26 Mei 2016

Resep Es Buah Moro Seneng


Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Sejujurnya saya bingung dengan  artikel selanjutnya yang akan di-posting. Tidak ada makanan baru yang dicoba akhir-akhir ini, dan belum ada resep masakan menantang yang membuat saya bersemangat untuk melewatkan waktu berlama-lama di dapur. Dengan kemampuan yang terbatas, maka resep menarik bagi saya haruslah simple, dengan bahan-bahan yang mudah dijangkau namun memiliki cita rasa yang mantap. Terbersit untuk melanjutkan artikel perjalanan saya ke Jepang beberapa bulan lalu yang ceritanya tak kunjung finish, namun otak ini begitu enggan diajak bekerjasama. Butuh waktu lama untuk duduk diam di depan laptop dan mengingat kembali detail demi detailnya. 

Kakak saya, Wulan, beberapa waktu yang lalu, setelah membaca postingan perjalanan ke Jepang di JTT langsung melancarkan aksi protes di WhatsApp. "Ndang, kamu melewatkan banyak hal! Beberapa info bahkan ada yang salah," komplain tersebut langsung disusul dengan rentetan data-data super detail khas beliau yang membuat saya nyengir sendiri.  Jika saja saya dianugerahkan 20% otak tokcer Wulan, maka semua detail tersebut pasti tidak akan terlewatkan. ^_^

Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Minggu ini saya berusaha untuk menggebah rasa malas dan mulai membongkar koleksi foto di laptop. Berhubung bulan depan sudah memasuki bulan Ramadhan, menu mudah berbuka yang segar dan menyehatkan mungkin bisa menjadi pilihan yang maknyus. Ada sepuluh buah resep bonus yang sebenarnya hendak saya hadirkan di buku ketiga JTT '90 Resep Masakan Rumahan untuk 30 Hari' yang terbit tahun lalu, tetapi karena terkendala dengan jumlah lembar dan tebal buku maka resep bonus tersebut terpaksa di take out.  Salah satunya adalah resep es buah yang kali ini saya hadirkan. Bagi anda pecinta es buah segar atau jika di Jakarta, Bandung dan sekitarnya biasa dikenal dengan nama sop buah, maka resep mudah ini mungkin bisa dicoba di rumah. Dan bagi anda yang masih berminat dengan tiga buah buku JTT namun sulit menemukannya di toko buku maka anda bisa memesannya langsung ke penerbit Kawan Pustaka melalui akun Instagram mereka @kawanpustaka. 

Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Dulu ketika saya masih tinggal di Paron dan bersekolah di Ngawi, ada satu warung es buah yang mantap rasanya dan cukup terkenal disana, namanya Moro Seneng. Letaknya di depan terminal bis lama kota Ngawi. Warung es buah ini sekaligus menyediakan buku-buku novel dan komik yang bisa disewa. Awalnya, novel-novel tersebut yang menjadi incaran saya, kakak dan Ibu yang memang keranjingan membaca novel Indonesia karangan Marga T, Mira W, NH. Dini, dan Maria A.  Sardjono. Namun seiring waktu, sekali dua kali saya pun memberanikan diri membeli es buah Moro Seneng yang kondang sedapnya. Saya katakan memberanikan diri karena bagi ukuran pelajar dengan uang saku pas-pasan saat itu, harga semangkuk es buah Moro Seneng cukup menguras kantung.

Moro Seneng merupakan tempat yang cozy, sebuah warung kecil yang menjadi satu dengan rumah pemiliknya. Halamannya rimbun dan sejuk dengan aneka tanaman hias serta dinaungi sebatang pohon mangga tua yang kekar dan sangat teduh. Memang luar biasa nyaman membaca komik di kios tersebut sambil menyeruput semangkuk es buah sepulang sekolah. 


Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Si pemilik warung, merangkap sebagai penjaga kios persewaan buku dan penjual es bernama Jun,  saya masih ingat namanya karena menurut saya, Jun adalah sosok yang spesial. Saya katakan spesial karena Jun sangat selektif dengan buku-buku yang saya pinjam. "Yang ini kamu nggak boleh pinjam ya, khusus dewasa," katanya tegas saat telah selesai men-screening segunung buku yang saya tumpukkan dimejanya. Saya biasanya akan melancarkan aksi protes, "Jun, ini nggak aneh-aneh banget kok isinya. Masa gak bisa dipinjam sih, lagian ini buat Ibu kok," alasan saya waktu itu. 

Jun tidak peduli dengan bualan saya, "Ibu kamu suruh datang sendiri kesini kalau mau pinjam yang ini ya," jawabnya enteng dan langsung memasukkan buku yang berbau-bau dewasa itu ke dalam laci meninggalkan saya yang melolong sendiri dalam hati. Waktu itu saya beranggapan Jun adalah penjaga kios persewaan buku yang paling menyebalkan sedunia, namun kini saya harus memberikan salute padanya. Dedikasinya dalam menyeleksi penyewa buku-bukunya sungguh pantas diacungi jempol. 

Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Kembali ke es buah yang dijual di Moro Seneng. Saat itu tidak banyak penjual es buah di Ngawi, dan jikalau ada kualitasnya pun tidak terlalu oke. Jadi tak mengherankan jika Moro Seneng cukup laris dan terkenal. Potongan buahnya fresh dan diberikan dalam jumlah yang tidak pelit, plus kuahnya terasa milky dan menggunakan sirup gula asli. Sayangnya ketika saya meninggalkan Ngawi dan berkuliah di Jogya, warung ini kemudian menutup bisnisnya dan tak pernah terdengar kabarnya lagi. Kini jika teringat dengan segarnya es buah Moro Seneng, saya hanya bisa menelan ludah sendiri, namun untungnya es buah ini tidak susah dibuat di rumah. 

Sebenarnya es buah Moro Seneng tak jauh berbeda dengan sop buah yang kini banyak bertebaran dijual di tepian jalan di Jakarta, dan juga tidak terlalu jauh berbeda dengan es teler yang sejak jaman 'jadul' telah eksis di bumi pertiwi. Nah kunci untuk membuat es buah yang sedap adalah dengan menggunakan campuran air perasan jeruk keprok (jeruk Mandarin) dan air jeruk nipis dalam kuahnyaKedua bahan ini akan memberikan rasa berbeda dan unik pada es buah, bukan hanya sekedar rasa manis dan susu belaka. Untuk susunya, kita bisa menggunakan susu kental manis, susu bubuk yang dicairkan atau susu cair dalam kemasan kotak seperti yang saya pergunakan. Sirup vanilla seperti Marjan akan memberikan rasa lebih 'wah' namun kita bisa membuatnya sendiri dengan merebus gula pasir, sedikit air dan vanilla essence (bubuk vanili).

Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Buahnya tak terbatas tentunya, untuk resep kali ini saya menggunakan melon, anggur, buah naga, pir, dan stroberi. Agar tidak melulu buah saja maka agar-agar jelly juga turut dimasukkan ke dalam campuran buah. Potongan jelly ini tentu saja  bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bubuk jelly kemasan yang banyak dijual di supermarket. Selain buah dan agar-agar jelly yang saya sebutkan diatas, masih banyak sekali ragam buah dan bahan lainnya yang bisa ditambahkan, misalnya rumput laut, manisan kolang-kaling (resepnya pernah saya posting disini), atau bahkan potongan labu siam yang dipotong kubus dan direndam larutan gula kental

Seorang pembaca JTT pernah bertanya ke saya mengenai efek samping mencampur buah dan susu. Jika berbicara mengenai buah dan susu serta kesesuaiannya di diet a la food combining, beberapa artikel kesehatan memang tidak menganjurkan kedua bahan tersebut dicampurkan.  Misalnya saja pada metode kesehatan dan penyembuhan dari India bernama Ayurveda, mereka berpendapat susu memiliki sifat laxative sedangkan buah bersifat diuretic, mencampurkan keduanya dipercaya akan menimbulkan efek samping seperti alergi, flu dan batuk. Selain itu buah lebih cepat dicerna oleh tubuh dibandingkan susu yang membutuhkan waktu lebih lama, nah selama proses pencernaan yang berbeda waktunya tersebut maka zat asam di buah akan membuat susu menggumpal dan menciptakan kondisi asam di lambung. Hal ini terutama terjadi pada campuran buah-buah asam seperti strawberry dan susu, sedangkan buah yang manis umumnya lebih aman, kecuali pisang yang juga dipercaya bersifat asam.

Well, saya sendiri tidak terlalu memperdulikan teori diatas, walau jujur secara logika memang masuk akal. Berdasarkan pengalaman selama ini saya sering sekali membuat smoothie yang terbuat dari campuran buah dan susu, so far tidak pernah ada masalah dengan pencernaan saya. Namun jika anda memang menjalankan diet food combining maka mungkin susu di resep bisa di-skip dan digantikan dengan air biasa, air kelapa muda atau santan segar. 

Berikut resep dan proses pembuatannya ya. 
 
Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Es Buah Moro Seneng
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi 

Tertarik dengan resep yang pas untuk berbuka puasa lainnya? Coba cek resep berikut ini:
Bubur Ketan Hitam, Kacang Hijau dan Pisang dengan Slow Cooker
Bubur Candil Pelangi
Martabak Terang Bulan  

Bahan es buah:
- ½ buah melon, potong dadu atau bentuk bulat dengan alat pencetak buah khusus
- 10 buah anggur merah, belah dua dan buang bijinya 
-  10 buah anggur hijau, belah dua dan buang bijinya 
- 10 buah strawberry, masing-masing belah menjadi 4 bagian 
- 1 buah pir, potong kubus 
- ½ buah naga putih, kupas dan bentuk kubus 
- 10 buah agar-agar jelly (optional), bisa dibuat dari agar-agar jelly kemasan yang dipotong dadu

Note: jenis buah tergantung dengan selera anda, jangan terpaku dengan variasi buah diatas.

