03 Januari 2011

Resep Smoothie Mangga dan Pisang


Resep Smoothie Mangga dan Pisang

Banana & mango? Dua jenis buah yang saya tidak menyangka jika berkolaborasi akan menghasilkan minuman yang lezat. But it's true. Smoothie ini paling pas dilewati disaat panas terik, tubuh memerlukan asupan cairan dan elektrolit, sambil menyedotnya pikiran suntuk pun menjadi segar kembali. Selain itu smoothie buah yang kaya akan vitamin mampu  membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna menghadapi cuaca yang semakin tidak menentu.

Oke, pisang dan mangga memang buah yang berkalori tinggi dan biasanya dihindari oleh mereka yang sedang berdiet tapi tahukan anda bahwa pisang ternyata bisa mengurangi resiko kanker usus besar, kanker payudara dan carsinoma? Selain itu pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, mangan dan potasium serta penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Potasium sendiri sangat diperlukan oleh sel otak dan syaraf kita. Sementara mangga kaya akan vitamin A, C dan E yang merupakan vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh. Mangga juga kaya akan serat dan mineral. 

Resep Smoothie Mangga dan Pisang

Smoothie sendiri merupakan minuman dingin yang terbuat dari buah atau sayuran segar yang dihaluskan, kadang-kadang ditambahkan coklat sebagai variasi rasa. Selain buah segar seringkali ditambahkan juga es batu, buah beku, madu atau sirup. Minuman ini mirip seperti milkshake dan lebih kental dari pada jus buah biasa. Berbeda dengan milkshake yang mengandung es krim maka smoothie tidak menambahkan es krim sebagai campurannya. Susu dan yoghurt merupakan bahan tambahan yang biasa dipergunakan. 

Banana & mango smoothie ini lezat untuk dijadikan pembuka aktifitas anda di pagi hari atau disaat cuaca sedang panas dan gerah. Segar, sehat dan cukup mengenyangkan. Gunakan madu sebagai pemanis, agar smoothie anda lebih sehat dan lezat. Tambahkan jeruk sunkist untuk memberikan rasa segar khas jeruk dan berhubung saya masih memiliki yogurt di kulkas maka saya masukkan juga produk susu bergizi ini ke dalamnya. Duh, kepala dan perut menjadi dingin usai menyedot smoothie yang sejuk dan enak. 

Berikut resepnya.


Resep Smoothie Mangga dan Pisang

Smoothie Pisang & Mangga
Resep diadaptasikan dari Suite 101, Mango and Banana Smoothie

Untuk 2 gelas

Bahan:
- 100 gram pisang beku
- 200 gram mangga beku
- 1 buah jeruk sunkist, kupas dan potong-potong
- 3 sendok makan plain skim yogurt
- 3 sendok makan madu
- 400 ml air matang

Cara membuat:
Masukkan semua bahan ke dalam blender, proses hingga lembut. Tuangkan ke gelas saji. 

Smoothies siap disajikan.

Sources:
Wikipedia, Bananas
Wikipedia, Potassium



11 komentar:

  1. menggoda sekali, bisa dicoba segera. thank's resepnya....ditunggu resep kreatif lainnya.

    BalasHapus
  2. Hai, salam kenal ya. Thanks telah mampir di JTT ^_^

    BalasHapus
  3. mangga dan pisangnya kalo gak beku bisa enggak ya? enaknya masih sama enggak?

    BalasHapus
  4. hari ini Q punya stock buah pisang n mangga berlebih bingung dibuat apa,syukurnya pas searching dapat resep ini keliatannya enak n cucok dg cuaca jakarta..boleh y Q coba smog berhasil :)trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, silahkan dicoba Mba Uchi, semoga suka dengan hasilnya yaa

      Hapus
  5. Hallo, Mb Endang.. trims buat resepnha ini yaaa.. pas pingin bgt bikin smoothie buat buka Pak Suami nanti sore. Untuk pisangnya pake pisang ambon atau pisang raja ya Mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba Fauzi, silahkan dicoba, moga suka. Pakai pisang raja/ambon sama enaknya, tapi yng umum buat smoothie itu ambon ya

      Hapus
  6. Mba Endang, jeruknya apa bisa diganti dengan lemon?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja mba, tapi mungkin akan membuat smoothie asam ya

      Hapus
  7. Hallo mbak endang, nangka bubur enaknya diolah jadi apa ya?Punya pohon nangka byk buah nya sayang sekali kl tidak diolah. Smg mbak endang punya solusinya

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...