Pages

30 Desember 2015

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese


Ayam goreng super pedas berwarna kemerahan dengan rasa gurih keluaran resto fast food Richeese memang sempat booming beberapa waktu yang lalu. Teman-teman kantor saya pun tak ketinggalan untuk membicarakannya, dan ketika ada kesempatan berusaha untuk bersantap siang disana saat jam istirahat kantor tiba. Walau letak resto fast food ini cukup jauh namun sepertinya tidak menghambat mereka untuk meniatkan hati berkunjung. 

Nah beberapa waktu yang lalu Richeese membuka cabangnya di Blok M Plaza, mall yang letaknya tidak jauh dari rumah. Saya yang kurang suka dengan ayam goreng a la fast food seperti ini, akhirnya tak kuasa menahan keinginan untuk ikut mencicipinya. Tak tanggung-tanggung saya memesan level 3, sementara teman saya, Sintya, sepertinya lebih rasional dari saya dengan memilih level 1. Ternyata semua cerita ekstrim mengenai pedasnya ayam goreng Richeese memang bukanlah cerita bohong. Rasa pedasnya luar biasa membuat saya harus memesan porsi minum ukuran jumbo berikutnya untuk mengguyur lidah dan tenggorokan. Walau super pedas namun ayam goreng ini memang benar-benar membuat ketagihan. ^_^

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT
Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Sejak menyantap ayam goreng pedas tersebut berbulan-bulan yang lalu, terus terang bayangan hendak membuatnya sendiri di rumah menari-nari di kepala. Aneka bumbu pun mulai dikira-kira untuk menciptakan saus kemerahan yang terasa manis, asam dan pedas. Tapi walau tangan ini terasa gatal untuk segera bereksperimen di dapur namun momen yang tepat tak kunjung tiba hingga saat harus menyusun menu di buku ketiga saya, '90 Resep Masakan Rumahan untuk 1 Bulan' yang sudah diterbitkan beberapa bulan yang lalu. Nah resep fire chicken wings yang terinspirasi dari Richeese ini sepertinya menu yang cukup menarik untuk dicoba dan menjadi salah satu resep pengisi buku. Walau hasil akhirnya tidak sepedas ayam a la Richeese namun untuk rasa lainnya hampir mirip. Terus terang saya cukup puas dengan hasil kutak-katik di dapur ini.

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT
Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Membuat ayam goreng pedas ini cukup mudah, untuk resep ini saya menggunakan sayap ayam. Alasannya, sayap ayam memiliki daging lembut dengan potongan yang tidak terlalu besar, ini membuatnya mudah matang kala harus digoreng dalam balutan tepung yang gurih. Anda tentu saja juga bisa menggunakan potongan bagian ayam lainnya. Nah agar ayam mampu matang dengan baik hingga ke tulang, maka ungkep (merebus ayam dengan bumbu dan sedikit air) hingga potongan ayam matang, baru kemudian ayam dibalut tepung dan digoreng.  Atau gunakan potongan ayam yang tidak terlalu besar agar mampu matang dengan mudah. 

Untuk balutan adonan tepungnya saya tidak terlalu banyak bereksperimen, menurut saya poin penting adalah menggorengnya hingga benar-benar kering agar teksturnya menjadi renyah. Untuk membuat balutan tepung mampu garing dengan baik maka saya menambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan. Terlalu merepotkan harus mencampur aneka tepung untuk adonan? Anda bisa menggunakan tepung berbumbu instan yang sekarang banyak dijual di supermarket. Adik saya, Wiwin, bahkan menyetok tepung instan ukuran 1 kilogram di dapurnya, sewaktu-waktu krucil-krucilnya merengek meminta calamari atau udang goreng tepung maka dalam sekejap makanan lezat sudah tercipta. ^_^

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Satu tips agar ayam goreng tidak mudah layu dan melempem adalah dengan menggorengnya dalam minyak yang banyak hingga permukaanya terendam. Selain itu meletakkan ayam yang baru matang diatas rak kawat juga akan membuat balutan adonan lebih tahan lama renyahnya.  Saat ayam masih panas, uap yang keluar dari permukaannya akan membuat adonan menjadi melempem jika diletakkan di permukaan tisu atau wadah lain yang tidak memiliki aerasi yang baik. Biarkan ayam mendingin dirak kawat, saat itu minyak akan terserap ke dalam potongan ayam dengan baik dan permukaannya menjadi tidak greasy.

