Pages

17 Mei 2018

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Demi tuntutan blog dan foto makanan, serta timbulnya rasa bosan dengan background (backdrop) yang itu-itu saja, minggu lalu saya mencoba alas foto print out dengan aneka motif yang banyak dijual di online shop. Harganya bervariasi mulai dari tiga puluh ribu hingga ratusan ribu rupiah. Saya membeli dua buah, satu memiliki motif marmer dan lainnya adalah motif kayu tua, ukurannya sekitar 50 x 70 cm. Selama ini saya menggunakan background DIY yang dibuat sendiri, artikel prosesnya bisa diklik pada link disini. Background tersebut terbuat dari kayu peti kemas yang banyak dijual di sepanjang jalan di Lenteng Agung, Depok. Permukaan kayu dicat dengan cat kayu dan cat semprot aneka warna. Material alami memang membuat tampilan foto terlihat lebih natural, sayangnya dengan ukuran background yang 50 x 100 cm dan berbahan kayu, membuatnya cukup berat terutama ketika harus dipakai berganti-ganti disetiap sesi foto.

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake
Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Minggu lalu, alas foto printing yang saya pesan di online shop pun tiba. Dua lembar background yang tergulung dalam sebuah pipa kertas. Sayangnya tampilannya ternyata tidak semengesankan seperti yang terpampang  ditoko online. Walau cetakannya bagus namun gambarnya kurang terlihat natural. Ketika saya mencoba mengambil  foto makanan dengan alas foto printing ini saya dibuat kecewa dengan hasilnya. Malas mencoba lembaran background kedua, akhirnya saya kembali ke alas foto kayu yang selama ini setia menemani. 

Background dalam food photography memang memegang peranan penting. Selayaknya sebuah lukisan dikanvas, maka obyek lukis akan semakin cantik dengan warna dan gradasi background yang sesuai. Untuk food photography, maka obyek utama adalah makanan yang akan semakin moncer ketika didukung dengan propping dan  background yang tepat. Yep, background untuk foto makanan memang tidak selalu harus terbuat dari material tertentu seperti kayu atau marmer. Terkadang sebuah loyang usang atau nampan kayu yang tua pun akan terlihat cantik menjadi background. Tapi jika anda seperti saya yang hampir setiap waktu melakukan foto makanan, maka mengkoleksi aneka macam background diperlukan. Selain membuat tampilan foto menjadi variatif, juga untuk memompa semangat memotret yang terkadang diambang kelelahan. 😄

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake
Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Wokeh menuju ke pound cake kali ini. Minggu lalu saya menemukan sekotak cream cheese yang sudah berbulan-bulan lamanya di chiller kulkas. Dalam kondisi masih terbungkus rapat (belum dibuka) maka cream cheese mampu bertahan sesuai masa kedaluarsa yang tertera di kemasannya. Namun jika kemasannya sudah pernah dibuka maka cream cheese umumnya hanya bertahan selama 10 hari dichiller, lebih lama lagi biasanya  cream cheese akan mulai menumbuhkan jamur.

Banyak pembaca JTT yang bertanya ke saya seputar cream cheese, umumnya mengenai jenis cream cheese apa yang sebaiknya dipakai untuk baking. Saya berusaha menjelaskannya di artikel kali ini berdasarkan pengalaman saya. Bagi yang belum mengenal produk dairy (produk susu) bernama cream cheese maka makanan ini adalah sejenis keju segar lunak yang terbuat dari krim dan susu. Cream cheese yang dijual di pasaran umumnya mengandung 33% lemak susu dan sekitar 55% cairan. Karena mengandung lemak susu yang tinggi maka makanan yang menggunakan cream cheese memiliki cita rasa lebih gurih, berlemak dan rich. 

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Di supermarket, cream cheese hadir dalam dua bentuk: batangan (padat) dan cup (teksturnya lunak). Untuk keperluan baking dan dekorasi cake/cupcake  (frosting), gunakan cream cheese batangan yang padat. Cream cheese jenis ini tidak mengandung banyak cairan sehingga tidak merubah tekstur adonan cake atau frosting ketika dicampurkan. Artinya, adonan cake atau frosting tidak menjadi encer yang berakibat cake menjadi  bantat dan frosting berleleran, susah diaplikasikan saat digunakan untuk mendekor. Umumnya jenis cream cheese batangan ketika disimpan di chiller akan berubah keras dan solid, jika ini terjadi maka cukup letakkan cream cheese di suhu ruang minimal 30 menit sebelum digunakan agar teksturnya lunak dan mudah dicampurkan bersama bahan cake lainnya. Untuk  cream cheese dalam cup, teksturnya lunak karena mengandung banyak cairan. Cream cheese jenis ini sebaiknya hanya digunakan untuk keperluan memasak seperti campuran mashed potato atau olesan sandwich.

