31 Mei 2013

Fantastic Ice Cream: Homemade ice cream yang super duper mudah!



Jika anda mengikuti resep demi resep yang pernah saya posting sebelumnya, atau anda iseng-iseng mencari resep es krim yang mudah dan lezat di JTT - mudah disini berarti tidak menggunakan ice cream maker untuk membuat tekstur es krim se-yummy Haagen Dazs atau Baskin Robbins - maka anda tentu ingat dengan satu resep es krim yang pernah saya tampilkan sebelumnya yaitu es krim mangga. Nah jika anda belum pernah membacanya, maka dengan senang hati saya bersedia berbagi link-nya. Silahkan klik di link di sini ya. Di artikel tersebut saya menjelaskan step by step proses pembuatan es krim dengan rasa mangga tanpa menggunakan alat pembuat es (ice cream maker) sama sekali, yang anda perlukan hanyalah mengocok krim kental hingga mengembang, mencampurnya dengan puree mangga dan susu kental manis, bekukan di freezer. Simsalabim! Es krim lezat dengan mudah hadir di rumah anda. 


Tapi ternyata ceritanya tidak berhenti sampai disitu, karena kemudian banyak yang protes ke saya, mulai dari krim kental yang tak kunjung mengembang saat dikocok, krim yang pecah karena over mixing, hingga krim yang sulit di cari di supermarket apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari kota dan yang terakhir adalah krim yang mengandung kalori tinggi. Semua benar, semua tidak bisa disalahkan dan semua mengandung unsur krim. So, bagaimana jika kali ini saya tawarkan ke anda membuat es krim lezat, kali ini tanpa ice cream maker, tanpa krim kental, tanpa repot dan jauh lebih, lebih sehat? Anda berminat? Yuk lanjut! ^_^


Peanut Butter Banana Ice Cream

Jika saja saya tahu resep es krim ini sejak dahulu kala maka besar kemungkinan saya tidak pernah membeli es krim lagi selama-lamanya. Lebay.com memang, tetapi resep kali ini memang ajaib dan sangat mudah. Bahan utama yang anda butuhkan hanyalah pisang. Ehem, tidak salah dengar kan ya? Pisang? Yep! Buah yang murah meriah harganya di pasar ini (akan lebih murah jika anda membelinya di pasar tradisional) ternyata ketika di bekukan dan dihaluskan dengan blender atau food processor maka akan berubah menjadi adonan yang pekat dan kental, mirip seperti tekstur es krim. Bekukan di freezer maka si bubur pisang akan berubah menjadi es krim pisang yang super laziz hanya dari satu bahan saja, pisang. 

Bagaimana jika ditambahkan bahan perasa lainnya seperti coklat, stroberi, kiwi, selai kacang, atau kayu manis? Bekukan di freezer selama semalam maka anda telah berhasil menciptakan es krim lezat sebagaimana yang dijual di luar dengan aneka rasa yang disesuaikan dengan selera anda atau krucil-krucil di rumah. Teksturnya padat, lembut, lumer di mulut dan walau rasa pisangnya masih ada itupun  'hampir' tak terasa. Saya sampai berjingkrak sendiri ketika pagi ini saya iseng menyuapkan sesendok es krim pisang dengan peanut butter yang saya buat semalam. Fantastis!

Double Chocolate & Peanut Butter

Pisang apapun sebenarnya bisa anda gunakan, hanya saran saya pilihlah pisang dengan tekstur lembut dan rasanya benar-benar manis agar es krim anda maksimal rasanya dan tidak ada rasa jejak asam di sana. Jenis pisang Ambon, Raja, Cavendish, Barangan bisa anda pergunakan. Pilih pisang yang matangnya maksimal namun tidak terlalu lembek. Kupas pisang dan potong-potong melintang hingga berbentuk seperti koin, masukkan potongan pisang ke wadah dan bekukan di freezer hingga keras. Sebenarnya waktu 2 atau 3 jam sudah cukup untuk membuatnya beku, namun saya membiarkannya selama semalam. Irisan pisang beku ini lantas saya masukkan ke dalam blender, anda bisa menggunakan food processor untuk menghaluskannya. Jika anda menggunakan blender, pastikan blender anda mampu bergerak untuk mencacah pisang, karena kita tidak menggunakan air sama sekali untuk memperlancar proses. Jika pisau blender sulit berputar, tekan pulse beberapa kali, dan aduk-aduk pisang dengan spatula untuk memudahkan mesin bekerja. Haluskan pisang hingga benar-benar smooth baru anda tambahkan semua bahan lainnya.


Banana Strawberry Ice Cream

Di bawah ini saya sertakan beberapa resep yang bisa anda buat untuk menghasilkan es krim aneka rasa. Jika anda menggunakan buah-buahan seperti stroberi, kiwi, mangga, atau nangka maka pastikan semua potongan buah ini dalam kondisi beku  kemudian proses bersama pisang hingga halus. Bahan perasa lainnya yang bisa anda gunakan adalah coklat bubuk, kayu manis, dan vanila. Jika anda menggunakan choco chips atau cincangan coklat blok maka masukkan ketika semua bahan telah dihaluskan dan aduk rata dengan spatula agar potongan coklat masih berbentuk utuh. Oke, oke, saya tahu, sepertinya anda sudah tidak sabar untuk melihat resep dan proses pembuatannya kan sebagaimana saya yang sudah tidak sabar menantikan tibanya weekend ini untuk membuat segentong es krim bagi krucil-krucil kecil keponakan saya yang maniak berat dengan makanan dingin dan yummy ini. 

Berikut resep dan prosesnya ya! ^_^  


Fantastic Homemade Ice Cream
Resep diadaptasikan dari theKitchn - Magic One Ingredient Ice Cream 5 Ways: Peanut Butter, Nutella, and More

Peanut Butter Banana Ice Cream 

Bahan:
- 4 buah pisang (berat sekitar 300 gram). Kupas dan iris seperti koin. Pilih yang matang tetapi tidak terlalu lembek (saya pakai pisang Ambon), bekukan hingga keras
- 5 sendok makan selai kacang (peanut butter), resep homemade-nya klik disini.
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)
- 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Strawberry Banana Ice Cream

Bahan:
- 4 buah pisang, kupas dan iris seperti koin, bekukan hingga keras
- 200 gram strawberry, buang tangkainya dan belah menjadi dua bagian, bekukan hingga keras
- 3 sendok makan susu bubuk (bisa diganti dengan susu kental manis atau krim kental)
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)
- 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Double Chocolate Banana Ice Cream

Bahan: 
- 4 buah pisang, kupas dan iris seperti koin, bekukan hingga keras
- 3 sendok makan coklat bubuk
- 3 sendok makan susu bubuk  (bisa diganti dengan susu kental manis atau krim kental)
- 2 sendok makan choco chips (optional)
- 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)

Cara membuat:

Proses Dasar



Siapkan pisang, pilih yang matang maksimal tetapi tidak lembek. Usahakan gunakan pisang yang benar-benar manis rasanya. Kupas kulitnya dan potong-potong melintang seperti koin. Masukkan pisang dalam wadah (tupperware atau kantung plastik), bekukan pisang di dalam freezer hingga benar-benar beku. 

