12 Oktober 2016

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado


Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Wokeh, mungkin resep sambal balado ini sudah tak terhitung banyaknya saya hadirkan. Anda mungkin sudah bosan menatap resep dan tampilan makanan yang serupa tapi tak sama berkali-kali dan berkali-kali di wall JTT. Saya harus berterus-terang, beberapa minggu belakangan ini waktu untuk memasak memang agak susah diluangkan. Hari Sabtu dan Minggu yang biasanya saya gunakan untuk bereksperimen di dapur dan mencoba satu atau dua resep baru harus dilewati dengan berbagai aktifitas di luar rumah. Dimulai dari saudara sepupu saya yang menikah bulan lalu; Ibu saya yang datang ke Jakarta sehingga setiap weekend digunakan untuk menemani beliau kunjungan ke rumah Tedy, salah satu adik lelaki saya yang tinggal di Cilebut; dan sebagian besar waktu saya lainnya banyak dilewati di rumah adik saya, Wiwin, di Mampang. 

Isi kulkas sudah hampir kering kerontang, rencana berbelanja ke pasar setiap 2 minggu sekali pun tidak terlaksana. Setiap hari yang saya lakukan adalah mengais-ngais bahan makanan apapun yang bisa ditemukan di dalam freezer dan chiller untuk bekal makan siang di kantor. Tapi mungkin kondisi ini ada bagusnya juga karena akhirnya freezer saya menjadi lega! Tumpukan makanan beku seperti ikan dan fillet dada ayam sedikit demi sedikit mulai berkurang dan akhirnya benar-benar lenyap ketika si selar yang sudah mendekam disana selama 3 bulan berubah menjadi selar sambal balado yang resepnya saya hadirkan kali ini. Hore! 

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado
Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Saya memiliki habit buruk yaitu selalu lapar mata ketika berbelanja, namun sejak menjalankan program pengiritan selama beberapa bulan ini habit itu perlahan berkurang. Tipsnya, selain list belanja yang terencana, sebelum membeli sesuatu selalu saya pikirkan baik-baik apakah barang itu diperlukan atau tidak.  Ujung-ujungnya saya teringat dengan daftar pengeluaran yang selalu saya update setiap hari dan sepertinya budget belanja sudah hampir terlampaui, akhirnya sayapun membatalkan diri untuk membeli barang yang kurang diperlukan tersebut. Jarang mengunjungi pasar dan supermarket juga ampuh mengerem pengeluaran, dalam kasus saya akhirnya mati-matian memaksimalkan bahan makanan apapun yang tersedia di laci dapur dan kulkas. Untungnya atau apesnya, saya termasuk tipe 'jrumbo' istilah orang Jawa untuk mereka yang doyan makan segalanya, selama ada sambal atau tumisan pedas maka nasi sebakul pun sanggup saya gasak sendirian. 

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado
Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

"Kenapa sih kita ini doyan makan semua ya? Bikin susah menurunkan berat badan," keluh adik saya, Wiwin, ketika kami bersama Ibu sedang bergeletakan di atas kasur di rumahnya. "Nurun dari Bapak mu itu. Bapak kan sukanya jajan dan penggemar makanan apapun," cetus Ibu saya membela diri walau sebenarnya beliau juga 'pemakan segala'. "Aku makan nasi pakai sambal saja bisa habis segunung, kalau orang lain kan mungkin masih mikir-mikir," keluh saya sambil menepuk-nepuk perut yang penuh lipatan lemak. Dimas yang sedang asyik dengan game Pokemon-nya hanya tertawa ngakak, diantara kami semua, lima bersaudara, adik bungsu saya ini satu-satunya yang memiliki berat ideal. "Masa sih makan nasi pakai sambal saja doyan? Aku nggak mau! Kecuali kalau benar-benar kelaparan berat habis puasa seharian, baru itu aku pikirkan," komentarnya membuat kami semua menghelas nafas berat. "Kalau kondisi seperti itu, aku makan nasi pakai garam saja doyan," kata saya yang disambut tawa cekakaan dari semua. Terlalu! ^_^

