02 Mei 2018

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap


Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Berkantor di sebelah Mall Ambassador, anda tidak akan kehabisan ide hendak bersantap siang dimana. Food Court di mal dan ITC Ambassador menyajikan aneka makanan dan camilan sedap menarik dengan keragaman yang tinggi. Sudah sekitar 6 tahun kantor tempat saya bekerja, berlokasi disini, setelah sebelumnya bertahun-tahun bertempat di Puri Imperium di Jalan HR. Rasuna Said. Dulu ketika masih di Puri Imperium, pilihan makanan hanya terbatas, biasanya seputar pagar dibelakang kantor yang penuh berjajar gerobak penjual makanan, sekitar 'amigos' (agak minggir got sedikit) kantor KPK lama, atau paling jauh di Pasar Festival. Seminggu sekali setiap hari Jumat, memanfaatkan jam istirahat hari itu yang lebih panjang, kami akan berbondong-bondong ke Mall Ambassador. Kini, perjuangan tersebut tentu saja tidak terjadi lagi, berkantor ditengah-tengah dua buah mal besar, plus seputaran 'amigos' dibelakang kantor, maka ide makan siang selalu mengalir lancar, yang penting uang dikantong tersedia. 😄

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap
Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Dari sekian banyak makanan di Mall Ambassador, beberapa menjadi favorit saya, salah satunya adalah warung nasi Padang milik Uni. Kami menyebutnya Uni saja, tanpa tahu nama sebenarnya. Uni adalah wanita Padang berusia sekitar lima puluh tahun, bertubuh langsing, tinggi dan sangat cekatan. Hampir semua makanan di warungnya sedap, menurut saya bahkan lebih enak dari beberapa rumah makan Padang franchise yang banyak bertebaran di Jakarta. Cincang dagingnya berlemak dengan bumbu medhok, potongan rendangnya juga cukup besar dan lembut teksturnya, belum lagi udang balado seukuran jempol kaki dan peyek udang seukuran piring lebar. Potongan lauk yang dijual si Uni memang lebih besar dibandingkan rumah Padang umumnya, tidak heran jika harganya dibandrol lebih mahal. Sebulan sekali saya selalu sempatkan untuk makan di warung Padangnya, karena kalau setiap hari bisa tekor bin gendut. 

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap
Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Nah menu favorit saya jika bersantap di warung si Uni adalah gulai masin ikan pari asap. Potongan ikan parinya lebar, dagingnya lembut dibalut kuah berlemak sedikit pedas nan gurih. Gulai masin Uni menggunakan irisan cabai hijau dan pete yang banyak. Biasanya saya hanya memesan nasi plus gulai masin dengan tambahan sambal cabai hijau, rasa-rasanya ingin menambah porsi nasi kedua tapi malu dengan teman kantor didepan muka. 

Ikan pari asap yang berbau unik dan tidak semua menyukainya memang sedap jika diolah dalam balutan bumbu medhok dan kuah santan yang kental nyemek-nyemek. Biasanya saya mempermak ikan menjadi masakan mangut yang tak kalah sedapnya (resep bisa diklik pada link disini), namun kali ini terinspirasi dari Uni, saya mengolahnya menjadi gulai masin. Gulai masin karena mengandung banyak cabai didalamnya maka cita rasanya menjadi sedikit lebih pedas, dibandingkan mangut. Gulai masin yang berarti gulai manis adalah sejenis gulai a la Padang yang berkuah kuning kehijauan, tidak terlalu pedas, gurih dengan kuah santan kental. Gulai ini lumayan favorit di rumah makan Padang dan biasanya sangat mudah ditemukan, namun membuatnya sendiri sangat mudah dan tak kalah sedapnya.

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Untuk mengolah ikan pari asap, saya hanya mencucinya sebentar dalam air biasa dan langsung menggunakannya didalam masakan. Pengalaman saya, memasak ikan pari asap cukup lama didalam kuah berbumbu akan membuat rasa ikan lebih sedap, lembut dan mengurangi bau asapnya yang terlalu strong. Selain itu, ikan pari asap biasanya memiliki after taste sedikit aneh (saya susah menggambarkannya) yang biasanya masih terasa setelah dimasak, namun dengan merebusnya cukup lama dalam bumbu maka rasa unik yang tidak menyenangkan tersebut lenyap.

Selebihnya membuat gulai masin sangat mudah, selain ikan pari asap bisa menggunakan jenis ikan segar lain, ikan asin atau ikan pindang. Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Gulai Masin Ikan Pari Asap
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link disini:

Bahan:
- 5 potong ikan pari asap, cuci bersih
- 2 papan petai, kupas, belah menjadi dua bagian
- 15 buah cabai hijau keriting, iris serong tipis
- 75 ml santan kental instan
- 600 ml air

Bumbu dihaluskan:
- 10 buah cabai rawit hijau
- 3 buah cabai hijau keriting
- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 cm kunyit
- 2 cm jahe

Bumbu dan bahan lainnya:
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 keping asam kandis atau 1 sendok teh air asam jawa
- 3 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, memarkan
- 3 cm lengkuas, memarkan
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok teh gula pasir
- 1 lembar daun kunyit, disimpulkan

Cara membuat:

Resep Gulai Masin Ikan Pari Asap

Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Aduk-aduk bumbu selama ditumis agar tidak mudah gosong. Tambahkan sedikit minyak agar bumbu benar-benar matang merata. Masukkan daun jeruk, daun salam, asam kandis, serai, lengkuas, aduk dan tumis hingga rempah layu.

Masukkan petai dan cabai hijau, tumis hingga cabai layu. Tambahkan air, masak hingga mendidih dan bumbu matang. Tuangkan santan, kecilkan api, masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih dan santan matang.

Masukkan ikan pari asap, gula dan garam, aduk dan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Tambahkan kuah sesuai selera. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. Angkat dan sajikan. 



4 komentar:

  1. dulu kantor saya di menara kadin, Mbak jadi sering ke Ambas juga.. ini warung Uni di sebelah mana toh ? dulu, di ITC nya ada juga warung padang bukanya di jam nanggung : 12.30an gitu.. di antara kios2 pakaian, bukan di area foodcourt.. lupa di lantai berapa.. di situ ada lontong sayur pakis, dan lauk pauknya juga bikin pusing kepala soalnya pengen semua... hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cik Uniang, di jembatan bagian masakan manado, warungnya dibelakang.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...