06 Februari 2011

Resep Bengkang Pisang (Bingka Pisang)


Resep Bingka Pisang JTT

Saya kurang tahu apakah kue bengkang ini sama dengan kue bingka yang terkenal dari Banjarmasin. Dulu, dulu sekali,  hmm kembali ke jaman kuliah, saya pernah merasakan kue bingka Banjar yang dijual oleh sebuah rumah makan yang khusus menjual masakan Banjar. Menurut saya teksturnya memang agak-agak mirip, hanya saja tidak menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya. Jadi jika anda ada yang tahu apakah kue bengkang ini sama dengan kue bingka, mungkin bisa sharing disini untuk berbagi informasi. Dari aneka resep kue bengkang yang saya baca, jenis kue ini memang bermacam-macam. Ada bengkang susu, bengkang jagung, bengkang talas, bengkang ubi, bengkang labu kuning dan tentu saja bengkang pisang seperti yang kali ini saya coba. 

Resep Bingka Pisang JTT

Resep kue bengkang ini saya peroleh dari salah satu website kuliner negeri Jiran, di Malaysia kue ini cukup populer disana terbukti jika kita search di internet maka akan muncul aneka resep kue bengkang dari website negara tetangga tersebut. Sebenarnya sudah lama saya membaca resep kue bengkang ini hanya saja baru kemarin ketika libur Imlek, saya berhasil mewujudkannya. Bahannya sangat simple, membuatnya mudah dan rasanya lezat. Kue tradisional memang nikmat untuk menemani teh atau kopi di sore hari sambil mengobrol dengan keluarga di beranda rumah. Sedap!

Yuk kita buat.

Resep Bingka Pisang JTT

Bengkang Pisang (Bingka)
Resep diadaptasikan dari Cafe Sempoi - Sempoi Bengkang Pisang (Banana Sweetcake)

Bahan:
- 350 gram pisang raja, kira-kira 6-7 buah ukuran sedang 
- 1 sendok teh garam 
- 3 sendok makan susu bubuk 
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 240 gram gula pasir
- 2 butir telur ayam, kocok lepas
- 220 gram tepung terigu serba guna
- 400 ml santan setengah kental (saya menggunakan santan Kara segitiga ukuran paling kecil dan saya encerkan dengan air hingga menjadi 400 ml), bisa diganti dengan susu cair

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 200'C. Olesi loyang dengan mentega, saya menggunakan loyang bujur sangkar ukuran 23 x 23 cm.

Resep Bingka Pisang JTT

Siapkan mangkuk yang cukup untuk mengadoni adonan, masukkan pisang dan lumatkan dengan meremas-remasnya menggunakan tangan, jangan menggunakan blender karena tekstur pisangnya akan hilang. Tambahkan garam, vanili bubuk, susu bubuk dan gula pasir ke dalam adonan pisang, aduk menggunakan spatula. Masukkan telur kocok, aduk rata. 

Resep Bingka Pisang JTTResep Bingka Pisang JTT

Masukkan tepung terigu dan santan secara bergantian sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk-aduk hingga rata.

Tuangkan adonan ke dalam loyang. Panggang selama 1 jam hingga permukaannya berwarna kecoklatan dan ketika lidi kita tusukkan ke tengah adonan tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan kue dari oven dan dinginkan.

Resep Bingka Pisang JTT
Resep Bingka Pisang JTT

Potong-potong kue jika telah benar-benar dingin.

Source:
Cafe Sempoi - Sempoi Bengkang Pisang (Banana Sweetcake)

TESTIMONI PEMBACA

Amy Purnamini:
waduh Mba Endang, sudah habis pisang nih baru keluar resep brownies pisangnya... Tapi tak apa, saya sdh coba kue Bengkangnya, enak banget mba tapi maaf ya resepnya saya tambahin parutan kelapa, hasilnya sangat gurih. Bos saya yang dari NZ sangat menyukai resep mba Endang.


Resep Bingka Pisang JTT



26 komentar:

  1. Hai mba Endang, salam kenal. saya Dina asli org Banjarmasin. hehe ngomong2 ttg bingka, sdkt sharing bingka banjar sendiri terbagi 2 yaitu bingka habang (berbhn dasar kentang) dan bingka hijau (brrbhn dsr telur). oi ya Mba, aku sering bnget lho berkunjung ke blog Mba dan sering praktkn, masakan yg mba bikin emang maaaeuntteeep deeh :
    terus berkarya yaa Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dina, salam kenal juga ya, wah makasih atas ilmunya ya, iya saya sering lihat bingka hijau, saya bingung apa bedanya sama yang kuning biasa wakakkak. thanks sharingnya ya. Sukses untuk Mba Dina ^_^

      Hapus
  2. yg jelas bedanya warnanya Mba, wihihi.. :D
    Mba sekali-kali bikin doong masakan khas Banjarmasin biar bisa terkenal juga hehehe, dulu pernah ngcek dan nyri ke blog Mba tp belum ada.. hee ditunggu yaa Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, terus terang kalau masakan kalimantan saya rada kurang pengalaman dan refrensi ya, keknya saya kudu mulai kuprek2 nih. padahal banjar terkenal masakannnya yang enak2. wokeh nanti semedi dulu ya, moga2 dapat yang manteppp. thanks ya Mba!

      Hapus
  3. Mba Endang ikutan Master Chef gih, kami yakin Mba Endang pasti bisa.. banyak orang-orang yg mendukungmu Mba,Semangattt :D !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaakk, saya belum pede. pengalaman kalau masak dilihat orang jadi gagal ahhahah. makasih supportnya ya Mba, moga suatu saat kalau pedenya dah muncul saya berani ikutan ^_^

      Hapus
  4. Mbak susu bubuknya bisa diganti susu cair tidak? Selain pisang raja bisa pakai pisang apalagi ya mbak? Makasiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, skip saja susu bubuknya, it's oke, nggak terlalu mempengaruhi rasa karena sudah pakai santan kental ya. Hampir semua pisang bisa, yang penting lunak dan matang ya.