Bahan kuah: 
- 1 liter susu cair kemasan kotak 
- sirup vanila botolan secukupnya. Anda bisa membuatnya sendiri dengan merebus 250 gram gula pasir dengan 1/2 liter air + 1 sendok teh vanila ekstrak (atau 1/4 sendok teh vanili bubuk)
- 5 butir jeruk mandarin, peras dan ambil airnya 
- 1 butir jeruk nipis atau 1/2 butir jeruk lemon, peras airnya
- 250 ml air matang 
- es batu yang dihancurkan secukupnya
- susu kental manis (optional) 

Cara membuat:

Resep Es Buah Moro Seneng JTT

Siapkan semua buah dan bahan es buah lainnya, masukkan ke dalam satu mangkuk yang besar. Siapkan mangkuk lainnya dan tuangkan semua bahan kuah ke dalamnya, aduk rata. Cicipi rasa kuah, jika kurang manis tambahkan sirup vanilla secukupnya. 

Siapkan gelas saji, bagi rata isi es buah ke dalam masing-masing gelas. Tambahkan es batu secukupnya dan tuangkan kuah es buah merata untuk masing-masing gelas. Kucuri dengan susu kental manis, jika suka. Sajikan segera. 

Atau cara penyajian lainnya, campurkan semua bahan dan kuah es buah dalam satu wadah besar. Aduk rata dan tambahkan es batu. Sajikan segera. Super segar dan yummy!



38 komentar:

  1. mbaak..welcome back.. kangen ama cerita cerita mbak dan tentu saja ama resep resep nya.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Leonisa, senang sekali update JTT selalu dinantikan ^_^, sukses selalu yaa

      Hapus
  2. Tampilan es buahnya cantik n bikin ngiler mbak..jadi ingat ais ABCD yg sering tampil di serial favorit si kecil Upin&Ipin..mgkn next time bs dibuat ulasannya mbak..teteup smangat ya mbak,dtunggu postingan2 berikutnya..smg mbak Endang snantiasa sehat.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Adianti sharingnya ya, wah saya baru tahu mengenai ais ABCD secara gak pernah nonton Ipin Upin wakakkak. Mungkin mirip yaa, moga suka dengan resepnya ya

      Hapus
  3. oh ya mbak,saking trpesonanya jd lupa nanya..itu susunya dcampur air jeruk apa ndak menggumpal ya? atau ada trik khusus utk mcampurnya? trus kalo susunya dganti santan tteup maknyus ndak mbak? kira2 kalo dcampur air jeruk rasanya nyambung ndak mbak? trmksh mb endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak menggumpal mba, karena takaran air jeruknya tidak banyak. Untuk amannya, campurkan dulu semua bahan es buah + air kecuali susu ya, aduk rata baru tuangkan susu. Kalau pakai santan kayanya rada2 kurang nyambung dengan air perasan jeruk ya, tapi bs dicoba hehehehe

      Hapus
  4. Cantik banget esnya. Rasanya khawatir kl nggak ada kabar sama sekali. Semangat terus mb.... posting resep yang diulang2 juga gpp kok mb. Hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Devy, alhamdulilah kabar saya baik dan sehat ya. Sukses dan sehat selalu ya Mba ^_^

      Hapus
  5. Saya jg menerapkan hidup sehat ala food combining mba, tp sesekali memanjakan lidah jg gapapa laaaah...ditunggu terus resepnya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Herlina, hahhaha, iya ya sekali2 keluar jalur yaa.

      Hapus
  6. sy juga punya memori es buah jaman duluuuu. tiap awal bulan ketika diajak belanja ke johar, slalu Ibu menyempatkan mampir ke es MAREM. Cukup terkenal jaman dulu. Kuahnya ad yg tanpa santan/susu, hny perasaan jeruk. seger. ahhh....jd pengen bikin ahh...

    semangat slalh mb endang,
    salam dr solo
    Dian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Dian sharingnya, es jaman jadul memang enak ya. Wah pasti segar banget kuahnya hanya pakai perasan jeruk, jadi ngiler heheheh. Sukses dan sehat selalu ya mba! ^_^

      Hapus
  7. mbak endang~
    resepnya menggoda sekali, jadi pengen coba bikin pas puasa nanti^^
    btw, klo sirup nya aku ganti rasa lain boleh gak mbak ? aku ada nya sirup melon nih, wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Chaca, yep bisa diganti rasa lainnya ya, melon atau cocopandan juga sedap ya ^_^

