06 Agustus 2015

Bubur Ketan Hitam, Kacang Hijau dan Pisang dengan Slow Cooker


bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Memasak bubur menggunakan slow cooker memang luar biasa mudahnya. Sejak menemukan bahwa panci ajaib ini begitu sangat berguna dan mempermudah saya dalam memasak maka beraneka ragam masakan telah saya buat darinya. Beberapa yang telah saya posting di JTT misalnya saja, Sup Iga dengan Sawi Asin yang resepnya bisa dilihat disini. Paddas porridge, bubur nasi berdaging yang resepnya bisa anda lihat disini. Atau bubur Manado dengan rasa super duper lezat, untuk resepnya anda bisa klik link disini. Bagi penggemar Kaki Ayam Tausi a la restoran dimsum, saya pernah juga membuatnya dengan slow cooker dan hasilnya cukup oke,  anda bisa klik link disini untuk melihat resep dan prosesnya. 

Semua masakan tersebut dibuat dengan mudah, cukup dalam satu panci saja. Kelebihan lain memasak dengan slow cooker adalah anda tidak perlu menunggu kala masakan sedang diproses oleh si panci, karena proses memasak dengan perlahan dalam suhu yang sangat rendah ini membuat anda tidak perlu khawatir masakan akan cepat gosong. Jadi anda bisa meninggalkan masakan untuk melakukan pekerjaan yang lain tanpa perlu pengawasan ekstra. Super praktis! 

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker
bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Salah satu masakan yang paling saya suka dimasak menggunakan slow cooker adalah bubur kacang hijau dan ketan hitam. Entah sudah berapa belas kali saya memasak bubur ini di rumah. Biasanya ketika hari libur, di pagi hari, saya sudah memasukkan butiran kacang hijau atau ketan hitam yang telah dicuci bersih ke dalam panci bersama dengan air sesuai takaran yang berlaku. Tombol panci lantas saya set di posisi low. Masakan lantas saya biarkan hingga menjelang siang. Saat itu buliran ketan dan butiran kacang hijau telah empuk, matang sempurna dan saya hanya perlu menambahkan gula dan santan. Bubur siap untuk disantap sepanjang hari bahkan hingga keesokan harinya.  Seperti yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya, keluarga saya penggemar bubur, dan saya pun juga seperti itu. Jadi walau harus mengudap bubur seharian penuh, atau hingga berhari-hari pun, bagi saya itu bukan masalah besar. ^_^

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker
bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Menurut saya, buliran kacang hijau yang dimasak dengan slow cooker terasa lebih pulen, lebih lembut dan tetap utuh (tidak pecah) sebagaimana jika kita memasaknya dengan pressure cooker atau panci biasa di atas kompor. Selain itu karena menggunakan tegangan listrik yang sangat rendah maka slow cooker relatif tidak membuat tagihan listrik melejit naik. 

Saat ini ada berbagai macam jenis dan merk slow cooker di pasaran, harganya pun sangat terjangkau berkisar di Rp. 150 rb hingga Rp. 300 rb -an. Slow cooker yang saya pergunakan di rumah merupakan bonus hadiah ketika membeli power blender Mitzui beberapa tahun yang lalu. Walau bentuknya mungkin tidak terlalu sophisticated tetapi si multi fungsi ini cukup handal ketika saya pergunakan untuk memasak aneka masakan. 

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Kembali ke resep bubur ketan hitam dan kacang hijau ini. Jika tidak memiliki slow cooker maka kita tentu saja bisa memasaknya di kompor biasa atau dengan pressure cooker. Sebagaimana takaran memasak bubur umumnya, maka untuk 1 bagian ketan hitam atau kacang hijau  maka kita memerlukan sekitar 4 bagian air. Jadi jika anda mengukur dengan menggunakan gelas, apapun itu jenis, bentuk dan besarnya maka untuk 1 gelas ketan atau kacang hijau diperlukan 4 gelas air. Jika menggunakan ketan dan kacang hijau masing-masing 1 gelas, maka itu berarti anda menggunakan dua takaran gelas untuk bahan, jadi diperlukan sekitar 8 gelas air untuk membuat bahan tersebut berubah menjadi bubur dengan konsistensi yang pas. 

Saya menambahkan pisang di bubur, anda bisa menggunakannya juga atau skip saja dari resep jika tidak menyukainya. Tidak suka campuran ketan hitam dan kacang hijau? Skip salah satu bahan tersebut, bubur tetap lezat rasanya.

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Sebagaimana cara yang selalu Ibu saya lakukan jika membuat bubur bersantan seperti ini adalah dengan memisahkan antara santan dan buburnya. Santan membuat bubur tidak tahan lama dan mudah basi, walau tentu saja anda bisa memasukkan bubur ke wadah Tupperware dan menyimpannya di chiller kulkas. Untuk bubur kali ini, saya memasak santan terpisah, dan ketika akan disantap maka santan cukup saya kucurkan di permukaan bubur. 

