22 Mei 2018

Resep Asinan Kelengkeng Jeruk


Resep Kelengkeng Jeruk

Walau terkadang hujan deras turun, namun cuaca panas lebih mendominasi akhir-akhir ini. Musim mulai bergeser ke kemarau dan saatnya bertepatan dengan umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Jika sedang di kantor, suhu AC yang super dingin membuat rasa haus tidak terlalu terasa. Tapi kondisi ini sangat berbeda jika di rumah, tak mungkin rasanya harus ngendon melulu di kamar bermandikan AC karena tagihan listrik bisa membuat kantong jebol. Kalau sudah seperti ini kepala saya hanya terisi dengan makanan yang segar-segar untuk berbuka. Pilihannya selalu jatuh ke jenis jus buah, asinan atau rujak karena terus terang saya bukan penggemar es buah. 

Sejak kecil, es buah memang bukan makanan favorit. Saya lebih prefer yang terasa asin, asam, manis dibandingkan melulu manis saja. Dulu ketika masih tinggal di Paron, buah mangga muda saat musim kemarau seperti ini luber dimana-mana. Mangga arummanis adalah tanaman favorit masyarakat di Ngawi dan sekitarnya, tanah dan iklim yang cocok membuat mangga tumbuh subur dan mampu berbuah lebat. Hampir tiap hari di bulan puasa saya membuat semangkuk besar asinan mangga muda. Ketika masih kecil (masih muda tepatnya!), kala gigi dan perut kuat menerima rasa asam dan pedas, rasanya menyantap mangga dan jeruk yang asam, atau bahkan belimbing wuluh tidak pernah menimbulkan masalah berarti. Namun kini, membayangkannya saja sudah membuat gigi linu dan perut mulas. 😅

Resep Kelengkeng Jeruk
Resep Kelengkeng Jeruk

Walau begitu, kecintaan terhadap asinan tidak pernah mati. Buah yang keras seperti kendondong dan mangga muda diserut kasar sehingga tidak perlu banyak mengunyah kala menyantapnya. Nah salah satu asinan buah yang aman buat gigi sensitif adalah kelengkeng jeruk yang saya share kali ini. Aman buat gigi karena tekstur kelengkeng yang lunak dan rasanya yang manis sehingga gigi tidak perlu mengunyah yang asam dan keras. Resep ini sudah pernah dipost di Instagram beberapa waktu yang lalu, sebelum puasa tiba, dan sepertinya saya akan membuatnya kembali weekend depan.

Kelengkeng Bangkok yang gendut dan manis ini sedang musim di toko buah sebelah kantor, dipacking dalam plastik mika ukuran 1 kg. Tekstur buah yang lembut dengan rasa manis memang nyaman di lidah bersanding dengan kuah asinan yang terasa nano-nano. Jika tidak ada kelengkeng, maka rambutan pun mantap dipermak menjadi asinan seperti ini. Sayangnya di Jakarta musim rambutan sudah berlalu, biasanya buah ini ramai dimusim penghujan. 

Resep Kelengkeng Jeruk
Resep Kelengkeng Jeruk

Untuk kuahnya biasanya saya hanya menggunakan air biasa, namun air kelapa ternyata super maknyus. Jika susah menemukan air kelapa asli, gunakan saja air kelapa kemasan instan yang saat ini banyak dijual dipasaran. Rasanya tidak akan jauh berbeda. Saya ingin kuah asinan yang bening dan tidak berwarna kecoklatan, tampilannya menurut saya menjadi lebih cantik, jadi saya menggunakan gula pasir dan air jeruk nipis (bukan gula jawa dan air asam jawa yang akan membuat kuah keruh kecoklatan). Rasa asam bisa disesuaikan dengan selera, tapi jeruk sunkist sudah menyumbangkan rasa asam jadi 1 butir jeruk nipis telah cukup untuk level rasa asam yang saya inginkan. 

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Kelengkeng Jeruk

Kelengkeng Jeruk
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:
- 500 gram kelengkeng bangkok, kupas dan lepaskan daging buah dari bijinya
- 1 - 2 buah jeruk sunkist, kupas dan potong dadu
- 1 buah jeruk mandarin/jeruk sunkist peras airnya
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- 300 - 500 ml air kelapa, bisa pakai air kelapa instan kemasan
- 2 - 3 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam
- 4 buah cabai rawit merah, cincang atau ulek kasar

Cara membuat:

Resep Kelengkeng Jeruk

Siapkan mangkuk besar, masukkan semua bahan. Aduk rata, cicipi rasanya. Harus terasa asam, asin dan manis. Tambahkan gula pasir sesuai selera. Simpan di kulkas dan santap ketika dingin.




4 komentar:

  1. Ya ampun mba bikin ngiler 😅
    Disini di tempat saya masih ada lho yang jual rambutan
    Hihihi
    Besok eksekusi aah

    BalasHapus
  2. Aduhhh puasa2 gini lihat blognya mbak Endang .... bikin ngiler badai ... apalagi asinannya memang "menantang" banget he he. Biasanya yang aku eksekusi jadi asinan hanya si mangga muda mbak, tapi lihat kreasi mbak Endang kali ini .. boleh juga, menginspirasi banget mbak idenya, matur nuwun sanget mbak Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Vita, thanks yaa, yep biasanya pakai mangga muda juga tapi akhir2 ini gigi linu gak mau kompromi, faktor U wakakka. Pakai rambutan juga sedep mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...