14 Juli 2011

Resep Smoothie Buah Kiwi


Resep Smoothie Buah Kiwi JTT

Buah lainnya yang lezat untuk dibuat smoothie, selain strawberry dan mangga adalah kiwi, rasanya yang asam manis segar berkolaborasi dengan yoghurt, madu dan tentu saja es batu. Smothie memang minuman lezat dan mudah dibuat, serta menjadi favorit saya untuk menyegarkan tenggorokan dan tubuh kala pulang dari kantor, stress dan letih. Karena itu saya pasti selalu menyediakan buah beku dan yoghurt di kulkas. Strawberry dan kiwi merupakan jenis buah yang mudah rusak jika disimpan di chiller kulkas, dulu saya sering kesal jika membeli strawberry terlalu banyak, hanya dalam 2 hari permukaan buah akan ditumbuhi jamur. Kiwi tentu saja memiliki daya simpan lebih panjang dibandingkan strawberry, hanya saja jika bukan dari jenis yang manis seperti Golden Kiwi maka saya jarang menyantapnya sebagai buah potong. Paling mantap adalah dengan mengubahnya menjadi  jus atau smoothie seperti ini.

Resep Smoothie Buah Kiwi JTT
Resep Smoothie Buah Kiwi JTT
Tipsnya agar buah-buahan anda lebih tahan lama yaitu dengan membekukannya di dalam freezer. Sebelum dimasukkan dalam freezer, buah dikupas, dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian packing dalam plastik mika dan bekukan. Jika strawberry hilangkan daunnya dan cuci bersih. Buah beku ini tahan hingga berbulan-bulan dan rasanya masih fresh dan segar saat di jadikan jus buah. Blender buah saat dalam kondisi masih beku, tambahkan pemanis, yoghurt atau susu cair ke dalamnya, sedap juga jika ditambahkan perasan jeruk lemon. Buah yang sering saya bekukan adalah strawberry, mangga, kiwi, nanas, dan pisang. Tentu saja buah beku ini menjadi kurang oke, baik tampilan maupun rasanya jika dicairkan, karena itu gunakan hanya untuk membuat jus buah atau smoothie. Selamat mencoba.

Berikut resepnya.

Resep Smoothie Buah Kiwi JTT

Smoothie Kiwi
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi 

Bahan:
- 3 buah kiwi, potong-potong, kondisi beku lebih baik
- 100 gram yoghurt plain
- 2 sendok makan susu bubuk
- 1 sendok makan madu
- 500 ml air
- es batu secukupnya 
- gula pasir atau sirup vanili jika suka

Cara membuat:

Resep Smoothie Buah Kiwi JTT
Resep Smoothie Buah Kiwi JTT

Siapkan blender masukkan semua bahan kecuali es batu dan proses hingga halus, tuangkan ke dalam mangkuk tambahkan es batu secukupnya. Siap disajikan. 



6 komentar:

  1. Bagaimana cara menyimpan yoghurt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalau saya biasanya hanya masukkan saja di kulkas (chiller bukan freezer) dalam wadah tertutup rapat. Asalkan masa kedaluarsanya masih belum lewat yoghurt baik2 saja dalam jangka panjang.

      Hapus
  2. admin... saya buat kiwi smoothie ini kok ada pahit ya rasanya... apa dari biji kiwinya, atau saya kurang manis krn tidak pakai madu.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hao Non Raisa, nama saya Endang ya, mungkin kiwinya, ada jenis yang rasanya agak sedikit pahit.

      Hapus
  3. Mba Endang mau nanya, kan aku pernah bc slh satu rsep mbak kalombk nyimpen roti twr dfrezeer. klo kita smpen roti twr dfrezeer wlaupn kdluarsanya udah abs msh bs dmkn ga sih mbak? Mksih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, kalau di freezer masa kedaluarsanya saya gak pakai tanggal di kemasan roti, karena bisa sampai lama banget dan roti masih oke saja dan enak. So far saya sehat2 saja makan roti lama di freezer hehehhe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...