28 Juli 2011

Resep Klapertart Tidak Dipanggang


Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT

Pertama kali merasakan klapertart, dan itu sudah lama sekali, seingat saya adalah ketika ada teman sekantor yang baru saja kembali dari tugas di Manado. Samuel, teman saya ini, membawa satu loyang klappertaart dengan diameter sekitar 23 cm, dan dalam sekejap mata si kue lezat ini habis, ludes disikat beramai-ramai. Rasanya sungguh sedap. Tekstur kue yang seperti puding ini begitu lembut, lumer di mulut dengan rasa yang manis, ditambah dengan lembaran-lembaran lembut daging kelapa muda dan kacang kenari yang gurih dan ditutup dengan semriwing rhumAhh, saya langsung mengklaim, tidak ada hidangan selezat klappertaart! Mungkin ambrosia, makanan para dewa dalam mitology Yunani seperti ini rasanya, pikir saya saat itu. Sayangnya waktu itu di Jakarta makanan ini sulit ditemui, sehingga kami pasti akan berlomba-lomba memesan jika kebetulan ada teman yang pergi ke Manado, kota si Klappertaart ini berasal.

Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT
Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT
Kelapa muda yang lembut dan manis

Kini di Jakarta, makanan ini mudah dijumpai dan sering kali menjadi salah satu snack yang disajikan dalam suatu acara jamuan makan. Di kantor saya bahkan seringkali jika ada staff yang berulang tahun maka klappertaart yang dikemas dalam cup-cup alumunium foil dan dilengkapi dengan sendok plastik kecil dibagikan ke seluruh karyawan. Praktis memang, karena kue semi puding dengan tekstur yang lembek ini memang agak merepotkan saat akan disantap. Bahan utama klappertaart adalah kelapa muda yang dibalut dalam adonan lembut yang terbuat dari terigu, susu dan telur. Permukaannya biasanya ditaburi dengan kismis, kacang kenari dan kayu manis bubuk. Umumnya klappertaart juga di tambahkan rhum untuk menetralisir supaya rasanya tidak terlalu eneg


Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT


Berdasarkan cara membuatnya maka dikenal dua jenis klapertart, panggang dan non panggang. Klapertart panggang biasanya pada permukaannya ditambahkan putih telur yang dikocok hingga kaku. Proses pembuatannya yaitu setelah kue dipanggang setengah matang permukaannya kemudian disemprotkan putih telur kocok, kue lantas dipanggang kembali hingga matang. Cara ini menciptakan kue dengan permukaan seperti mousse/busa yang lembut. Cara kedua adalah tanpa panggang, cara ini tentu saja lebih praktis dan mudah untuk dibuat. Klappertaart tanpa panggang tidak disemprotkan putih telur di permukaannya dan paling sedap dimakan dalam kondisi dingin. Karena itu kue ini sebaiknya dimasukkan ke dalam kulkas sebelum dihidangkan. 

Resep klapertart ini sebenarnya idenya saya ambil dari vla vanilla untuk kue sus yang pernah saya posting di Kue Sus Isi Vla Vanilla dan Peach Puff Pastry. Ketika saya membuat vla terlintas dalam benak saya betapa teksturnya mirip sekali dengan klapertart. Dari membaca beberapa literatur tepung custard umum digunakan untuk membuat vla dan puding, kebetulan karena saya memiliki 1 kaleng tepung custard di rak dapur maka saya mencoba untuk memberdayakannya dan ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Tepung custard ini berwarna putih seperti tepung terigu, hanya saja ketika terkena cairan warnanya akan berubah menjadi kuning karena mengandung bahan pewarna di dalamnya. Bahan dasar tepung ini adalah krim dan kuning telur dan umum digunakan sebagai pengental pada saus, puding atau hidangan pencuci mulut lainnya. Custard umumnya dimasak dengan teknik double boiler/bain-marie (tim), microwave atau dengan memanaskannya menggunakan panci di suhu yang rendah. Memasak menggunakan custard memerlukan kehati-hatian karena panas yang berlebihan akan membuatnya menjadi menggumpal.

