yang tidak terlalu mahal, bertangkup-tangkup sandwich lezat bisa anda nikmati dan rotinya pun bukan roti putih biasa tetapi roti gandum yang sehat.

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Sandwich ini pas sebagai bekal sarapan di kantor, atau bekal putra putri anda di sekolah.  Isinya disesuaikan saja dengan kesukaan masing-masing keluarga, bisa scramble eggs, suwiran dada ayam rebus, daging giling cincang yang ditumis, sosis atau hanya aneka sayuran saja. Anda bisa memanggangnya di atas pan datar biasa atau dimasukkan ke dalam microwave atau seperti yang saya lakukan membungkusnya dengan alumunium foil dan memanggangnya 5 menit di dalam oven. Tujuannya agar keju lembarannya meleleh, menyatu dengan tuna sehingga sandwich anda lebih padat, firm dan tidak mudah porak poranda ketika dimakan.

Untuk sandwich tuna ini saya menggunakan tuna kalengan, anda bisa juga menggunakan daging tuna mentah yang dikukus hingga matang dan disuwir-suwir. Sama enaknya kok. Nah, berikut ini resepnya ya.

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 buah sandwich

Bahan:
- 8 lembar roti gandum 
- 1 kaleng tuna cincang kasar, berat 130 gram. Saya menggunakan tuna yang direndam dalam air merk Ayam Brand, tiriskan.
- 2 buah acar timun/gerkhin pickle botolan, iris memanjang tipis (optional, bisa menggunakan timun biasa yang diiris tipis)
- 8 lembar keju lembaran (saya menggunakan Kraft Single)
- 5 lembar daun lettuce, iris kasar (bisa menggunakan daun selada)
- 5 sendok makan mayonaise, tambahkan jika kurang

Pelengkap:
- Saus sambal dan saus tomat botolan

Cara membuat:
Siapkan roti gandum lembaran, panaskan pan/penggorengan datar anda. Panggang roti gandum hingga permukaanya kecoklatan, balik. Lakukan hingga semua roti, kedua permukaannya menjadi kecoklatan. Sisihkan.

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Dalam mangkuk, masukkan daging tuna cincang dan mayonaise. Aduk rata. 

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna
Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Letakkan sepotong roti di atas permukaan yang datar (meja/talenan), beri selembar keju diatasnya. Olesi permukaan keju dengan tuna mayonaise hingga tertutup rata, beri 2 iris acar timun, taburi dengan irisan daun lettuce, beri selembar keju lagi dan tutup dengan sepotong roti gandum diatasnya. Tekan hingga sandwich rapat.

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna
Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Bungkus sandwich dengan alumunium foil dan panggang dalam oven selama 5 - 10 menit. Atau masukkan ke dalam microwave selama 2 menit. Anda juga bisa memanggangnya langsung diatas pan datar dengan menggunakan api kecil hingga keju agak meleleh. Angkat dan belah sandwich menjadi 2 bagian. 

Sandwich Roti Gandum Isi Tuna
Sandwich Roti Gandum Isi Tuna

Sandwich siap disantap dengan saus sambal botolan jika suka. Selamat mencoba.



10 komentar:

  1. Kalo panggang langsung di atas pan gimana caranya supaya gak berantakan mba?

    BalasHapus
  2. mba acar nya rasanya sama kayak yg di burger2 mcd ato burger king gitu?beli dmn ya?hehehe dri dulu nyari bgd

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, sama ya, beli di supermarket di bagian makanan yang diawetkan di botol atau saus ya. dalam kemasan botol

      Hapus
  3. Mb mayo ny jenis pa? Ada rasa atau tnpa rasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ayu, saya pakai mayo biasa, yang gak pakai rasa ya, yang cuman mayo saja.

      Hapus
  4. Hi mbak Endang. Sy mau pake food processor utk nguleninya, brp lama & gmn caranya mbak? Food processor sy yg versi jadul nih mbak, bisa dpake ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ade, nguleni adonan roti? saya tdk pernah pakai mba, pernah sekali tapi mesin bergetar hebat dan tdk saya lanjutkan

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...