03 Mei 2018

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi dengan Magic Cooker Maspion Black Diamond 1,8L


Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

"Mba, nggak ke Inacraft?" Tanya Sintya, teman saya, minggu lalu. "Kepengen kesana, mungkin Minggu sore. Hari terakhir biasanya produknya banyak didiskon," jawab saya. Hari Minggunya, Sintya kembali mengirimkan pesan melalui WA, "Jadi ke Inacraft?" Tanyanya. Saya yang saat itu masih bermalas-malasan di kasur melirik jam di dinding, jarum pendeknya menunjuk ke angka tiga. Hati dan badan sebenarnya malas hendak jalan kesana, apalagi cuaca yang tadinya mendung kini berubah menjadi panas terik. Tapi saya membutuhkan beberapa piranti makan untuk keperluaan food photography, jadi walau sebenarnya berat melangkah, saya menuju ke kamar mandi juga untuk membasuh diri dan bersiap-siap ke JHCC.

Jika anda belum mengetahui mengenai Inacraft, maka ini adalah pameran kerajinan produk dalam negeri yang setiap tahun diselenggarakan di JHCC (Jakarta Hilton Convention Center) di Senayan. Bertahun-tahun yang lampau saya rajin berkunjung ke pameran kerajinan ini, namun tidak dalam dua tahun belakangan ini. Dulu produk Inacraft cukup terjangkau bagi kocek saya, banyak barang kerajinan yang lucu dengan harga cukup murah. Kini Inacraft dipenuhi produk berkelas yang walau harus saya akui kualitasnya memang bagus dan layak ekspor, tapi harganya berat bagi dompet. 

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Hari terakhir pameran ternyata pengunjung lumayan banyak, saat itu sudah pukul lima sore. Walau ramai namun luasnya lokasi pameran membuat kondisi itu sama sekali tidak mengganggu. Batik dan batik dan batik adalah produk yang paling banyak dipamerkan, namun target saya adalah piring dan mangkuk keramik lucu untuk keperluan foto. Setelah berputar-putar hingga kaki hampir 'gempor' akhirnya saya dan Sintya menemukan satu stand yang khusus menjual perlengkapan makan keramik unik. Produk tersebut didatangkan  dari Bali, dan saat itu semua barangnya dibandrol diskon 50%. Saya yang tadinya melotot melihat harga fantastis yang tertera di barcode menjadi bersemangat setelah mendapatkan info diskon. Beberapa piring, cangkir, dan mangkuk masuk ke keranjang belanja, dan salah satunya adalah piring keramik untuk menampilkan nasi kebuli pada postingan kali ini. Saya cukup puas dengan perburuan ke Inacraft tahun ini, walau stand peralatan makan keramik sangat jarang ditemukan, namun toko yang saya temukan tersebut cukup melengkapi koleksi di rumah.

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi
Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Wokeh, menuju ke nasi kebuli kali ini. Saya pernah memasak nasi kebuli sebelumnya, yaitu nasi kebuli ayam goreng, resepnya bisa diklik pada link disini. Pada nasi kebuli kali ini saya menggunakan daging sapi dan memasaknya di produk Maspion terbaru yaitu MRJ-1892 Magic Cooker Black Diamond Technology kapasitas 1.8L. Panci 1.8L dengan lapisan Hard Anodize (lapisan dengan proses pemadatan dan pengerasan permukaan panci. Sehingga menjadikan panci anti gores dan aman untuk makanan) dan Alluminium Murni (alluminium murni dengan proses khusus, menghasilkan panci kuat serta pemanasan optimal dan merata). Panci ini juga  NO PFOA (zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kanker). Dilengkapi pegangan panci sehingga semakin aman untuk digunakan.

Bagi rekan-rekan yang berminat pada produk baru Maspion ini ada Exclusive Launch di Official Store Maspion Tokopedia periode 14-18 Mei 2018, link bisa diklik disiniPre-order dapat dilakukan pada 2-4 Mei 2018 di Tokopedia untuk mendapatkan bonus lunch box menarik (persediaan terbatas).