Membuat Peanut Butter Banana Ice Cream
 

Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan selai kacang, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus.

Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan.

Masukkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.

Membuat Strawberry Banana Ice Cream



Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan potongan stroberi beku, susu bubuk, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus. 


Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan.  

Masukkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.

Membuat Double Chocolate Banana Ice Cream



Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan susu bubuk, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus. 

Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan. 

Masukkan choco chips, aduk-aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.

Siap disantap! Yummy!!! ^_^

Source:
Web theKitchn - Magic One Ingredient Ice Cream 5 Ways: Peanut Butter, Nutella, and More 



202 komentar:

  1. waaah..makasiih resepnya ya mb endang... fantastis pas banget namanya..sangat simple murah mudah ga pake bahan yg ribet bener2 jempoool nih resepnya...jd pengen nyobaaa nih...^_^

    *jadi inget waktu dikampungnya suami, ada yg bikin es krim kampung jadi pisang ambon dipotong 2, ditusuk pake bambu kecil buat stiknya, trs dicelupin coklat leleh terus di frezer itu aku cobain pas digigit jg rasanya kok mirip es krim beneran ya hehe..namanya es krim kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fitri, yep gampang banget Mba, saya juga sampai takjub wakakkak. Thanks sharingnya ya! Moga suka ^_^

      Hapus
  2. i love you mbak Endang....*pelukpeluk*

    BalasHapus
  3. waaahhhh....asik nih gak pake krim-kriman... secara dikotaku gak ada yg jual krim, fresh cream dkk... :D

    *meluncur cari pisang \^o^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fitria, yep yang ini cuman perlu pisang dan dimana2 ada buah pisang. Monggo dicoba ^_^

      Hapus
  4. Pangeran seneng bgt duren, mdh2n suka dengan varian duren dibikin es krim ya.. tengkiu mba endang.. i lop yu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa dicoba itu Mba, duren kan aromanya keras ya jadi saya rasa aroma dan rasa pisang akan hilang tak terdeteksi hehehe

      Hapus
  5. aku lg cr2 resep eskrim..eh..nemu di sini... muachkasih mbak endang... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mimie, sip, silahkan dicoba, moga suka ya.

      Hapus
  6. akhirnya yg ku tunggu muncul jg resep ice cream nya.. Muantafff.. Thx yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba Jeng, buat krucil di rumah, sehat dan mudah wakakak

      Hapus
  7. salam mbak ending...

    wah kayaknya mudah sekali yaa...musti segera dicoba nih..
    mbak, nanti es krimnya kayak yg smoothie gitu ya? kalo pengen yang susunya kerasa banget, apa susu bubuknya ditambah?

    makasih mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Noor, kalau dalam kondisi setelah diblender memang mirip smoothie ya, tapi kalau dibekukan akan keras seperti es krim. Susu bubuk bisa diganti SKM untuk rasa lebih nendang, takaran diseusaikan saja ya Mba.

      Kalau menurut saya kok enakan dimakan langsung habis di blender ya, saat kondisi masih lembek, lebih freshh

      Hapus
  8. wawwwww....
    sesuai sama namanya "Fantastic Ice Cream"
    makasih mb Endang sudah maU berbaGi.... :*

    BalasHapus
  9. Mbak
    sirup vanila itu seperti apa?kl ga ada apa bisa skm yg ditambah dgn ukuran yg sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sirup Marjan kayanya ada yang rasa vanila, warnanya kuning keemasan dan aroma vanila, bisa ganti SKM saja, untuk takaran disesuaikan saja Mba, kalau mau manis dan milky tentunta lebih banyak takarannya

      Hapus
  10. salam kenal mbak endang!
    terus nulis resep ya.. suka deh sama resep2nya :)

    littlecupcak.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Hai mba endang,lam kenal ya...aku lagi experimen resep mba nih,cake yg di kukus..tapi masih dalam dandang kukusan nih,masalah nya timbangan ku rusak,jadi cuma ngira" aja..moga hasil nya tetep uenak..makasih ya mba resep nya..moga sukses terusss mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, gimana hasilnya? Sukses kah? Resep cake kukus yang mana ya Mba? Pensaran hehehhe

      Hapus
  12. pisangnya ga boleh yang terlalu lembek ya mba? berarti hrs beli pisang nih, yg di rumah cuma ada pisang kematangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisang matang yang jelas Mba, tapi jangan terlalu matang sampai lonyot ya.

      Hapus
  13. Kmrn pas d kamar mandi sy ada niatan kirim email mbak endang request ice cream homemade... Eeeehhh email sy yg bunyi duluan kan JTT posting ice cream.. Mbak endang mmg luaaaaarrr biasanya :–)
    Matur suwun mbaaakk.. Kiss2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, menurut saya pakai buah2an lebih yummy dibandingkan hanya coklat dan peanut butter, lebih seger

      Hapus
  14. thank u resep mudh dan sehatnyaa mba..
    tp aq punya nya byk coklat blok sisa bkin kue, bisa ga mba kalo coklt bbuk ny diskip n ganti yg blok? n gmn caranya? makaciii... :D

    salam masak sllu ^_^9
    Arlynn_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Arlynn, saya belum pernah coba pakai coklat blok, mungkin bisa pakai coklat blok dilelehkan dan diaduk bersama adonan pisang. Atau dicincang dan digunakan sebgaai pengganti choco chips, atau kolabirasi keduanya

      Hapus
  15. Mbak ud be2rp resep dr blok ini yg tak coba:ketoprak, homemade nugget ayam n wortel, homemade selai kacang, banana bread, ikan lempah kuning, dll (maaf kl namany ad yg salah) n hasilny nyamnyam..enak..rencana hour ni m nyoba resep ini doakan diriku berhasil ya..soalny blenderku blender lama hik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba,thanks sharingnya ya. Saya rasa bisa kok, walau pakai blender lama ^_^

      Hapus
  16. Mbaaak, tengkiuu buat resep sehatnya (again)..tanya donk blendernya merk apa Mba?

