19 Februari 2011

Resep Soto Betawi Kuah Susu


Resep Soto Betawi Kuah Susu JTT

Soto Betawi selayaknya kuliner Betawi lainnya memang sedap, kuah santannya sarat akan bumbu dengan potongan daging atau jeroan sapi yang direbus hingga empuk dan bumbunya meresap keserat-seratnya. Pelengkapnya adalah kentang yang digoreng dan emping. Paling pas dimakan dengan nasi panas dengan sambal yang pedas dan acar timun segar yang crunchy. Kunci rasa lezatnya adalah pada bumbu medok dan santan yang sedikit kental.  Hmm, mantap! 

Resep Soto Betawi Kuah Susu JTT

Bagi anda yang sedang berdiet memang tidak disarankan untuk sering-sering menikmatinya. Kolaborasi daging, jeroan dan santan berlemak memang cukup membuat waswas. Tapi saya ada beberapa tips untuk menguranginya, sebaiknya hanya menggunakan daging sapi tanpa lemak dan hindari penggunaan jeroan. Santannya anda ganti saja dengan susu cair low fat. Nah, soto Betawi ini menjadi lebih sehat dan rendah lemak. Untuk rasanya anda tidak perlu khawatir, tetap lezat! Apalagi jika komposisi gula dan garam yang anda gunakan takarannya pas.

Berikut resepnya ya.

Resep Soto Betawi Kuah Susu JTT

Soto Betawi
Resep didadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem Yang Paling Diminati

Bahan:
- 1 kg gram daging sapi, pilih yang bebas lemak.
- 1/2 liter kaldu bekas merebus daging
- 1 1/2  liter susu cair rendah lemak
- 3 batang daun bawang, iris tipis
- 2 batang daun seledri, iris halus
- 4 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 5 butir cengkeh
- 2 butir kapulaga
- 2 batang serai, memarkan
- 2 batang kayu manis
- 2 ruas lengkuas memarkan
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk instan rasa sapi
- 2 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 5 butir kemiri, sangrai
- 1 sendok teh merica butiran
- 1/2 sendok teh jintan
- 1 1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
- 1 ruas kencur
- 1 ruas jahe

Pelengkap:
- Emping goreng
- 2 butir kentang, iris tipis dan goreng kering
- irisan jeruk nipis
- irisan tomat segar
- kecap manis
- sambal cabai rawit
- acar mentimun, jika ada
- bawang merah goreng

Cara membuat:
Siapkan panci, masukkan daging sapi dan 1 liter air. Rebus daging hingga setengah empuk, keluarkan daging, potong-potong bentuk dadu. Masukkan kembali potongan daging ke dalam kaldu. Sisihkan.

Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, kayu manis, cengkeh, kapulaga, garam, gula dan kaldu instan. Rebus hingga daging sapi benar-benar empuk. Masukkan susu cair. Aduk-aduk dan masak hingga mendidih, cicipi rasanya. Matikan api kompor. Taburi dengan daun bawang dan seledri pada saat akan dihidangkan. 

Resep Soto Betawi Kuah Susu JTT
Resep Soto Betawi Kuah Susu JTT
Resep Soto Betawi Kuah Susu JTT

Sajikan soto betawi dengan pelengkapnya plus nasi putih. Enjoy!

Source:
Resep didadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem Yang Paling Diminati



30 komentar:

  1. Halo mba ak suka bgt sm blognya,br nemu blog yg resepnya gampang bgt diikutin plus gambarnya yg membantu bgt step by stepnya.ak skr lg hobi bgt nyobain resep2 di blog ini yg sblmnya kl mo bkin2 sesuatu bs ak bayangin pasti bkinnya susah yg akhirnya ga mo cari tahu cara buatnya.ak dh nyobain nih buat soto betawi,soalnya ak tinggal dikudus,susah bgt nyari soto betawi yg gurih krn santan..disini yg terkenal soto kudus yg bening..tp dagingnya ak ganti dgn ayam....berhasil mba...tp bukan jd soto betawi melainkan berhasil brubah rasa menjadi opor ayam ala lebaran.....hahahaha.....kayanya ga bs diganti ya bahan utama yaitu dagingnya?
    salam -mia-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mia, soto Betawi memang komposisi utamanya adalah daging sapi dan jeroan sapi, bisa diganti dengan ayam tapi ayamnya digoreng dulu ya, trus disuwir-suwir dan ditaburkan ke mangkuk berisi kuah. Jadi ayamnya dimasak terpisah. Buat kuahnya encer saja Mba, jangan kental2, supaya gak kaya opor jadinya heheheh.

