Pages

11 Maret 2020

Resep Acar Jeruk Nipis

Resep Acar Jeruk Nipis JTT

Saya hampir lupa jika punya acar jeruk nipis ini didalam kulkas, dibuat berbulan-bulan nan lampau kala jeruk nipis sedang murah dan banyak di pasar. Sejak sering membaca resep-resep dari negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Thailand dan Kamboja yang banyak menggunakan awetan jeruk nipis, saya jadi penasaran dengan rasanya. Di beberapa negara, awetan jeruk nipis entah dikeringkan atau diasinkan biasanya digunakan didalam bumbu atau campuran masakan. Di Malaysia, acar jeruk nipis biasa dipakai sebagai campuran sambal terasi dan sambal ikan. Di Thailand dan Kamboja, irisan acar jeruk nipis dimasak sebagai campuran sup ikan atau ayam. 

Masyarakat Iran mengenal awetan jeruk nipis kering bernama limoo amani sebagai bumbu wajib pada masakan bernama ghormeh sabzi.  Kuliner India mengenal jeruk nipis yang diolah dalam bumbu acar berwarna merah kekuningan disebut nimbu ka achaar. Masakan China ada juga yang menggunakan acar jeruk nipis untuk rebusan bebek bersama sawi asin. Di Indonesia sendiri, jeruk nipis segar umum dipakai didalam masakan atau minuman sehari-hari tapi jarang diawetkan, mungkin karena jeruk nipis selalu tersedia setiap saat tak mengenal musim, maka awetan sama sekali tidak diperlukan.

Resep Acar Jeruk Nipis JTT
Resep Acar Jeruk Nipis JTT

Saya sendiri sangat suka aroma dan rasa jeruk nipis, terkadang lebih dibandingkan lemon. Perasan jus segarnya mantap dikucurkan ke sup atau makanan berkuah lainnya, sambal atau tumisan. Rasa asam segarnya dengan aroma khas memang menambah nafsu makan. Membuat acar jeruk nipis sebenarnya tidak susah, masalahnya adalah rasa pahit pada kulit jeruk agak susah dilenyapkan. Banyak yang memberikan tips untuk menghilangkan rasa pahitnya, antara lain merebus jeruk dengan uang logam tembaga, atau dengan daun jambu biji. Ada juga yang mengatakan, menggosok permukaan jeruk dengan baking soda, kapur sirih atau ampas kelapa parut akan menghilangkan rasa getir pada jeruk. Sayangnya semua tips ini baru saya baca ketika jeruk sudah diolah dan direndam didalam campuran gula dan garam. Alhasil acar jeruk masih terasa sedikit getir ketika diolah kedalam masakan. 

Resep Acar Jeruk Nipis JTT
Resep Acar Jeruk Nipis JTT

Jika anda berminat untuk mencobanya, maka aneka tips yang saya sebutkan diatas bisa dicoba. Walau saya belum membuktikan keberhasilannya (acar jeruk nipis masih banyak stoknya di kulkas), tapi next time jika akan membuatnya lagi pasti akan dilakukan. Sayang bukan jika proses membuat acar yang sudah susah payah dilakukan, plus waktu yang lama (minimal 2 minggu) untuk mengawetkan jeruk, gagal karena rasa getir yang masih terdeteksi disana. 

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Acar Jeruk Nipis JTT

Acar Jeruk Nipis
Resep modifikasi sendiri

Untuk 10 buah jeruk 

Tertarik dengan awetan lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Acar Cabai Gendot dan Jalapeno
Manisan Salak Bali
Asinan Kelengkeng Jeruk

Bahan:
- 10 buah jeruk nipis
- garam kasar untuk membersihkan jeruk, secukupnya

Bahan lain, aduk jadi satu:
- 8 sendok makan garam
- 8 sendok makan gula pasir

Cara membuat:

Resep Acar Jeruk Nipis JTT

Siapkan jeruk nipis, gosok kuat permukaannya dengan garam kasar. Cuci bersih, tiriskan.

Masukkan jeruk ke panci, isi air hingga jeruk terendam. Rebus hingga mendidih, tambahkan waktu merebus 2 menit sejak air mendidih. Angkat, buang airnya, kembalikan jeruk ke panci, isi air kembali dan ulangi merebus. Ulangi proses merebus ini 4 s/d 5 kali agar jeruk berkurang pahitnya. Tiriskan jeruk.

Tips menghilangkan rasa pahit:
- Rebus jeruk dengan daun jambu biji
- Rebus jeruk dengan uang koin tembaga
- Gosok permukaan jeruk dengan baking soda atau kapur sirih
- Gosok permukaan jeruk dengan ampas kelapa parut

Belah jeruk menyilang hingga kebagian pangkalnya, jangan sampai putus. Masukkan jeruk ke mangkuk, taburkan dengan campuran garam dan gula. Aduk hingga rata, masukkan garam gula ke dalam sela-sela potongan jeruk. 

Resep Acar Jeruk Nipis JTT

Tuangkan jeruk beserta gula garamnya ke dalam wadah plastik atau kaca, wadah jangan yang terbuat dari logam. Tutup dan simpan di kulkas minimal 2 minggu. Saya simpan lebih dari dua bulan, dan jeruk bisa tahan hingga 1 tahun lamanya didalam kulkas dalam wadah rapat. Semakin lama kulit jeruk akan semakin lunak dan aromanya berubah seperti acar umumnya. 

Acar jeruk nipis siap digunakan untuk campuran sambal terasi, sambal ikan, atau sup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^