    Sari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sari, yang ini saya pakai Mitzui Mba, merk Korea hehehe

      Hapus
  17. Mbak kalau yg pake Nutela gimana?
    Tq,Reinnitha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti pakai selai kacang ya, cuman selai kacang diganti sama Nutella

      Hapus
  18. mbk endang@jika bkn eskrim apa bhan lain susu kental, selai kcang, coklat apa hrus dibekukan dulu kaya pisangnya. Terimakash

    BalasHapus
  19. Mbak, teksturnya gmn? Apakah sperti ice cream atau lebih lembek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tekstur seperti ice cream tetapi tidak terlalu meleleh seperti ice cream karena bahan dasar pisang ya, kalau ice cream kan bahan dasarnya susu jadi kalau meleleh ya menjadi cair. menurut saya yang stroberi yang enak, yang lainya masih terasa pisang

      Hapus
    2. hai mbak saya udah cobain resep mbak ini tapi setelah jadi keras lagi kaya batu dari freezer.. dan setelah saya lelehkan sebentar di chiller jadinya berpasir texturnya
      apa memang saya salah komposisi takaranya ya mbak...he he maklum lagi belajar...
      srie..

      Hapus
    3. mbak texturnya kok keras kaya batu lagi ya abis dari freezer setelah didiamkan sebentar di chiller barulah bisa di keruk tapi seperti berpasir teksturnya apa memang begitu?
      srie..

      Hapus
    4. Hai Mba, untuk yang rasa coklat dan peanut butter memang keras kalau beku ya, sebaiknya ditaruh bentar di chiller agar sedikit lembek. kalau untuk yang stroberi nggak terlalu keras. Kalau teksturnya berpasir nggak Mba, teksturnya padat ya tapi nggak berpasir. Pastikan bahannya dihaluskan hingga benar2 halus ya.

      Hapus
  20. Mb Endang, makasih resep homemade icecream....saya langsung beli pisang n bikin...banana peaunut butter honey ice cream hmm......yummm!!
    Juga saya bikin banana strawberry honey icecream.....tapi agak kecut alias asam walaupun lezat, ini krn strawberry nya asam banget, gimana ya mengatasi strawberry yg asam? Apa baiknya dimasak dlm air gula dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Etty, sip, thanks sharingnya ya heheheh. Untuk stroberi memang kudu tambah gula cair mba atau sirup supaya gak terlalu asam ya. saya lebih suka yang stroberi karena lebih mudah meleleh seperti es krim yag terbuat dari susu/krim kental hehehhe

      Hapus
  21. mbaaak...aduuuh resepnya ok ok bngt. Aku yg tdnya kurang berminat baking (karena sering berakhir dgn kegagalan...hahaha) wuiih skrg paling dikit seminggu 1-2x bkn kue dr resep mbak...anak & suami jd sering dibawain bekal kue yg katanya...uenaaak. Tiap hari ngintipin blognya mbak, dibaca mulai dr pengantarnya yg suka bikin senyum2..hihihi. Ini mau coba ice creamnya..smoga berhasil... Tks bngt ya mb sdh berbagi ilmu...

    ~sri han~

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Sri, thanks ya, senang bisa berbagi dan menyenangkan orang lain. silahkan dicoba resepya Mba, moga suka ya. Salam buat keluarga, sukses selalu! ^_^

      Hapus
  22. mba endang.. aku udh praktekin resep ini.. ice cream banana mango..enak..
    tq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sedap tuh pakai mangga, gud idea ^_^

      Hapus
    2. mba kay boelh tau resepnya yg manggo ap perludi bekukan juga ato g?

      Hapus
  23. wah ajaib ya mbakk kpn2 nyoba ah di rumah. kirain pake yg eskrim bubuk instan itu :p. niceeee post ><b

    11daisy.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Desi, sip, thanks ya. silahkan dicoba, moga suka ya ^-^

      Hapus
  24. MBak Endang, aku juga udah nyobain yg ini : yg Choco. Enak dan mudah banget! Aku pakai pisang Ambon, lalu susu bubuk aku ganti SKM dan dosisnya ditambah, demi menutupi rasa pisang :D Anakku gak suka pisang soalnya. Namunnnn, rupanya masih terasa pisangnya, hehehe. Apa ada saran utk jenis pisang, yg tdk terlalu kerasa rasanya? Tx!

    BalasHapus
  25. Mbak Endang, salam kenal.
    Iya nih Mbak, gimana cara menutupi rasa dan bau pisang ya? hiks.... Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai stroberi dan buah2an, rasa stroberi yang asam menutup rasa dan aroma pisang. Untuk es krim diatas fav saya stroberi. Saya rasa kiwi juga enak ya.

      Hapus
  26. Bunda, boleh sharing beli blender mitzui dmn? Blender saya skrg krg oke, tekstur eskrimnya ga halus. Makasihhh bunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak tolong sharing blender mitzui sama food procesor yg dipake donk. Saya juga lagi nyari yang multifungsi dan awet dipakai.
      Mama saya ada pake food procesor merk fissler, awet, hasil memuaskan tp harganya juga berasa :)
      Tq - Reinnitha

      Hapus
    2. hai Mba, saya belum jadi Bunda ya wakakkakak. Panggil saja endang, saya beli Mitzui di Mall Kelapa Gading ya, memang blender ini motornya kuat jadi bisa digunakan untuk menggiling macem2 hingga smooth. Saya beli harganya sekitar 2 jutaan, beberapa bulan lalu. Bedanya dengan food processor, kalau blender nggak bisa rajang ya hanya menghaluskan, kalau food processor bisa keduanya (menghaluskan dan merajang) hanya saja hasil gilingan food processor tidak se-smooth Mitzui. Contohnya di selai kacang, saya bikin pakai food pro, masih kasar.

      Saya food pro pakai Phillips, harganya sekitar 1 jutaan, banyak di jual di mall dan supermarket.

      Hapus
  27. Vanila ekstraknya kalo di skip boleh nggak mbak? Apakah akan berpengaruh?

    BalasHapus
  28. mbak vanila ektrak klo dgnti pke vanili bubuk bs gak?takarannya brp ya?hehehehe..
    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ya, pakai dikit saja, 1/4 takaran vanila ekstrak. Vanila bubuk kalau kebanyakan suka pahit rasanya.

