15 Juli 2011

Resep Selai Dari Buah Kiwi


Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT

Selai kiwi yang sangat mudah dibuat ini saya gunakan untuk mengisi roti isi selai kiwi minggu lalu. Walaupun sebenarnya selai yang digunakan bisa dari jenis apapun namun selai kiwi ini saya buat selain sebagai pengisi roti juga sebagai alternatif mengolah buah kiwi yang asam, walaupun tentu saja kiwi sedap juga untuk dibuat jus atau smothie. Seperti posting saya sebelumnya di Kiwi Smoothie, anda bisa klik disini jika tertarik dengan resepnya.

Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT
Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT
Buah kiwi yang dihaluskan
Membuat selai sendiri tentu saja memang memerlukan waktu dan tenaga namun hasilnya tidak mengecewakan, selai dengan kualitas yang baik harganya cukup tinggi bagi kocek saya untuk satu botolnya, sedangkan yang umum dijual di pasaran terkadang kita ragu dengan bahan-bahan yang digunakan, apakah menggunakan bahan asli atau justru banyak mengandung bahan tambahan pangan seperti pengawet, pemanis buatan dan pewarna. Selai kiwi ini selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengisi dan pengoles roti, sedap juga untuk di oleskan di kue kering, seperti jenis thumbprint cookies, dimana selai diisikan pada bagian tengah kue. 

Berikut resepnya ya.


Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT


Selai Kiwi
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 3 buah kiwi, haluskan dengan blender
- 5 sendok makan gula pasir
- seujung kuku kayu manis bubuk
- beberapa tetes pewarna makanan hijau, jika suka

Cara membuat:

Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT
Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT

Siapkan wajan, masukkan kiwi yang telah dihaluskan, kayu manis bubuk dan beberapa tetes pewarna hijau jika suka. Masak semua bahan hingga mendidih, kental dan air menyusut. Aduk-aduk selama selai dimasak.

Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT
Resep Selai Dari Buah Kiwi JTT

Jika air telah hampir mengering, tambahkan gula pasir dan aduk terus hingga air benar-benar habis dan selai mengeras. Angkat dan dinginkan. Simpan selai dalam wadah tertutup rapat dan masukkan ke kulkas agar tahan lama. 

Selai siap digunakan untuk aneka kebutuhan.

Klik disini untuk roti isi selai kiwi yang lezat.



9 komentar:

  1. perbandingan gula dan buah kiwi berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah sekitar 3 buah kiwi untuk 100 gram gula pasir ya, walau tergantung jenis kiwinya juga, kalau golden dan manis kayaya gula dikurangi ya

      Hapus
  2. blender kiwi nya pakai air mba ?

    BalasHapus
  3. Kalau ga pake kayu manis gimana rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh pakai atau skip, sesuai selera saja ya, karena kayu manis hanya sebagai perasa saja

      Hapus
  4. mantaap banget bunda, ada resep cara mengelola kacang tanah atau ndak bun. di desa saya ada banyak kacang yang melimpah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ada beberapa resep, tapi kayanya harus dicek satu2 karena saya sendiri lupa ya. Btw, saya masih single ya mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...