11 Oktober 2016

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih & Be Self Motivated!


Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Salah satu kegiatan yang saya sukai setahun belakangan ini adalah menonton vlog Justin Rhodes di You Tube. Biasanya setiap pagi sebelum akitifitas kantor dimulai maka saya sempatkan diri melihat video berdurasi sekitar 10 - 1 menit yang di-update setiap hari. Vlog bercerita mengenai aktifitas Justin Rhodes di rumah peternakannya yang terletak di Ashville, North Carolina bersama istri dan keempat anaknya. Setiap video dikemas sedemikian apiknya, merekam aktifitas mereka beternak ayam dan kalkun, mengumpulkan telur setiap pagi, berkebun aneka sayuran, memasak makanan simple sehari-hari, berbelanja ke supermarket, hingga sekedar bermain dan berjalan-jalan di seputar lingkungan mereka di pedesaan yang jauh dari keramaian dan rumah penduduk lainnya. 

Menonton videonya sebelum hari sibuk dimulai membuat semangat saya lebih high, hati menjadi lebih ceria dan pikiran lebih fresh. Mungkin karena kehidupan a la Justin Rhodes ini merupakan cita-cita saya kelak ketika memiliki cukup modal untuk bisa hidup di pedesaan. Betapa indahnya hari-hari ketika mata ini setiap pagi disambut dengan hijaunya pepohonan dan sayuran, atau segarnya nafas ini ketika menghirup udara pegunungan yang sejuk. Menanam sayuran organik sendiri, memiliki ayam yang bertelur setiap paginya dan kambing yang bisa diperah susunya, adalah big dreams yang saya harapkan suatu hari bisa terwujud. ^_^

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Memotivasi diri sendiri bagi saya bukanlah pekerjaan sulit. Tentu saja sebagaimana manusia normal lainnya, ada saat-saat dimana saya merasa down, lonely, feeling sad, tapi biasanya itu tidak pernah berlangsung lama. Ada segambreng aktifitas menarik yang menanti, ada begitu banyak rencana yang harus dijalankan hari ini, ada jutaan mimpi yang ingin diwujudkan dan untuk meraih itu semua maka  saya harus bisa memotivasi diri agar tetap bersemangat. Hal utama untuk be self motivated  menurut saya adalah dengan bersyukur. Bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT, apapun itu bentuknya. 

Sebagai muslim, saya merasakan benar kekuatan kata alhamdulillah. Ketika satu kata itu diluncurkan dari bibir maka hati ini menjadi jauh lebih tenang, mood lebih happy dan serasa siap untuk menghadapi tantangan apapun. Bersyukur membuat saya seakan diingatkan kembali kepada fitrah manusia, bahwa kita ini hanyalah sebuah jasmani ringkih yang tidak berdaya tanpa selembar ruh didalamnya. Bersyukur membuat saya menyadari betapa kecil dan tak berartinya diri ini jika tanpa kesehatan, atau tanpa kemampuan menghirup oksigen. Bersyukur membuat saya mengerti bahwa semua masalah dan rintangan yang diberikan Yang Kuasa selama ini bukanlah menghancurkan melainkan membentuk saya menjadi pribadi yang lebih kuat, dan bijak. 

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih
Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Kalau mau dipikir lebih dalam, sebenarnya kita tidak memerlukan orang lain untuk memotivasi diri. Apalagi harus membayar mahal untuk menyewa jasa motivator kondang. Ada banyak cerita, tokoh, peristiwa dan kejadian sehari-hari yang bisa menjadi inspirasi dan memotivasi diri untuk melakukan suatu hal yang baik atau sekedar menjadi pribadi yang lebih baik.  Vlog Justin Rhodes yang saya ceritakan di paragraf pembuka bisa menjadi contoh cerdas, bahkan sebuah film seperti The Secret Life of Walter Mitty bisa menjadi sebuah renungan.

Film kocak yang dibintangi oleh Ben Stiller ini telah saya tonton berkali-kali dan berkali-kali banyaknya. Melihat perjuangan tanpa kenal lelah Walter Mitty untuk keluar dari kehidupan monoton yang penuh tekanan dan menempuh petualangan seru dan berbahaya demi menemukan jati diri membuat saya tersadar berapa banyak dari kita yang memimpikan hal serupa? Berani keluar dari kehidupan monoton sehari-hari di tempat kerja untuk berjuang menjadi seorang entrepreneur? Atau bertualang dan menemukan betapa penuh warna dan kompleksnya dunia? Ah, andai saya seberani Walter Mitty. ^_^ 

