07 Januari 2011

Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng


Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng

Serundeng daging atau serundeng ayam? Oo, itu sudah biasa. Bagaimana jika kita modifikasi sedikit? Hati dan ampela ayam diberi bumbu kemudian ditusuk dengan tusukan sate dan bakar sebentar terus gulingkan di serundeng kelapa berbumbu yang pedas. Trala, jadi  deh sate hati ampela ayam bumbu serundeng. Lezat!

Menu ini tercetus saat saya melihat kelapa parut sangrai di kulkas yang terbungkus plastik rapat. Hmm, melongok di freezer ternyata saya masih punya hati ampela ayam beku. Berhubung saya lagi jatuh cinta dengan pan datar lapis teflon yang belum pernah membuat saya kecewa ketika dipakai untuk memanggang sate, maka saya kreasikan saja hati ampela-nya menjadi sate. Bumbunya sederhana, yang membuat agak lama prosesnya mungkin adalah membuat kelapa serundengnya.  

Jika anda tertarik dengan resepnya berikut ini saya bagikan.


Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng

Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng
Resep hasil kreasi sendiri

Untuk 6 tusuk sate

Bahan:
250 gram hati ampela ayam, masing-masing hati dan ampela di belah menjadi 2 bagian
6 buah tusuk sate
1/2 buah kelapa muda, buang kulitnya,  parut dan sangrai hingga coklat keemasan

Bumbu untuk sate, dihaluskan:
- 1 sendok teh ketumbar sangrai
- 1/2 siung bawang putih
- 1 siung bawang merah
- 1/2 ruas jahe
- 1/2 ruas kunyit
- 1/2 sendok teh garam

Bumbu untuk serundeng, dihaluskan:
- 1 sendok teh ketumbar
- 1/2 ruas lengkuas
- 3 buah cabai merah keriting
- 2 buah cabai rawit
- 1 butir bawang putih
- 2 butir bawang merah
- 2 sendok makan air asam jawa
- 1 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula jawa
- 1/2 sendok makan garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:
Lumuri hati ampela dengan bumbu sate, biarkan selama 15 menit. 

Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng

Tusuk dengan tusukan sate kemudian panggang dengan menggunakan 1/2 sendok makan margarine atau minyak goreng. Saya memanggangnya menggunakan loyang teflon datar yang memang khusus untuk memanggang. Panggang hati ampela hingga matang kecoklatan. Angkat.

Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng
Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng

Untuk serundeng:
Tumis bumbu serundeng dengan 2 sendok makan minyak goreng hingga harum dan matang,  masukkan kecap manis, garam, gula, air asam dan kaldu bubuk. Aduk rata.

Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng

Tambahkan kelapa sangrai. Matikan api kompor, kemudian aduk hingga bumbu dan kelapa tercampur rata, cicipi rasanya. Hidupkan kembali api kompor dan masak hingga serundeng matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat.

Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng
Resep Sate Hati Ampela Ayam Bumbu Serundeng

Letakkan sate di piring saji, taburi dengan serundeng. Sate siap disajikan dengan nasi panas. 

Selamat menikmati.



4 komentar:

  1. mau praktekin aahh weekend ini mumpung si ibu punya serundeng jadi gak repot2 deh buat serundengnya............

    BalasHapus
  2. idih ternyata bkin serundeng gak susah toohh...
    yg jago bkin serundeng itu kakaknya mamaku mba.. udah tua tp msh jago klo masak serundeng sm bikin lopis.. kirain susah bingit gt lho bkinnya.. taunyaaa.. kapan2 nyoba ah.. siapa tau rasanya sama :D
    mba endang gak ada resep lopis kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba bella, ibu saya dulu suka buat dendeng ragi, daging yang dimasak dengan serundeng, mantep banget cuman lamaaa banget masaknya hehhehe.

      resep lopis belum ada ya mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...