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi
Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Pengalaman memasak dengan panci ini menurut saya menyenangkan. Panci memiliki permukaan anti gores Hard Anodize - saya memiliki peralatan masak lainnya dengan permukaan yang sama dan walau telah lebih dari tiga tahun dipakai kondisinya masih bagus, tidak bergores dan tidak lengket untuk menggoreng apapun - jadi saya yakin panci ini pun akan memiliki ketahanan dan kemampuan yang sama. Salah satu hal yang menyebalkan jika menggunakan perlengkapan anti lengket adalah lapisannya yang mengelupas setelah beberapa waktu lamanya, namun dengan teknologi Hard Anodize maka lapisan tersebut aman. Jadi permukaan panci Maspion Magic Cooker Black Diamond Technology  ini memiliki dua kelebihan sekaligus yaitu anti lengket dan anti gores. 

Kelebihan lainnya adalah gagang pada panci. Gagang ini memudahkan kita mengeluarkan panci dari mesin pemanasnya tanpa perlu khawatir ujung jari terbakar. Walau terlihat sepele namun ini adalah kelebihan yang tidak dimiliki oleh magic cooker sejenis, dan kita tidak perlu repot-repot harus mencari kain lap kala mengeluarkan panci panas dari body mesin. Selebihnya cara menggunakan  Magic Cooker Maspion Black Diamond 1,8L ini sama seperti magic cooker umumnya. 

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi
Resep Nasi Kebuli Daging Sapi
Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Membuat nasi kebuli sangat mudah, jika pada resep sebelumnya saya menggunakan banyak bumbu utuh yang membuat nasi dipenuhi 'ranjau' dan 'jebakan Batman', kali ini saya menghaluskan bumbu-bumbu kering dan langsung menumisnya bersama bumbu lainnya. Daging sapi di resep bisa digantikan dengan daging kambing atau ayam, dan jika anda memiliki persediaan minyak samin di pantry dapur, maka margarine/mentega di resep bisa diganti dengan minyak tersebut. Minyak samin memberikan rasa dan aroma khas yang memang tidak ditemukan di mentega/margarin. 

Adakalanya memasak nasi seperti ini di rice cooker ditemukan kendala, karena kandungan susu dan bumbu membuat cairan untuk memasak nasi menjadi terlalu pekat sehingga nasi susah matang sempurna sementara tombol memasak telah kembali ke posisi semula. Jika ini terjadi pada rice cooker yang anda gunakan maka tidak perlu panik, cukup aduk nasi didalam rice cooker, tekan tombol kembali dan biarkan alat melanjutkan pemanasannya. Atau jika cara ini tidak berhasil maka masukkan nasi ke dalam kukusan dan kukus seperti biasa hingga nasi benar-benar matang. Jika telah matang, masukkan kembali nasi ke rice cooker agar tetap hangat. 

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Nasi Kebuli Daging Sapi
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 8 porsi

Tertarik dengan resep nasi lainnya? Silahkan klik pada link dibawah ini:

Bahan:
- 600 gram daging sapi, potong ukuran 4 x 4 cm
- 700 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
- 700 ml air
- 400 ml susu cair
- 2 butir bawang bombay, belah masing-masing menjadi dua bagian dan rajang setipis mungkin
- 5 sendok makan kismis (optional)
- 5 sendok makan nanas cincang (optional)

Bumbu dihaluskan:
- 1/2 butir buah pala
- 1 1/2 sendok makan ketumbar, sangrai
- 1 1/2 sendok teh merica butiran, sangrai
- 1/2 sendok teh jintan, sangrai
- 5 butir cengkeh
- 4 butir kapula hitam (kapulaga Jawa)
- 10 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 4 cm jahe

Bumbu lainnya:
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 sendok makan mentega/margarin
- 3 batang kayu manis
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
- 4 butir kembang lawang/pekak/star anise
- 1/2  s/d 1 sendok makan garam

Pelengkap:
- bawang merah goreng
- acar merah nanas dan ketimun, resep bisa dilihat pada link disini

Cara membuat:

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Siapkan blender dry mill, masukkan buah pala dan bumbu kering yang dihaluskan, proses hingga halus. Tambahkan bawang merah, bawang putih dan jahe, proses hingga halus. Sisihkan.