Melihat komponen bahannya, memang harus diakui jika klapertart mengandung kalori yang tinggi. Karena itu memang sebaiknya disantap dalam porsi kecil dan terbatas. Hmm, sayangnya saya sulit melakukan hal tersebut ^_^.

Berikut ini resepnya ya. 

Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT

Klapertart  Tidak Dipanggang
Resep diadaptasikan dari Baking with Passion, Bakers & Spice - Pastry Cream, Chesnut mille feuilles

Untuk 8 porsi

Bahan:
- 50 gram tepung custard (bisa diganti dengan tepung maizena)
- 35 gram tepung terigu serba guna
- 3 kuning telur 
- 1 putih telur
- 1/4 sendok teh garam halus
- 100 ml + 500 ml air kelapa
- 5 sendok makan susu bubuk rendah lemak
- 5 sendok makan gula pasir
- 4 butir kelapa muda, keruk dagingnya
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh essence rhum (optional)
- 50 gram kismis
- 30 gram kacang almond iris atau kenari cincang, jika suka
- 100 gram mentega 
- kayu manis bubuk sebagai taburan

Cara membuat:
Siapkan mangkuk, tuangkan air kelapa dan susu bubuk, aduk hingga rata. Sisihkan. 

Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT

Dalam mangkuk kecil, aduk jadi satu tepung custard, tepung terigu dan telur menggunakan spatula balon hingga rata dan menjadi adonan yang smooth. Tuangkan 100 ml air kelapa, aduk rata hingga menjadi larutan yang halus.

Siapkan panci ukuran sedang, letakkan panci di atas kompor. Tuangkan larutan air kelapa dan susu, tambahkan adonan tepung dan telur, aduk hingga rata menggunakan spatula balon atau kayu. Masukkan daging kelapa muda, garam, gula pasir dan vanila ekstrak, masak menggunakan api kecil sambil diaduk dengan gerakan searah agar tidak pecah.


Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT


Masak hingga menjadi adonan yang kental, tambahkan kismis, terus aduk hingga mulai muncul gelembung letupan tanda adonan mulai mendidih. Matikan api kompor dan angkat. 


Resep Klapertart Tidak Dipanggang JTT


Masukkan mentega, aduk hingga mentega mencair dan tercampur rata dengan adonan. Adonan yang terbentuk kental dan smooth. Tambahkan essence rhum aduk merata. 

Siapkan mangkuk-mangkuk kecil, tuangkan adonan ke dalamnya, taburi atasnya dengan almond yang telah dipanggang dan kayu manis bubuk menggunakan saringan kecil agar kayu manis tersebar merata dan tidak berlebihan di permukaan kue. Biarkan uap panasnya menghilang dan masukkan ke kulkas agar menjadi dingin. 

Klappertaart paling sedap dimakan saat benar-benar dingin. Yummy! 

Sources:
Buku Baking with Passion - Pastry Cream
Wikipedia Indonesia - Klappertaart
Wikipedia - Custard



97 komentar:

  1. resep klappertartnya bs nih dicoba utk pemula yg ga punya oven... salam kenal

    BalasHapus
  2. Halo mba endang, saya udah nyoba buat ini, tapi kok klapertart saya ga lembut, trus pas dididihkan di kompor, dia kering dan akhirnya mengumpal alias pecah2. hiks hiks. Apakah api kompornya yang kebesaran ya mba? Soalnya saya udah ikutin sesuai resep. Jadi klapertart saya mirip fla nya kue sus. tapi agak keras dikit.
    - Salam Atiqah -

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Atiqah, api harus sangat kecil sekali Mba, kalau terlalu besar akan cepat menggumpal dan mengering. Apakah takaran sama? Kalau terlalu kering maka sebaiknya takaran air ditambah. Memasaknya harus terus diaduk dan adonan harus diperhatikan baik2, jika muncul letupan pertama langsung diangkat, tidak boleh ditinggal atau terlalu lama dimasak.

      Hapus
  3. kok ada yg sama yaa :O http://kulinernusantara28.blogspot.com/2012/01/klappertaart-tidak-dipanggang.html
    susi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas linknya, waduh bikin saya emosi jiwa banget. Semua di copy total sampai gambar2 dan sourcenya juga tapi gak kasih link back ke saya. Gambar saya di cut dan dihilangkan water marknya. Kapan negara ini bisa maju ya, kalau mental cheating seperti ini dipelihara. Tobat dah!