Sausnya sendiri cukup simple, saya mencampurkan saus tomat dan saus sambal bersama beberapa bahan mudah lainnya. Rasa saus harus kolaborasi antara asam, pedas dan manis, karena itu seimbangkan taste-nya dengan menambah gula palem bubuk (bisa digantikan  dengan gula pasir). Saus cukup dimasak sebentar dengan api kecil, jika anda suka dengan aroma jahe  maka sedikit jahe parut bisa juga ditambahkan kala saus dimasak. Masak saus sebentar saja hingga tampak mulai sedikit mengering dan mengental, baru kemudian potongan ayam dimasukkan dan diaduk hingga saus merata melumuri permukaannya. 

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Adonan tepung kering dan saus ini bisa anda buat dalam jumlah banyak sekaligus, simpan dalam wadah kedap udara di chiller kulkas, sewaktu-waktu ketika diperlukan anda cukup menambahkan telur ke adonan. Selain ayam, menurut saya potongan cumi-cumi, fillet ikan atau udang berbalut tepung juga sedap disantap bersama saus pedas ini. Jika porsi saus sambal dan bubuk cabai di resep terlalu banyak maka kurangi sesuai selera, atau justru tambahkan jika anda suka rasa ayam yang ekstrim pedas.  

Fire chicken wings ini sedap menjadi lauk untuk menemani nasi hangat, atau camilan kala sedang menonton film bersama keluarga di rumah. Bahkan mungkin bisa menjadi salah satu camilan kala tahun baru 2016 tiba di akhir minggu ini. Berikut resep dan prosesnya ya!


Fire Chicken Wings a la Richeese
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 10 potong sayap ayam

Tertarik dengan resep simple seperti ini lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Crispy Calamari
Udang Goreng Oatmeal a la Singapore 
Super Crispy Fish and Chips 

Bahan:
- 10 potong sayap ayam, potong menjadi dua bagian
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan tepung beras
- 3 sendok makan tepung terigu protein sedang/serba guna
- 1 sendok makan tepung tapioka
- 2 sendok makan tepung maizena
- 1/2 sendok teh baking powder/baking soda
- 1 butir telur kocok lepas

Saus, aduk menjadi satu:
- 2 siung bawang putih, parut halus
- 4 sendok makan saus tomat botolan
- 5 sendok makan saus sambal botolan
- 1 sendok makan bubuk cabai
- 1 sendok makan kecap asin/soy sauce
- 1 sendok makan saus tiram
- 2  sendok makan gula palem bubuk/gula pasir
- 1 sendok teh rice vinegar atau apple cider vinegar atau 1/2 sendok teh cuka masak biasa
- 1  sendok makan minyak wijen

Cara membuat:


Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Siapkan sayap ayam, beri ½ sendok makan garam, remas-remas hingga ayam kesat. Cuci hingga bersih dan tiriskan. Keringkan permukaan ayam dengan tisu dapur atau kain bersh. Taburi ayam dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Tambahkan semua tepung, telur, dan baking soda. Aduk dan remas-remas dengan tangan hingga semua bahan dan ayam tercampur dengan baik.

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Siapkan wajan anti lengket, masukkan minyak agak banyak dan panaskan hingga minyak benar-benar panas. Goreng ayam dengan api kecil saja hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan. Usahakan ayam terendam minyak. Angkat dan tiriskan di rak kawat. Jangan meletakkannya di permukaan piring/tisu atau wadah lain yang tidak memiliki aerasi yang baik. Sisihkan. 

Note: api kecil membuat ayam matang hingga ke bagian dalam tanpa membuat permukaan menjadi gosong.

Siapkan mangkuk, aduk jadi satu bahan saus, cicipi rasanya. Saus harus terasa manis, asam, asin. Tambahkan gula palem bubuk jika terlalu asam.  Sisihkan. 

Resep Fire Chicken Wings a la Richeese JTT

Siapkan wajan, masukkan saus, masak hingga mendidih dan kental. Matikan kompor. Masukkan ayam, aduk cepat hingga permukaanya menjadi terlumuri oleh saus. Sajikan panas-panas.

Note: fire chicken wings paling sedap disajikan panas, ketika sudah mendingin maka kulitnya tidak akan terasa renyah.  