Bagaimana jika tidak menggunakan santan sama sekali, apakah bubur akan tetap terasa lezat? Salah satu kelebihan membuat bubur kacang hijau dengan campuran ketan di dalamnya (ketan putih atau ketan hitam sama lezatnya) adalah bubur terasa kental dan kaya akan rasa sehingga tanpa santan pun bubur sudah terasa sangat lezat. Jadi skip saja santan dari resep atau ingin bubur terasa milky? Ah saya penggemar susu, jadi seringkali saya menambahkan satu atau dua sendok susu bubuk full cream ke dalam mangkuk bubur. Yummy!

Berikut resep dan prosesnya ya!

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Bubur Ketan Hitam, Kacang Hijau dan Pisang dengan Slow Cooker
Resep diadapatasikan dari buku memasak slow cooker Mitzui

Untuk 10 porsi 

Tertarik dengan resep bubur lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kanji Rumbi - Bubur Ayam Khas Aceh
Paddas Porridge - Si bubur daging yang nikmat
Bubur Manado Super Mantap! 

Bahan:
- 1 gelas kecil ketan hitam, cuci bersih
- 1 gelas kecil kacang hijau, cuci bersih
- 2 lembar daun pandan, sobek kasar dan simpulkan
- 8 gelas air (gunakan gelas yang sama untuk menakar ketan/kacang hijau)
- 1/2  buah pisang tanduk,  potong kotak kecil (bisa menggunakan pisang raja, pisang kepok, pisang uli atau pisang yang sesuai untuk dimasak)
- 100 gram gula jawa, sisir halus
- 50 gram gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk

Kuah santan:
- 100 ml santan kental instan
- 300 ml air
- 1 lembar daun pandan, sobek kasar dan simpulkan
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Siapkan panci slow cooker, masukkan ketan, kacang hijau, daun pandan dan air. Tutup panci dan tekan tombol di posisi 'low'. Masak selama 4 jam, hingga bubur matang, kacang dan ketan menjadi empuk. 

Masukkan pisang, gula Jawa, gula pasir, garam, dan vanili bubuk, aduk rata dan masak selama 1 jam lamanya. Cicipi rasanya, jika kurang manis tambahkan porsi gula. Ubah tombol slow cooker ke posisi warm. 

Anda juga bisa memasak bubur dengan menggunakan panci biasa di kompor, masukkan ketan hitam, kacang hijau, daun pandan dan air. Masak hingga ketan dan kacang hijau menjadi empuk. Tambahkan sisa bahan lainnya, aduk rata dan masak hingga pisang matang, cicipi rasanya tambahkan gula jika kurang manis. Angkat. 

bubur ketan hitam dan kacang hijau dengan slow cooker

Siapkan panci, masukkan bahan kuah santan, masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat. 

Sajikan bubur dengan siraman kuah santan. Yummy!



53 komentar:

  1. Mba itu pisangnya setengah buah aja ya? kok punya mba endang keliatan banyak banget.. heheh.. maapkan pertanyaannya yg ga penting ini ya mba... hihhihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha, iya 1/2 sd 1 buah oke Mba, pisang tanduk gede banget jadi 1/2 buah dah banyak. Gambar diatas sebagian saya kukus pisangnya

      Hapus
  2. Thank u ya mbak resepnya. Nanti aku cobanya pake slow cooker baruku.. he he

    Dyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mba Dyah, selamat trial slow cookernya untuk pertama kali yaa, moga sukses! ^_^

      Hapus
  3. mba slow cooker mitzui nya ukuran berapa liter? pernah punya yg takahi 0,7L tp udh saya jual (sedikit menyesal karna ternyata bisa dipake masak macem2-cuma ukurannya mini bgt cuma cukup buat anak saya aja) :)

    Tiara

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Tiara, kapsitasnya hanya 3.5 liter saja ya mba. Yep, slow cooker itu bisa dipergunakan untuk aneka masakan ya sebenarnya.

      Hapus
  4. Bener banget mba.. slow cooker itu bermanfaat bangettt.. harus diperbudak wkwkwkw
    Smenjak pnya slow cooker jd gak keteteran deh, sbelum berangkat jaga bengkel, bs siapin bumbu dulu trus tinggal set di low, pulang2 bisa makan tanpa masak lageh..hohoho.. senangnya..
    Bwad bikin lontong jg mantab.. krn dsni tukang ketopraknya pd gak enak jd bikin sendiri ketopraknya, malem2 bs makan ketoprak tanpa perlu keluar rumah, bahagianya.. wkkwkw
    Sering2 mba tampilin resep yg pakai slow cooker :D
    Must have item nih bwad yg gak pnya byk wktu utk masak krn kerja ^^

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Mb Bella, ternyata slow cookernya lebih bermanfaat dari punya saya yang sering mangkrak saja di dapur wakakkak. Saya belum pernah coba bikin lontong pakai slow cooker, kayanya mantap juga nih buat dicoba hehehhe.

