12 September 2011

Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran


Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran

Semangkuk pangsit kuah nan segar ini layak untuk menemani makan malam anda di rumah. Gurih, lembut dengan kekenyalan yang pas, saya yakin keluarga anda di rumah pasti akan berebutan untuk mencobanya. Membuatnya juga sangat mudah dan hasilnya tidak mengecewakan. Pangsit rebus seperti ini biasanya disajikan bersama dengan bakso, tahu dan pangsit goreng namun kali ini saya hanya menggunakan pangsit rebusnya saja. Untuk kulit pangsitnya saya menggunakan kulit pangsit siap pakai yang banyak dijual di pasar, sementara bahan isinya saya menggunakan daging ikan dan ayam yang dicincang halus. Bahan isi cukup anda bungkus dengan kulit pangsit dan kukus sebentar, tata di mangkuk saji beserta potongan daun sawi dan siram dengan kuah yang panas. Trala, pangsit kuah siap disantap.

Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & SayuranResep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran

Jika anda tidak akan menghabiskannya dalam satu kali kesempatan, pangsit yang telah dikukus bisa anda masukkan ke dalam plastik rapat dan bekukan di freezer. Pangsit beku ini tahan hingga jangka waktu yang lama. Biasanya saya membuatnya sekaligus dalam jumlah yang banyak untuk kemudian saya masukkan ke freezer, ketika keinginan untuk menyantapnya tiba atau ketika teman dan kerabat berkunjung, saya tinggal mengukusnya kembali dan membuat kuahnya. Hidangan ini tidak pernah gagal mengecewakan selera siapapun.  Berikut resepnya ya.

Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran

Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 4 - 5 porsi

Bahan:
- 20 lembar kulit pangsit siap pakai
- 100 gram daging ikan, cincang halus (bisa digantikan daging ayam)
- 150 gram ayam cincang (bisa digantikan daging ikan)
- 2 sendok makan tepung sagu/tapioka
- 1 butir telur ayam kocok lepas
- 2 batang daun bawang, cincang halus
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 2 siung bawang merah, haluskan
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh kecap asin
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh garam

Kuah:
- 1 1/2 liter kaldu ayam atau air biasa
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh kaldu bubuk (jika menggunakan air biasa dan bukan kaldu)
- 2 sendok teh garam, tambahkan jika kurang asin

Pelengkap:
- Daun sawi
- Bawang merah goreng untuk taburan 
- Sambal rawit

Cara membuat:


Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran

Siapkan mangkuk, masukkan daging ayam dan daging ikan cincang, tambahkan semua bumbu ke dalamnya, tepung tapioka/sagu, daun bawang dan telur kocok. Aduk rata. Cicipi rasanya. 

Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran

Siapkan selembar kulit pangsit, isi dengan 1/2 sendok makan adonan. Lipat seperti melipat amplop, hingga bagian isi tertutup kulit pangsit. 

Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran

Anda juga bisa melipatnya dengan cara menggulungnya seperti gambar diatas.Lakukan hingga semua bahan habis. Tata pangsit di dalam dandang kukusan, beri jarak antar pangsit agar tidak lengket.  Kukus selama 15 menit, hingga pangsit matang. Sisihkan.

Resep Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran


Membuat kuah:
Siapkan panci, beri kaldu ayam atau air biasa, masukkan semua bumbu ke dalamnya. Rebus hingga mendidih. Cicipi rasanya.  Angkat. 

Penyajian:
Siapkan mangkuk saji, tata daun sawi dan pangsit, siram dengan kuah panas dan taburi dengan daun bawang cincang dan bawang merah goreng. Sajikan beserta dengan sambal rawit. Enjoy!



42 komentar:

  1. daging ikannya bisa pakai ikan apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai ikan tengiri, tuna, gindara, kembung, kue, pokoknya ikan dengan daging putih ya Mba.

      Hapus
    2. Ikan gabus juga enak kok, udah dicoba. pokoknya yummmm deh. thanks ya mbak webnya, sangat membantu sekali untuk modifikasi menu dirumah. Anak2ku aja semangat banget kalau liat mamanya buka webnya "JTT", pengen dibikinin semua, kayaknya enak ya maaa :)

      Hapus
    3. Halow Mba Fara, perlu dieksekusi keknya nih pakai ikan, dah ngiler2 nehhhh hehehe. Waaak, bisa bayangin serunya kumpul junior2 di rumah ya sambil komen makanan wakakkakak. Thanks sharingnya.

      Hapus
  2. Mba cara filletx ayam atau ikan kaya apa ya ? Saya kok nda pernah berhasil mesti msh bnyk yg nempel ditulang2x makasi mba @ lilis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lilis, nah ini juga skill yang saya gak mampu juga, hahah. selama ini pakai ayam fillet di supermarket, kalau ikan saya minta mba langganan di pasar filletin hiiks. maap ya

      Hapus
  3. mba,maaf mau tanya, mba Endang pernah post ttg pangsit goreng nggak ya? pengen bikin tapi aku lupa liat resep dimana gitu :/ atau ini resep pangsit kuah bisa jg digoreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya belum pernah posting pangsit goreng. Tapi pangsit kuah ini bisa dgoreng juga kok, hanya isinya jangan dibikin terlalu banyak supaya bisa kering.

