25 September 2011

Resep Ayam Popcorn - Popcorn Chicken


Resep Ayam Popcorn

Ayam popcorn yang saya sajikan kali ini memang sedap untuk menemani nasi panas atau dimakan begitu saja sambil menonton acara favorit di televisi pada Minggu pagi yang cerah seperti hari ini. Membuatnya sangat mudah, cepat, dan hasilnya tidak kalah dengan ayam goreng sejenis yang dijual di resto siap saji. Ayam popcorn sebenarnya hampir sama dengan ayam goreng yang biasa anda santap di KFC, bedanya ayam popcorn terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian dilumuri dengan tepung bumbu, telur dan tepung roti/bread crumbs lantas digoreng hingga crispy. Karena ukurannya yang kecil membuat daging ayam mampu matang sempurna hingga ke bagian dalam dan menghindari tepung roti menjadi gosong dan berwarna kecoklatan.

Resep Ayam Popcorn
Resep Ayam Popcorn

Anda bisa mengganti tepung terigu dan bumbunya dengan tepung bumbu siap pakai yang banyak dijual di supermarket, walaupun menurut saya tidak ada yang lebih baik selain bahan-bahan yang dipersiapkan sendiri di rumah karena anda tahu apa saja yang dimasukkan ke dalamnya, apalagi membuatnya juga sangat mudah. Bubuk cabai yang saya masukkan adalah optional, untuk buah hati anda yang lidahnya sangat sensitif dengan rasa pedas maka  skip saja bahan ini. Selain itu gunakan tepung roti yang berwarna putih dan berbentuk remah-remah roti/bread crumbs bukan tepung panir yang berwarna coklat dengan remahan yang halus. Ini karena bread crumbs akan membuat popcorn memiliki ukuran lebih besar dan renyah. Anda bisa membeli bread crumbs ini di minimarket seperti Alfamart atau Indomart dengan harga yang murah. Atau versi yang lebih mahalnya buatan Jepang dengan merk Panko, biasa digunakan untuk membuat udang goreng tepung atau makanan Jepang lainnya yang digoreng. 

Resep Ayam Popcorn
Resep Ayam Popcorn

Nah karena proses membuatnya sangat mudah, murah dan rasanya juga lezat, kunjungan ke resto fast food bisa anda kurangi mulai dari sekarang ^_^. Yuk kita buat.

Resep Ayam Popcorn

Ayam Popcorn
Resep didaptasikan dari web KFC Chicken Recipe - KFC Popcorn Chicken Recipe 

Untuk 20 buah potong ayam popcorn

Bahan:
- 100 gram daging ayam tanpa tulang (saya menggunakan dada ayam), potong dadu ukuran 2 cm
- 1,5 sendok makan tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh lada/merica bubuk
- 1/4 sendok teh lada hitam bubuk
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh cabai bubuk (optional)
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/4 sendok teh bawang putih bubuk
- 1 butir telur kocok bersama 2 sendok makan susu cair
- 1 pak tepung roti/bread crumbs
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Resep Ayam Popcorn

Siapkan daging ayam tanpa tulang, pukul-pukul perlahan pemukaannya dengan menggunakan gagang pisau atau pemukul daging, saya menggunakan ujung kayu penggilas. Hingga daging ayam sedikit memar. Potong-potong daging ayam dengan ukuran 2 x 2 cm. 

Resep Ayam Popcorn

Siapkan mangkuk kecil masukkan terigu, garam, gula, kaldu bubuk, merica, cabai bubuk dan bawang putih bubuk. Aduk menjadi satu hingga tercampur baik.

Note: Jika tidak ada bawang putih bubuk, gunakan saja 1 siung bawang putih yang dihaluskan dan beri 3 sendok makan air, rendam daging ayam kedalamnya selama 10 menit. 

Siapkan telur yang dikocok bersama 2 sendok makan susu cair di mangkuk lainnya dan tepung roti di piring datar. Letakkan 3 wadah berisi masing-masing bahan di meja kerja. 

