25 Juli 2011

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran


Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Walaupun masuk ke dalam jenis junk food, tidak bisa dipungkiri makanan bernama beef cheese burger memang sangat lezat. Sekali-sekali menyantapnya dalam porsi yang tidak berlebihan mungkin masih bisa ditolerir ya, namun seringkali saya kalap juga jika selembar voucher MAP tergenggam di tangan sambil mata memelototi aneka burger di counter Burger King. Duh, tidak puas rasanya jika voucher senilai seratus ribu rupiah itu belum beralih semua menjadi aneka macam  burger lezat, dan yang tersisa kemudian adalah rasa sesal merambat ketika perut telah membengkak kekenyangan. Walau begitu kejadian ini tetap akan saya ulangi lagi jika mendapatkan voucher gratisan berikutnya ^_^

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT
Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Sebenarnya kalau dihitung-hitung membeli burger di luaran cukup menguras kantong juga, harganya tidak bisa dibilang murah untuk setangkup roti dengan selapis daging dan sepotong keju. Apalagi jika jumlah anggota keluarga cukup banyak atau anda termasuk kategori seperti saya dan Tedy yang kalau makan maunya porsi besar. Hmm, tidak ada cara lain, membuat burger sendiri adalah alternatif terbaik. Kenyang, lezat dan puas. Jangan terlalu memikirkan ribetnya ya, karena jika hitung-hitungan capek, menghabiskan waktu dan tidak mau repot seperti teman saya, Meta, kapan lagi kita pintarnya bukan? Apalagi membuat burger sebenarnya adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Ajak si kecil atau anggota keluarga yang lain untuk mengisi dan merangkai burgernya sendiri di hari weekend sehingga anda tidak perlu bermacet-macet ria ke Puncak, karena kegiatan di dapur telah cukup seru.

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Untuk resep roti burgernya anda bisa klik di postingan saya Membuat Roti Burger - Burger Bun, disana saya telah masukkan step by step cara membuatnya. Roti burger ini empuk dan lezat bahkan masih terasa fresh hingga hari  ke-3 asalkan disimpan di dalam plastik rapat.

Yuk kita buat saja.

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran
Resep hasil modifikasi sendiri

Anda membutuhkan 5 - 6  buah roti burger, diameter + 8 cm

 Bahan:
- 200 gram daging sapi cincang (bisa menggunakan daging ayam)
- 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur kocok lepas
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 5 sendok makan tepung panir (bread crumbs)

Pelengkap:
- keju cheddar lembaran sebanyak jumlah burger
- daun selada secukupnya, saya tidak pakai
- 1 butir tomat merah, iris tipis
- 1/2 butir bawang bombay, iris tipis
- saus mayonnaise secukupnya
- saus tomat dan saus sambal secukupnya

Cara membuat:

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Siapkan mangkuk, masukkan daging cincang, bumbu, telur, aduk menjadi satu. Tambahkan bawang bombay dan tepung roti. Aduk menjadi satu hingga rata. Paling mudah menggunakan jari-jari tangan. 

Note: jangan berlebihan mengaduk daging cincang karena akan membuat daging menjadi keras dan kering setelah dimasak. Tidak perlu mengaduk sampai butiran daging cincang lumat, jika sudah tercampur baik dengan bahan lain segera hentikan mengaduk.

Ambil kira-kira 2 sendok makan adonan daging, kepalkan dan bentuk bulat yang padat. Pipihkan di telapak tangan hingga menjadi piringan tipis dengan lebar + 7 cm, tebal + 1/2 cm. 

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Siapkan pan datar anti lengket, oleskan dengan sedikit margarine. Letakkan daging diatas pan dan masak hingga mengeras dan matang di satu sisi. Balikkan dan masak hingga semua bagian daging matang. Lakukan hingga adonan daging habis

Tips. Jika anda kesulitan membentuk adonan daging menjadi setipis mungkin, cara paling mudah adalah dengan menatanya langsung di pan. Ambil  adonan, letakkan di pan beroles margarine, tekan-telan dengan ujung jari dan ratakan agar membentuk satu piringan bulat. Hidupkan api kompor dan masak hingga mengeras baru kemudian balikkan dengan spatula untuk memasak sisi sebelahnya. 

Menata burger:

Resep Burger Daging Sapi, Keju dan Sayuran JTT

Siapkan roti, belah di bagian tengahnya hingga menjadi 2 bagian. Letakkan selembar keju cheddar, daging burger, irisan tomat, dan  bawang bombay. Semprotkan saus mayonnaise, saus sambal/saus tomat. Tutup dengan belahan roti burger, padatkan dengan sedikit menekannya, dan trala.. beef cheese burger pun siap disantap. Hmm, so yummy!

