15 July 2011

Membuat Selai Dari Buah Kiwi


Selai kiwi yang sangat mudah dibuat ini saya gunakan untuk mengisi roti isi selai kiwi minggu lalu. Walaupun sebenarnya selai yang digunakan bisa dari jenis apapun namun selai kiwi ini saya buat selain sebagai pengisi roti juga sebagai alternatif mengolah buah kiwi yang asam, walaupun tentu saja kiwi sedap juga untuk dibuat jus atau smothie. Seperti posting saya sebelumnya di Kiwi Smoothie, anda bisa klik disini jika tertarik dengan resepnya.

Buah kiwi yang dihaluskan

Membuat selai sendiri tentu saja memang memerlukan waktu dan tenaga namun hasilnya tidak mengecewakan, selai dengan kualitas yang baik harganya cukup tinggi bagi kocek saya untuk satu botolnya, sedangkan yang umum dijual di pasaran terkadang kita ragu dengan bahan-bahan yang digunakan, apakah menggunakan bahan asli atau justru banyak mengandung bahan tambahan pangan seperti pengawet, pemanis buatan dan pewarna. Selai kiwi ini selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengisi dan pengoles roti, sedap juga untuk di oleskan di kue kering, seperti jenis thumbprint cookies, dimana selai diisikan pada bagian tengah kue. 

Berikut resepnya ya.




Selai Kiwi
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 3 buah kiwi, haluskan dengan blender
- 5 sendok makan gula pasir
- seujung kuku kayu manis bubuk
- beberapa tetes pewarna makanan hijau, jika suka

Cara membuat:


Siapkan wajan, masukkan kiwi yang telah dihaluskan, kayu manis bubuk dan beberapa tetes pewarna hijau jika suka. Masak semua bahan hingga mendidih, kental dan air menyusut. Aduk-aduk selama selai dimasak.


Jika air telah hampir mengering, tambahkan gula pasir dan aduk terus hingga air benar-benar habis dan selai mengeras. Angkat dan dinginkan. Simpan selai dalam wadah tertutup rapat dan masukkan ke kulkas agar tahan lama. 

Selai siap digunakan untuk aneka kebutuhan.

Klik disini untuk roti isi selai kiwi yang lezat.

2 comments:

  1. perbandingan gula dan buah kiwi berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sekitar 3 buah kiwi untuk 100 gram gula pasir ya, walau tergantung jenis kiwinya juga, kalau golden dan manis kayaya gula dikurangi ya

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...