      Hapus
  29. Ice cream dari pisang?
    Tar kalau kelamaan diluar freezer apa tidak berubah jadi bubur pisang nich?
    Namun boleh juga tuch dicoba...
    Makasih telah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, pasti berubah tapi saya rasa jadinya seperti smoothie pisang ya. Tetap enak kok

      Hapus
  30. hai mbaaaa .mba luar biasa sdh memotivasi saya untuk slalu mencoba resep2 mkanan yg mudah dan enak..aslinya aq ga bs masak..tp pas googling liat web mba,,,jd semangat masak dan suamiku jd tmbah sayangg sama aq..walau aq br nikah,,aq doain smoga mba slalu sehat ..murah rejeki dan panjang umur,,krn mba sdh memberikan hal yg bermanfaat buat org lainn..big thanks ya sist

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, wah saya ikutan senang resep2nya disuka ya. saya rasa jika ada niat, usaha dan sedikit nekat semua orang bisa masak, hanya perlu jam terbang saja heheheh. sip, silahkan dicoba resep2nya Mba, tetap semangat memasak ya. Sukses selalu ^_^

      Hapus
  31. haloo mb. thanks ya..resepnya...ini yang aku cari..pengen sgr praktekin buat 2 krucilku...
    kmrn aku baru punya food processor...klo mau buat es krim..pakai alat yang mana ya mb. buat muternya..

    mohon bantuannya..terimakasih
    wiwik jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Wiwik, saya selalu pakai pisau untuk proses semua makanan yang saya buat, yang plastik itu untuk menguleni, tapi saya gak pernah pakai hehehhe

      Hapus
  32. dear sis endang

    sebagai silent reader, jadi tertarik komentar waktu melihat resep ini. karena saya sudah mempraktekkannya sendiri. cuma saya lebih sederhana, cuma pake pisang dan milo.

    saya jg memakai blender mitzui, dan kayanya udah beberapa tahun punyanya, disayang2 (karena mahal) tapi emang motornya kuat banget, bisa menghancurkan esbatu juga.

    terus update blognya ya sis.

    Lydia

    BalasHapus
  33. Udah coba, anakqu suka banget. Tq mb resepnya :)

    BalasHapus
  34. hai mba Endaaaaang ^_^ kayanya mba Endang masih liburan nih...saya lg ngebekuin pisang nih...doain ya mba...moga berhasil...heehee..tapi saya dpt pisangnya sunpride...berhasil ga yaaa besok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dita, wah liburannya sudah usai cuman mood ngeblognya gak mau datang hahahah. Pakai pisang sunpride oke juga kok. Btw, es krimnya kalau sudah jadi bisa juga dibikin smoothie pisang, saya blender dengan tambahan air, wah yummy!

      Hapus
  35. hebat mb endang... ini memenuhi 4 syarat utama makanan (selain halal) buat ibu minimalis ky saya: sehat, enak, gampang, murah. setelah siomay dan bakso ayam ala mb endang yg selama ini jd langganan stok di freezer, mungkin es krim pisang bakal gabung jadi 3 besar. kemarin sy sengaja beli tepung frozen yoghurt instan krn ada pisang2 terlantar di rumah, feeling aja bakal cocok. beneran, volume jd banyak, tekstur es krim banget, rasa malah jd kaya es krim keju. sekarang nemu resep ini tmbah semangat mau bikin es krim pisang asli ky resep mb endang. green tea dan stroberi oke kyknya ya :)
    btw reputasi pisang trnyata bagus banget ya (one of the world's most nutritious food ktnya)

    http://www.naturalnews.com/034151_bananas_nutrition_facts.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Mba, coba juga nugget ayamnya tuh, mantap juga dan bisa buat stock di freezer hehehe. wah saya belum tahu tepung frozen yogurt instan, keknya seru juga tuh. yep pisang memang bagus banget, kandungan potassium dan magnesiumnya tinggi, gud buat cewek wakakkak.

      thanks sharingnya ya! sukses selalu ^_^

      Hapus
  36. Mba mau nanya nih.
    Bagaimana cara membuat tekstur es krim yg lebih creamy spt ice cream yg dijual di pasaran? apa perlu bahan tambahan lain?
    Saya sudah coba resepnya untuk yg stroberi dan setelah saya keluarkan dari freezer hasilnya ko beku banget yah kek es loli tanpa tekstur creamy spt es krim di pasaran tapi untuk soal rasa..yummm love it...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Pauline, untuk es krim diatas tidak akan se creamy es krim yang dijual, karena minus krim kental dan susu. namanya juga es krim alternatif dan murah meriah yaaaa. Es krim yang dijual biasanya menambahkan kuning telur dan krim kental. Mungkin resep es krim dengan krim kental ini bisa membantu: http://www.justtryandtaste.com/2011/11/es-krim-mangga.html

      buahnya bisa pakai yang lain.

      Hapus
  37. pas banget lagi mau nyoba bikin es krim sendiri, syukur2 nti klo rasanya enak dan bisa dijual :D

    tapi saya adanya blender doang, kira2 kuat gak ya buat nge-blend adonannya? kayaknya gampang banget dan adonannya gak neko2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, untuk resep diatas menurut saya yang paling enak jika pisang campur buah lainnya seperti stroberi atu kiwi, supaya tekstur es nya gak keras. Dan pastikan adonan benar2 smooth ya, memang pakai blender yang kuat akan menghasilkan adonan yang lebih oke. Moga suka ya ^_^

      Hapus
  38. siang mbak endang....

    mo nanya nih, yg d maksud ice cream maker d atas itu apa cuman food processor atau blender itu sendiri, atau menggunakan pembuat ice cream macam cuisinart? mohon penjelasannya

    beda step/langkah pake ice cream maker macam cuisinart itu dgn hnya pake blender apa sih mbak? kok hasil jadinya isa beda bgt keknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, ice cream maker adalah alat pembuat ice cream yang bisa melakukan proses churning (merubah es menjadi lembut). resep diatas adalah salah satu cara kalau kita ingin membuat es krim di rumah tapi tidak punya ice cream maker.

      Hasilnya tentu saja tidak bisa disamakan. Es krim diatas kompoisinya buah sehingga tastedan teksturnya tidak bisa disamakan dengan es krim normal. Banyak yang bilang pisang banget atau keras banget. Menurut saya wajar.

      Es krim sendiri terbuat dari krim, susu, kuning telur, gula, jus buah. Diproses dengan mesin, menghasilkan es krim yang lembut.

      jangan disamakan proses diatas dengan menggunakan ice cream maker, sangat berbeda.

      Hapus
  39. Salam kenal Mbak Endang. Aku lagi nyoba resep ini nih. Udah semalaman bekuin pisang kok gak keras2 ya pisangnya. malah bunga es di freezer yang nambah banyak, hihihi. kayaknya mesti sabar nunggu pisangnya beku nih. padahal udah pengen banget nyobain es krim bikinan sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Dhani, wah kenapa ya, padahal saya sering bekuin pisang utuh dan cepat banget bekunya ya. Nggak usah sampai beku juga gak papa Mba, jadi setengah beku saja langsung di blender. Moga berhasil ya.