      Hapus
  4. iya nih mba, aku juga gedeg -_- pdhl mba endang udah cape2 foto, nulis, masak, posting dll eh dicopas plek jiplek tnp linkback ke JTT -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nangsibb hiks. Thanks ya Non, kayanya resiko blogger di Indonesia. ^_^

      Hapus
  5. udah nyoba resep ini lom? rasanya enakan yang dipanggang apa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pertanyaan ini maksudnya gimana ya? udah coba resep ini dipanggang belum? gitu kali ya? kalau sudah nyoba resep ya pasti resep diatas sudah di trial.

      Hapus
  6. Mbak, saya mau tny. Itu susu bubuknya knp hrs rendah lemak? Klo pake susu bubuk ons2-an yang dipake buat bikin roti itu bisakah? Atau pake susu bubuk dancow?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kalau mau pakai full cream, ini karena saya mengurangi kalori saja. bisa pakai susu bubuk kiloan ya, susu bubuk apapun oke kok

      Hapus
  7. mau tanya mbak..kalau saya perhatikan yang panggang atau yang ga panggang, takaran bahannya sama aja tuh..apa kl dipanggang adonannya jadi lebih kering ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Niniek, sebenarnya sama saja, hanya saja versi panggang permukaan kue memang lebih kering ya

      Hapus
  8. mbak kalau ini ditambah topping putel dan dipanggang bisa tho? mau coba jadi variasi panggang tapi sy sdh jatuh cinta dengan resep yg no bake ini..jadi penasaran..menurut mbak gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba dwi, belum pernah buat versi pakai topping putel dan panggang ya, jadi gak bs kasih masukan karena mungkin resep klapertart panggang beda sama yang nggak panggang ya.

      Hapus
  9. mbak, Klappertaart yg tidak dipanggang ini bisa tahan berapa hari ya di kulkas?

    BalasHapus
  10. mbak,klo mau dipanggang hrs brp lama? suhunya brp? (pk otrik) mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini jenis tidak dipangang ya, mungkin mba harus cari versi panggangnya karena bisa jadi komposisi bahan beda.

      Hapus
    2. Kalau di pangang bisa lebih lama .
      Paling lama seminggu di kulkas

      Hapus
  11. Mba, kalau ga pake telur kira-kira bakal merubah rasa ga ya? Thank you mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeppp, saya rasa tidak akan selezat jika menggunakan telur ya

      Hapus
  12. Mbak, kalau saya ingin buat 15 porsi atau lebih, apakah sebaiknya bahan bakunya dibuat juga menjadi 3 kali lipat? Tolong infonya mbak.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, tergantung dengan besar wadah yang akan dipakai ya. Yang jelas kalau mau lebih banyak, maka bahannya tinggal di kalikan saja sesuai porsi yang diinginkan ya.

      Hapus
  13. halo Mbak... air kelapa 600ml itu kira2 dari berapa butir kelapa y...? trima kasih... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba anne, sepetinya tergatung besar kelapanya, bs 1 atau 2 butir

      Hapus
  14. Mbak...
    Ini bisa dibikin rasa2 gak sih? Seperti rasa coklat gitu? Kalo memang bisa, apakah ada bahan yang harus ditambahkan? Lebih baik pakai coklat bubuk/DCC? Dan berapa untuk takarannya? Mau coba aku variasiin nih, makasih ya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, bisa pakai rasa coklat mba, saran saya pakai coklat bubuk atau pasta coklat saja ya. Takarannya mungkin sekitar 1 sendok makan untuk coklat bubuk, kalau pasta coklat tergantung pastanya ya, jadi mulai saja pakai 1 sendok teh ya.

      Hapus
  15. Mbakk,mentega bs dignti margarin tidak?