Source: 
Just Try & Taste - Membuat Roti Burger - Burger Bun



46 komentar:

  1. mbak adonan daging burgernya boleh ditambahin mustard? tepung panirnya boleh diganti potongan roti tawar/remah2 biskuit?

    BalasHapus
  2. Halo Rian, yup gak ada masalah dengan mustard, saya rasa akan menjadi lebih tasty. Roti tawar, biskuit dan bread crumbs bisa juga sebagai pengganti panir. Gud luck ya! ^_^

    BalasHapus
  3. wah mantap tuh kayanya dari gambarnya, jadi pengen nyoba buat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau coba ah hari minggu besok, beef lebih bagus giling sendiri tanpa ada campuran apapun...

      Hapus
  4. Mba klo beef nya mau disimpan kulkas utk stock kalo bikin burger, apa cara mengolahnya sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep bisa Mba, dipanggang saja dulu beefnya, bungkus satu persatu beef dengan plastik supaya gak lengket. Masukkan ke freezer.

      Hapus
  5. Okay mba, barusan bahan2nya sdh dibeli, tinggal dipraktekkan besok. Tq mbaa..

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. dear mba endang..salam kenal.. saya sudah coba beberapa resep (yg jelas lebih dr 5) dan semuanya kece2 abiiis hasilnya hahaha apalagi mangut!! ampun gak nyangka waktu saya search ikan pe dengan jtt dibelakangnya dan ADA! pas bgt lg hamil dan nemu rasanya tuh kayak dicium sm orlando bloom hahaha *halah llebay* :p
      btw aku lg coba bikin beef patty nya.. tp agak pecah pas di pan retak2 gtu.. itu knp ya? apa kurang tepung roti atau salah tepung roti? mohon bantuannya mba endang..

      btw makasi mba endang resepnya bermanfaat.. :)

      Hapus
    2. halo mba citra, salam kenal juga ya. thanks sudah suka dengan resep2 JTT ya mba. untuk beef burgers, pastikan saja saat membentuknya adonan daging ditekan hingga padat, ini untuk membuatnya kompak ya. Mungkin setelah adonan burger jadi istirahatkan sebentar dikulkas untuk membuat daging rileks dan tepung roti lebih lembut, baru kemudian adonan dibentuk menjadi patty. moga membantu ya

      Hapus
  7. wah mantap ternyata bisa bikin sendiri kirain harus beli terus...kalau pake cornet beef bisa gak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Corned beef harus pakai bahan lain untuk mengikat daging supaya mau menggumpal dan bisa dibentuk menjadi patties, misalnya ditambah telur atau tepung ya

      Hapus
  8. Untuk dagingnya bisa mateng sampe dalem ya mb walaupun di panggang diatas pan gt aja..mau cb ahh mb soalnya kapok kmrn beli burger2 an di dpn mini market ssyur sladanya sm hamnya pait hadehhh mending bikin sendiri terjamin deh
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, pakai api kecil saja saat memanggang dan buat tipis saja daging burgernya ya, matang kok.

      Hapus
  9. Sudah buat dan sukseeees... Makasih ya mba endang. Cara masaknya cepat dan mudah hasilnya luar biasa :*
    saya sudah praktekkan kaki naga dan burger. Alhamdulillah jadi banyak yang memuji masakan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nurhuda, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka ya. sukses selalu!

      Hapus
  10. Halo mbak Endang, mau nanya nih, kenapa ya kok kebanyakan kornet dicampur dengan tepung roti? Apa itu sebagai perekatnya?
    Apa boleh diganti dengan terigu? Kalau tidak, dengan tepung apa saja yg bisa diganti?
    Thanks mbak ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Shabrina, tepung roti atau bread crumbs di burger biasanya untuk menyerap cairan, supaya burger ynng dihasilkan tidak basah dan membuat bagian dalam seperti di steamed. Saya tidak sarankan diganti terigu karena teksturnya berbeda, mungkin bisa dicampur dengan roti tawar yang direndam susu cair, peras dan dilumatkan.