      Hapus
  4. Mbak Endang, resep ini sdh saya coba. Rasanya lezat dan seger. Tapi pangsitnya lengket di piring pengukus, jadi bentuknya kurang cantik, mengelupas sana sini. Kalo direbus bisa kan, mbak, spt cara dlm resep mbak 'sup wonton'? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sisca, olesi saringan kukusan dengan minyak Mba, direbus langsung seperti wonton sup juga bisa kok.

      Hapus
    2. Mbak, saya juga coba resep ini lagi, saya pakai campuran ayam dan udang. Saya bentuk panjang2 dan letakkan di atas piring pengukus yg sdh saya olesi minyak sayur. Wah.... mulus2! Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
    3. Hai Mba Sisca, wahhh kedengarannya makyuss bangettt! Thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
    4. sy biasanya, kl udah 1/2 mateng , siomay/pangsit di perciki air / atau disiram dg sedikit air dingin.jadinya ttp lembut dan gak kering

      Hapus
    5. Thanks Mb Emi tipsnya, sangat membantu sekali, sukses selalu yaaa

      Hapus
  5. Nggak kepikiran ngolesi dg minyak ha..ha... Lain kali deh, kulit pangsitnya masih tersisa. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
  6. Mb Endang, kalau kulit pangsitnya pakai merk apa ya ? yang biasa saya lihat di supermarket bentuknya agak tebal dan warnanya agak kekuningan. Kalau kulit pangsit yang Mb Endang gunakan warnanya putih dan keliatan lebih tipis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini pakai kulit egg roll Mba, beli di supermarket di bagian frozen food, tapi gak oke kalau buat direbus ya, mudah hancur, tapi kalau digoreng renyah banget. kalau buat sup pakai yang dipasar yang agak tebal saja.

      Hapus
  7. mbak endangggggg love your website so muchhhh....aku sudah nyoba pangsit kuahnya mbak nnnnn my family love it....anakku yg biasanya gak suka udang sama sekali gak ngerasain kalo ada udang dibalik pangsitnya hehehe sekali makan dia langsung habis 4 biji mbk dimakan anget2 pake nasi (indonesia bgt apa2 makannya pake nasi hihihi) makin semangat masak buat keluarga mbak coz gak ada hal yg paling membanggakan selain keluarga kita suka dng hidangan yg kita bikin....makasih ya mbk endang buat share resepnya barakalllah.....love u mbak hug hug.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba pipit, waah ikutan senang dong resep pangsitnya disuka, thanks sharingnya disini ya. senang sekali jtt bs membantu di dapur dan membuat semangat memasak lebih menyala2 waah lebay banget saya wakkakak

      Hapus
  8. Dear mbak endang, tadi saya nyoba pake ayam dan udang, dan asik2 mbungkus adonan terakhir di meja makan, ngelongok meja dapur, loh kok ulekan duo bawang masih belom masuuuuk !!! Yasutralah ulekannya disimpen buat masak lainnya... ^.^;
    Trus, td pangsitnya dikukus kok jd bergelembung2 ya kulitnya spt kayak pangsit goreng, ga bisa mulus.. kenapa ya mbak? Apa salah jenis kulit? Kalo kemasannya sih tulisannya kulit pangsit (jenis yg agak tebal dan kuning).
    Eniwey, trims resepnya, rasanya tetap enak meskipun ga pake ulekan bawang haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, iya kulit pangsit saat di kukus menggelembung ya, mungkin karena adonannya kurang basah. saya buat juga seperti itu, kayanya karena ada udara antara adonan isi dan kulit jadinya gak nempel sempurna.

      Hapus
  9. Mb ini bs pake kulit egg roll ga..aku punya sisa buat lumpia kmrn tp uk nya terlalu kecil jd bingung mau.buat apa
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, jangan pakai kulit egg roll ya, gak bisa dipakai untuk pangsit, akan hancur. Untuk pangsit harus pakai kulit pangsit/wonton, lebih tebal dan liat.

      kulit egg rollnya dipakai buat samosa saja. lipatnya yang simple saja. Gak usah sampai dilipat2 banget kek samosa beneran.
      ini resepnya:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/02/vegetarian-samosa-dengan-bumbu-kari.html

      Hapus
  10. mbak, mau tanya nih, apa bedanya resep 'pangsit kuah isi daging ayam dan sayuran' dengan 'sup wonton dg jamur shiitake'? aku dah mantengin kedua resep ini nih, kayak e mirip yah, jd bingung mo coba yg mana dl

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja mba, kalau di luar negeri disebut wonton kalau disini kita sebut pangsit ya, hehhhe

      Hapus
  11. lapor mbak, td sore sudah eksekusi resep ini, daging ikan saya ganti dg udang, ueeeenak banget mbak, rasanya seger, apalagi pake sambel rawit, panas, pedes, segar, hmmm yummy, terimakasih mbak endang dah berbagi resepnya ^_^
    ika fitriani-surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Mba Ika, mantepp duuuh saya ampe ngiler2 bayangin kuah panas pakai cabai rawit. Thanks sharingnya ya Mba, sukses selalu!