      Hapus
    2. berhasil mbak. kayaknya kulkasku kepenuhan isi jadi kurang dingin :p tapi berhasil kok. jingkrak2. aku bikin rasa coklat sama rasa mangga. yummy banget. ga cepet eneg kayak kalo makan es krim yang beli2 itu, heheheh. thanks banget resepnya. oiya, aku juga udah cobain resep kleponnya. langsung ludes :)

      Hapus
    3. Hai Mba Dhani, waah mantappp, jadi bisa sering2 makan es krim sehat ya, thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
  40. hai mba,
    semalem nyoba bikin , campuran nya pake oreo, lagi suka nge-mix pake oreo karena baca artikel ini mba :
    http://food.detik.com/read/2013/10/08/090417/2380864/297/1/yuk-bikin-nasi-dan-lolipop-enak-dari-biskuit-oreo#bigpic

    ntar pulang kerja baru di cek berhasil apa engga , pas di cicpin sih enak :-)
    thx resep nya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, pakai oreo lezat juga kok Mba, thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  41. Mbak Endang, kemarin saya coba buat es krimnya, tapi kok saat memblendernya susah sekali ya. apa harus pake food processor? saya pake blender philips.

    Food processor itu gimana yaa? apa bedanya dgn blender. trus yg bagus merekx apa? maaf yaa mbak saya kebanyakan pertanyaanx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pakai blender biasa memang susah Mba, kebetulan saya pakai blender yang powernya kuat, atau pakai gelas blender kecil saja yang untuk biji2an ya, atau dry mill,

      pakai food pro juga bisa, saya pakainya merk phillips ya.

      Hapus
  42. hai mbak endang,,aku kmren cri2 resep bkin bakso ayam n Alhamdulillah mmpir ksni n skrng aku jdi ur fans mbak,, hihih,,


    aku udh brpa kli nyoba bkin eskrim ini mbak, spy brasa creamy, aku ksih susu ultra sesuai rasa yg aku bkin mbak,,
    tekstur nya kyak eskrim bnget mbak,,smpe adek n kponakan lgsung abis skli sikat,,

    mksh sharing ilmu nya mbak,,

    BalasHapus
  43. Yaaaaaaauuuu mantap. Baca blog ini seneng banget. Udah nyoba cake brokoli bit wortel ternyata anakku tdk tertipu. Tapi mau coba yg pisang ini....... pisang ambon atau sunpride..... jempol dua buat mba endang yg mau berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkak, tapi masih mau makan gak Mba Tesa? Silahkan dicoba ya, moga suka ^_-^

      Hapus
  44. makasih mbak resepnya, bisa buat referensi ngisi liburan ;)

    BalasHapus
  45. hai mbak....saya sudah coba....tapi blender saya gak mau muter karena pisangnya keras...akhirnya....tunggu pisangnya lembek lagi baru deh diblender+bahanllainnya n masukin freezer...saya buat rasa stroberi n coklat...anak2 paling suka rasa coklat....pertanyaannya : ngaruh ke hasil ga mbak kalo ngalusin pisangnya pas lembek/gak usah dibekukan dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kayanya bisa ya, setelah dihaluskan baru dibekukan ke freezer., saya belum pernah coba, hanya saja seharusnya sama ya.

      Hapus
  46. siang mbak , skm itu apa ya ?:) hehe.. tq buat infonya

    BalasHapus
  47. Balasan
    1. Sayangnya resep ice cream ini kudu pakai pisang ya Mba. Kalau skip pisang dan pakai buah berarti sorbet namanya,
      ini contoh resepnya: http://www.justtryandtaste.com/2013/07/kiwi-sorbet-tanpa-mesin-pembuat-ice.html

      Hapus
  48. mba kalo untuk rasanya menggunakan jus, bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi mungkin nanti teksturnya jadi seperti sorbet ya, lebih kasar dan kristal

      Hapus
  49. hai mbak,lagi kena demam resep JTT Nich hehehe
    resep nya sdh banyak yg aq coba,apalagi aneka sambel dan ikannya atep bangetsss.................
    sekarang lagi pingin nyoba sorbet dan ice krimnya,semoga berhasil
    salam kenal ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal. Thanks sharingnya, moga sukses sorbet dan ice creamnya ya. Senang resep2 di JTT disuka ^_^

      Hapus
  50. mbak endang, terima kasih atas resepnya sangat menginspirasi..
    mbak kalao ga pake pengawet seperti ini es krim bisa tahan berapa hari mbak?
    terima kasih dan salam sukses selalu yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, thanks sharingnya ya. untuk es krim bisa tahan 1 bulan lamanya di freezer kok, bisa juga dibentuk menjadi es potong, es kantong atau masukkan ke cetakan lolipop ya.

      Hapus
  51. mba endaaang makasih yaa.. aku dpt resep dari mba endang dari blog-nya temenku. baru nyobain yg double choco, sempet kesulitan wkt ngeblend pisang di awalnya. (blenderku yg kebalik itu lah tutupnya)..

    tapi pas udah jadi adonannya, moiiisst bangett,,,, lembuuut enaaak..aku sampai jilat2-in..

    semoga aja anakku suka ya (kayaknya si suka) scr dia banana hater, tapi klo bentuknya spt ini kayaknya bakal suka banget.. makasih ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooow Mba Restu, thanks sharingnya yaa, semoga juniornya suka dengan es krim pisangnya ya. Sebaiknya dimakan saat es tidak terlalu keras jadi agak setengah meleleh ya, menurut saya lebih enak hehehe

      Hapus
  52. Halo Mb Endang,aku dah coba resepnya,enak...cuma mang bau pisangnya rada mengganggu. Kalo pisang diganti dengan alpukat bisa ga?secara tekstur alpukat n pisang hampir sama. Makasih mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bau dan terasa pisang, secara memang dari pisang yaaa, namanya juga es krim alternatif hehehe. bisa pakai alpukat tetapi biasanya alpukat suka pahit kalau dibekukan.

      Hapus
  53. Halo Mbak Endang!!! (Teriak girang)....aku suka bgt sama blog Mbak. Udah resepnya banyak yang mudah dipraktekin (dan enak tentunya) buat pemula kayak saya,tips,trik,foto,n cara buatnya juga luengkap bgt.

    Aku pertama coba resep cake tape kukus,abis tu klo kepengen cari resep apa,pasti yang pertama dibuka blognya Mbak Endang.