TESTIMONI PEMBACA

Prayoga Aya Pratama:

Ikut setorn yah mba... Langsung aq coba resepnya yang fire chickwn wing.... Cabe bubuk aq ganti sama cabe merah yang digiling...
Makasieh yah mb share ilmunya...
 
 
 
 

112 komentar:

  1. mba ini resep mantap juga. jadi mau coba.
    skitar 2 tahun lalu, recheese buka di daerah saya. saya coba level 4, saya pikir ga sepedas yg di kira. taunya level 4 bikin bibir dower n panas krn kepedasan hahaha, sejak saat itu saya ga pernah makan recheese lg mbak, karena pedasnya itu loh bikin kapok.

    thx mba resepnya ^^ slamat tahun baru ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak, saya juga bolak blik gitu, beberapa kali makan nekat pakai level tinggi, habis itu tobat kepedesan hehhehe

      Hapus
  2. Mba Endang... Makasih banyak resepnya :) kl saus kejunya ada resepnya ga mbak? hehehe.. Apa pk resep saus keju yg pernah diposting d resep pancake. Makasih ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dini, pakai saus keju ini saja mba.
      http://www.justtryandtaste.com/2015/05/pancake-sosis-dengan-saus-keju.html

      tambah keju cheddar supaya lebih nendang rasa kejunya ya

      Hapus
  3. Ak pernah coba level 5 mba, perlu 3 gelas minuman buat ngabisinnya plus sesudahnya perut panas wkwkwkwkwkwk tapi ngga kapok kok, weekend ini pengen coba buat ah. Makasih resepnya mba, selamat tahun baru dan happy long weekend lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya waktu itu level 3 udah pedes banget mba sugi, sampai perut panas hahahha. Level 5 gk bs bayangin pedesnya hahhaha. Met tahun baru juga ya mba, sukses selalu dan selamat hari libur yaa

      Hapus
  4. Waah... mbak... selama ini jadi silent reader... ini makanan favorit aku... cuma dompet jadi tipis kalo sering jajan si firewings... mau coba besok mbak... pasti lebih murmer n pasti mantap... makasih resepnya ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan Mba Ira, thanks komentarnya yaa. Moga suka dengan resepnya, dan yeeep jauh lebih murah dan puas jika membuatnya sendiri ^_^

      Hapus
  5. Waah...mbak endang ini spt ayam ala2 korea ya?mungkin klu di tambah dgn taburan wijen tambah sedap.makasih resepnya ya sdh lama cari resep ayam dgn saos yang ekstra pedassss.top deh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, mirip2 Mba Dewi hanya saja sausnya lebih mudah diperoleh bahannya karena minus gochujang ya.

      Hapus
  6. mbak endang mau tanya..kalo tepung maizena nya di ganti tapioka boleh kah? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Retno, jangan ya. skip sja maizenanya sementara tepung lain tetap sama saja takarannya ya. terlalu banyak tapioka akan membuat keras.

      Hapus
  7. Halo mba endang, salam kenal. Saya memang belum pernah coba resep di dalam blog ini, tapi bolak-balik saya baca sambil memikirkan kapan bisa eksekusi roti-roti dan hidangan lezat di sini. Saya suka blog ini yang sangat bercerita dan begitu akrab dibaca. Selalu sukses ya mba, terima kasih sudah membuat blog resep masakan yang sangat detailbdan dalam waktu dekat pasti ada resep yang akan saya eksekusi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ieda, salam kenal juga ya. Thanks ya sudah menyukai resep JTT dan sharingnya. Sukses selalu yaa! ^_^

      Hapus
  8. menurut saya pedesnya fire chicken richeese itu bukan dari pedas cabe tapi dari pedas merica.. kalau mau pedes mungkin bisa menambahkan merica pada resep saosnya.. ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sarannya Mba Arin, silahkan ditambah merica sesuai selera ya.

