10 Februari 2011

Resep Sup Kimlo


Resep Sup Kimlo JTT

Sup kimlo yang lezat ini saya buat Senin yang lalu, saat hari pertama kerja di minggu ini dimulai dengan cuaca yang sangat tidak bersahabat dan muram. Hujan yang mengguyur Jakarta dari pagi membuat suasana jalan-jalan di ibu kota  semakin macet. Berangkat ke kantor pun menjadi super malas, kepala telah diisi dengan segudang alasan untuk ijin tidak masuk tetapi hati nurani jualah yang menang. Ayo semangat kerja! Saya pun mempersiapkan bekal makan siang, karena jika hujan begini warung di basement gedung tempat saya bekerja laris manis sehingga antrian pasti panjang. 

Resep Sup Kimlo JTT

Kebetulan saat itu masih ada sisa kaldu ayam di panci jadi saya hanya perlu menambahkan bumbu dan sedikit pernak-pernik untuk menyulapnya menjadi sup kimlo. Hidangan berkuah yang lezat dan pas untuk cuaca yang dingin dan muram. Membuat sup kimlo tidak susah-susah amat, bumbunya pun sangat sederhana. Bahan yang diperlukan hanya suwiran ayam, wortel,  soun dan jamur kuping. Jika anda memiliki bunga sedap malam yang telah dikeringkan, boleh ditambahkan.  Supaya sedap gunakan kaldu ayam asli ya sehingga sup kimlo yang kita buat lebih kental rasanya. 

Berikut resep dan prosesnya. 

Resep Sup Kimlo JTT

Sup Kimlo
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 250 gram dada ayam, rebus dan suwir, sisihkan kaldunya.
- 1 lembar kembang tahu, rendam hingga lemas, iris tebal
- 1 genggam jamur kuping, jika menggunakan yang kering maka rendam dengan air dingin terlebih dahulu hingga lemas dan potong-potong sesuai selera
- 50 gram soun, rendam air dingin hingga lemas
- 1 batang wortel, potong-potong melintang bulat tipis
- 10 buah kembang sedap malam yang dikeringkan, cuci bersih. Ikat bentuk simpul.
- 1 batang daun bawang, iris kasar
- 1 batang seledri, iris halus
- 1 1/2 liter kaldu ayam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu dihaluskan:
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:
Siapkan wajan, panaskan miyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Tambahkan air kaldu supaya tidak gosong. Siapkan panci atau bisa menggunakan penggorengan yang sama, tambahkan air kaldu masak hingga mendidih. Masukkan wortel, masak hingga wortel empuk. Tambahkan daging ayam suwir, kembang tahu, jamur dan kembang sedap malam. Aduk-aduk.

Resep Sup Kimlo JTT
Resep Sup Kimlo JTT

Masukkan soun, daun bawang, daun seledri, garam dan kaldu bubuk. Tambahkan air jika ingin kuah yang banyak. Aduk sup dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya, angkat dan hidangkan hangat-hangat. Yummy!



4 komentar:

  1. Wah lagi obrak abrik situs JTT karena iseng dan suntuk melanda menanti jam pulang kantor tau2 ketemu salah satu sup asli Palembang tercinta. Jadi terinspirasi pengen buat. Mantap ni mbak Endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip! moga sukses dan disuka ketika telah dicoba yaa ^_^

      Hapus
  2. Malam mbak Endang, saya tertarik untuk coba resepnya mbak, tpi ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan:
    1.Untuk kaldu ayamnya, lebih enak menggunakan ayam kampung atau negeri?
    2. Saya baru tahu mbak, merendam sohun bisa pake air dingin, selama ini saya selalu pakai air panas, apa cara saya salah ya?
    Maaf mbak, saya banyak tanya, karena memang amatir :). Terimakasih (Melda)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Melda, berikut jawaban saya:
      1. ayam kampung tentu lebih enak ya
      2. saya pakai air dingin karena kalau panas cenderung cepat hancur ketika dimasak.

      salam

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...