    Barusan aku coba resep es krim ini,enak...teksturnya lembut bgt. Cuma mang aroma pisangnya aduhai kemana-mana. Aku mo tanya,klo pisang diganti dengan alpukat bisa ga Mbak? Secara teksturnya hampir sama, tapi aromanya ga setajem pisang. Makasi Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, pisang bisa diganti alpukat hanya saja alpukat biasanya suka pahit kalau dibekukan ya dan sulit untuk diberi aneka rasa, karena rasanya ya alpukat hehehe. tapi silahkan dicoba ya.

      Hapus
  54. Pisang... Jadi Es krim???
    Waaaaaw... Baru tau nih...
    Mba endang emang paling bisa deh...
    Mba, minta resep es krim jadi pisang dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakka, yang itu susaaaah, lagian namanya juga es krim jadi2an maka rasanya ya tetap pisang huaaaa

      Hapus
  55. Maaf mbak...
    sya kan nyoba kmrin, sya sdh diamkan 18 jam tapi kok blum beku juga ya???
    minta masukannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, wah saya terus terang belum pernah ketemu kasus seperti ini, makanan apapun masuk freeezer pasti beku loh. coba cek freezernya mungkin kurang dingin

      Hapus
  56. Salam,mau tanya nih untuk yg rasa coklat kalau bahannya g pake susu bubuk bisa g?soalnya menyusui baby nya alergi susu sapi,hehehe

    BalasHapus
  57. hai mba... suka banget deh resep2nya.... mo tanya mba, klo eskrim pisang ini ditambahin pake jagung manis kira-kira jadi gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa2 saja, nah soal rasa saya kembalikan ke selera masing2 yaaa

      Hapus
  58. mbak, kalo pake pisang raja gimana? hehehe..

    BalasHapus
  59. aku udah nyobain mbak. pake pisang raja. enyaaaaakkkkk!! ponakan2 doyan banget. thanks for sharing mbaaaaak :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Almas, thanks ya Mba, senang resep ice creamnya disuka ya!

      Hapus
  60. Hai mba endang, aku udh coba bikin eskrim yg double chocolate aku tambahin coklat bubuk juga n chocochip, rasanya enaaaakkk.. makasih ya mba :*

    BalasHapus
  61. mbak ini es krimnya bisa tahan berapa hari ya?

    BalasHapus
  62. Mbaa kemaren aku habis bikin es krimnya,, buahnya cuma pisang sm jeruk (krn ga ada buah di rumah) hasilnya rasanya asam2 gt, es krimnya lembut tapi ga selembut es krim yg dijual hehe, tapi ga keras. Enak mba cm bau pisangnya ga ilang2 :| makasih ya mbaa jadi ketagihan mau bikin yang lain ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Anggun, yep memang tidak selembut es krim umumnya ya, karena ini kan es krim alternatif hehehe. Dan karena bahan dasar pisang maka pasti rasa pisang dominan ya. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  63. Hai mba endang....Thanks for sharing this amazing recipe.. I had tried this recipe.. and voillaa.... I never imagine it's turn so delicious... yumm..yumm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nimade, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  64. mau coba ah.... tanx for blog yg menginspirasi nya...

    BalasHapus
  65. Selamat pagi! Semalam bikin yg peanut dan choco, sekarang masih di freezer. Rasa pisang memang kuat, tapi saya suka, sampai jilatin telunjuk sblm cuci food pro-nya. Enak! Lain kali akan coba strawberry/kiwi, penasaran seberapa kuat rasa pisangnya. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sisca, pakai mangga juga maknyus dan kurangi takaran pisangnya, kayanya kalau buahnya creamy dan lunak enak2 saja sebagai pengganti pisang ya

      Hapus
    2. Komentar teman2 yg saya kasih icip seragam "pisang banget". Ada yg kurang suka (krn gak begitu suka pisang dari sononya), ada yg suka. Saya sendiri suka banget. Ya, lain kali coba dg strawberry/kiwi/mangga. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
    3. Mbak, Minggu pagi saya bikin dg tambahan strawberry. Memang rasa pisangnya masih ada, tapi ringan. Tapi kalo soal tekstur, rasa coklat/selai kacang lebih lembut ya. Sama dg mbak, favorit saya yg rasa strawberry sejauh ini. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
    4. Hai Mba Sisca, yepp setuju Mba, saya paling suka yang stroberi karena ada rasa asam2nya ya. thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
  66. nice info mbak, jadi g perlu mesin pembuat es krim buat bikinnya. mudah dan praktis

    BalasHapus
  67. besok bikin ah.... kebetulan bahannya punya, kecuali pisang... ahahha... pengen bikin yang choco...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak, aku bikin yang coco, tp kok masih ada rasa pisang2nya ya? coklat bubuk, aku pake bendsdrop, apa seharusnya pakai susu coklat? aku blg kurang nyoklat... apa mungkin seleraku yang emang prefer dark utk coklat... tp enak mba... thanks ya resepnyaaa... seneng banget, ga pake krim2an... biar ga genduts... LOL

      Hapus
    2. hai mba, memang untuk rasa pisang gak bisa hilang ya, namanya juga berbahan dasar pisang. Mungkin bisa ditambahkan porsi coklatnya, kalau pakai dark coklat leleh takutnya saat beku jadi keras banget es krimnya. saya belum pernah coba pakai DCC ya

      Hapus
  68. mbak, makasih resepnya..kmrn aku coba pake pisang ijo+mangga, tp kok warnanya cepet jd coklat, jd gak cantik lagi. klo pake pisang ambon warnanya gak berubah coklat ya mbak? gmn ya biar warna pisang gak berubah coklat..
    oya klo pingin bikin sorbet berbahan dasar melon, semangka ato buah lain yg lebih juicy perlu ditambahin apa ya biar lebih creamy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Riska, sepertinya tergantung campuran pisang yang digunakan. Semua pisang memang akan berubah coklat kalau diproses dan terkena udara, dan buah mangga juga memberikan efek kecoklatan yang sama. karena itu untuk es krim ini sebaiknya dicampur dengan coklat bubuk, peanut butter atau stroberi supaya warna coklat [isang tertutup.

      untuk sorbet sebaiknya memang menggunakan buah yang teksturnya creamy seperti mangga, strobery atau alpukat. Saya biasanya pakai krim kental supaya lebih halus teksturnya ya

      Hapus
  69. Asikkkk segera dicoba resepnya neh mbak makasih ya :)

    BalasHapus
  70. I loveee it..fantastic simple recipe..worth to try..muaaachh deh bwt mb endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp, thanks yaaa, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  71. Mbk saya mau tanya bagaimana hasil es krimnya lembut apa kasar mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasilnya lembut ya, hanya saja keras dan tidak mudah meleleh selayakya es krim umumnya, plus rasanya pisang banget ya wkaakka

