24 Januari 2011

Resep Cake Keju Lemon


Resep Cake Keju Lemon JTT

Bereksperimen di dapur memang tidak ada habisnya, ribuan resep masakan, cake, cookies dan roti yang membuat air liur menetes seakan tidak ada selesainya untuk dicoba. Memang menjadi keasyikan sendiri untuk mencoba aneka resep dan kemudian menebak-nebaknya "Gimana rasanya ya? Gimana bentuk jadinya? Oke atau nggak?". Dan menunggu ketika kue itu keluar dari dandang kukusan atau oven menjadi momen tersendiri. Jika hasilnya oke dan sempurna, hati rasanya berbunga-bunga dan semangat mencoba resep lainnya semakin menggebu. Jikapun gagal, bukan berarti sad ending story, karena kalau bisa saya akan coba lagi dengan lebih hati-hati. Bagi saya, semua itu merupakan pengalaman dan menjadi bagian yang unik dan seru dari memasak. 

Lantas bagaimana jika kue yang instruksi di resepnya harus dikukus tapi kemudian saya panggang di oven? Nah, cake keju lemon ini adalah percobaan lainnya. Resepnya sama dengan cake kukus keju lemon yang saya pernah posting sebelumnya. Sebenarnya awalnya saya berencana hendak menjadikan cake kukus keju lemon sebagai hantaran ke Ibu RW di dekat rumah tetapi karena ragu dengan hasilnya, adonannya saya bagi dua sebagian saya kukus dan sebagian saya panggang. Kedua-duanya berhasil, hanya saya mendapatkan satu lagi pengalaman. Cake kukus mengandung mentega/minyak yang lebih sedikit dari pada cake yang dipanggang, tetapi untuk hasilnya cake kukus lebih moist dan lembut. Mungkin karena uap air dari proses pengukusan yang membuat cake menjadi lebih lembut. 

Untuk cake panggang, jika menggunakan resep yang saya berikan di bawah maka takaran minyak/menteganya harus ditambah, karena proses pemanggangan membuat kue kering dan kurang moist. Saya jadi ingat dengan oil pound cake yang suka di buat tante saya. Seret ketika ditelan sehingga perlu dibantu dengan air :). Yah, namanya juga coba-coba, dari situ saya mendapatkan satu lagi pengalaman. 

Jika tertarik berikut resepnya.

Resep Cake Keju Lemon JTT

Cake Keju Lemon
Resep diadaptasikan dari Cook Bake Legacy, Steam Sponge Cake

Untuk 1 loyang loaf (Saya menggunakan 1/2 resep di bawah)

Bahan:
- 250 gram tepung terigu serba guna 
- 1 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
- 3 sendok makan susu bubuk
- 200 gram gula halus
- 200 gram mentega/margarine
- 5 butir telur 
- 50 gram keju cheddar parut
- 2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon 

Buttercream:
- 50 gram mentega
- 50 gram gula halus
- 1 sendok teh lemon ekstrak

Kocok semua bahan buttercream jadi satu dengan mixer kecepatan tinggi hingga putih. Sisihkan. 

Pelengkap:
- 20 gram keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 180'C. Siapkan loyang, saya menggunakan loyang loaf standar. Olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga menutup ke seluruh permukaan loyang.

Ayak tepung terigu, susu bubuk dan baking powder, sisihkan. 

Dalam mangkuk mixer, masukkan mentega dan gula bubuk kocok dengan speed rendah hingga bahan tercampur kemudian rubah dengan speed sedang. Kocok bahan hingga mengembang, lembut dan berwarna pucat. 

Note: Masukkan telur satu persatu sambil terus dik0cok, masukkan telur berikutnya jika telur pertama telah tercampur baik dengan adonan. Memasukkan telur sekaligus banyak atau tidak memberikan kesempatan telur tercampur dengan baik akan membuat adonan mentega menjadi bergumpal-gumpal. 

Kocok hingga adonan menjadi mengembang, kental dan putih. Tandanya jika kita angkat adonan dengan spatula maka adonan jatuh dengan tetesan yang lambat (ribbon stage) atau jika kita buat angka 8 di permukaan adonan, angka 8 tersebut baru menghilang setelah 3 detik. Matikan mixer. 

Resep Cake Keju Lemon JTT

Secara bertahap masukkan tepung dan minyak bergantian, aduk perlahan dengan spatula, masukkan parutan kulit jeruk lemon dan keju parut. Aduk rata. Tidak perlu terlalu lama mengaduk, cake akan menjadi bantat.

Resep Cake Keju Lemon JTT

Tuangkan adonan ke dalam loyang loaf yang telah disiapkan sebelumnya, masukkan ke dalam oven. Panggang selama 45 menit atau hingga permukaan cake menjadi kecoklatan dan ketika lidi kita tusukkan ke tengah adonan maka tidak ada adonan yang menempel.