      Hapus
  9. Sepertinya akan jadi hidangan hari pertama di tahun 2016 deh mbak .. Hehe .. Thx ya resepnya .. Met tahun baru , sehat , bahagia dan makin sukses ya .. Xoxo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yeni, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, Met tahun baru juga yaa Mba. Sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  10. Mbak ayam ini hampir sama dgn ayam ala korea ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbeda saus yang dipakai ya, ayam korea pakai pasta cabai gochujang

      Hapus
  11. Hai mbak endanggg, saya sukaa dengan firewings jugaa.. Dan beberapa waktu laku sempet utak atik dapur dan mencoba membuat.
    Kalau saya tambahkan bbq saus mba sama merica hitam. Rasanya jadi sangat hampir mrip. Bisa di coba mungkinn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ary, thanks ya sharingnya. Sepertinya sip banget sarannya, sukses selalu yaaa

      Hapus
  12. Update mbak endang... aku dah bikin... cuma versi malesnya hehe... ayamnya dibalut ama tepung bumbu s*s*, saosnya campuran dari 3 sdm saus spageti d*l m*nt*, 1 sdm saos ekstra pedas, 1 sdm saos tomat, merica hitam bubuk, n cabe bubuk... mantap mbak... btw salam kenal y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ira, salam kenal juga dan thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  13. bismillaah ... bu endang salam kena.Untuk vinegar bisa diganti apa bu ? Terima kasih (dari asiah surabaya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Asiah salam kenal juga ya. Skip saja mba, karena saus sudah asam ya. Gak masalah kok

      Hapus
  14. Salam kenal mbak... sore ini pulang kerja sy langsung cek kulkas dan mengeluarkan chicken wings dr freezer. Sambil melepas lelah sy buka blog JTT eittt....spt sulap yg tampil pertama resep fire chicken wings, langsung aja sy coba kebetulan semua bumbu lengkap termasuk wijen dan cuka apel. Serasa di resto memang mbak...apalagi sy tambahin side dish-nya salad minimalis wortel n timun. thanks ya mbak .... sy suka dg blok mbak Endang yg sangat detail.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hayati, salam kenal juga ya. Thanks ya sudah menyukai resep JTT dan sharingnya. Sukses selalu yaa! ^_^

      Hapus
  15. Mbak endang mau tanya, kalau diungkep dulu ayamnya pakai bumbu apa aja ya sebelum dicampurin terigu & digoreng? Trims :) (Fatwa - Jakarta)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Fatwa, pakai bumbu bawang putih, ketumbar, garam, dan sedikit kunyit dan jahe ya.

      Hapus
  16. Mbak Endang, aku sukses buat resep ini ! Walau kurang pedas sedikit, tapi happy banget akhirnya nyoba resep baru lagi. Thank you yah Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ifa, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  17. Boleh share mengenai bumbu untuk mengungkep ayamnya mba?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. standar saja Mba Hani, bawang putih, sedikit jahe, garam dan keutmbar ya.

      Hapus
  18. Mba, bikin cake buah naga donk kyk oleh2 dr Batam...��

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sarannya ya, dilihat dulu waktu dan resepnya yaaa

      Hapus
  19. Wah mbak endang. Akhirnya keluar resep ini. Saya sama pacar suka sekali makan ini. Tapi kalo beli di luar terus bikin kantong kempes. Mbak mau tanya, kalo mau lebih pedes lagi di, apa yang di tambahin ya mbak ? Terus saus sambalnya biasa nya mbak endang pakr merk apa. Hehehe, terimakasih mbak. Di tunggu jawabannya nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Riska, kalau mau lebih pedas bs tambah merica hitam atau saus tabasco ya, atau cabai bubuk dibanyakin. Saya saus sambal biasanya pakai Indo*** yang ekstra pedas ya.

      Hapus
  20. Terima kasih atas resepnya, mbak Endang. Saya buatnya untuk acara botram. Alhamdulillah suami&teman2 sukaaa...
    Cukanya sy ganti dg air jeruk lemon.
    Ditunggu resep2 berikutnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Icha, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  21. Mbak.. terima kasih resepnya.. jadi masakan andalan buat ultah anak kemarin.. love it

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  22. Mba endang bertanya dong, biasanya kalau aku masak ayam goreng bertulang gini suka ga pede dalemnya udah mateng atau belum, jadinya aku suka coel2 buat liat dalemnya deh.. dan most of the time, dia masih berdarah. Gimana sih caranya biar yakin dalemnya udah mateng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diungkep dulu ayamnya Mba Bulan, dibumbui garam, bawang putih, ketumbar dan sedikit jahe, ungkep sampai matang baru dilumuri tepung dan digoreng. Atau goreng dengan minyak banyak dan api kecil agak lama sampai matang bagian dalamny, atau jangan potong ayam terlalu besar ukurannya ya

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Liss, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  24. Hai mba Endang.. tnx for sharing resepnya. Kmrn saya coba bikin bumbu tanpa minyak wijen. Hasilnya mantaaaaap. Tapi emang dasar kepo akhirnya saya tambahin lagi minyak wijennya. Wakakakaka dan hasilnya saya ga sukaaaa... akhirnya saya goreng aja bumbunya biar ga medok terus saya cemplungin deh ayamnya.

