02 April 2011

Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping


Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT

Menyambung posting sebelumnya mengenai bagaimana membuat choux pastry atau adonan kulit untuk kue sus atau eclairs, di-posting kali ini saya akan membahas mengenai eclairs atau kue sus. Berhasil membuat kulitnya ternyata masih ada tantangan berikutnya yaitu vla atau krim untuk mengisi si eclairs. Jika anda memperhatikan gambar-gambar krim yang saya lampirkan, anda pasti melihat krim yang saya buat terlihat kurang smooth, masih ada gumpalan-gumpalan tepung. Well, itu bukan hiasan yang disengaja. Itu karena saya tidak membaca perintah di buku dengan seksama padahal instruksinya sangat mudah. 

Di buku jelas disarankan untuk mencampur kuning telur, sedikit susu cair dan gula terlebih dahulu hingga rata baru tepung terigu dan tepung maizena dimasukkan ke dalamnya. Setelah adonan tepung halus, susu panas dimasukkan ke dalam adonan secara bertahap sambil terus diaduk, baru kemudian adonan susu telur ini dimasak kembali diatas kompor hingga mengental, dengan cara seperti ini maka krim yang dihasilkan halus dan cantik. 

Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT

Nah, yang saya lakukan adalah semua susu saya panaskan (padahal seharusnya hanya 500 ml saja karena sisanya sebanyak 40 ml dicampurkan ke dalam telur), kemudian telur dan gula saya aduk dan saya siram dengan susu panas. Ketika dimasak diatas kompor, tepung dengan sukses membentuk gumpalan-gumpalan kecil yang tidak mau larut walaupun tangan saya sudah pegal mengaduknya. Mungkin, seharusnya adonan saya saring dulu sebelum saya panaskan, walaupun instruksinya tidak seperti itu setidaknya si gumpalan tepung bandel menghilang ke tong sampah :)

Resep krim dan coklat dip-nya masih saya ambil dari buku yang sama, Best Loved Desserts dari Good Housekeeping. Rasa krimnya tentu saja tidak perlu diragukan. Untuk resep kulit eclairs-nya anda bisa klik disini

Jika anda berminat, berikut resepnya ya. 


Eclairs dengan Krim Vanilla & Coklat Topping
Resep diadaptasikan dari Best Loved Desserts by Good Housekeeping - Eclairs

Bahan:
20 buah kulit eclairs

Resep untuk Krim Vanila dan Coklat Dip
- 540 ml susu cair
- 4 butir kuning telur
- 30 gram tepung terigu serba guna
- 30 gram tepung maizena
- 150 gram gula pasir
- 1 sendok makan vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh bubuk vanili

Coklat Dip:
- 85 gram coklat blok
- 3 sendok makan krim kental (heavy cream atau whipping cream)

Cara membuat:
Siapkan panci sedang, masukkan 500 ml susu cair dan rebus dengan api sedang hingga mendidih. Sementara susu sedang direbus, di dalam mangkuk besar kocok kuning telur menggunakan baloon whisk (pengocok balon), sisa susu cair,  dan gula hingga tercampur rata. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena dan aduk hingga tercampur. Secara bertahap masukkan susu cair panas ke dalam campuran telur-tepung, aduk rata. 

Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT
Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT

Masukkan campuran susu-telur ini kembali ke panci, panaskan dengan api sedang, aduk secara konstan hingga campuran adonan mengental dan mendidih. Kecilkan api dan masak selama 2 menit sambil terus diaduk. Angkat. Masukkan vanila ekstrak, aduk rata, kemudian tuangkan krim ke piring atau mangkuk yang agak datar. Tutupi permukaanya dengan plastik wrap atau penutup lainnya agar lapisan permukaannya tidak mengeras. Masukkan ke kulkas dan siap anda gunakan. 

Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT

Dengan menggunakan pisau kecil, buatlah lubang di salah satu ujung eclairs. Sendokkan adonan krim ke dalam plastik segitiga khusus yang telah dilengkapi dengan alat untuk menyemprotkan adonan krim. Semprotkan krim ke dalam eclairs. Lakukan hingga semua kulit eclairs habis.

Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT
Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT
Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT


Coklat Dip:
Siapkan panci kecil, panaskan coklat blok dan krim kental menggunakan api yang kecil . Aduk terus hingga coklat meleleh dan menjadi adonan yang smooth/halus. Angkat. Celupkan permukaan atas eclairs ke coklat, rapikan dengan spatula jika perlu, letakkan di rak kawat hingga coklat mengeras. Sajikan.


Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT
Resep Eclairs dengan Krim Vanila & Coklat Topping JTT


Source:
Best Loved Desserts by Good Housekeeping - Eclairs




8 komentar:

  1. this really help, thank you!

    BalasHapus
  2. Mbak ini bedanya dg krim fla yg btk puff cmn ada pnambahan tepung terigu aja ya mbak, selain itu bahan yg dipakai sama. Kira2 lbh mantab yg mana mnrt mba endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya mantep yang kue sus isi krim vanila ya hehehe

      Hapus
  3. mbak vla ini bertahan berapa lama ya?

    BalasHapus
  4. Hai mba endang, kalo ga ada krim kental pake apa ya penggantinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai coklat blok dilelehkan langsung saja juga bs ya mba, pilih coklatnya yang mengandung susu jadi gak terlalu pahit

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...