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Hal penting lainnya untuk bisa self motivated adalah selalu berpikir positif, ini bisa dimulai dari hal-hal simple yang saya sebutkan di paragraf atas. Tubuh yang sehat, udara segar yang bisa dihirup setiap waktu, air bersih yang membasahi tenggorokan,  nasi hangat yang mengepul dengan sambal terasi, keluarga yang saling mencintai dan menyayangi, jika sudah memiliki momongan mungkin senyum si kecil ketika kita tiba di rumah sepulang kerja, pekerjaan yang menyenangkan, teman yang mendukung, adalah contoh sederhana yang bisa memberikan percikan hangat agar kita tetap lanjut menjalani hari. Agar pikiran positif ini bisa tetap bertahan tentunya kita perlu dikelilingi dengan orang-orang yang positif, teman yang asyik diajak berdiskusi dan berbagi ide-ide seru. Hindari orang-orang pesimis dan negatif, yang selalu memandang segala sesuatu dari sudut yang buruk dan susah diajak untuk berbuat lebih baik. Orang-orang seperti ini hanya akan menjadi toxic dalam hidup kita. 

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Wokeh saya akhiri ocehan siang ini dan kembali ke resep dan postingan kali ini.  Resep masakan ini super simple dan tentunya bisa dihidangkan oleh siapapun bahkan jika ini adalah masakan pertama anda. Kunci masakan sayuran a la Chinese food bisa terhidang dengan tampilan segar, tidak over cooked dan berwarna cantik adalah dengan memasak sayur dan tumis siramannya secara terpisah. Untuk kasus ini maka kukuslah terlebih dahulu brokoli hingga matang baru kemudian tumisan jamur berbumbu bawang putih disiram di permukaan brokoli di piring. Cara ini juga berlaku untuk sayuran lainnya seperti buncis, kembang kol, kailan, pakchoy atau sawi. Seperti resep saya sebelumnya di sup brokoli, maka teknik terbaik memasak brokoli adalah dengan mengukusnya dibandingkan merebus atau menumisnya langsung di minyak yang bersuhu tinggi. Teknik kukus membuat kandungan nutrisi di dalam brokoli tetap bertahan.  

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Untuk siramannya, jamur merupakan pilihan terbaik. Jenis jamur apapun oke digunakan di resep ini, jadi jangan ragu untuk menukarnya dengan jamur tiram, merang, kancing, shiitake, enoki atau jamur kuping. Jika jamur sulit ditemukan maka tumisan wortel yang dip0tong korek api, cincangan kasar fillet ayam, dan seafood juga sedap sebagai pengganti. 

Berikut ini resep dan prosesnya ya.   

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:
- 1 buah brokoli, berat kira-kira 400 gram, pisahkan kuntum dan batangnya 
- 1 pak jamur shimeji (berat 150 gram), bisa menggunakan jenis jamur lainnya. Siangi jamur dan pisahkan satu dengan lainnya 

Bumbu: 
- 1 sendok makan minyak untuk menumis 
- 4 butir bawang putih, cincang halus 
- 1 1/2 cm jahe, cincang halus 
- 1 sendok makan saus tiram 
- 1 sendok makan kecap asin 
- 1/4 sendok teh garam 
- 2 sendok teh gula pasir 
- 1/4 sendok teh merica bubuk 
- 1 sendok teh tepung maizena larutkan dengan 3 sendok makan air 
- 100 ml air 
- 1 sendok makan minyak untuk menumis 

Cara membuat: 

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Kukus brokoli hingga setengah matang saja, jangan mengukusnya hingga lunak. Tekstur brokoli sebaiknya masih tetap crunchy. 

Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tambahkan saus tiram, dan gula pasir. Aduk dan tumis beberapa detik agar saus tiram harum aromanya. Tambahkan garam, merica bubuk, larutan maizena dan air. Aduk-aduk hingga mendidih dan kental. 

Resep Brokoli Siram Jamur Bawang Putih

Masukkan jamur, aduk dan masak selama 1 menit hingga jamur layu saja, cicipi rasanya dan angkat. Siapkan piring saji, tata brokoli melingkar di piring, biarkan tengahnya tetap kosong. Tuangkan tumisan jamur di tengahnya. Sajikan. 

Note: Brokoli paling lezat jika dimasak setengah matang jadi jangan terlalu lama memasaknya hingga brokoli terlalu lunak.



28 komentar:

  1. Baru aja baca resep Tomat Hijau Goreng..eh udah ada resep Brokoli dari Mba Endang nih! Saya kira jamur Enoki loh Mba. Setuju! Harus bersyukur banget atas apa yang kita miliki ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iyaa, mengejar beberapa hari nggak update! Thanks yaaa

      Hapus
  2. Semoga impian mba Endang segera terwujud. Aamiin.