      Hapus
  11. hai mba endang,aku ijin resep mau coba bikin sepertinya enak dan mudah ,salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tri, salam kenal ya, thanks ya, silahkan dicoba moga suka ya Mba ^_^

      Hapus
  12. Salamun'alaikum.mbak Endang anak-anak lebih suka yg tipis, kalo sy mo buat tipis2 kayak beef yg banyak dijual tuh gimana ya? Mohon sarannya dong.trims b4.
    Tati, kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Tati, agak susah memang adonan daging dibuat patty tipis, soalnya suka hancur ketika dibentuk. kynya klu resto dia pakai cetakan khusus seperti alat pres sehingga patty bs padat dan gak hancur ketika dibentuk dan pnggang

      Hapus
  13. Hallo mba Endang, salam kenal ya. Saya sering baca-baca artikelnya, sangat lengkap dan bagus. Artikelnya sangat menginspirasi. Thanks for share.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, thnaks ya sudah menyukai resep2 JTT, sukses ya

      Hapus
  14. Wiih tadi sudah coba buat dan hasilnya enaaakkk! Tapi gimana ya caranya agar bawangnya gak terasa? Makasih mbak resepnya, beneran enak loo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangi saja porsi bawangnya mba jadi 1/4 saja, dan parut saja bawangnya jadi gak kasar teksturnya

      Hapus
  15. Mbaaaaaaa endaaaaaaaang racuuuun deh hahahah..gegara sering bolak balik ke JTT. Aku kmrn ultah pas ditanya mau kado apa ama suami. Mintanya philips food processor hihihihi...biar tambah banyak resep mba endanh yg di eksekusi
    Sup seafood menu andalan untuk hr minggu kalo males ribet..udh pasti. Selang seling ama sup iga..maaaf agak oot
    Mba buat patty ini dipanggang nya ampe matengkah kalo untuk di simpen di freezer?
    Mba ada menu yg pake keju kan yg bs disandingin ama nasi? Anakku ni lg keju addicted euy..mbaaaa makasih yaaa. Semoga mba makin keceeeeee #kecupDariAtharAlthaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, thanks sharingnya ya, senang resep2nya disuka. Selamat atas miksernya yaa, ini mikser awet bgt, saya sudah pakai selama 6 tahun dan msh bagus2 saja hehhehe.

      simpan freezer bs setengah matang dan kalau mau dimakan panaskan sampai matang.

      menu keju paling yang western ya, kaya lasagna tapi dimakan sama pasta bukan nasi.

      Hapus
  16. Philips food processor mba..
    Mixer pake merk lain itu hasip kado nikah. Hampir 4thn ga dibuka dr kardusnya..br dibuka ketika eksekusi resep bronis legit mbaa...hehehehehhe
    Suwun bgt ya mba..blog mba bikin aku semangat buat ke dapur

    Ya mba pasta suka bikin sey..spaghetti cassrole mba udh aku eksekusi juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, yang food pronya juga awet, tapi saya jarang pakai lebih sering pakai choppernya.

      sukses yaa

      Hapus
  17. Mbk Klw didalam adonan Ditambah parutan keju gimana,bisa tidak y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, pakai keju cheddar parut, aduk bersama adonan burger mba

      Hapus
  18. Mba kalo mau simpan patty buat stok bisa gak ya?cara simpannya sebaiknya gimana?di freezer atau di chiller aja?kalo disimpan di freezer apa bisa matang merata ketika dipanggang mba,takutnya dalamnya masih mentah dan berair,tp kalau disimpan di chiller apa nd busuk dagingnya mba?
    Maaf banyak nanya yaa mba hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, sebaiknya di freezer. Di chiller hanya untuk 3 hari saja. Kalau beku didiamkan saja di suhu ruang sampai lunak baru dipanggang. Atau simpan dalam kondisi setengah matang, bekukan dan cairkan ketika akan dipanggang

      Hapus
  19. Dear mba Endang....

    Mba, kalo misal Patti sy kukus dulu sebelum di panggang untuk memastikan bahwa Patti benar matang sampai ke dalam (tetep porno 😁) apakah akan berpengaruh pada rasa pastinya? Makasih mba 😙

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, menurut saya tdk ya, jadi seperti rolade, tapi tetap enak kok

      Hapus
  20. Mba endang, saya sering bgt tengok2 website jtt sblm masak, ngefans bgt deh ama jtt,

    Mbk klo pke daging giling kealusan ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai daging giling oke ya, nggak masalah kok. Thanks yaa sudah menyukai JTT. suksesss

      Hapus
  21. Mba endang yg baik hati dan tidak sombong..hehe..mau nanya mba..kalo daging cincang 200gr jadinya brp burger yah mba?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm berapa yaaaa, susah saya ngira2 hahhaha, mungkin sekitar 4 atau 5 tergantung besar dan ketebalan yang diinginkna

      Hapus
  22. Mb .. untuk beef nya nda pake bawang putih ya ? kira2 kalo kita tambahkan bawang putih bubuk atau halus bisa nda ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. resep ini ngak ya, bs pakai 3 siung bawang outih cincang

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...