09 February 2011

Lumpia Goreng Isi Sayuran


Lumpia goreng yang ini isinya bukan rebung seperti halnya lumpia Semarang yang terkenal, tetapi sayuran dan ayam. Memanfaatkan isi pastel bumbu kari yang masih tersisa  1 mangkuk, saya isi libur hari Minggu ini dengan menyulapnya menjadi lumpia. Kulitnya saya buat sendiri, masih mengikuti resep di buku masak Ny. Liem. Jika selama ini saya mencari praktis saja dengan membeli kulit lumpia siap pakai di pasar maka kali ini hanya dengan menyita waktu sebentar saya membuat setumpuk kulitnya. Hasilnya cukup memuaskan. Jadi bagi anda yang rumahnya jauh dari pasar atau supermarket dan sulit menemukan kulit lumpia, jangan menyerah, membuatnya sendiri tidak sulit kok. 



Di buku ada 2 jenis lumpia: lumpia goreng dan lumpia basah, saya membuat versi basahnya kemudian saya goreng. Karena lumpia versi gorengnya biasanya kulitnya garing seperti kerupuk dan menurut saya banyak menyerap minyak. Untuk resep di bawah saya akan cantumkan juga resep untuk versi gorengnya jika anda ingin mencoba. Untuk takaran susunya, di resep hanya mencantumkan 200 ml, saya tambahkan menjadi 500 ml. Karena jika hanya 200 ml maka adonan yang terbentuk seperti pancake dan tidak bisa di dadar di teflon. Jika anda mencoba resep lumpia versi goreng yang saya sertakan di bawah, mohon kesediaannya untuk memberikan reviewnya ya.  

Untuk bahan isinya anda bisa klik di postingan saya sebelumnya di Renyahnya si Pastel Pastry Bumbu Kari, gunakan 1/2 resep isi untuk resep kulit lumpia di bawah. Anda juga bisa menggunakan isian yang lainnya.

Yuk kita tengok resep & cara membuatnya.


Lumpia Goreng Isi Sayuran
Resep diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem Yang Paling Diminati - Beef Curry Pastel & Lumpia Goreng dan Basah 

Berikut resep lumpia basah (di buku lumpia tidak digoreng  setelah kulit di gulung dengan isinya, untuk versi saya, saya menggorengnya)

Untuk 25 buah lumpia

Bahan:
- 300 gram tepung terigu serba guna
- 40 gram tepung tapioka
- 500 ml susu cair
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk (optional)
- 2 butir putih telur

Resep lumpia versi goreng di buku
- 500 gram terigu
- 500 ml air
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, dan telur, aduk-aduk. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang encer dan halus, jika masih ada gumpalan usahakan gumpalan tersebut larut. Anda bisa juga memblender adonan jika banyak terbentuk gumpalan. 

Sisihkan kira-kira 2 sendok makan adonan encer untuk mengelem lumpia agar tidak lepas saat digoreng. 


Tuangkan satu sendok sayur adonan di pan anti lengket diameter 15 cm, miringkan pan ke kiri dan ke kanan, sehingga adonan mengalir menutupi penggorengan dan berbentuk bulat. Gunakan api yang kecil saja agar anda memiliki waktu untuk membentuknya sebelum adonan mengeras. Dadar sebentar saja hingga adonan mengeras, segera angkat. 


Dalam kondisi masih setengah panas, letakkan selembar kulit lumpia diatas permukaan datar, isikan dengan 1 sendok makan isi sayuran. 

 

Tata isi sayuran agak memanjang, lipat sisi kiri dan kanan kulit lumpia, kemudian lipat bagian bawah kulit sehingga menutupi isinya. 
 
 

Gulung kulit keatas dengan sedikit menekannya dan menariknya ke belakang agar lumpia rapat dan kencang. Lem bagian akhir kulit dengan adonan mentah yang tadi anda sisihkan. 

Tutup kulit rapat-rapat. Lakukan hingga semua bahan habis.


Panaskan wajan, beri minyak yang agak banyak dan goreng lumpia hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Serap kelebihan minyak dengan tisue dapur. 


Sajikan lumpia hangat-hangat dengan cabai rawit. Sedap! 

Source:
Buku 500 Resep Kue & Masakan Koleksi Kursus Masak Ny. Liem Yang Paling Diminati - Beef Curry Pastel & Lumpia Goreng dan Basah.

