16 Januari 2011

Resep Sup Seafood Batam


Resep Sup Seafood Batam JTT

Pernah makan sup ikan batam atau sup seafood di resto Yongki? Sekali anda merasakannya pasti akan ketagihan. Ikan kakap yang dimasak dalam kuah sup yang segar dengan bumbu khas resto tersebut ditambah dengan potongan tomat hijau dan sawi asin, sebagai pelengkapnya biasanya disandingkan kecap asin dan potongan cabai rawit hijau. Sangat lezat dan segar sekali. Ikannya benar-benar lembut dan tidak terasa amisnya sama sekali.  

Membuatnya sendiri ternyata tidak sulit dan prosesnya juga cepat, untuk rasanya tidak kalah dengan yang kita santap di resto. Saya menemukan resepnya sudah lama di blog Kumpulan Resep Mommy Dian dan sejak itu saya sering sekali memasaknya di rumah. Biasanya yang saya masak adalah versi sup seafoodnya, menggunakan ikan kakap, udang dan cumi-cumi. Hmm, so yummy!


Resep Sup Seafood Batam JTT

Tipsnya adalah gunakan seafood yang segar supaya rasanya tidak amis dan kuahnya juga terasa lezat. Jika anda menggunakan kakap utuh, sebaiknya ikan kita fillet kemudian kepala dan tulangnya direbus dahulu untuk membuat kaldunya. Air rebusan disaring dan siap digunakan untuk sup. Kuah supnya tentu saja lebih sedap. Berhubung saya membeli fillet ikan maka saya tidak menggunakan kuah kaldu dari kepala dan tulangnya. Sebagai gantinya, kepala dan kulit udang saya rebus untuk mendapatkan kuah kaldu udang. Tetap lezat tuh :).

Tips lainnya, masukkan tomat hijau dan sawi asinnya ketika sup akan diangkat ya, supaya tomat tidak lunak dan sawi asinnya tetap renyah. 

Ayo kita masak.

Resep Sup Seafood Batam JTT

Sup Seafood Batam
Resep diadaptasikan dari Kumpulan Resep Mommy Dian: Sup Ikan Batam 

Bahan:
- 200 gram ikan kakap fillet (plus tulang & kepalanya untuk kaldu jika ada)
- 200 gram cumi-cumi bersihkan, iris melintang
- 100 gram udang jerbung, buang kulit dan kepala, sisakan ekornya. Kepala dan kulit udang kita rebus untuk mendapatkan kaldunya.
- 1 ikat sawi asin, ambil bagian batangnya, potong-potong 3 cm.
- 4 buah tomat hijau, belah 2
- 1 liter air

Bumbu digoreng dan dihaluskan:
- 1 1/2  sendok makan teri medan
- 1 1/2 sendok makan ebi
- 4 butir kemiri
- 4 siung bawang putih
- 3 sendok makan minyak untuk menggoreng

Bumbu lainnya:
- 4 sendok teh kecap ikan
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Pelengkap:
Irisan cabe rawit hijau + kecap asin

Cara membuat:
Siapkan panci, isi dengan 1 liter air, rebus kepala dan kulit udang hingga mendidih. Kita akan gunakan air rebusannya untuk kaldu.  Saring kaldu, buang tulang dan kepalanya. Masukkan kembali kaldu udang ke panci. 


Resep Sup Seafood Batam JTT
Resep Sup Seafood Batam JTT

Panaskan wajan beri minyak, goreng kemiri, bawang putih, ebi dan teri medan hingga kuning kecoklatan. Angkat dan haluskan. Saya masukkan ke blender beri air sedikit dan proses hingga lembut.

Masukkan bumbu yang telah dihaluskan ke kuah kaldu, rebus kembali hingga mendidih. Masukkan cumi-cumi, masak 2 menit. Masukkan ikan, garam, gula, lada, kaldu bubuk dan kecap ikan. Masak hingga ikan dan cumi matang dan kuah kernih. Tambahkan udang, aduk hingga udang berubah warna. Cicipi rasanya.

Sesaat sebelum diangkat masukkan tomat hijau dan sawi asin. 

