08 September 2011

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong


Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Sebenarnya saya bukan termasuk penggemar berat hidangan Italia, taste-nya yang cheesy dan creamy, memang cepat sekali membuat eneg dan bosan. Namun ada kalanya ketika tiba-tiba rasa ingin mencicipi sepotong lasagna atau menyantap sepiring pasta muncul maka tak peduli dengan waktu entah subuh atau tengah malam, saya pun akan terjun ke dapur dan beraksi membuatnya. Nah, lasagna tuna yang lezat dan terlihat melty ini saya buat ketika sedang iseng membuka-buka majalah Femina dan menemukan iklan saus Del Monte yang menampilkan resep lasagna. Gambarnya sangat menggiurkan. Tanpa membuang-buang waktu lagi, walaupun saat itu telah pukul 10 malam, saya berangkat ke dapur, mengutak-atik isi kulkas dan  mengotori perabot dapur untuk membuat lasagna tuna yang ternyata rasanya sama sekali tidak mengecewakan. Lezat!

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Membuat lasagna tuna ini sangat mudah dan bahannya sebenarnya juga tidak sulit untuk dijumpai, dan percayalah tanpa keju yang banyakpun lasagna ini tetap terasa creamy dan lembut karena mengggunakan saus Bechamel dalam porsi yang cukup banyak. Untuk lembaran lasagnanya, anda bisa menggunakan lasagna siap pakai seperti yang saya gunakan. Lasagna jenis ini tidak perlu direbus terlebih dahulu hingga lunak, tapi langsung siap digunakan dalam kondisi kering sehingga lebih cepat dan praktis. Namun menggunakan lasagna biasapun juga tidak masalah. Tunanya bisa menggunakan tuna kalengan atau tuna segar yang dicacah terlebih dahulu baru ditumis bersama bumbu, keduanya sama sedapnya. Tidak ada tuna? Okeh, daging ayam cincang atau daging sapi cincang juga mantap untuk dicoba.

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong
Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Membuat lasagna sendiri memberikan kesempatan untuk anda bereksperimen dalam memadu padankan bahan-bahan makanan di kulkas. Bahan-bahan lasagna sendiri sebenarnya sangat fleksibel. Tidak ada paprika? Saya menggunakan cabai hijau dan cabai merah yang diiris kasar dan hmm ... rasanya tetap mantap. Walaupun di resep aslinya tidak ada, namun saya menambahkan nanas ke dalamnya sehingga memberikan rasa segar sedikit asam di lasagna yang creamy. Percayalah, jika anda telah berhasil membuat lasagna sendiri di rumah, saya yakin anda pasti tidak akan tertarik untuk membelinya lagi di resto. Selain harga per-porsinya yang cukup mahal belum tentu taste-nya sesuai dengan lidah kita. Saya akui, lasagna tuna ini rasanya jauh lebih lezat dibandingkan dengan lasagna yang pernah saya cicipi di restoran. Selain itu dengan membuatnya sendiri seisi rumah pun bisa menyantapnya sampai puas. Tertarik untuk mencoba? Berikut resepnya ya.


Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong
Resep diadaptasikan dari Majalah Femina, Edisi Hidangan Lebaran - Iklan Saus Del Monte - Tuna & Corn Lasagna 

Untuk 6 porsi menggunakan 1 buah loyang loaf

Bahan:
- 4 lembar lasagna
- 100 gram keju Kraft mudah meleleh (resep asli keju Mozarella)

Isi:
- 3 sendok makan margarine untuk menumis
- 1 buah bawang bombay, cincang kasar
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 510 gram tuna chunk kalengan atau tuna segar yang dicincang kasar
- 3 buah cabai hijau besar, iris serong kasar (resep asli 50 gram paprika)
- 200 gram nanas segar, cincang kasar (resep asli tidak pakai)
- 2 buah cabai merah besar, iris serong kasar
- 150 gram kacang polong beku siap pakai (resep asli 150 gram jagung manis pipilan)
- 1 botol (370 gram) saus spaghetti, bisa menggunakan merk Del Monte atau Cirio seperti yang saya pergunakan. Sisihkan sebanyak + 1 sendok makan saus untuk mengoles permukaan dasar loyang agar tidak lengket.
- 1 sendok teh gula pasir (resep asli tidak pakai)
- 1/2 sendok teh garam (resep asli tidak pakai)
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Saus Bechamel:
- 2 sendok makan mentega
- 50 gram tepung terigu serba guna
- 600 ml susu cair
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 50 gram keju cheddar parut (saya pakai merk Kraft Cheddar) (resep asli menggunakan keju Parmesan)
- 1/2 sendok teh merica hitam bubuk
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh gula pasir (resep asli tidak pakai)
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat: 
Jika anda menggunakan lasagna yang bukan siap pakai, maka rebus terlebih dahulu lasagna dalam air mendidih dan 1/2 sendok makan garam hingga al dente (pas matangnya). Tiriskan dan lumuri dengan sedikit minyak agar tidak lengket. Sisihkan. 