27 comments:

  1. hmmm enak ... makasih ya mbak resepnya..ijin share resepnya,,,terimakasih..

    ReplyDelete
  2. Halo Jeng, silahkan kalau mau share ya, semoga resepnya bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. Mbak bisa minta tolong resep kaki naga (dari daging ayam)?
    terima kasih.

    Madea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Medea, sedang saya cari resep yang sip ya. Tunggu saja ^_^

      Delete
  4. hallo mbk endang.
    Mw tny,susu cair untk bahan kulit lumpia bs diganti air matang biasa tidak?
    Trus telur bs diskip tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Non, bisa diskip hanya saja tekstur kulitnya tidak lembut dan lentur seperti saat menggunakan susu dan telur, jadi kemungkinan bisa pecah dan retak saat dilipat ya. ^_^

      Delete
  5. Halo mb
    dengan resep di atas dpt berapa lembarkulit lumpia mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 25 buah mba, memakai pan lebar 15 cm, sudah saya cantumkan di resep ya. ^_^

      Delete
  6. halo mba endang... klo ini kulitnya setelah jadi bisa ditaruh di kulkas gak ya? kira2 tahannya brp ama ya mba? makasiii... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indah, saya rasa bisa Mba, tapi keknya kudu dilapisi plastik atau olesan minyak antar kulit supaya gak lengket. Masukin dalam wadah rapat agar gak kering. paling banter saya rasa 3 hari di chiller ya.

      Delete
  7. saya biasa buat kulit lumpia goreng. resep diatas ditambah 1 butir telur ukuran kecil. airnya dikurangi jd kl 400cc. Cara pembuatannya adonan didiamkan dl sekitar 2 jam, didadar diteflon dengan cara dioleskan menggunakan tangan... hasilnya bagus, tipis dan lentur. saya biasa pakai untk martabak dan pisang karamel. Ditempat saya g ada yg jual kulit lumpia siap pakai, jd ya mesti bikin sendiri...!!! mmg perlu latihan dan hati2 mengoleskan adonan ke teflon untk mendapatkan kulit yg tipis, tp tangan tdk kena teflon yg panas. Awalnya sering gagal jg..., kulit tebal dan tidak rata.Alhamdulillah skrg sdh lancar.... untk 500gr terigu bisa jd kl 40 buah kulit lumpia. Nelfa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nelfa, thanks sharingya ya. Yep, kalau bikin sendiri gak perlu ngandelin pasar dan kapanpun bisa dilakukan asal bahannya di rumah ada ya. Sukses selalu!

      Delete
    2. gimana caranya mengoles pake tangan? ngeri dong kalo kena wajan,, panas,, hehe

      Delete
  8. maaf mb..untuk susu cair nya itu
    boleh susu sachet di kasih air mpe 500ml
    atau harus susu 500 ml yang bentuk cair langsung diminum?

    *newbie..baru nyoba2 masak

    ReplyDelete
  9. Saya udh coba yg ini mbak, bahkan berkali kali karena anak2 pada nagih. thks ya mbak. oya, sy penasaran cara membuat kulit lumpia yg sering dijual di supermarket itu lho mbak. Sy pernah coba tapi gk berhasil berhasil. Kapan ya mbk Endang uji coba kulit lumpia yg kayak dijual jual itu? thanks before mbak. Sukses selalu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kulit lumpia yang tipis itu ya, hehhehe susah leknya, mereka pakai mesin Mba jadi hasilnya sama tipisnya hehhee

      Delete
  10. mba,,,, kalo mau pesan TYJ spring Roll pastry,, gimana....?????
    dan harus menghubungi siapa...?????


    TQ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. TYJ spring roll pastry? Apaan ya? yang jelas saya gak jualan ya. Btw, tanda tanyanya 1 saja saya rasa cukup deh.

      Delete
  11. makasih resep x...q pake isian kimchi, kentang n ayam...enak banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Linda, wah pakai kimchi pasti mantap yaaa

      Delete
  12. itu adonan kulitnya disaring dulu pake saringan mbak biar ga ngeggumpal

    ReplyDelete
  13. mbak mau tanya kalau susu cairnya diganti dengan santan bisa tidak...
    dan kira2 ukuran takarannya berapa ya...
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai santan mba, gunakan saja santan dengan kekentalan sedang. takarannya sama dengan susu cair ya

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...