Sekarang kita akan melumuri ayam dengan bahan-bahan pencelup.

Resep Ayam Popcorn
Resep Ayam Popcorn

Pertama-tama lumuri daging ayam dengan campuran tepung terigu, tekan dan balik-balik daging ayam hingga tepung menempel dengan baik. Celupkan ayam ke dalam kocokan telur kemudian gulirkan daging ayam di tepung roti, pastikan tepung roti menempel dengan baik. 

Celupkan daging ayam kembali ke telur kocok dan lumuri kembali dengan tepung roti, jadi kita melakukan hal ini sebanyak 2 kali, ini agar daging ayam terlumuri dengan baik dan ukurannya menjadi lebih besar. 

Goreng daging  dalam minyak panas menggunakan api sedang saja agar matang hingga ke bagian dalam dan tidak cepat gosong. Angkat dan tiriskan. 

Sajikan popcorn bersama dengan saus sambal botolan. Sedap!

Source:
Web KFC Chicken Recipe - KFC Popcorn Chicken Recipe



33 komentar:

  1. Halo mba endang....saya mo coba buat anak2ku ya..
    #Lina#

    BalasHapus
  2. Mba endaaang...saya udah bikin ayam popcorn nya mba. Alhamdulillah sukses dan rasanya yummy...
    Gurih dan empuk. Tepungnya saya pake tepung bumbu instan krn kebetulan punya itu jadi digunakan aja :)
    Sekarang saya jadi suka stok bumbu2 terutama saus tiram dan teriyaki klo sewaktu2 pgn bikin makanan dari resep pny mba endang ini. Thanx ya mba atqs ilmunya. Semoga berkah.
    #Lina#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lina, thanks atas sharingnya ya. Yep tepung bumbu instan lebih praktis, dan bumbu instan membuat pekerjaan memasak jadi lebih mudah dan rasanya yummy hehehe. Sukses ya.

      Hapus
  3. website yg baguuuuus bangeeet! makasih banget buat infonya yang berguna ditambah step- step nya yg jelas. thankyouuu so much! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, thanks atas sharingnya. Senang mendengar blog ini berguna ^_^

      Hapus
  4. ohiya ini enak sekali loh mba.....

    BalasHapus
  5. Makasih mbak Endang, bnyk posting resep ala fast food & ala frozen food(kaarage,spicy wing, chicken popcorn, nugget...)Lebih hemat, lebih sehat, lebih puas juga krn dapat jempol dari banyak orang...hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, praktis soalnya bisa disimpan di freezer, tinggal goreng sebentar. Masih banyak yang lainnya hanya saja waktu dan tenaga terbatas hahahha. Ditunggu saja ya ^_^

      Hapus
  6. mba endang memang kreatif,semua resepnya gampang di praktekin,sy sering membuat olahan ayam yg dibaluri tepung,kebetulan anakku ga suka telur puyuh ,jadi telur puyuhnya di baluri tepung seperti ini,kemudian ditusuk spt sate,olesi saus mayo,,akhirnya anaku tergoda untuk mencicipi walau dengan kening yg berkerut ,,sekarang malah suka minta dibuatin sate telur puyuh..next satenya bisa diselang seling dengan ayam pop corn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Santi, wah kebalik, kayanya Mba Santi loh yang kreatif, telur puyuh dibalur tepung ditusuk kaya sate? Siapa yang bisa kepikiran kaya gini hayoo hehhehe. Thanks sharingnya disini ya Mba, moga next idenya bisa bikin si junior lahap makannya ^_^

      Hapus
  7. slm kenal sy Yuli,,,mb Endang,,,,seneng bgt baca blog mb Endang,,,,dng penjelasan yg gamblang sumamblang jd aku rajin coba resep2 baru mb Endang,,,,oke mb ,,,smg smakin sukses dan barokah,,,:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yuli, salam kenal juga ya, senang JTT bisa membantu, thanks sharingnya dan sukses juga buat Mba ya

      Hapus
  8. makasih mbak resepnya.... salam kenal yaa
    oia mbak, bisa gak yaa ayam yg udh dilumuri tepung roti langsung dimasukan ke freezer? supaya anak2 ingin sy bisa langsung goreng aja seperti nugget, ditunggu jawabannya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ana, salam kenal juga ya. Bisa ya, setelah dilumuri tepung roti masukkan ke freezer ya.