    BalasHapus
  16. hi mba....kalau kelapa nya beli di abang2 yang jual es kelapa muda bisa kan? atau harus ada kata kunci nya gitu kalau beli di pasar hehehe...makasaih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba reni, yepp beli di abang2 penjual kelapa muda ya, minta dikerok sekalian dagingnya. saya belinya juga disana kok dan gak perlu pakai kata kunci ya hehheheh

      Hapus
  17. Salam kenal mb...mau nanya donk utk putih telur d campurkan d mana yaah,,,,makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba ade, dicampurkan saat awal proses membuat custard ya:
      Dalam mangkuk kecil, aduk jadi satu tepung custard, tepung terigu dan telur (telur disini kuning dan putihnya ya)

      Hapus
  18. nice blog.. salam kenal ya, mbak. mo tanya, nih! jumlah daging kelapa mudanya memang harus dari 4 butir kelapa ya, mbak? harus sebanyak itu, kah? tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, setahu saya kelapa yang sangat2 muda dagingnya cuma sedikit ya. Dan hasil terbaik memang berasal dari daging kelapa yang sangat muda sehingga lembut dan gak keras sama sekali. kalau daging kelapa yang digunakan banyak bs dikurangi takarannya ya

      Hapus
  19. mbak Endang, ijin copas resepnya ya? ohya, adonan terigu g perlu disaring lagi ya, mbak? takutnya brindil2 ( maklum, amatiran hehe), kalau disaring baru dicampur isian kismis dll bisa ga? atau akan merusak adonan? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb inge, silahkan mba. silahkan kalau mau disaring mba untuk memastikan adonan benar2 smooth. yep bisa kok setelah dsaring baru dicampur kismis dan diaduk

      Hapus
  20. mbak, ak udh nyoba, setengah resep doank si,hehe takut gagal( walo resep udah ok, ga yakin tanganku bs seperti tangan Mbak Endang hehe). rhum tak skip, atasnya tak tambahi parutan keju,tp g pake kayu manis, soalnya toko bahan kue langganan dua hari tutup,libur, jd pake yang seadanya. nyiapain degannya ya pake perjuangan. tnyata dibeliin sui degan yang kerokannya kasar, jd harus dibersihin kulit arinya yang agak nempel satu satu ( bener bener deh).
    cuma jd 6 cup kecil, satu dah dicomot sama anakku yang kecil pas masih blm masuk kulkas, eh setengah jam kemudian ambil lagi satu. Kataknya g jaminan bisabertahan sampai suami pulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba inge, thanks sharingnya ya mba. wakaka perjuangan banget membuat klapertaartnya, tapi kalau suskes gak papa yaa, semua capeknya sirna, apalagi kalau si krucil suka juga hahahha.

      ayo buat lagi buat bapaknya yaaa

      Hapus
  21. Salam kenal mbak endang 😀
    Seneng bs dpt resep2 yang gampang dan mudah buat pemula ky saya..
    maklum tinggal jauh dr ortu bikin saya kangen sm jajanan ini.
    Dr sekian toko bahan kue yg saya datangin, saya masih blm bs nemuin kenari....hmm kira2 kenari bs diganti pake apa y mbak (biar klapertartnya tetep endess) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Novita, thanks ya sudah menyukai resep2 di JTT. Untuk kenari saya biasanya ganti dengan almond slices ya mba, lebih mudah ditemukan di toko dan spm.

      sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  22. Mba tq banget buat resepnya..cocok dan enak banget rasanya :)
    Tp kl mo dibuat teksturny jd lebih padat kira2 yg perlu ditambah takaran terigu atau maizenanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas Divo, thanks sharingnya ya, tambah maizena saja ya, jangan tepung terigu

      Hapus
  23. Halo mba endang, saya jadi pengen bikin klapertart nih. Tapi apakah bisa diganti dengan sosis dan jagung? Apa jadinya namanya bukan klapertart ya? Hehe maklum kudet mba, mohon pencerahannya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, wah sayang sekali saya tidak bs membayangkan kalau pakai jagung dan sosis yaa, bukan klapertart menurut saya. tapi kalau mau dicobba monggo ya

