30 Juli 2011

Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea


Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT

Sayap ayam memang tidak ada habisnya untuk diolah menjadi aneka makanan dan hampir semua menyukainya. Salah satu olahan sayap ayam favorit saya tentu saja hot and spicy chicken wing, yang rasanya gurih dan manis, very tasty. Saya pernah posting resepnya, jika anda tertarik bisa klik di Sayap Ayam Berbumbu - Tasty Chicken Wing. Rasanya so yummy! Untuk resep kali ini, sayap ayam yang dibalut tepung berbumbu digoreng hingga renyah baru kemudian di masukkan ke dalam sausnya yang terbuat dari larutan gula mirip caramel. Sebenarnya tanpa saus caramel-pun sayap ayam yang telah digoreng renyah ini sudah cukup lezat. Hanya saja dengan tambahan saus caramel dan kacang tanah goreng, hidangan ini menjadi lebih mantap. Semangkuk sayap ayam ini habis saya sikat sendiri ketika baru saja keluar dari penggorengan ^_^.

Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT
Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT
Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT

Resep sayap ayam manis dan renyah ini saya dapatkan di salah satu website Korean Food favorit saya, Maangchi. Membuatnya cukup mudah dan rasanya juga sangat tasty. Manis, gurih, asin dan renyah. Sedap untuk dikudap begitu saja sebagai camilan atau sebagai lauk juga oke. Selain menggunakan sayap ayam, hidangan ini juga bisa dibuat dengan menggunakan bagian ayam lainnya, potong kecil-kecil daging ayam agar kering ketika digoreng. Gula Jawa-nya bisa diganti dengan madu jika anda berusaha menghindari pemakaian gula yang banyak pada hidangan. Saya melakukan adaptasi dengan melakukan penggantian pada beberapa bahan yang digunakan karena keterbatasan sumber daya. Seperti brown sugar saya ganti dengan palm sugar/gula Jawa dan corn syrup saya hilangkan dan ganti dengan gula pasir biasa. Jika anda tertarik dengan resep aslinya silahkan klik di link yang saya sertakan di bawah ya.  

Berikut resepnya ya.

Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT

Sayap Ayam Manis & Renyah
Resep diadaptasikan dari website Maangchi - Sweet and Crispy Chicken (Dakkangjung) 

Untuk 15 buah chicken wings

Bahan:
- 15 buah chicken wing, bagi menjadi 2 bagian dan buang bagian ujung sayapnya
- 100 gram kacang tanah, goreng hingga matang
- 1 sendok makan wijen untuk taburan
- Minyak yang banyak untuk menggoreng

Bahan & bumbu adonan tepung untuk pencelup ayam:
- 25 gram tepung terigu
- 25 gram tepung sagu/tapioka
- 1 butir telur
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu:  
- 3 ruas jahe, iris korek api 
- 100 ml air
- 2 sendok teh kecap asin
- 50 gram gula Jawa, disisir
- 50 gram gula pasir
- 1 1/2 sendok teh vinegar/cuka
- 1 sendok makan cabai kering cincang kasar
- 1 sendok teh cabai bubuk (optional)

Cara membuat:
Siapkan sayap ayam yang telah dicuci bersih, masukkan ke dalam mangkuk tambahkan 1 sendok makan garam. Remas-remas ayam hingga terasa kesat dan lendirnya menghilang. Cuci bersih dan tiriskan. 


Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT

Masukkan ayam ke mangkuk, beri tepung, telur, garam dan merica, aduk menggunakan jari-jari tangan hingga tercampur rata. 


Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT

Panaskan minyak yang agak banyak di wajan, goreng ayam hingga terendam minyak. Saya membaginya menjadi 2 kali menggoreng, goreng hingga kering, crispy dan berwarna kecoklatan. Angkat menggunakan saringan kawat dan tiriskan.

Sekarang kita buat sausnya. 

Resep Sayap Ayam Manis & Renyah a la Korea JTT

Siapkan wajan, masukkan air dan masak hingga mendidih. Tambahkan jahe, kecap asin, garam, dan cuka. Rebus hingga mendidih, tambahkan gula dan masak hingga saus menjadi kental. Sendokkan saus menggunakan spatula dan jatuhkan kembali ke wajan, jika tetesan saus jatuh perlahan dan berhenti di tengah jalan, tandanya saus telah cukup kental. 

Kecilkan api kompor, masukkan ayam goreng, kacang, cabai kering, cabai bubuk dan wijen. Aduk hingga rata. Angkat.
 


Sayap ayam siap disantap.

Source:



6 komentar:

  1. Mbak, fungsi cuka dlm resep tsb buat apa ya? saya kuatir kalo rasanya jadi rada2 kecut, gitu...trus kalo emang ga bisa di-skip alias harus pake, gmn kalo diganti air jeruk nipis, soalnya cuka tuh berasa 'kimia' bgt (menurut saya, sih...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, di resep aslinya yang saya ambil dari web Maangchi memang menggunakan cuka, mungkin untuk menambah rasa ya. Saya rasa jika diskip gak masalah. Untuk lebih jelasnya silahkan klik di link yang saya sertakan untuk menuju ke web aslinya, disana juga ada video pembuatannya.

      Hapus
  2. salam kenal y mba..
    stlh dpt link ini dr kk ku, jd srg cb resep2nya mba. enak2 euy.. yg ini resepnya br 1 tahap, tp da ludes sm anak2 dmkn. krn da krispi.hehe.. mksh ats share resep2nya ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, menurut saya resep ini jutsru enak gak usah dikasih larutan gulanya hehehe, enak dimakan tahap pertama saja, krispi dan gak eneg. Dikasih gula malah eneg Mba, thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  3. salam kenal mbak endang..
    saya seneng banget ngumpulin resep resepnya mbak endang,terus coba masak kalo lagi liburan kuliah, cuman sampai sekarang masih bingung kalo bedai resep yang ada soy sauce sama kecap asin >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Fara, soy sauce = kecap asin, hannya saja kecap asin lokal cenderung super asin dan kurang oke rasanya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...