02 April 2011

Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping


Menyambung posting sebelumnya mengenai bagaimana membuat choux pastry atau adonan kulit untuk kue sus atau eclairs, di-posting kali ini saya akan membahas mengenai eclairs atau kue sus. Berhasil membuat kulitnya ternyata masih ada tantangan berikutnya yaitu vla atau krim untuk mengisi si eclairs. Jika anda memperhatikan gambar-gambar krim yang saya lampirkan, anda pasti melihat krim yang saya buat terlihat kurang smooth, masih ada gumpalan-gumpalan tepung. Well, itu bukan hiasan yang disengaja. Itu karena saya tidak membaca perintah di buku dengan seksama padahal instruksinya sangat mudah. 

Di buku jelas disarankan untuk mencampur kuning telur, sedikit susu cair dan gula terlebih dahulu hingga rata baru tepung terigu dan tepung maizena dimasukkan ke dalamnya. Setelah adonan tepung halus, susu panas dimasukkan ke dalam adonan secara bertahap sambil terus diaduk, baru kemudian adonan susu telur ini dimasak kembali diatas kompor hingga mengental, dengan cara seperti ini maka krim yang dihasilkan halus dan cantik. 


Nah, yang saya lakukan adalah semua susu saya panaskan (padahal seharusnya hanya 500 ml saja karena sisanya sebanyak 40 ml dicampurkan ke dalam telur), kemudian telur dan gula saya aduk dan saya siram dengan susu panas. Ketika dimasak diatas kompor, tepung dengan sukses membentuk gumpalan-gumpalan kecil yang tidak mau larut walaupun tangan saya sudah pegal mengaduknya. Mungkin, seharusnya adonan saya saring dulu sebelum saya panaskan, walaupun instruksinya tidak seperti itu setidaknya si gumpalan tepung bandel menghilang ke tong sampah :)



Resep krim dan coklat dip-nya masih saya ambil dari buku yang sama, Best Loved Desserts dari Good Housekeeping. Rasa krimnya tentu saja tidak perlu diragukan. Untuk resep kulit eclairs-nya anda bisa klik disini

Jika anda berminat, berikut resepnya ya. 

Eclairs dengan Krim Vanilla & Coklat Topping
Resep diadaptasikan dari Best Loved Desserts by Good Housekeeping - Eclairs

Bahan:
20 buah kulit eclairs

Resep untuk Krim Vanila dan Coklat Dip
- 540 ml susu cair
- 4 butir kuning telur
- 30 gram tepung terigu serba guna
- 30 gram tepung maizena
- 150 gram gula pasir
- 1 sendok makan vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanili

Coklat Dip:
- 85 gram coklat blok
- 3 sendok makan krim kental (heavy atau whipping cream)

Cara membuat:
Siapkan panci sedang, masukkan 500 ml susu cair dan rebus dengan api sedang hingga mendidih. Sementara susu sedang direbus, di dalam mangkuk besar kocok kuning telur menggunakan baloon whisk (pengocok balon), sisa susu cair,  dan gula hingga tercampur rata. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena dan aduk hingga tercampur. Secara bertahap masukkan susu cair panas ke dalam campuran telur-tepung, aduk rata. 

Masukkan campuran susu-telur ini kembali ke panci, panaskan dengan api sedang, aduk secara konstan hingga campuran adonan mengental dan mendidih. Kecilkan api dan masak selama 2 menit sambil terus diaduk. Angkat. Masukkan vanila ekstrak, aduk rata, kemudian tuangkan krim ke piring atau mangkuk yang agak datar. Tutupi permukaanya dengan plastik wrap atau penutup lainnya agar lapisan permukaannya tidak mengeras. Masukkan ke kulkas dan siap anda gunakan.


Dengan menggunakan pisau kecil, buatlah lubang di salah satu ujung eclairs. Sendokkan adonan krim ke dalam plastik segitiga khusus yang telah dilengkapi dengan alat untuk menyemprotkan adonan krim. Semprotkan krim ke dalam eclairs. Lakukan hingga semua kulit eclairs habis.




Coklat Dip:
Siapkan panci kecil, panaskan coklat blok dan krim kental menggunakan api yang kecil . Aduk terus hingga coklat meleleh dan menjadi adonan yang smooth/halus. Angkat. Celupkan permukaan atas eclairs ke coklat, rapikan dengan spatula jika perlu, letakkan di rak kawat hingga coklat mengeras. Sajikan.


Source:
Best Loved Desserts by Good Housekeeping - Eclairs

6 comments:

  1. this really help, thank you!

    ReplyDelete
  2. Mbak ini bedanya dg krim fla yg btk puff cmn ada pnambahan tepung terigu aja ya mbak, selain itu bahan yg dipakai sama. Kira2 lbh mantab yg mana mnrt mba endang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya mantep yang kue sus isi krim vanila ya hehehe

      Delete
  3. mbak vla ini bertahan berapa lama ya?

    ReplyDelete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...