27 September 2011

Resep Manisan Kulit Jeruk - Candied Orange Peel


Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel

Sejak melihat artikel mengenai manisan kulit jeruk di beberapa web atau blog membuat saya menjadi penasaran dengan rasanya. Apakah selezat tampilannya yang sangat menggoda ataukah getir dan pahit sebagaimana kulit jeruk seharusnya. Irisan-irisan kulit jeruk berselimut gula dengan warna oranye atau kuning yang cerah ini memang membuat mata menjadi tak jemu memandang dan air liur menetes. Walaupun telah lama resep ini berada dalam koleksi resep di notebook, namun baru kemarin saya mencoba membuatnya. Itupun setelah meyakinkan diri dengan menonton tayangan video di web About.com. Sedikit terjadi accident saat proses pembuatannya namun akhirnya manisan kulit jeruk ini jadi dengan sempurna. Walaupun tertutupi oleh gula namun rasa getir kulit jeruk masih sedikit terasa, mungkin gula yang saya gunakan kurang banyak saat merebusnya. Namun yang jelas, manisan ini cukup oke untuk memanfaatkan kulit jeruk yang selama ini hanya teronggok di tong sampah.

Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel
Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel

Untuk membuat manisan ini saya menggunakan jenis jeruk sunkist atau jeruk berwarna oranye dengan kulit yang agak tebal. Saya belum mencoba jenis jeruk berkulit tipis seperti jeruk keprok. Kupas jeruk dengan hati-hati agar tidak sobek dan buang sebanyak mungkin bagian kulitnya yang berwarna putih, bagian yang seperti sponge ini membuat manisan terasa getir. Tadi saya menyebutkan terjadi accident saat membuatnya, nah ini karena saya lupa membuang bagian kulit dalamnya ini. Kulit jeruk langsung saya iris-iris memanjang. Saya baru teringat setelah kulit direbus dalam air, akibatnya saya harus menghilangkannya satu persatu di setiap potongan. Untung hanya dua butir jeruk! 

Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel
Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel

Manisan kulit jeruk ini selain sedap sebagai camilan juga mantap sebagai campuran cookies dan cake buah atau cake lainnya. Cacah kulit jeruk menjadi ukuran kecil dan masukkan ke dalam adonan kue atau cookies. Untuk penyimpanannya, masukkan dalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat dan simpan dalam kulkas. Selain kulit jeruk saya pernah menampilkan manisan jahe/candied ginger, anda bisa klik disini untuk melihat resepnya. 

Berikut resepnya ya.

Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel


Manisan Kulit Jeruk
Resep diadaptasikan dari web About.com - Candied Orange Peel 

Bahan:
- 2 butir jeruk sunkist, ambil kulitnya
- 200 gram gula pasir untuk merebus
- 370 ml air
- 100 gram gula pasir untuk taburan

 Cara membuat:

Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel

Kerat permukaan kulit jeruk menggunakan pisau tajam hingga pisau menyentuh bagian daging buah, buat beberapa keratan mulai dari ujung jeruk hingga pangkal. Saya membaginya menjadi 4 bagian. Kupas kulit jeruk mengikuti keratan yang telah dibuat, hati-hati jangan sampai kulit jeruk sobek. Lakukan pada jeruk lainnya. 

Buang bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti sponge sebanyak mungkin, jika ada bagian putih yang masih menempel biarkan saja. Potong-potong kulit jeruk secara membujur dengan lebar 1/2 cm. 

Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel

Siapkan panci, masukkkan 500 ml air rebus hingga air mendidih. Masukkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna, sekitar 5 -10 menit. Tiriskan kulit jeruk dan buang air rebusan. Ulangi lagi proses merebus satu kali lagi, kemudian tiriskan.

Resep Manisan Kulit Jeruk  - Candied Orange Peel

Masukkan air sebanyak 370 ml ke dalam panci, tambahkan gula pasir, rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan api kompor hingga air rebusan hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil saja dan rebus kulit jeruk dalam air gula hingga air tersisa kurang dari setengahnya. Jangan mengaduk-aduk kulit jeruk selama perebusan agar gula tidak mengkristal. 

Angkat panci dari api kompor dan biarkan kulit jeruk dingin dalam larutan gula. Tiriskan kulit jeruk dengan meletakkannya diatas saringan kawat atau kawat berlubang seperti yang saya gunakan.

