25 Mei 2018

Resep One Pot Spaghetti Tomatoes


One Pot Spaghetti Tomatoes

Saya sudah lama hendak mencoba resep ini, pasta yang dimasak dalam 1 panci sekaligus bersama dengan bumbu dan sayuran lainnya. Cara ini super praktis karena tidak perlu merebus pasta terpisah, menumis bumbu dan sayur terpisah, dan kemudian baru mengaduknya menjadi satu. Awalnya saya sempat ragu, membayangkan harus mengira-ngira seberapa banyak takaran air yang harus digunakan. Kurang air akan membuat pasta tidak matang, terlalu banyak air akan merubahnya menjadi pasta kuah. Tentu saja dari dua pilihan 'zonk' tersebut, masih bagus jika pasta kurang air, karena kita bisa menambahkan porsi air panas dan memasaknya lebih lama hingga matang. 

Melihat gambarnya yang bersliweran di internet dan videonya di beberapa vlog yang saya ikuti, akhirnya rasa penasaran berubah menjadi keberanian untuk mencobanya. Ternyata super mudah dan rasanya tak kalah dengan proses yang biasa kala kita membuat pasta umumnya.

Resep One Pot Spaghetti Tomatoes

Ada banyak cara menyajikan pasta seperti spaghetti, umumnya dengan saus tomat dan saus putih, tapi versi termudahnya adalah dengan memasaknya begitu saja dalam tumisan bumbu yang terdiri dari bawang putih, oregano, dan basil. Cara terakhir ini paling sering saya buat dirumah, karena sangat mudah, rasanya sedap dan kita bisa menambahkan aneka protein yang disuka seperti cumi-cumi, ayam, atau udang. Memasak pasta seperti ini juga membuka peluang untuk menambahkan aneka sayuran bukan hanya melulu brokoli saja. Pada resep ini saya menggunakan irisan tomat cherry, jika tidak ada bisa digantikan dengan tomat biasa yang dipotong dadu. 

Saya juga menggunakan sayuran bernama horenso, walau bernama seperti Jepang sayuran ini sebenarnya adalah bayam atau spinach dalam bahasa Inggrisnya. Tanaman yang kita sebut bayam selama ini diluar negeri biasa disebut dengan amaranth. Walau keduanya memiliki famili yang sama yaitu bayam-bayaman (Amaranthaceae), namun kedua bayam ini memiliki bentuk, aroma dan tekstur daun yang berbeda. Horenso bisa diganti dengan bayam biasa, sawi, brokoli, atau kembang kol, gunakan jenis sayuran yang mudah lunak ketika direbus bersama pasta.

One Pot Spaghetti Tomatoes
One Pot Spaghetti Tomatoes

Walau diresep ini saya menggunakan rice cooker untuk memasaknya, namun sebenarnya spaghetti bisa dimasak dipanci biasa diatas kompor seperti biasa. Cukup tumis bumbu terlebih dulu hingga harum, tambahkan pasta kering dan air kaldu, pasta lantas dimasak hingga matang. Awalnya spaghetti mungkin terlihat berair dan sedikit berkuah, namun diakhir pemasakan semua kuah akan terserap dan menghasilkan pasta yang matang sempurna. Saya tidak menambahkan protein hewani dimasakan ini, tapi silahkan jika ingin menambahkan suwiran tuna kalengan dan ayam rebus/panggang, atau udang dan cumi-cumi yang dimasukkan bersamaan ketika bumbu ditumis. 

Ingin versi bersaus tomat? Cukup masukkan saus tomat untuk spaghetti yang biasanya dijual dalam kemasan botol didalam rebusan pasta, aduk rata dan masak hingga semua bahan matang. 

One Pot Spaghetti Tomatoes

Untuk jenis rice cooker yang digunakan, tidak ada spesifikasi khusus ya. Semua jenis rice cooker bisa dipakai untuk memasak one pot pasta seperti resep ini ya.

Berikut resep dan prosesnya.

One Pot Spaghetti Tomatoes

One Pot Spaghetti Tomatoes
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep pasta lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Pasta Tuna Dalam 20 Menit
20 Menit Pasta dengan Sarden dan Jamur

Pasta dengan Pesto Brokoli

Bahan:
- 400 gram spaghetti, potong menjadi 2 bagian
- 250 gram tomat cherry belah dua, atau tomat biasa potong dadu
- 1 ikat horenso, bisa diganti brokoli, kembang kol, bayam, sawi, potong kasar
- 1 ikat kecil daun peterseli, cincang kasar
- 700 - 800 ml kaldu ayam, atau air biasa

Bumbu:
- 2 sendok makan minyak zaitun untuk menumis
- 1 buah bawang bombay, belah dua dan rajang kasar
- 5 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sendok makan daun basil kering
- 1 sendok makan daun oregano kering
- 1 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 1/2 sendok makan cabai kering cincang kasar
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh merica bubuk

Cara membuat:

One Pot Spaghetti Tomatoes

Siapkan rice cooker atau panci biasa diatas kompor, tuangkan 2 sendok makan minyak zaitun. Panaskan, sampai minyak panas.  Masukkan bawang bombay dan bawang putih, aduk dan tumis selama 1 menit hingga bawang matang.  Masukkan spaghetti, tomat cherry, basil, oregano, saus tiram, cabai cincang kering, garam dan merica bubuk. 

Tuangkan kaldu ayam, aduk rata. Tutup rice cooker dan tekan tombol memasak. Masak hingga pasta matang (al dente). Cek sesekali apakah pasta telah cukup empuk. Masukkan daun peterseli cincang, aduk rata. 


One Pot Spaghetti Tomatoes

Tambahkan horenso, aduk dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. Angkat panci dari pemanas dan keluarkan spaghetti dari panci. Sajikan dengan taburan keju parut dan cincangan cabai kering (jika suka). Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Horenso




4 komentar:

  1. Jadi inget jaman masih jd anak Kost. Pengen spaghetti, masak pake rice cooker. Cemplung2 sayuran, sarden, sampe irisan rawit... 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktis dan super irit yaaaa, saya dulu gak mampu beli spaghetti pakainya mie instan wakakkaa

      Hapus
  2. Terimakasih Mba endang,simpel dan enak resepnya

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...