      Hapus
  5. enaaaak mbak, manisx pas.. sy pake pisang ambon hehehe.. sukkaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, sipp manteppp, pisang ambon lebih lembut ya

      Hapus
  6. Hai Mbak, saya Siska asli Banjarmasin juga :) Bingka yg berwarna kuning itu varian rasa kentang atau telur. Bingka hijau varian tape beras. Bingka banjar dan bengkang yg mbak posting ini beda baik dari bahan maupun proses. Bingka banjarmasin bahan2nya telur, gula, santan yg direbus dg kayu manis dan sedikit garam, dan tambahan varian rasa seperti kentang,gula merah, tape beras, dsb. Klo tanpa varian rasa kita menyebutnya bingka telur. Prosesnya cuma dikocok semua bahan. Kocok manual atau kalau menggunakan mixer dengan lowest speed dan selama 2-5 menit. Tuang ke loyang bentuk bunga. Bisa dikukus atau dipanggang. Semoga infonya bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Siska, waah makasih ya atas informasinya, dulu di dekat kos di jogya ada yang jual bingka banjar yang pakai cetakan bunga, waduh saya sampai ngiler lihatnya, pengen bikin juga versi banjar, mantap keknya yaaa. makasih ya mba, sukses selalu!

      Hapus
  7. Ceritanya stock pisang di rumah lagi melimpah nich, mbak Endang ! Dalam seminggu, aku sukses mengeksekusi banana bread, brownies pisang kukus, & yang terakhir kemarin aku bikin bengkang pisang ini. Bikinnya mudah ya, mbak Endang ! Cepet lagi ! Jadi gakmembuang banyak waktu & energi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Chris, waah banana banana everyday yaaa hehheheh, Mantap! Bikin pancake pisang juga gampang dan enak mba hehhehe

      Hapus
  8. terima kasih mbak, kebetulan nih ada pisang raja segera ke dapur dulu mau dipraktekkan resepnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ya mba, silahkan dicoba resepnya ya, moga suka ^_^

      Hapus
  9. Halo mbak Endang...salam kenal...santannya kapan dimasukkan kedalam adonan? apakah setelah kita masukkan telur kocok?...sy baca bbrp kali di resep cara membuat tp tdk saya temukan, sy tunggu infonya mbak...krn sy suka sekali dengan pisang, resep2 pisang mbak Endang kelihatannya oke2 semua:)..sukses selalu ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks koreksinya ya, sudah saya betulkan resepnya, dimasukkan bergantian dengan tepung terigu ya.

      Hapus
    2. Sdh sy cb resepnya mba, hasilnya uenak tenan.Sy suka skl kue2 tradisional. Sy penggemar setia jtt,sukses selalu buat mba endang.

      Hapus
    3. Hai Mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep JTT disuka. Sukses selalu yaaaa ^_^

      Hapus
  10. Siang mbk Endang yg baik hati..
    sy mau tanya, kl saya panggang pake wanderpan (bolong tengah) bisa gak ya..
    terima kasih...
    Bighug... :)

    -NOVA-

    BalasHapus
  11. Halo, Mba Endang! Kelihatannya resep yang ini praktis sekali ya. Oh ya, mau nanya pertanyaan klasik nih. Kue ini bisa dibikin dengan cara dikukus ga? Secara kan dikukus sama dipanggang beda banget. Kalo dikukus, itu cuma buat matengin bahan-bahan sedangkan kalo dipanggang itu buat ngeringin gitu kan Mba #sotoy. Takutnya kalo dikukus, jadinya tetap jadi adonan cair wkwkwk Nanti saya mau coba bikin kue ini ah. Buat memanfaatkan pisang karena Bapakku ga jadi masak kolak hehe Santan akan saya ganti dengan susu biar Ibu saya yang kolesterolnya tinggi bisa makan dengan tenang.
    Oh iya, saya juga penduduk kota Banjarmasin lho Mba. Setau saya, di Banjarmasin itu ada Bikang dan Bingka. Kalo Bikang itu kayak kue lumpur gitu. Kalau Bingka, ya kayak punya Mba Endang ini.


    -- Aisyah --

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Aisyah, kue ini memang simple tapi manggangnya lamaa wakakka, bs dikukus cuman memang teksturnya kurang padat dan kurang kering ya, selain itu aromanya lebih enak kalau dipanggng. Tapi tetap bs mengeras ya.

      ah yaa, bikang dan bingka, saya suka bingung wakkka, thanks infonya yaaa

      Hapus
    2. Udah saya coba dikukus, Mba. Hasilnya lembek, walaupun ngukusnya udah lebih dari 1 jam. Yang ada malah dandang Ibu jadi gosong wkwkwkwkwk Untung Ibu lagi di luar kota. Rasanya sih tetap enak tapi kue ini memang harus dipanggang supaya lebih enak hehe Oh iya, meralat postingan saya yang dulu. Kue ini namanya roti pisang kalo di Banjarmasin, bukan bingka. Soalnya pas saya makan, bener-bener persis dengan roti pisang, kue favorit Ayah saya. Entah kenapa namanya roti ya, padahal ga sama sekali ada roti di dalamnya.

      --Aisyah--

      Hapus
    3. wakakkak, tetap lembek ya, jadi kaya puding saya rasa, dimakan hangat2 enak juga. Thanks infonya ya Mba, saya belum pernah dengar tentang roti pisang hehhehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...