Resep Sup Seafood Batam JTT

Sajikan dengan irisan cabe rawit hijau dan kecap asin. Nikmat dimakan dengan nasi putih hangat.

Source:
Kumpulan Resep Mommy Dian: Sup Ikan Batam 



22 komentar:

  1. klo aku biasanya pisahin kuah dgn isinya, jd tiap mo makan tinggal rebus kuah kaldu berbumbunya trus cemplungin seafood mentahnya....
    soalnya seafood gak enak klo udah dipanasin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, gud idea, yep memang seafood akan kehilangan taste manisnya jika terlalu lama direbus. Next kalau membuat sup ini lagi saya akan pakai cara itu. Thanks ya.

      Hapus
  2. Sayang yah harus pake tomat hijau & sayur asin. Susah carinya di tempatku. Kalau tomat hijau gak ada aku masih bisa pake tomat merah, tapi kalau sayur sawi asin gak ada, gantinya pakai apa yah enaknya? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, skip saja tomat hijaunya. Pakai yang merah juga gpp, sawi asin diganti sawi putih biasa saja, enak kok hehehe

      Hapus
  3. Mba Endang, aku suka lihat si penjual sup meramu supnya, dia siapkan kecap ikan, bumbu halus, merica ,bawang goreng n daun selada dulu di mangkuk, trs dia rebus tomat sm sawi asin n seafoodnya, baru deh rebusan td dituangkan ke mangkuk.
    Secara aku tinggal di batam n banyak yg jual ..dan kebetulan baru ini dapet penjual yg bisa intip proses meramunya, tp tetep ga tau bumbunya. Pengen cb resep mba Endang deh..he he..
    Monic

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Monic, uuuh mantap infonya, selama ini suka bertanya2 sendiri gimana cara buatnya. sayurnya juga masih seger dan krenyes2, mantap. saya suka penasaran bangetttt resep bumbu bubuknya itu lohhh, soalnya ini makanan favorit saya, hampir tiap hari makan ini gak bosan2 wakakka.

      thanks ya Mba sharingnya ^_^

      Hapus
  4. Salam kenal, Mbak Endang...saya sudah coba resep sup ikan batam ini dan rasanya enak. suami dan keluarga suka
    saya akan coba resep-resep lainnya lagi di blog mbak ini.
    thanks ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya mba, thanks sharingnya yaaa, senang sekali resepnya disuka ya.

      Hapus
  5. kaldu bubuk merek apa yang digunakan

    BalasHapus
  6. Mbak, kalo ga ada kemiri boleh di ganti apa ya mbak? Susah cari kemiri disini (Japan) :(

    BalasHapus
  7. Hai mbak
    Kalo pake tuna dan bukan kakap, oke gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebanrnya bisa2 saja ya, hanya saja tuna tekstur dagingnya cenderung keras dan kasar ya, gurami atau tilapia menurut saya malah oke ya

      Hapus
  8. Mbak endang...
    Saya pengguna berat mbak endang...
    Ampun deh...itu keahlian dapet dari mana sampai bisa tahu resep nya hanya dgn mencicipi makanan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Bunda Dhenik, senang resep JTT disuka. Sukses yaa

      Hapus
  9. Mbak endang, tolong bagi resep roti Boy donk. Suami ama anakku gemar banget makan roti ini....trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. googling saja mba resepnya 'roti boy JTT' tapi toppingnya kurang oke ya, ketika dingin agak lembab

      Hapus
  10. Halo mba, pengen coba buat resep sop ikan ini.. itu terinya yang basah atau yg dijual kering itu ya? hehehe maaf masih pemula ^_^

    BalasHapus
  11. Mba endang, ak mau nanya, jadi kalo kita beli ikan asin ebi dkk nya itu, baiknya ga usah di cuci ya, ak belinya di pasar takut jorok lagi hamil soalnya apa2 hrs bersih, tp lantas kl habis dicuci digoreng biasanya jd alot itu pengaruh ga ke sup ini, thanks,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dicuci mba, karena dipasar tanpa kemasan jadi sangat kotor ya. cuci dan jemur sampai kering, kemudian sangrai dan diblender. kalau diulek gitu saja susah ya, kudu blender

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...