      Hapus
  9. Mba endang, saya pengen tahu kalau mba endang beli ayam filletnya di pasar tradisional atau supermarket? ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. di supermarket mba, dipasar saya beli dada ayam, sampai rumah saya fillet sendiri hehhehe

      Hapus
  10. TFS, bu..
    saya udh coba tadi pagi, renyah, gurih dan enaakk.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. okeh thanks sharingnya yaaa. senang resepnya disuka

      Hapus
  11. Mba endang resepnya oke bgt, btw kalo disimpen di frezer tahan brp lama untuk resep2 model begini (nugget, karage,kaki naga), pempek jg. Soalnya kalo weekend pengen bikin sekalian bnyk jd kalo butuh tinggal goreng :)
    mohon infonya yah mba tengkyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, kalau di freezer bisa satu bulan lamanya ya. tata di piring lebar jangan bertumpukan, bekukan. kalau sudah beku baru bs dimsukkan ke tupperware, cara ini supaya gak lengket dan mudah diambil

      Hapus
  12. Hai mbak endang salam kenal.. Wah makasi resep2nya yah mbak.. Alhamdulillah ngikutin selalu resep mbak endang hampir secara keseluruhan berhasil mbak seperti klepon, singkong thai, tahu jeletotnya mbak endang dll hihii.. Wah boleh ni resep yg ini bisa aku coba buat sikecil nanti pas imur dia setaun ke atas:)) thanks a lot ya mbak blognya menginspirasi aku yg awalnya g bisa masak sampai bolehlah kata pak suami hihi.. Oh ya mbak gimana cara dapat update resep terbarunya mbak endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Cerly, salam kenal ya mba. Thanks sharingnya ya, senang resepnya bs menginspirasi di dapur.

      wah gara2 mba bilang tahu jeletot saya jadi kemecer pengen tahu itu. Mana lagi hujan2 begini lagi waduuuh haahha.

      Hapus
  13. baru z coba bikin resep ini, rasanya enaaaaaaak bgt...mksh ea mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Dewi, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  14. Enaak mba, sekali sikat. . . :D
    Mba, pengen request versi spicy nya donk mba. .hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba risa, untuk rasa spicy, tambahkan saja porsi cbai bubuk di bubuk tepungnya ya

      Hapus
  15. mbaaa ΒͺΠΊΕ­ ♕ nongol lg.. br aja bikin ini dan habis sama daku smua ahahahhahhahhha *doyanbinlaper*
    ini enak gurih2 nyoy.. buat anak tinggal kurangin ladanya.. cucok dahhh..
    makasihh ya cintaaa resepnyaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb Liss, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  16. mba gimana klo ayamnya di rebus dulu? biar waktu di simpan di freezernya bisa lama.. kira2 pengaruhin rasa ga mba...makasih mbk resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya rasanya kurang oke mba, lebih enak ayam fresh. Klau mau disimpan, bekukan saja dalam kondisi sudah di panir

      Hapus
  17. Halo mbak Endang. Terimakasih sudah memposting resep-resep simpel tapi enak, juga makanan ala fastfood kesukaan anak-anak (lebih tepatnya sih emaknya). Saya sudah hampir 4 tahun jadi silent reader meski sudah sering praktek πŸ™ˆπŸ™ˆ maafkan mbak 😁😁 kali ini saya menulis komentar karena penasaran, seingat saya sebelumnya selalu ada link terkait yah kalau lagi buka-buka resep. Kok sekarang ga ada lagi, atau saya yg salah ingat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ana, thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka. Link resep untuk resep2 lama memang belum ditambahkan ya, jadi baru dibuat pada resep2 baru mba.

      sukses yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...