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado
Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Wokeh kembali ke selar dengan bumbu balado ini. Ikan selar yang imut dan murah ini merupakan jenis ikan favorit saya karena gurih rasanya dan garing renyah ketika digoreng. Menurut saya ikan jenis seperti ini bukan hanya menyumbangkan protein namun juga kalsium karena tulang dan kepalanya bisa habis disikat. Sayangnya, karena ukurannya yang kecil maka menggorengnya hingga garing adalah solusi paling tepat untuk mengolahnya, yang berarti turut menyumbangkan kolesterol juga. Saya pernah iseng memepesnya, dan ketika disantap harus bertempur mati-matian dengan duri-duri kecil yang menancap di lidah dan tenggorokan. Ujung-ujungnya bukannya menjadi makanan lezat justru musibah yang timbul karena harus menelan gelondongan nasi kepal bulat-bulat agar duri bisa lenyap terbawa nasi. Tobat!

Bumbu balado yang saya berikan dibawah super simple, Ibu saya biasanya menambahkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk untuk membuatnya harum. Saya skip ketiga rempah ini karena tidak ada di dapur, namun percayalah rasanya tetap mantap. Lidah Jawa saya menyukai rasa sambal yang sedikit manis dan asin, kurangi takaran gula merah di resep jika bukan manis asin yang menjadi rasa favorit anda.  

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Kecap manis memberikan warna di masakan, ini tips Ibu saya untuk membuat masakan tampak terlihat menggugah selera dan warnanya tidak mentah. Sedikit di sambal, sedikit di soto, sedikit di tumisan, tidak akan menyakitkan, karena itu jangan ragu untuk meneteskannya ya. Satu hal lagi, minyak adalah kunci untuk menghasilkan sambal balado yang matang sempurna, tidak terasa 'jebleh' atau 'cemplang', warnanya lebih gelap dan cantik, serta  menghilangkan bau langu cabai. Terus terang saya benci dengan masakan yang banyak mengandung minyak, tapi untuk sambal balado memang agak sulit mengelimirnya. Kurangi porsi minyak goreng di resep jika anda concern dengan masalah kesehatan ya. 

Hal lainnya adalah minyak harus dalam kondisi sangat panas ketika bumbu balado dimasukkan, minyak panas akan membuat sambal lebih harum aromanya. Tips lainnya adalah tumis terpisah sambal dan jangan campurkan dengan ikan sekaligus. Tuangkan sedikit sambal di permukaan ikan goreng kala akan dihidangkan. Sisa sambal bisa digunakan untuk makanan lainnya atau disimpan di kulkas untuk sewaktu-waktu digunakan tanpa terkontaminasi oleh bau ikan goreng. 

Berikut resep dan prosesnya ya.   

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Resep Ikan Selar Sambal Balado
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 kg ikan selar ukuran kecil

Tertarik dengan resep sambal ikan lainnya? Silahkan cek pada link disini:
Salmon Tumis Cabai Rawit
Selar Goreng Garing Siram Sambal Cabai Hijau
Ikan Pisang-Pisang Siram Saus Bunga Kecombrang   

Bahan:
- 1 kg ikan selar ukuran kecil 

Bumbu ikan goreng, dihaluskan dengan blender:
- 2 cm kunyit
- 1 sendok makan ketumbar sangrai
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sendok makan garam
- 100 ml air

Bumbu sambal balado, dihaluskan:
- 250 gram cabai merah keriting
- 100 gram cabai rawit merah
- 12 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 cm jahe

Bumbu sambal lainnya:
- 2 sendok makan gula merah sisir
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok makan kecap manis
- 100 ml minyak untuk menumis sambal

Cara membuat:

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Untuk bumbu ikan goreng, masukkan semua bahan kedalam blender dry mill, proses hingga halus. Sisihkan. 