Jika telah dibuka dari kemasannya maka masing-masing merk cream cheese memiliki masa simpan didalam kulkas yang berbeda-beda. Umumnya cream cheese bisa bertahan hingga 10 hari didalam kulkas, asalkan kemasan tertutup rapat. Apakah cream cheese bisa dibekukan? Yep, cream cheese bisa dibekukan dan memiliki masa simpan hingga 3 bulan lamanya hanya saja teksturnya akan berubah. Biasanya cream cheese menjadi berbutir-butir dan tidak oke untuk digunakan sebagai frosting. Namun cream cheese masih bisa dipakai untuk membuat Japanese cheesecake dimana cream cheese perlu dipanaskan hingga meleleh, atau untuk keperluan cooking seperti kentang tumbuk dan saus.

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Menuju ke resep pound cake kali ini. Proses membuatnya sangat mudah, sebagaimana pound cake umumnya dimana mentega dan gula dikocok hingga ringan dan mengembang, baru kemudian cream cheese dimasukkan dan dikocok hingga tercampur baik. Telur lantas ditambahkan satu demi satu dan dikocok dengan baik untuk mencegah adonan bergerindil dan terpisah antara cairan dan bahan padatnya. Tepung kemudian dimasukkan dan adonan diaduk menjadi satu. Nah untuk pound cake kali ini ditambahkan jelly strawberry sebagai motif pada cake agar tampilannya tidak terlihat plain. Bisa menggunakan jelly atau selai strawberry siap pakai yang banyak dijual dipasaran, tapi saya membuatnya sendiri menggunakan buah strawberry segar. Strawberry yang terasa asam segar membuat cake ini menjadi tidak monoton, hanya terasa manis saja.

Overall, tekstur cake lembut, padat dengan rasa creamy, milky yang sedap. Berikut ini proses dan resepnya.

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Cream Cheese Pound Cake Strawberry
Resep didaptasikan dari website Southern Living - Strawberry Swirl Cream Cheese Pound Cake

Untuk 1 buah cake dengan loyang bundt diameter 24 cm

Bahan:
- 337 gram mentega/margarin
- 100 gram light brown sugar (saya pakai merk Ricoman)
- 250 gram gula pasir
- 227 gram cream cheese, kondisi lunak suhu ruang
- 6 butir telur ukuran besar
- 1 sendok teh vanilla extract
- 360 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna
- ½ sendok teh garam
- ½ sendok makan cincangan kulit jeruk lemon

Bahan jelly strawberry:
- 300 gram strawberry segar potong dadu
- 3 sendok makan gula pasir
- ½ sendok makan tepung maizena, larutkan dengan  1 sendok makan air
- beberapa tetes pasta pewarna merah

Cara membuat:
Membuat jelly strawberry

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Siapkan buah strawberry yang sudah dicuci dan dipotong dadu, masukkan ke dalam panci, tambahkan gula pasir dan masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga buah menjadi hancur dan kental. Tambahkan maizena, masak hingga kental. Angkat dan biarkan hingga jelly benar-benar dingin. Sisihkan.

Membuat cake:

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Siapkan oven, set disuhu 170’C, letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang bundt diameter 24 cm. Olesi permukaan loyang dengan campuran 1 sendok makan margarin + 1 sendok makan tepung terigu + 1 sendok makan  minyak goreng. Sisihkan.

Aduk jadi satu tepung terigu, dan garam, sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser masukkan mentega, brown sugar, dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik. Naikkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok hingga mentega dan gula menjadi kembang, dan lembut.

Masukkan cream cheese, kocok dengan kecepatan tinggi hingga adonan tercampur baik, mengembang dan lembut. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok dengan kecepatan tinggi. Pastikan telur tercampur rata dengan mentega sebelum memasukkan telur berikutnya. Tambahkan vanilla extract, kocok rata. Matikan mikser.

Masukkan tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan, aduk dengan spatula dengan teknik aduk balik hingga tercampur baik. Masukkan cincangan kulit jeruk lemon, aduk hingga rata. 

Resep Strawberry Cream Cheese Pound Cake

Tuangkan 1/3 adonan ke dasar loyang, ratakan dengan spatula. Tuangkan jelly strawberry (yang telah dingin) menggunakan sendok ke beberapa titik di permukaan adonan. Tusukkan lidi ke jelly dan buat motif melingkar di permukaannya. Masukkan sisa setengah adonan cake, ratakan permukaannya dengan spatula. Letakkan kembali sisa jelly dan buat  kembali motif melingkar. Kemudian tutup dengan sisa adonan cake. Ratakan permukaannya dengan spatula.

Panggang cake  di oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 45 menit, atau hingga tidak ada remah adonan menempel di permukaan lidi ketika lidi ditusukkan di bagian tengah cake. Keluarkan cake dari oven, diamkan 15 menit hingga uap panasnya hilang. Balikkan cake di rak kawat dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dipotong dan disajikan. Super yummy!

5 komentar:

  1. boleh ditambahkan baking powder ga supaya agak mengembang ? thanks ya

    BalasHapus
  2. Mbak apakah light brown sugar nya bisa diganti dg gula pasir biasa?takarannya sama jg apa g kalo bisa diganti?

    BalasHapus
  3. Mba cream cheese ganti yogurt bs? Hehhe

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^