      Hapus
  12. saya nyobanya pakai daging campur udang tetep enak ^_^ kuahnya saya pakai cuko walau bentuknya masih amburadul tpi laris manis sampai saya sendiri kebagian dikit....
    thanks resepnya he he he ditunggu resep lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep pasngsitnya berhasil dicoba. Pakai kuah cuko sepertinya gud idea ya hehehhe

      Hapus
  13. Mba Endang yg baik, boleh tau ngga merk kulit pangsit rebus yg digunakan merk apa ya? Dan beli di hypermart mana. Thanks before mbak Endang.
    *hera

    BalasHapus
    Balasan
    1. pangsit rebus beli di pasar tradisional mba, kalau yang disupermarket adanya spring roll (gak bs direbus ya).

      Hapus
  14. Mba, klo gt nanti ku coba cari dipasar ya. Tp btw klo beli dan gak langsung dipakai bisa tahan brp lama ya di kulkas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kulit pangsit tidak tahan lama mba, di chiller mungkin sekitar 3 hari ya

      Hapus
  15. Yummy bgt Mb.... anak anak saya suka... saya pakai ayam dan udang. Suami yg anti udang pun habis semangkuk...eh mlh minta dibikinkan lagi... Tfs yo Mb...
    Salam,
    Eli Wiwid Bjmasin

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Eli, thanks sharingnya ya, senang resep pangsitnya disuka, memang seger banget apalagi pakai udang huaaa mantaap

      Hapus
  16. Assalamualaikum... mbak endang daging ayam cincangny pke yg sdh mateng apa mentah? Kmaren buber drumah aku bikin soto banjar ala mbak endang...sm lasagna meleleh nya mbak...maknyus resepnya... trimakasih ya mbak sdh bagi2 ilmu yg anti gagal, semoga mjd amal jariyah yg pahalany megalir trus hingga akhir zaman... keep sharing ya...love u so much :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wassalamualaikum mba, pakai daging ayam mentah ya. Thanks sharingnya dan amiin doanya ya, senang resep JTT disuka, sukses selalu!

      Hapus
  17. Salam..
    Mam, aku dah coba.. Walaupun 70% tdk ada kemiripan.. Hahahahahaa
    Kebetulan ada kulit pangsit goreng dikulkas, sm dada ayam yg gak kemasak, krn d rmhku gak ada yang doyan dada.
    Trs aq searching2 resep di JTT, awal niatnya sih mau ngikutin sesuai resep dan cara masak yang tertera, tp ternyata aq salah buat hehehe
    Dada ayam cuma 2 potong, aku cincang, then Aq tambahin telur yang gak d kocok dulu, Langsung main masukin aja.
    Dannnnn ayam cincangnya tenggelam, aku dah putus asa pas ngeliat gambar yg mami upload tekstur s ayam padahal gak cair, alias padat ya..
    Kebetulan ada tepung aci-nya aku adonin aja sampai rada gak cair2 amat itu ayam hehehe Yang penting garem sm sasa gak ketinggalan😅
    Trs aku masukin ke pangsitnya, gak bisa d bentuk mam, bolong trs karena s ayam kan basah bgt, aku dah bingung, mau gak mau Bentuk seadanya yg penting si ayam gak meleber, uDh gitu kukus spt yg mami tulis d atas.
    Buat kuahnya jg ala kadar Bgt, tulang hasil potongan dada aku rebussss trs aq masukin ulekan bawang putih, itu tok buat kuahnya, Sama pake garem,sasa dan merica aja.
    Trs si pangsit yg td aku kukus aq rebus lg..
    Daaann wahhh gak nyangka,resep seadanya ini gak mengecewakannn, enakkkkkk mam.
    Semua habissss dimakan mama dan adikku, sampai nanya resep dari mana Hahahahahhaha.. Itu aku pelik hehehehe.
    Thx bgt mam, Artikel ini bantu aku bgt. Aq jd mikir kalau ngikutin spt di resep pasti jauh lebihh enakkk.
    Krn aku Bener2 buta,gak tau cara bikin pangsit basah.
    Hehehe.. Makasih ya mam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dea, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Panggil saya endang saja Mba, saya masih single ya. sukses ya

      Hapus
  18. Hi mba endang. Saya baru nyobain pangsit rebus nya.. pertama kali nyobain, cuma buat 1/2 resep. Takut rasanya jadi aneh. ^^ Ga nyangka jadi nya enak bgt kaya yg dijual di kedai sarapan mantau langganan saya (muji diri sendiri, hehe). Agak nyesel knp bikin cuma 1/2 resep. Kurang ini mah.. Hahaha.. btw thanks ya mba resepnya sangat membantu.. pangsitnya bisa utk suami nanti buka puasa. Sukses terus ya mba.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ayunita, thanks sharingnya ya, senang resep pangsitnya disuka. Ini seger banget dan pangsitnya di freezer juga oke ^_^, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...