      Hapus
  8. salam kenal..enak juga untuk kuahnya pake jus sirsak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mantap itu Mba, thanks idenya yaaa ^_^

      Hapus
    2. Aku ada tips, kl pake jus sirsak jangan ditambahi skm tapi pake creamer kopi. Rasanya lbh enak menurutku

      Hapus
  9. Cocok banget nih Mba, bentar lagi Ramadhan... Makasih buat idenya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba Sandra, senang resepnya disuka. Moga bs menyegarkan lidah di bulan puasa yaa ^_^

      Hapus
  10. Asyiiik... ayo mbak Endang posting terus... kangen berat dg resep2 top markotop nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Nina supportnya, sukses selalu yaa

      Hapus
  11. Salam kenal mbak endang saya salah satu silent reader JTT
    Wah akhirnya mbak endang bisa post lagi setelah lama hiatus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ya mba, thanks ya sudah menjadi pembaca JTT. Yep, sedang berusaha aktif menulis kembali hehhehe. Thanks yaaa

      Hapus
  12. hello...mba endang... lama gak posting2 sampe2 aku kuatir. eh salahku apa tah? kok gak dapat lg kiriman resep? jangan2 aku terdeleted... hahaha... Puji Tuhan kini dah aktif lagi. semangat terus ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba Mia, saya sudah mengudara kembali dan berusaha bersemangat hehhehe.

      Hapus
  13. Mbak,how are you?? Udh lama bgt yaa gak baca blog mbak, ini mesti di eksekusi mbak,udh kebayang bgt,. Anw, aku td baca komen di atas tentang es ABCD si upin&upin, jd si es itu semacam es serut gitu mbak,nah nnti terakhir nya di siram semacam pasta durian, coba mbak dibuat, nnti saya ikuti resep nyaaa hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba sheila, thanks sharingnya ya. Sepertinya susah membuat es serutnya hehhehe

      Hapus
  14. Wah..segar kayaknya...menu yg pas utk buka puasa ramadhan nanti. Mbak Endang bagi resep kue pastry yg didalamnya berisi cream keju plus jamur dll. Saya pernah beli disebuah toko bakery utk sepotong kue pastry yg sebesar kepalan tangan orang dewasa itu harganya lumayan mahal 30-an ribu. Emang sih rasanya mantap garing dan renyah kulitnya dan isinya lembut. Saya lupa nama kue pastry itu. BTW...thanks atas postingan resep2nya yg oke, sukses selalu buat mbak Endang. salam kenal Emmy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai MBa Emmy, mungkin pakai puff pastry dan diisi dengan tumisan jamur yang dimasak kental dengan susu dan tepung. Puff pastrynya pakai instan saja seperti disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/06/resep-pastel-isi-daging-dari-puff-pastry.html

      isinya bs pakai seperti chicken pot pie ini, hanya dibuat lebih kental dan sayurannya diganti jamur.
      http://www.justtryandtaste.com/2012/12/chicken-pot-pie-sup-ayam-dalam-kulit.html

      Hapus
  15. mau coba ah, selamat datang Ramadhaaan 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Norma, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga yaa

      Hapus
  16. hi mbak Endang...
    hanya mau menambahkan... kalo saya pernah baca bahwa buah seasam apapun, begitu masuk tubuh - sifatnya malah basa.. bukan asam. Maka itu tidak dianjurkan makan buah setelah makan, karena untuk mencerna - lambung perlu asam sedangkan dengan masuknya buah yang bersifat basa tadi, kerja pencernaan jadi berat karena buah menetralkan asam yg diperlukan lambung tadi.
    jadi, ga usah kuatir buah campur susu akan menggumpal di perut :)

    lalu, saya suka bikin es buah pake simple syrup : gula, air dan daun pandan yg banyak.. jadinya Wangi.. lalu buah2an yang asem, direndam di sedikit larutan gula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Maria, makasih infonya yaa, bermanfaat buat lainnya. Sukses yaa

      Hapus
  17. Mbak kangen mbak, setiap hari saya buka jtt cari resep + pgn baca cerita2 mbak, karna blog mbak salah satu hiburan saya loooh...Karna saya skrg sudah menikah, ikut suami dan jadi IRT :') jadi jgn bosan2 dan malas2 ngeblog ya mbak, please... hehehe...apalagi mau bulan puasa gini, blog mbak sangat membantu sekali, sehat dan sukses selalu ya mbak...

    -Jasmine-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Jasmine, thanks sharingnya yaa, senang sekali cerita dan resep JTT dinantikan, sukses selalu ya mba ^_^

      Hapus
  18. mbak. kalau jeruk mandarin dganti sirup jeruk botolan enak gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi nanti sirupnya terasa kuat banget ya, jeruk peras terasa lebih lembut.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...