      Hapus
  2. Dear mb Endang. Suami minta dibuatin soto betawi. Orang semarang tapi suka banget sama soto betawi ini.. xixi. (pasalnya pas dulu 'apel' in sy ke jakarta , saya ajak makan ini mulu) :D Selama ini saya selalu cocok dengan resep mb. Endang, anti gagal kayaknya. hehe.. oleh karena itu saya ijin copy n praktek resep soto betawi nya ini ya mb.. Terimakasih banyak n sukses selalu buat mb Endang.. Salam, Grace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Grace, wah saya orang Ngawi tapi kalau soto betawi maniak banget wkakakak, memang enak sih Mba. Silahkan dicoba resepnya ya Mba, moga misua suka ya. Thanks sharingnya. ^_^

      Hapus
  3. Iseng-iseng browsing resep soto betawi akhirnya mampir ke blog ini dan waaaawww.... banyak sekali resep2nya dan menggiurkan untuk di coba..
    Makasih ya mba udah mau share resep2nya...

    Regards,
    Lia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lia, thanks sharingnya ya. semoga resepnya setelah dicoba disuka ya ^_^

      Hapus
  4. #silvia

    mbak, awalnya dimasukkin air berapa banyak mbak sebelum dapat kaldu 1,5 liter? berapa lama di rebusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasanya masukkan air sekitar 500 ml, rebus sampai daging empuk, kalau kurang empuk tinggal tambah air lagi 500 ml. jngan sekaligus banyak memasukkan air, lebih baik sedikit2. kalau sudah empuk banyaknya kuah tinggal menyesuaikan selera saja

      Hapus
  5. mba Endang kalo pake santan takarannya sama ga sama takaran pake susu cair,,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba rahma, sama takarannya ya, pakai santan yang sedang saja kentalnya ya, jangan terlalu kental ntar berat rasanya

      Hapus
  6. hai mba endang..
    aq udahn nyobain bikin soto betawi pake resep ini..
    enaaaaak bgd.. and ternyata bikinnya gampang ya.
    seneng de..
    ada rasa bangga, bru prtama kali bikin n rasanya enak ga kurang ini itu hihii..
    thankz ya mba..
    sukses sll buat mb Endang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ayyhya, thanks sharignya ya, senang sekali resep soto betawinya disuka. sukses selalu yaa

      Hapus
  7. Mba endang itu resep nya untuk berapa porsi ya? Saya mau nyoba untuk porsi dikit aja, maklum yg makan masih saya dan suami, anak masih bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nur, bisa untuk 10 porsi lebih ya, jadi silahkan disesuaikan sama kebutuhan ya.

      Hapus
  8. Mbk,kalo susunya diganti dg air aja gmn?apa merubah rasa?krn blm pernh mkn soto betawi...kayaknya mau nyoba tkt gagal....maklum daging sapi kan mihil...he...he....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Aliyah, jangan pakai air saja, gnti santan kalau ragu menggunakan susu. Soto betawi asli menggunakan susu, tapi banyak juga yang pakai santan. Kalau hanya air saja maka rasanya akan beda.

      susu cair pakai merk apapun ok

      Hapus
  9. Balasan
    1. saya pakai susu kotak kemasan biasa di supermarket mba, semua merk sama sj kok, atau susu bubuk juga bs ya

      Hapus
  10. Mbak resep soto semarang dong, nyari2 blm nemu yg pas..kalo jtt mah pasti enaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sayangnya saya belum pernah makan soto semarang, ntar kalau nekat coba takutnya rasanya jg gak pas mba hehhehe

      Hapus
  11. Kalo pake susu cair full cream bisa ga mbak??

    BalasHapus
  12. Ini bisa bertahan berapa jam ya mb? Gmn penyimpanannya biar ga cepat basi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti hidangan berkuah santan mba, tdk tahan lama di suhu ruang, harus dipanaskan ulang atau simpan di kulkas

      Hapus
  13. Salam mba endang,

    Mba, aku mo nyoba bikin soto betawi trus nemu 2 resep di blog mba. Rekomendasi mba endang resep yg ini atau resep satunya yg dari Pak Kus ya? Abis dua2nya keliatan enak :D

    Puty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Puty, versi Pak Kus lebih mudah, keduanya sama sedapnya, tapi saya suka versi yang Pak Kus ya hehhehe

      Hapus
  14. Halo mba aku mau nanya aku kan buat kuah soto pake susu hari ke 2 pas mau di panasin ko kuahnya jadi bening kenapa ya mba...tpi rasa ga berubah makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pecah susunya mba, karena sudah dipanaskan berulang dengan suhu tinggi. kalau mau pakai susu, kudu disantap mendadak, jangan dipanaskan berulang

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...