Resep Cake Keju Lemon JTT
Resep Cake Keju Lemon JTT

Keluarkan loyang dari oven, biarkan mendingin selama 5 menit. Balikkan loyang untuk mengelurkan cake, biarkan dingin sempurna sebelum diolesi dengan buttercream dan ditaburi keju parut.

Resep Cake Keju Lemon JTT

Jika cake telah benar-benar dingin, olesi permukaannya dengan buttercream kemudian taburi dengan keju cheddar parut. Potong-potong cake dan siap untuk disajikan. 

Resep Cake Keju Lemon JTT

Source:
Cook Bake Legacy, Steam Sponge Cake




20 komentar:

  1. Mba, kl sy ganti kulit lemon dgn pasta orange bisa tdk ? brp banyak ? Jd namanya cake orange keju ya...:-)p
    (Retty)

    BalasHapus
  2. Halo Retty, salam kenal ya. Bisa kok diganti dengan pasta orange atau orange ekstrak. Tidak ada masalah. Gunakan 1 sendok teh saja untuk takarannya ya. Menurut saya rasanya tetap lezat. Untuk namanya, hehehe.. betul jadi cake orange keju.

    BalasHapus
  3. Halo mbak.. Kalo susu bubuk diganti dengan susu cair bisa tidak? Takaran nya brp?
    Terima kasih :)

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Hai Mba, nggak terlalu kok cuman memang nggak semoist cake kukus ya.

      Hapus
  5. Mentega nya total ada brp gram? Yg dimasukkan d telur itu juga pake mentega ya? Yg begantian sama terigu juga pake mentega ya?
    Thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak pakai mentega ya, pakai minyak saja, sori saya salah kasih intruksi. sudah saya betulkan di atas. minyak dimasukkan bersamaan dengan terigu. telur dan gula kocok terpisah. Thanks koreksinya

      Hapus
    2. belum di koreksi mba.. ini aku bikin mentega campur gula dimasukin telur dan blassss ga ngembang...rasanya mau nangissss 😭😭😭

      Hapus
    3. waduh iya, lupa ngoreksi resep ini, mentega sekitar 150 sd 200 gram menurut saya lbih moist hasilnya. Mau pakai sesuai resep awal hanya 60 gram sih bs2 saja tapi cake kering. Selama pakai baking powder double acting dan adonan dikocok dengan baik pakai resep diatas sih tetap ngembang.

      Hapus
  6. Balasan
    1. hai mba natalia, resepnya sudah saya betulkan ya, pakai susu bubuk ya dan aduk bersama tepung terigu.

      Hapus
  7. mba, saya sudah coba cake keju lemon dan cake coklat keju punya mba endang ini. hasilnya bagus mba, berhasil sepertinya. tapi masalahnya, setiap kali saya bikin cake, cake saya tidak bisa keluar dari loyang dengan mulus seperti punya mba endang. akhirnya, cake malah terbelah jadi dua. padahal loyang sudah saya oles dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu. tapi memang saya ga pake kertas baking sih mba. apa memang karena itu? gimana yah mba caranya biar cake saya bisa keluar dari loyang dengan mulus? thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dara, saran saya memang harus pakai kertas baking kalau mau cake meluncur mulus keluar dari loyang dengan mudah. Atau pastikan loyang diolesi dengan mentega dan taburi tepung dengan baik. Selain itu kalau kurang lama dipanggang biasanya kue masih menempel rapat di loyang. Jadi mungkin sedikit tambahkan waktu memanggangya ya.

      Hapus
  8. Mba endaangg.. Aku tersesat di step mengocok gula sama mentega, aku pake minyak, jd aku kira sama aja dikocok bareng gula.. Lah pas baca step masukin minyak gantian sama terigu, aku hampir pingsan 😭 ini harap harap cemas nungguin cake monsternya keluar dr oven 😭😭😭 huaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, waaah kalau pakai minyak gak perlu dikocok sama mentega mba, hehheheh, aduk saja setelah adonannya jadi. Moga cakenya tetap oke ya mbaa

      Hapus
  9. Hai mba endang, masih bingung nih sama prosesnya, kalo saya ngga pake minyak tapi saya ganti dengan mentega, perlu berapa gram mba? Apa menteganya dicairkan?masukinnya bareng gula dan telur atau bareng tepung terigu mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba, silahkan minyaknya diganti dengan mentega cair ya, takaraan mentega cair harus sma dengan minyak di resep ya mba.

      Hapus
  10. Mba.. Cake ini bisa tdk ya kalau di kukus.. Terima kasih.. Salam dr Dumai, Riau 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, proses sama. kukus sekitar 45 menit pakai api kecil saja ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...