    Saya lebih suka ceritanya mba Endang daripada resep brokoli, soalnya saya tidak suka brokoli. Heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin dan thanks doanya ya Mba Sitti. Waak kenapa gak suka brokoli? thanks sudah menyukai cerita JTT yaaa

      Hapus
  3. Halo mbak, mau tanya, kira2 brokolinya dikukus brp lama? Makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. idealnya sejak air dikukusan panas mendidih dan brokoli masuk itu 5 menit, terlalu lama akan membuat brokoli kehilangan gizinya

      Hapus
  4. This looks heavenly,, love your blog Mba :) kamu inspirasiku ,, hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Herlina, thanks ya! Senang JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  5. kita serupa mba. cuma bedanya sebelum saya kerja saya cek websitenya mba endang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkakka, thanks mba Icha sharingnya, senang sekali JTT di check setiap hari, jadi menambah semangat saya update! sukses yaaa ^_^

      Hapus
  6. Assalamualaikum mbak Endang,kalau pakai cincangan ayam (gak pakai jamur),kira-kira pakai berapa gram ya mbak?trima sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai sekitar 250 gram fillet ayam oke ya mba Dian.

      Hapus
  7. Bener mba Endang... gak usah mahal2 nyewa motivator, lha wong setiap buka webnya mba Endang saja selalu saya temukan cerita2 yg sangat inspiratif disamping resep2 yg selalu oke. Sukses terus buat mba Endang. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ertianna, thanks ya sharingnya, senang sekali cerita di JTT bs memberikan inspirasi dan motivasi. sukses yaa

      Hapus
  8. Trimakasih loh sdh menginspirasi dan memotivasi kita jadi bisa masak enak. Tetap berkarya terus ya mba Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Herlina sharingnya, senang resep JTT disuka. Sukses yaa

      Hapus
  9. Halo mba endang,salam kenal. Sudah lama nyontekin resepresep nya nan enak dan aduhai deh.kebetulan anakku suka bgt brokoli jd nyontek lagi deh resepnya hehehe..tp sy kali ini bikinny pake tahu putih yg ukuran besar, sy potongin kecil kecil.rasanya tetap nendang...mksh bnyk resepnya mba :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Ria, thanks ya sudah menyukai JTT. Yep, pakai tahu putih dipotong kecil2 juga yummy mba, sukses yaa

      Hapus
  10. Balasan
    1. thanks mba Indah! senang JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  11. Mba Endang,
    I am your fan too.
    Terima kasih untuk karya resep2nya yang membantu banyak orang. Tersentuh baca tulisan tentang bersyukur. Setuju sekali untuk selalu bersyukur dalam keadaan apapun....bersyukur membuat kita menjadi rendah hati :)
    Saya tinggal di amrik dan blog mba Endang salah satu yang sering saya kunjungi. Biasanya resep saya modifikasi sedikit supaya sejalan dengan 'clean eating' yang saya (coba) terapkan.
    Kalau mba mau ke amrik, you can let me know ya.
    Gisela

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Gisela, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai resep2 JTT. sukses selalu yaaa

      Hapus
  12. Mbak endang,aku udah coba resepnya.jamurnya aku ganti ayam yang dipotong dadu dan aku kukus bentar biar empuk. Pas udah numis bawang putih dan mau masukin saus tiram,ternyata saus tiramku berjamur,padahal baru kepake dikit (mungkin karena ga aku simpan dikulkas ya),akhirnya aku kasih kecap manis aja ayamnya..hahaha ..tapi enak banget lho mbak resepnya,apalagi brokoli kukusnya,masih crunchy ditambah saus bawang putihnya. Makasih ya resepnya dan ijin buat dishare ya Mbak Endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Dian, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Yep, saus tiram kudu disimpan di kulkas, kalau nggak akan berjamur. Sukses yaaa

      Hapus
  13. Mbak Endang, jamur2 yg mbak pake di resep selalu cantik. kalo disini mau dapet jamur gitu kudu ke supermarket besar kayak Hero. Tapi rada males juga ke supermarket cuma buat beli jamur. Karena aku tiap hari belanja di tukang sayur dapetnya cuma jamur tiram. itupun kalo kebagian. kalo g ya nunggu besok. kapan2 mau ah cari jamur2 cantik kayak mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Ida, saya pakai jamur ini karena resepnya akan ditampilkan di buku hehhehe, biasanya pakai jamur biasa, tapi jamur di JKT memang mudah ditemukan di supermarket atau toko buah khusus dan tampilnnya cntik2 hehhehe.

      sukses yaaa

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum warahmatullah.. punten mb endang, seneng deh baca blognya. Izin ngintip terus ya mb..maklum pioneer bgt ini soal masak.. nuhuuun

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Agustiningsih, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...