      Sukses yaaa

      Hapus
  5. Waa mba... Itu bubur sampe full di wadah slow cooker nya... Mantap kalo mba endang bisa ngabisin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkakakkak, saya sampai megap2 Mba, saya masukkan wadah dan simpan di chiller, sampai 1 minggu mba, saya makan bubur setiap hari heheheh

      Hapus
  6. mbak, kalau pakai prsto, biar ga terlalu hancur brp lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sekitar 20 menit ya mba, saya sering hancur kalau masak kacang ijo pakai presto

      Hapus
    2. Berbagi pengalaman, saya kemaren masak kacang hijau selama 10-12 min. Dan hasilnya ok mba.

      Hapus
  7. Mbak, ketan dan kacang hijaunya tidak perlu direndam terlebih dahulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu direndam ya Mba Dian, langsung masak saja dengn slow cooker

      Hapus
  8. Hiks...hiks...pingin nangis baca resep ini. Setahun lalu saya punya slow cooker, krn butuh utk bubur si baby, setelah si baby sudah sering makan nasi. Saya agak bingung buat apa lagi selain buat bubur bayi. Dan January kemarin aku berikan lah slow cooker nya ke sodara yg di bandung, daripada menuh-menuhin dapur. Setelah saya baca web mba endang, hiks....barulah menyadari banyak fungsinya. Harus beli lagi deh....minta saran mba merk apa ya yg paling kecil? Krn dulu saya punya cukup besar. Trims ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dea, wah slow cooker banyak manfaatnya Mba, bisa buat bikin macam2 makanan hehehhe. Paling enak memang untuk membuat bubur yaa, gak usah diaduk2 dan ditungguin hehhe.

      Saya pakai merk Mitzui, kapasitas 3 liter, menurut saya ukuran segitu cukup Mba. Gak terlalu kecil dan gak kegedean juga. Merk lain saya kurang tahu ya, tapi saya rasa buanyaak sekali merk slow cooker diluaran ya dan harganya juga sangat terjangkau

      Hapus
  9. Mbaaa, saya udah cobain resepnya enaaaak Mba Endang, legit di mulut dan langsung jatuh cinta deh sama resep ini meski saya gak pake SC soalnya ukuran SC saya yang paling mini banget, gak cukup buat bikin kenyang seisi rumah hehehe ^^
    Bener2 recommended buat resep ini !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Heny, waah senang resepnya disuka. Memang ini nampol bingits! Thanks sharingnya yaa, sukses selalu

      Hapus
  10. Salam kenal mbak Endang. Resepnya pengin buru2 dicoba nih, lagi punya slowcpoker tapi uk 0,7L aja. Imut, hehe... skalian nanya, klo utk rebus kacang merah utk es kacang merah brarti jg bs ya mbak, tanpa perlu direndam dulu juga kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Agnes, bs untuk merebus kacang merah ya, yep langsung saja gak perlu direndam dulu ya,

      Hapus
  11. mba, kalo gak pake panci biasa bisa gak? berapa lama ya masaknya? gak punya slow cooker soalnya, lagi ngidam bgt sama bubur ketan hitam ni,

    - dwi, samarinda -

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dwi, saya kurng tahu berapa lama ya mba, hanya harus direbus sampaii lunak ya, rendam saja semalam ketan dan kacang hijaunya, supaya wktu merebus gak lama.Kalau punya panci presto bs juga pakai itu ya, rebus selama 30 menit.

      Hapus
  12. Kalo misalnya pisangnya ga dimasak atau langsung dimasukin buahnya itu gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jenis pisang lembek bisa ya, saya pakai pisang tanduk keras jadi saya kukus dulu

      Hapus
  13. Masak,bubur ketan hitam dan kacang ijonya berapa jam pake slow cooker bu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dibaca resep dan prosesnya ya mas, sudah saya jelaskan diatas ya

      Hapus
  14. hai mba saya mau tanya klo yg mba punya kan yg 3,5 lt saya ada rencana beli tapi yg 5,2 lt sekalian kira2 gede bgt ga yah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak mba, 5,2 liter untuk skala keluarga oke ya, adik saya punya yang ukuran itu dan menurut saya pas ya mba

      Hapus
  15. Alhamdulillah Mbk Endang,persis bngt perbandingan bahan : air.Legit.Alhamdulillah bs sharing di mesjid(selain rumah ibadah,juga tempat km bersilaturohim di rantau spt kelg bsr).Salam dr Erna J.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Erna, thanks sharingnya ya, senang resepya disuka, sukses yaa