      Hapus
  72. Hai mba endang,,sukak bgt ama resep2 di jtt,,kmrn bikin sup kepala salmon bener2 mantaaf,,#lebay hehehe
    Harus dicoba niy resep es krimnya,,berhubung krucil2 disini pd suka es krim tp ga suka buah,,mudah2an langsung pd doyaan,,Tq y mba endang resep2nya,,*big hug*

    Wiken-jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Wiken, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resep JTT disuka yaa. moga2 krucil2 suka dengan es krim terselubungnya hehehe

      Hapus
  73. Amazing....!! sesimple itukah mbak Endang untuk membuat es krim yg lezaaat...?? harus dicoba nih.. Tq resepnya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okeh mba, tapi jangan dibayangkan benar2 seperti es krim umumnya yang terbuat dari susu dan telur yaaa, ini dari pisang jadi pisagnya pasti akan terasa kuat hhhee

      Hapus
  74. Mbak, aku udah coba, krn gak punya strawberry aku ganti terong belanda, rasanya enaaakkkkk....manis2 asem gitu, susunya aku pake HiLo yg vanilla jadi aku gak pake vanilla lagi, madu aku kurangi jd 1 sdm krn udah manis dari susunya. Pas diblender warnanya cantik banget mbak, ungu banget, sayangnya pas udah beku jadi coklat krn pisangnya ya. Rasanya aku suka, tapi susah beku ya mbak, hampir seharian di freezer masih lembut banget, gak cantik kl dikerok pake alat es krim. Tp aku suka mbak, sehat dan gak merasa bersalah makannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Marina, thanks sharingnya ya. Yep pakai terong belanda juga enak banget, saya lebih suka rasa terong belanda dibandingkan stroberi hehheh. Bikin sorbet saja Mba, terong belanda plus yogurt, gula, masuk freezer deh jadi sorbet enak.

      Hapus
  75. Balasan
    1. bisa kok, pastikan pisang benar2 matang dan empuk ya

      Hapus
  76. Hello mb'Endang~
    Thanks for sharing your recipe ♥ ^^
    Sudah sempat saya testing banana ice cream'nya..
    Tapi dengan bahan seadanya.. :D

    bahan yang saya pakai :

    pisang 40 hari (sekitar 15 buah ukuran sedang)
    Satu sachet pop ice chocolate flavour 25 gr
    dan sedikit susu cream kental manis

    Terus yang menjadi pertanyaan saya...,
    ketika saya testing rasanya,
    manis, tapi terasa sedikit pahit diujungnya..
    Apakah karena bawaan dari pisangnya ya?
    Kira-kira ada trik ga supaya manisnya tidak sampai pahit gitu...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, thanks sharingnya ya, kalau menurut saya asalkan jenis pisang yang dipakai standar untuk buah meja seperti pisang hijau, sunripe atau pisang mas harusnya gak pahit. Mungkin pop ice nya ya, saya belum pernah coba pakai ini, hanya saja kalau koenstrasinya tinggi alias tidak diencerkan dengan air mungkin coklat didalamnya bs membuat pahit

      Hapus
  77. Hai mbak Endang...
    Saya sudah coba resep ice creamnya.
    Saya buat dari pisang Ambon, bubuk coklat saya kombinasi dengan milo 3in1, susu kental manis, dan karena ga ada sirup vanila saya buat larutan gula halus yang saya beri esens vanila. Kata anak2 enak banget, tapi milonya kurang terasa. Mungkin lain kali saya coba tanpa bubuk coklat tapi dengan milo saja. Rasa pisangnya masih tajam, tapi yummy....
    Thanks untuk resepnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Rini, thanks sharingnya ya, memang pisangnya akan tetap terasa kuat mba. Milo saya malah belum coba tapi kayanya enak yaa waakkaka.

      Hapus
  78. Mba endang,ngak bosen2nya saya mencoba resep dr mba... mulai dr cake,pudding,roti,tadi saya buat ice cream ini... saya pake pisang yg ada dirumah aja,trus ada strawberry,tp 100 gram aja... setelah diblender,lembut banget kyk smoothie.. skrg masi di freezee.. tadi saya coba dikit,rasa pisangnya masi terasa,mgkn strawberry saya kurang yaaaa... tp buat saya enak kok mba... ohya mba mau tanya,pernah buat hokkaido cake atau cotton cake yg japan itu loh mba?


    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Fina, thanks sharingnya, moga2 resep ice cream pisangnya disuka. Yep, memang susah menghilankan aroma pisangnya yaa hiiks.

      untuk cotton japanese cheesecake ini linknya ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/08/cotton-japanese-cheesecake-lembut-dan.html

      Hapus
  79. Hallo mb Endang...
    Barusan cb ini resep,tp dg bahan seadanya di kulkas
    Pisang ambon yg udah mateng sy taruh di freezer beserta kulitnya,alhasil tangan sy berasa membeku waktu mengupas dan motong :D .Tp krn udah niat bgt ya lanjut aja...Sy blender bersama coklat blok rasa anggur yg udah sy cairkan dg santan kental,plus sirup cocopandan dan madu.
    Hasilnya...laziiiz abiiiz,si abang sampe komen "rasanya maut"...hahaha.
    Apalagi liat anak sm adek,klo makan dipiring kecil gk usah dicuci lngsung bersih itu piring.
    Makasih bgt ya mb...resepnya slalu muantap.

    _wahyu_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Wahyu, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka ya. Wah ide resep es krimnya mantap banget tuh, kayanya sedap banget yaa, jadi pengen coba wakakkak. Thanks yaa

      Hapus
  80. Mbak Endang, terima kasih banyak resepnya..sangat bermanfaat dan menggugah minat memasak saya..hehe..diam diam saya sudah praktekkan pizza bun, nastar lumer di mulut, biskuit maizena, nugget wortel, cake pandan, kastella, pempek tanpa ikan, enak semuanyaaa... :D
    next pengen coba bikin sate yg dipanggang di pan dan yg ini, apalagi ada krucil saya yg suka bgt es krim tapi ngga mau makan buah.. big thanks, salam, Yeni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Yeni, salam kenal dan thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka ya.

      untuk krucil coba juga frozen yogurt strawberry yang pernah saya posting juga mba, mantap juga dan saya yakin anak2 juga suka.

      sukses selalu yaaa

      Hapus
  81. mbak ini ntar es krimnya jadinya yg soft atau hard..?