      Hapus
  24. Mbak....Kenarinya bisa tidak diganti dengan Keju?Makasih Mbak

    BalasHapus
  25. mbak Endang Indriani yg baik, terimakasih atas resep klapertart yg mbak share..
    ceritanya sy berjualan klapertart pakai resep ini.. kata pelanggan, enaaak banget.. ^_^
    peluk hangat bwt mbak Endang..
    terimakasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka, Sukses untuk usahanya yaaa

      Hapus
  26. Hai mba endang.. Saya mau tanya,kalau saya ga pake kelapa kira2 bisa ga yaa..
    Atau kelapa nya saya ganti dgn kentang yg dikukus n sudah dihaluskan,,
    Kira2 bisa ga yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rina, skip saja kelapanya mba, gak masalah kok. Pakai kentang bisa ya, karena sebenarnya klapertaart itukan krim custard ya, jadi dicampur ini itu oke2 saja.

      Hapus
  27. halo mbak endanggggg salam kenallllll :D ini comment pertama aku di blog ini dan aku pengagum setia resep2 mbak lohhhhh ;) terutama brownies nya uenakkk uenakkkkk , aku lgi sebel pas buka FB hari ini nemu shared dari temennya temen resep mbak yg ini tpi gk disebutin source nyaaaaaa, udh gt bnyk yg comment tny resep dianya ngejawab seolah2 yg pny reseppppp udh gt foto2nya msh ada label jtt nyaaaaa ampunnn makkkkk tu oranggggggg :(

    btw, as you always you're my inspiration deh mbak! aku tuh padahal gk suka berkutat di dapur tpi semenjak nongkrongin blog nya mbak duhhhh jd pgn nyoba resep2 yg ada dsni hehehe pokoknya muachhhhhh! deh buat mbak Endang! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Aqilla, salam kenal ya, dan thanks ya sudah menyukai JTT dan sharing disini. Yep udah terlalu banyak resep JTT dijiplak, dicomot tanpa ijin, tanpa kasih sumber bahkan gambar dengan watermark JTT pun dicuri, saya hanya bisa mengelus dada dan semoga si pencuri diberi hidayah dari Atas.

      Sukses dan sehat selalu ya ^_^

      Hapus
  28. aku suka banget sama blog nya mbak Endang ini, awal aku suka memasak gegara nemu web ini, aku jadi mau nyoba karena mbak Endang baik banget mau ngasi foto step by stepnya, berguna sekali untuk pemula kaya aku. sekarang, uda hobi nguprek dapur meski masih sering gagal..tak apalah yang penting suka dulu.hehehe..makasih banyak mbak Endang, sukses terus ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fanny, thanks sharingnya ya, senang JTT disuka resepnya sukses dicoba. Sukses selalu ya

      Hapus
  29. makasih mba resepnyaa^^ ngebantu banget buat yang gak punya oven kaya aku, mau cobaaa semoga berhasil >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba, thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  30. Mba Endang, makasih banyak buat resep klapertartnya. Udah dicoba buat, tapi aku skip kenari. Rasanya mantep bener.. Dan skrg..sudah mulai ada orderan. Skali lg, terima kasih banyak Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba irene sharingnya ya, senang sekai resepnya disuka, sukses untuk orderannya yaaa

      Hapus
  31. Mbak Endang, makasih ya resepnya. Sekarang saya lagi nunggu klapertaart dingin di kulkas. Sebelumnya udah dicicipi, mantap banget rasanya. Saya fans berat JTT, yang pertama saya eksekusi dulu adalah donat kentang. Sampe sekarang saya cuma mau eksekusi resepnya Mbak karena step by step-nya jelas dan mudah diikuti, lalu ada bonus tipsnya. Pokoknya JTT mantap! Thank for your inspiration...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Meita, thanks sharingnya ya, moga klapertartnya disuka ya. Senang sekali resep2 JTT disuka ^_^. sukses selalu!