      Hapus
  16. Hai... Mba Endang, sy penggemar berat Mba. Sejak punya buku resep Mba yg judulny menu utk 90 hari, tiap hari masakny cukup dari buku itu saja. Semuanya maknyus. Btw, Mba, mau tanya ttg slowcooker ini bs dibikin buat roti gak? Baca2 di web Amerika,bs dibikin roti. Bahkan brioche jg bs. Olivia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Olivia, thanks ya sudah menyukai JTT. Wah sayangnya saya belum pernah coba bikin roti di slow cooker, so far hanya untuk masak biasa. Thanks ya sudah membeli buku saya, sukses yaa

      Hapus
  17. Udah dicoba, Mba Endang... Emang lembutnya pas.. Manisnya pas, (saya skip gula pasir). Suami & anak suka, sekarang tukang bubur kacang lewat dicuekin aja, kan bisa bikin sendiri, lebih hemat & dapet banyak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Emilia sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  18. Hai mba endang, tambah lagi dong resep dengan slowcooker nya...hehehe.
    Blog nya membantu banget, mau masak apa aja pasti mampir dulu kesini..makasih yaa mba :)
    Oh iyaa mau nanya satuu aja, kalau ketan hitam nya diganti kacang merah, takaran air nya sama aja ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, ada bebberapa resep slow cooker di JTT, mungkin bs di search saja. Kacang merah bs, yang penting kacang terendam air ya mba.

      Hapus
  19. Mb Endang,jika kacang hijau&ketan hitamnya dimasak terpisah,bagaimana perlakuan untuk bahan lainnya,sperti gula,dll.Apakah dibagi dua juga?Trus klo menggunakan pisang,baiknya pisang dicampur dg kacang hijau/ketan hitamnya?Mohon pencerahannya.Sy mo coba bikin dengan panci biasa karena blum punya slow cooker.Ada tips kah?Maturnuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Naura, lebih baik dimasak terpisah baru dicmpurka mba, karena kedua bahan ini matangnya berbeda. Rendam kacang hijau dan ketan hitam semalaman supaya cepat empuk ketika dimasak. Pisang terakhir saja ketika kacang dan ketan sudah matang dan sudah dicampur jd satu ya.

      Hapus
  20. Hi mba Endang,

    Salam kenal ya mba, saya sudah buat resepnya dan rasanya persis seperti yang dibayangkan, hanya ada satu pertanyaan, ketika dimakan buburnya, terasa seperti ada bau tanah, mba endang ada tips-kah untuk hal seperti ini? Sebelumnya sih saya sudah cuci bersih kacang dan berasnya, namun tidak saya rendam, melainkan langsung saya masukan ke slow cooker, trims mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Riesda, bau tanah kemungkinan karena ketan hitamnya ya, kudu dicek teliti kemungkinan ada butiran pasir atau kerikil. Biasanya kalau sudah dikasih pandan dan santan bau tanah hilang

      Hapus
    2. Oh ya mba, bisa jadi seperti itu ya, terima kasih tipsnya mba endang :)

      Hapus
  21. hai mba endang... mau tanya kalo disimpan dikulkas tahan berapa lama ya? trus kuah santan nya than brp lama d kulkas.. makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, tahan 3 -4 hari di kulkas ya, termasuk kuah santnnny

      Hapus
  22. mba end.. klo bikin lava cake pake slow cooker ada resepnya nd? hhe..
    sri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Sri, sayangnya saya belum pernah coba mba hehhehe

      Hapus
  23. Halo, Mbak Endang. Bukunya udah nyampe lho. Resep yang kusuka kebanyakan ada di buku homemade cooking-nya. Ga sabar buat praktekkin.
    Mba, untuk resep ini gelas yang dipakai untuk menakar kacang hijau itu gelas belimbing bukan? Thanks Mba.

    ~Putri~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Putri, thanks ya sudah membeli buku saya ya, moga bukunya bermanfaat. Untuk gelas yep pakai gelas belimbing ya.

      Hapus
  24. Hi Mbak Endang yg super duper kreatif,

    sy dah cb buat kemaren. hanya saja sy tambahkan lg 1 cup air spy tdk begitu "pekat". Alhamdulillah hasil contekannya berhasil haaa ....jd bs sy bw untuk bekal ke Project, masih hangat krn nyubuh eksekusinya :)

    Suwun yo Mbak

    -lina-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  25. wah trima kasih mba Endang infonya... saya baru tau fungsi slow cooker, maklum saya ga pernah kedapur setelah nikah saya dapat kado slow cooker saya bingung alat apa ini hehehe... setelah baca saya jadi tahu... ternyata ini sangat bermanfaat ya... akan saya cb resep2 nya mba endang skalian belajar masak hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba Eki, thanks sharingnya ya, senang artikelnya bermanfaat

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...