Siapkan piring, tuangkan 100 gram gula keatasnya, lumuri kulit jeruk dalam gula pasir hingga semua permukaan kulit tertutupi. Tata kulit jeruk diatas loyang beralas kertas minyak dan biarkan hingga kering. Saya mendiamkannya selama semalam. 

Jika gula telah kering dan kulit jeruk terasa kaku dan tidak lembab, masukkan kedalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat dan simpan di kulkas. Manisan kulit jeruk siap untuk digunakan dalam aneka kue, atau cake dan mantap juga sebagai camilan. Enjoy! 

Source:
Web About.com - Candied Orange Peel



28 komentar:

  1. makasih beud buat infonya >.<

    BalasHapus
  2. mbak, mau nanya nih... kmrn mencoba resep ini.. tapi kok rasanya masih getir ya? apa memang begitu rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak Non, rasanya nggak getir sama sekalii. Getir karena bagian putih kulit jeruk belum bersih sempurna. Makin bersih maka manisan semakin tidak berasa getir. ^_^

      Hapus
    2. atau ngga coba sebelumnya direndam kapur sirih selama 7 jam kta guru saya sih begitu

      Hapus
    3. Betull, sip, thanks sharingnya, kok gak kepikiran sama saya selama ini yaaa hehehhe. thanks! ^_^

      Hapus
  3. mba, kalo manisan kulit melinjo tau nggak resepnya?
    mohon bantuanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dara, sayangnya saya belum pernah mencicipi dan lihat ya, jadi belum bisa kasih jawaban yang oke. sory yaa

      Hapus
    2. oooh oke lah mba, makasih ya..
      mba kalo penggunaan kapur sirih itu gimana ya?

      Hapus
    3. Rendam di air kapur sirih non, jadi kapur sirih direndam dengan air. Air beningnya kapur sirih yang dipakai ya, bukan endapan kapurnya. Air kapur ini dimasukkan ke dalam air untuk merendam buah. Biasanya direndam semalam, kemudian air rendaman dibuang. dan buah siap diolah. untuk takarannya kayanya mesti googling ya

      Hapus
  4. mba endang ini manisannya bisa tahan lama gak?

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. silahkan mba, jangan lupa link back dan sumber ya. thanks ^_^

      Hapus
  6. sis mau tanya... manisan kulit jeruknya harus dr jeruk itu aja ya?
    kalo dr jeruk kalamansi yg kulitnya lebih tipis kayak kulit jeruk nipis gitu bsa ga sis? soalnya lagi ada tugas kuliah buat olahan dr jeruk kalamansi niih.. kalo bisa, saya mau coba.. makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Tita, saya belu pernah coba dari kulit jeruk yang tipis ya, mungkin bisa ditrial sendiri ya heheheh. sori balasnya lama banget soalnya komentarnya terlewat.

      Hapus
  7. Bismillah.
    Mbaa..ijin copas bbrapa resep..buat bahan ajar bahasa Indonesia hihii. cz mba endang nulisnya lengkapp en nyeni bgt siy. *maaf ya mba , nyeleneh bgt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb Anna, silahkan Mba, boleh dipakai tulisan saya hehhehe

      Hapus
  8. Mbak, mau tanya,, wkt di tata di ats loyang beralas krts mnyk itu di simpen dmn? Di tutup gk ats ny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya diamkan saja disuhu ruang di meja dapur tanpa tutup, hanya saja supaya cepat kering keknya masukin ke chiler kulkas saja lebih oke ya mba.

      Hapus
  9. Makasih mbak.... Ngiller pengen coba, ini rasanya ada asem" nya ga ? Segger bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Durriah, manisan ini hanya manis saja rasanya ya dengan aroma jeruk, gak ada rasa asamnya mba heheheh.

      Hapus
  10. saya diamkan saja disuhu ruang di meja dapur tanpa tutup, hanya saja supaya cepat kering keknya masukin ke chiler kulkas saja lebih oke ya mba.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, masuk ke chiller lebih keras hasilnya ya, suhu ruang agak2 lembab jadinya

      Hapus
  11. Sy liat resep ini di pinterest... nyoba cari di JTT...eh ada! Wow, Senangnya...

    BalasHapus
  12. Dear MBa Endang, untuk mengeluarkan sponge putihnya, bisa gunakan sendok yang agak tipis untuk menggaruknya. Hasilnya OK!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Sefnitta, thanks ya Mba tipsnya, sangat bermanfaat!

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...