    BalasHapus
  82. salam kenal mbak Endang, saya baru pertama kali ini membaca blognya mbak, dan resep es krim mantab bngt. :D saya suka membaca cara membuat makanan enak yg bahannya simple dan mudah ditemukan.. Saya akan membaca resep2 mbak yg lain, dan mudah2an bahan2 yang digunakan mudah dicari ya mbak.. :D terimakasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya mba, dan thanks sharingnya yaa, senang sekali sudah bersedia singgah di jtt dan mneyukai resep2 disini.

      Hapus
  83. Hellooo mba Endang, recipes mba selalu jadi andalan saya.
    Hari ini coba ice cream banana strawberry n sy pakai thickened cream agak dilebih kan. Hasilnya soo yummy n lembut. Suami sampai nambah :)
    Thanks ya mba sy jadi tambah suka masak. Semoga sehat n tetap berkreasi :)
    -Lia-


    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Lia, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka. moga sukses dengan resep2 lainnya yaa, sehat selalu untuk mba dan keluarga ya

      Hapus
  84. Mbak,saya udah bikin trus berhasil dong walaupun pisangnya pake pisang barangan,trua kayaknya coklat bubuknya kebanyakan trus SKM nya kurang,jdinya berasa makan es krim dark coklat,di saya rasa pisangnya ga mengganggu sih,makasih ya mbak,jdi bisa makan es krim,soalnya listrik sini ga stabil jdi es krim liter yg saya beli rusak klo gini kan langsung abis hahahha

    Mbak tanya dong,boleh ga klo pisangnya langsung blender aja ga pake dibekuin,baru abis itu dibekuin?

    -Novil-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba novil, thanks sharingnya ya mba, pakai pisang apa saja sepertinya tetep oke ya. nah kayanya enak itu es krim dark coklatnya hehhehe

      yep, bisa kok pakai pisang biasa, setelah diblender baru dibekukan ya.

      Hapus
  85. Dear Mbak Endang.... thank youuuuu enakkk bangettt..dan mudah bangetttt bikinnya :D seneng deh
    Saya bikinnya kemarin... pagi2 pas bangun lgsg penasaran nyobain... dan harus nahan diri utk ngabisin sendiri hahaha
    Karna di rumah gak ada madu jadi saya ganti dengan cream liqueur ^^
    Sukses terus untuk Mbak Endang dan JTT ^^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Ivana, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka. Wah pakai cream liqueur saya rasa akan membuat rasanya spesial yaaa, Thanks ya, sukses selalu ^_^

      Hapus
  86. Huuuuuuaaaaa.... nemu pisang lagiiiiii... pisang agung asli Lumajang bisa disulap jadi es krim!!! Bener2 berita heboh ini Mb Endang. Matur nuwun sangeeeetttt.... Klo mau, tak kirimin pisang agung lumajang yg sesisirnya aja segede lenganku. Hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Junee, ada buanyaaak sekali resep JTT yang pakai pisang ya, jadi beruntunglah yang tinggal di lumajang karena bsa kutak katik si pisang di aneka masakan hehhehe.

      Waak pisangnya terlalu berat buat dikirim, thanks dan tidak perlu repot2 ya mba, saya sudah sangat senang kalau mba sharing hasil eksperimen di dapur dengan resep JTT ^_^

      sukses dan sehat selalu yaaa

      Hapus
  87. mba kayanya abis disimpen semalaman sebelum dimakan di blender lagi bisa juga yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba fatihah, yep bisa ya mba, supaya teksturnya lebih smooth ya

      Hapus
  88. boleh nih dicoba...
    Makasih telah berbagi

    BalasHapus
  89. Kereenzz "temuannya" mbaak.. ada IG kah mbak ? Nanti kalu vi udah bereksperimen bakal vi tag deh hihi.. Salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Viana, thanks ya, ada IG nya kok @justtryandtaste ya

      Hapus
  90. Mba... Klo pake selai strawberry atau selai nanas bs nd mba ?

    BalasHapus
  91. Halo mba Endang, salam kenalll saya penggemar baru blog mbaa, asik bgt bacanya, detail..mba jg ramah menjawab komen2 dari thn ke thn..sy jg barusan follow IG mba.. senengnya ada di IG.. followback yaa... oh iya mba bikin es krim sayur dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Emisha, salam kenal juga ya, thanks ya sudah menyukai JTT. Sukses selalu yaa

      Hapus
  92. Hay Mba Emisha, salam kenal dari sy di Makassar.... Masyaa Allah artikel2x sangat bermanfaat mba... Terima kasih... dan sekalian sy ingin meminta izin untuk menshare artikel2x .. Boleh ya mba^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, salam kenal juga ya. Btw nama saya bukan Emisha ya, Emisha itu nama salah satu pembaca di JTT yang mengirimkan komentar.

      silahkan dishare artikel di JTT, selama mencantumkan sumber dan link back maka saya tidak keberatan. salam

      Hapus
  93. Hai mba endang,,senang sekali baca2 blog nya.gk bosen dan selalu penasaran pengen coba. Selma 3 hri berturut-turut saya baca terus.
    Saya suka banget es krim,dan pernah coba sendri buat banana ice cream pake resep saya sendiri. Menurut ibu saya sih dah pas rasa nya, cuma msh gk puas hasilnya mnurut saya. Agak padat dan agak sulit di scoop. Mba tau gk bahan pelembut ice cream selain SP,ovalet. Biar adonan juga ttp bisa ngembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba Winda, untuk es krim pisang ini memang padat dan keras ketika baru keluar kulkas ya, karena memang tdak menggunakan bahan pelembur dll. Saya biasanya diamkan dulu di suhu ruang sampai agak lembut.

      Kalau mau lembut, tentu saja pakai resep es krim yang sebenarnya mba, biasanya mengandung susu, kuning telur ya. saya hanya pernah bikin dari krim kental dan memang lembut es krimnya. bs googling saja es krim mangga JTT.

      Hapus
  94. Besok mau eksekusi ini,mau nyoba pisang smangka rambutans hehee. moga berhasil. Trims mba endss resepnya

    BalasHapus
  95. Hai mba endaaaang...
    Aku coba resepnya nich, tapi kolaborasi pisang dengan tape ketan item, kebetulan ada tape ketan item di rumah, dan vanilla aku skip karena kebetulan ga ada...
    Aroma nya masih aroma pisang, tapi ada rasa ketannya gitu mba, tapi enak n lembut yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mb Amelia sharingnya ya, senang resepnya disuka, waah modifikasinya mantap keknya yaaa

      Hapus
  96. Thu yaa mbak, rasaxa cocok ama lidah 3ponakan d rmh. mgg bsk nagih, jadixa sabtu ni lembur lagii 😂.oh yaa, klo es puter, apa pernah cb mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Evi sharingya ya, sayangnya saya blm pernah buat es puter ya mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...