Siapkan wajan, panaskan 3 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay hingga berubah warna menjadi coklat kekuningan. Aduk-aduk selama bawang ditumis agar matang merata. Angkat dan tiriskan. Biarkan minyak sisa menggoreng diwajan. 

Tambahkan 2 sendok makan mentega/margarine, panaskan hingga meleleh. Masukkan bumbu yang dihaluskan, aduk dan tumis hingga bumbu matang, harum dan berubah menjadi lebih gelap warnanya. Masukkan serai, kayu manis, dan kembang lawang. Aduk dan tumis hingga serai layu. Masukkan potongan daging, aduk dan tumis daging hingga permukaannya kecoklatan.

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Tuangkan 1 liter air dan garam, masak hingga daging empuk. Jika daging belum empuk sementara air berkurang tambahkan kembali dan masak hingga benar-benar empuk. Air kaldu tersisa harus sekitar 700 ml untuk memasak beras, jadi tambahkan air jika kaldu berkurang. Jika daging telah empuk, matikan kompor. Tiriskan daging, goreng hingga permukaannya kecoklatan, angkat dan sisihkan.

Ukur kuah kaldu sebanyak + 700 ml, jika kurang tambahkan air. Siapkan magic cooker Masipion, masukkan beras ke dalam panci, tambahkan air kaldu daging dan susu cair. Aduk rata. Tutup mesin dan masak seperti biasa. 

Resep Nasi Kebuli Daging Sapi

Jika masakan mulai mendidih, buka penutup panci dan aduk hingga rata. Nasi cenderung menggumpal dibagian bawah panci, jadi aduk hingga terurai. Masak kembali nasi hingga matang. Masukkan kismis dan nanas cincang (jika pakai). Aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin.

Siapkan piring saji, tata nasi dan daging goreng di permukaanya. Sajikan dengan bawang bombay goreng,  bawang merah goreng dan acar merah timun dan nanas. Super yummy!



11 komentar:

  1. Makin mantap kalau pakai beras basmati ya? Kl saya masak beras basmati, berasnya saya rendam dulu 30 menit sebelum dipakai karena biasanya beras basmati lebih kering (dry aged) dari beras jasmine Thailand.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep pakai basmati lebih oke Mba. thanks tipsnya ya.

      Hapus
  2. kali ini ga pake bubuk kari ya mba say ? shofa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nasi kebuli nggak pakai bubuk kari mba, resep nasi kebuli yang pernah saya share sebelumnya juga tidak. mungkin nasi mandi dan nasi biryani yang pakai bubuk kari

      Hapus
  3. Mb.kapulaga jawa itu seperti apa? Barangkali punya fotonya. Matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek disini mba:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/12/yuk-mengenal-bumbu-dapur.html

      kapulaga ada 2: hijau dan hitam (jawa)

      Hapus
  4. Resepnya saya simpan dulu deh 😊 thanks mbak Endang. Btw harga rice cooker-nya berapa ya? Tempo hari lihat iklannya di Jawa Pos. Ini lagi mau beli lagi, pengen nyoba Maspion. Sebelumnya ibu saya beli merek lain yg juga antigores, puas juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, sekitar 300 rb an kalau nggak salah ya. Ada juga di olshop Mba.

      Hapus
  5. Mba endang, aku doyan banget kebuli, selalu beli kalau lagi mau kebuli, lumayan di kantong harganya haha....udah ada di JTT Kudu di coba kayaknya niy, hehe...mba endang, kalau pakai versi masak di kompor gimana mba. Kayak masak nasi biasa kah? Di aron dan di tanak ? Mhn pencerahan ya mba endang, hehe...🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, masak biasa di aron dulu kemudian ditanak ya. Gak berbeda dengan nasi biasa kok.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...