15 Juli 2011

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi


Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Di posting sebelumnya mengenai membuat selai kiwi, saya sempat menulis bahwa selai kiwi tersebut saya gunakan sebagai bahan pengisi roti. Nah, postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat roti isi selai buah kiwi. Walaupun umumnya roti isi selai biasanya terbuat dari selai nanas, strawberry atau coklat, dengan selai kiwi buatan sendiri yang terasa asam dan manis hasilnya tak kalah sedapnya. Roti ini saya buat minggu lalu, dan baru sempat saya posting sekarang. Ketika saya bawa ke kantor untuk menemani lembur di hari Sabtu, roti pun langsung habis ludes di serbu oleh teman-teman di kantor. 

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT
Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Adonan roti yang saya gunakan di resep ini sama dengan adonan resep roti goreng isi kari daging yang pernah saya posting di obsesi roti 5. Walaupun hasil akhirnya ternyata roti lebih lembut jika digoreng namun roti isi kiwi ini cukup lezat dan empuk untuk menemani sarapan pagi anda atau sebagai bekal di kantor dan putra putri anda di sekolah. Resep adonan roti yang saya gunakan ini sangat fleksibel untuk anda gunakan membuat aneka macam roti yang enak, semuanya tergantung dengan kreatifitas anda. 

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Seperti yang saya jelaskan di postingan yang lalu, sebelum anda memutuskan untuk membuat roti jenis apapun maka pastikan anda memiliki waktu yang luang karena proses membuatnya yang terbilang cukup menyita waktu. Sebaiknya lakukan dengan rileks, tidak terburu-buru saat menguleni dan mengistirahatkan adonan, dan hasil roti anda pun menjadi maksimal.

Resep roti ini saya ambil dari web HideHide's Home Cooking, web yang berisi banyak sekali resep roti yang menarik yang membuat anda ingin mencoba hampir semua resepnya.

Yuk langsung kita buat saja. 

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi 
Resep diadaptasikan dari HideHide's Home Cooking Recipes - Kiwifruit Ring Bread  

Untuk 5 buah roti 

Bahan & cara membuat adonan roti klik di postingan saya di Roti Goreng Isi Kari Daging.
Untuk membuat selai kiwi silahkan klik di postingan saya di Membuat Selai dari Buah Kiwi.  

Bahan Isi:
- 100 gram selai kiwi
- 6 gram tepung maizena

Cara membuat:
Untuk membuat isinya, panaskan sejenak selai kiwi di dengan cara di tim, tambahkan tepung maizena, aduk rata. Angkat dan sisihkan.

Membuat roti

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Letakkan satu buah bola adonan di atas meja yang telah ditaburi dengan tepung terigu, gilas memanjang kira-kira 15 cm. Olesi selai kiwi di tengah adonan, secara memanjang. Gulung roti dari kiri ke kanan sehingga menjadi 1 buah gulungan adonan yang panjang. 

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Gunting adonan hingga setengah bagiannya terpotong, jangan sampai putus ya. Gulung adonan dari bagian ujung membentuk satu lingkaran, rapatkan ujung sambungan agar tidak terlepas. Lakukan hingga semua bagian adonan habis.

Obsesi Roti 6: Roti Bulat Isi Selai Buah Kiwi JTT

Olesi permukaannya dengan kocokan telur, diamkan selama 20 menit hingga adonan mengembang dua kali lipat.

Panggang adonan ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya minimal 20 menit. Panggang selama 15 - 20 menit atau hingga permukaan roti mulai kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan di rak kawat. Siap disajikan.

Roti ini sedap selagi hangat. Yummy! 

Source:
HideHide's Home Cooking Recipes - Kiwifruit Ring Bread



3 komentar:

  1. Mba Endang,rikes artikel sourdough starter ya.sudah pernah bikin bread yg pake ini blum? aku naksir sama resep disini http://www.girlichef.com/2011/06/cheddar-stuffed-crusty-sourdough-loaves.html Thx b4,hehehehe...yg satu ini cerewet banyak maunya ya

    BalasHapus
  2. Heheh, sama ternyata, penasaran sama sourdough ya?? aku pernah bikin starternya jeng, kira-kira bulan lalu, dua percobaan satu pakai air biasa satunya pakai jus nanas, cuman kok gak yakin dengan keberhasilannya. Baunya sih udah tercium kaya fermentasi ragi cuman kok gak berbusa banget selayaknya starter yang jadi. Ujung-ujungnya dibuang. Okeh, ntar tak cuba praktek buat starternya dulu ya, kali ini dibikin yang serius deh ^_^

    BalasHapus
  3. Mbak, saya semalam bikin selai nanas pake resep mbak tapi minus cengkeh. Lalu rencana bikin roti isi selai nanas akhir pekan ini. Saya juga pernah lihat web HideHide's Home Cooking bbrp wkt yl, ya bentuk rotinya cantik dan unik. Sangat kreatif! Saya sdh coba bbrp bentuk, walaupun hasilnya belum secantik punya HideHide's Home Cooking. Kalo pas senggang di kantor, saya suka buka web ini. Demen banget pokoknya.. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...