Membuat isi:


Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong
Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Siapkan wajan, beri margarine dan tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu. Masukkan tuna, cabai dan kacang polong, tumis dan aduk-aduk hingga sayuran layu. Masukkan saus spaghetti, aduk rata. Tambahkan nanas, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk, cicipi rasanya dan angkat. 

Saus Bechamel:

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Siapkan panci kecil, anti lengket lebih baik. Masukkan mentega dan lelehkan hingga cair menggunakan api kecil. Tambahkan tepung terigu, aduk cepat hingga terigu tercampur dengan mentega. 

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Masukkan 1/2 porsi susu, aduk hingga terigu larut dan sedikit mulai mengental. Masukkan sisa susu, pala, merica putih bubuk, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata dan masak dengan api kecil selama 5 menit. Angkat dan saring menggunakan saringan kawat hingga diperoleh larutan yang halus. Masukkan kembali ke panci, tambahkan keju parut dan merica hitam, masak hingga mendidih dan keju larut. Cicipi rasanya dan angkat. 

Menata lasagna:
Panaskan oven di suhu 180'C, letakkan rak kawat di tengah.

Siapkan loyang anti lengket dari kaca tahan panas (pyrex) atau loyang biasa. Olesi permukaannya dengan margarine hingga rata. Beri bagian dasar loyang dengan 1 sendok makan saus spaghetti yang tadi kita sisihkan, ratakan. 

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Tata selembar lasagna di dasar loyang, olesi dengan saus Bechamel dan 1/3 bagian isi, ratakan. Tata kembali potongan lasagna, saus dan 1/2 bagian sisa isi, ratakan. Lakukan hal ini hingga terbentuk 3 lapisan, akhiri dengan menutupnya menggunakan kulit lasagna, olesi permukaan atasnya dengan saus Bechamel hingga kulit lasagna tertutup saus, ini agar kulit lasagna yang berada pada bagian teratas tidak kering dan jika anda menggunakan lasagna siap pakai maka menutupnya dengan saus Bechamel akan membuat lasagna empuk dan matang. Taburi permukaannya dengan keju Kraft mudah meleleh. 

Resep Lasagna Tuna, Nanas & Kacang Polong

Panggang lasagna selama 35 menit hingga matang, angkat dan diamkan selama 10 menit sebelum dipotong. Enjoy! 

Sources:
Majalah Femina, Edisi Hidangan Lebaran - Iklan Saus Del Monte - Tuna & Corn Lasagna



6 komentar:

  1. lembar lasagna nya ga di rebus dulu ya mbak?

    kemaren saya bikin lasagna nya yang di dusnya asa tulisan "ïnstant lasagna, oven ready lasagna sheets, no pre-cooking required" merk san remo.

    krn ada tulisan begitu jadi saya pikir langsung pake tanpa direbus dulu, alhasil lasagna sheetnya ga mateng tetep kayak krupuk alias mentah cuma rada basah aja krn kena sausnya, pahadal saya panggangnya lama banget hampir 1jam an. mohon info dong mbak.
    trimakssih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Evie, untuk resep diatas saya pakai lasagna instan dan gak saya rebus dulu. Nah tipsnya kalau pakai lasagna seperti ini, saus harus banyak dan agak encer, saus yang berair ini akan membuat lasagna matang. Selain itu lasagna harus tertutup saus banyak2, kalau nggak lasagna gak matang.

      Saya pernah juga ngalami lasagna gak mateng, wakkakak, masih keras. Rada2 bete juga pakai yag instan, lebih aman pakai yang direbus2 saja heheheh

      Hapus
  2. Mbak, kalo mau bikin banyak untuk acara keluarga, pengaturan waktu masaknya bgmn ya? Saya ngga mau masih sibuk di dapur pas orang2 dateng. hehehe... masalahnya oven saya kecil.
    Trimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Novia, panggang saja sampai matang, tutup plastic wrap dan simpan di kulkas. Kalau mau disajikan tinggal di panggang sebentar di oven. Disimpan semalam di kulkas oke kok.

      Hapus
  3. mba bisanya beli lasagna dimana ? merknya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, beli disupermaket banyak kok, untuk merk saya gak pernah terpatok pada satu jenis, merk apa saja oke kok, tenang saja hehhehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...