      Hapus
  32. Salam kenal mba endang...saya salah aatu penggemar resep2 mba endang..mba sy pengen nyoba resep kkapeertart jtt...mau nanua nie mba..kira2 bahan pengganti rhum apa ya mba?klapertart ini bisa dikukus gak ya mba?..terimakasih sebelumnyaa..dan selalu ditunggu resep2 mba yang maknyusss2 yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dewi, thanks sudah menyukai JTT ya,.

      rhum bs diganti essens rhum, pastikan saja ada logo halal disana. Klapertart ini tidak dipanggang atau kukus ya kalau dikukus malah aneh, umumnya dipanggang mba, supaya permukaanya agak kering

      Hapus
  33. Salam kenal mbak Endang, saya Rina mau nanya tepung custard kan bs diganti tepung maizena, itu ga merubah rasa ya mbak? Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba rina, tidak merubah rasa ya, mungkin warnanya saja kurang kuning, jadi bs tambah beberapa tetes pewarna makanan kuning spy warnanya lebih oke

      Hapus
  34. Mau nanya menteganya gak dicairkan dulu ya,, berarti mentega langsung dibuat diadonan sampai mencair sendiri??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, mentega kena panas sedikit saja pasti mencair mba

      Hapus
  35. Wah hebat ya mb endang ini, dengan sabarnya membalas koment..

    BalasHapus
  36. Mbak Endang terima kasih resepnya. Rum yang rekomen merk apa ya Mbak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai rum esence yang banyak dijual di supermarket mb, lupa merknya hehehhe

      Hapus
  37. Mbk kl klapertart rasanya lembut tp berasa kayak berpasir dikit itu salah di proses yg mana ya, trus itu tepungnya kok hrs dicampur dg air dikit knp ya mbk, kl misal lgsg dicampur dg seluruh susu trus diaduk n disaring efeknya apa mbk, tx bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kurang halus mba saat membuatnya, saring saja setelah jadi. bukannya diatas semua tepug dicampur air, bagian mana ya?

      Hapus
    2. Maksudnya mba retno sebelum masuk panci tepung ny knp dicampur dlu sm air kelapa yg 100ml baru dicampur dg campuran air kelapa yg 500ml plus susu??klo misal langsung aj tanpa dilarutin dlu sama air yg sedikit itu bakal jd gmn hasil nya?? *bantujawab :)

      Hapus
    3. memasukkan tepung langsung ke banyak cairan kemungkinan besar adonan akan bergerindil, jadi encerkan dulu dengan sedikit air baru diaduk bersama cairan lainnya. Hmm, bukan bantu jawab sebenarnya, tapi bantu tanya mba ^_^

      Hapus
  38. Ijin share mbk, aq blm prnh mkn klapetart tp pgn bgt nyoba, trims

    BalasHapus
  39. Malam mba mau tanya kalau mau pakai rhum merk apa ya?
    Beda ya sama toffieco rhum bakar?
    Mohon penjelasannya mba.. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, sayangnya saya lupa merknya dan skrg jarang pakai rum. Bs pakai toffieco rum bakar ya.

      Hapus
  40. Mba Endang, kalo susu bubuknya diganti susu cair takarannya brp yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setengah porsi air kelapa bs diganti susu cair mba, karena bubuk tdk bs langsung digantikan dengan cairan.

      Hapus
    2. Klappertaart nya sukses mba, enak.. Saya kurangi takaran gulanya sedikit. Makasih ya mba, sukses terus :)

      Hapus
  41. MasyaaAllah enaaakk.
    Aku tambahkan maizena 50gram mba endang. Makin creamy. Makasi sudah berbagi resepnya mba

    BalasHapus
  42. Mbak Endang, terima kasih untuk resepnya :) Saya sudah coba bikin ini dan jadinya enak! Btw Mbak, lembutnya klapertart ini apa memang mirip fla untuk kue sus? Bagaimana supaya bisa lebih padat yah Mbak? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau lbh padat tambah sedikit tepung terigu mba di adonan vlanya

      Hapus
  43. Mb, maaf mau tanya. Klapertaart yg tanpa panggang ini kalo di suhu ruang bertahan berapa lama ya kira2? 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengandung susu, gak tahan lama paling 6-8 jam saja

      Hapus
  44. Mbak Endang, terima kasih resepnya.. Ini eennnaaakkkkk bangeeetttttt.. Asli.. Bener2 sesuai bayangan....

    BalasHapus
  45. Kalau yang gak dipanggang dan gak di kukus tahan berapa lama?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...