Siapkan ikan, buang isi perut dan insangnya. Cuci bersih, dan potong melintang ikan setebal 2 cm. Anda bisa perciki ikan dengan air jeruk nipis dan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Tuangkan bumbu ikan yang telah dihaluskan, aduk rata. Diamkan selama 15 menit.

Siapkan penggorengan anti lengket, beri minyak agak banyak dan panaskan. Goreng ikan berbumbu hingga benar-benar garing, renyah hingga tulang-tulangnya bisa disantap. Angkat dan tiriskan. 

Resep Ikan Selar dengan Simple Sambal Balado

Tuangkan sisa minyak bekas menggoreng ikan ke wadah lainnya, sisakan sekitar 100 ml minyak di wajan. Minyak harus agak banyak kala menumis bumbu balado, agar bumbu matang sempurna. Panaskan minyak hingga benar-benar panas. 

Tuangkan bumbu balado yang sudah dihaluskan, gunakan api sedang saja saat menumis. Tumis sambal balado sambil sesekali diaduk-aduk hingga sambal matang dan berubah warnanya menjadi agak gelap. Menumis sambal hingga matang merupakan kunci penting agar rasa sambal lebih sedap dan tidak langu. Aduk sesekali agar sambal tidak gosong. 

Masukkan sisa bumbu lainnya. Aduk rata. Tumis hingga sambal menyusut dan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asin dan manisnya. Angkat.

Tata ikan di piring, siramkan sebagian bumbu di permukaan ikan goreng. Sajikan dengan nasi hangat. Mantap! 



14 komentar:

  1. Wow....ini emang enak banget Mbak saya klo di kampung pake bumbu kesuna cekuh (bawang putih dan kencur) aja sdh nendang banget.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sedap kayanya itu bumbu kesuna cekuh, jadi ngiler sya mba hehhehe. Sukses yaaa

      Hapus
  2. Gampang kok mba kalau mau mengurangi berat badan, cuma kurangi atau tiadakan nasi putih. Tapi sayangnya resep mba Endang ini semuanya bikin kita ngabisin nasi putih sebakul hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waakakak, iya betul, saya actully gak makan nasi putih mba Lina, tapi gara2 masak yang beginian jadi tergoda hehehhe. sukses yaa

      Hapus
  3. Saya sendiri pencinta masakan pedas,apalagi balado Hahahahha.Masakakan apa aja kalo pedas enak banget.Saya sendiri kalo makan pisang goreng,dicocol ke sambal terasi "Wah,jangankan sebakul setruk aja habis".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa, pisang goreng dan singkong goreng cocol sambal terasi itu fav saya juga wkkkakakak.

      Hapus
  4. hai mbak endang
    Sambalnya bisa tahan berapa hari ya kalo disimpan di kulkas?
    anna

    BalasHapus
  5. Sendoknya cantik dan unik, mba Endang. Maaf gagal fokus, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Sitti, ini hasil perburuan barang bekas di pasar Jatinegara hehehhe

      Hapus
  6. Ikan goreng dibalado emang ga pernah gagal mbak buat ga nambah sepotong ikan lagi dan sesendok nasi lagi dan lagi sampai perut bener-bener full.. Habis makan baru deh meratapi diet selama ini.. Tobattt... Hahahaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener banget Mba Shenan, saya gak pernah bosan makan nasi panas lauk ikan goreng balado, menu dari kecil wakakka

      Hapus
  7. hi mba. saya tertarik banget sama resep2 JTT. tapi fokus saya di resep ini, gimana ceritanya ikan selar bisa tahan 3bulan dan masih bagus gitu mba? thanks! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya simpan biasa di freezer Mba. Ikan disiangi, dibersihkan, cuci bersih dan packing plastik per porsi masak. Saya bekukan di freezer, 6 bulan msh oke.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...