    Oh iya mbak kalo saya goreng ayamnya gini, pas ditepungin abis itu celupin sebentar ke air dingin. Abis itu balurin ayam sama tepung lagi. Baru digoreng. Keriting nya lebih dapet mbak kayak ayam kfc. Hihihi
    Ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hlo Mba Ayu, thanks sharingnya ya, memang bebrapa tidak suka dengan rasa minyak wijen yang kuat ya, skip saja kalau tidak suka.

      wah thanks tips keritingnya mba Ayu, pengen cobaaaa, thanks yaaa

      Hapus
  25. Mungkin kalau mau nambahin pedesnya, bisa coba tambah cayenne pepper Mbak Endang.. Jauh lbh pedas dr lada putih bubuk biasanya itu.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Elisa tipsnya, yep saya rasa cayenne lebih pedas ya, atau saus tabasco ya.

      Hapus
  26. Yeaayyy akhirnya berhasil bikin ini. Enak mbaa, utk aku sih pedesnya pas (krn emang ga suka pedes). Makasih mba resepnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Mutiara, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka yaa

      Hapus
  27. Mbaa, kalo tepung tapioka nya gak ada gmn? Apa tarakaran tepung yg lain dilebihkan? Makacii mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip saja tapiokanya ya, tidak usah diganti tepung lain gak papa, atau kurang banyak adonannya bs diganti dengan tepung maizena saja

      Hapus
  28. pagi mba endang, aku mau tanya, ini yg level brp ya spicynya?
    soalnya aku udh coba yg high level tpi ga pedas2 jg :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau level saya kurang tahu ya, secara saya lupa level richeese, yang jelas pedasnya biasa saja ya

      Hapus
  29. terimakasih mbak, sangat membantu, mau di coba besok hehehe

    BalasHapus
  30. Mba ENdang, bahan sausnya itu tinggal diaduk di mangkuk aja jadi gak usah ditumis? (Mely)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep,aduk saja di mangkuk mba, dan panaskan sampai kental ya

      Hapus
  31. Mbak Endang, kalau mau nyetok di kulkas, yang dimasukkan ke kulkas nya itu ayam tepung yang sudah digoreng dan sudah dicampur dengan saus nya? terus nanti kalau mau menggoreng, yang dari kulkas itu dimasukkin dulu ke telur baru digoreng? berarti proses menggoreng yang kedua itu, ayamnya sudah ber-saus ya? atau gimana ya Mbak Endang? hehehe. Makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kayanya kalau ayam bersalaut tepung kurang oke di setok di kulkas ya. Menurut saya lebih baik setok campuran tepung kering dan campuran sausnya saja, jadi ketika akan dimasak potongan ayam cukup diaduk bersama tepung + telur.

      Hapus
  32. Mbak mau tanya kalo misal gak pake telur campuran tepungnya efeknya apa ya, karena saya pengen jual lagi biar lebih hemat lagi biayanya. Jadi kalo misal ayamnya cuman dicubit cubit pake campuran tepung ada efeknya gak. Misalnya kalo gak pake telur takut kalo jadi keras ayamnya. Soalnya saya mau digoreng langsung pas ada org beli baru dimasak ma saosnya, kalo ada telurnya takut bau kalo lama gak digoreng. Minta tipsnya dong mbak tx banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, basicnya sih sama kaya ayam KFC ya, menurut saya campuran tepungnya gak akan membuat ayam keras ya, jadi skip saja telurnya mba.

      Hapus
  33. Makasih mbak buat resep nya..hari ini saya berhasil membuat nya..seneng deh bisa masakin suami..kl anak saya kasih ayam tepung aja biar gak kepedesan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya mba Rike, senang sekali resepnya disuka yaa

      Hapus
  34. Terimakasih resepnya mbak..^^ sangat membantu! Jadi gak sabar pengen bikin.. nunggu pulkam dulu tapi. TT_TT
    di kota asal aku ga ada richeese soalnya.
    firewings level 5 favorit aku 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba Rifa, silahka dicoba yaa, wah level 5 super pedas itu huaaa

      Hapus
  35. Sekian kali nyobain resep dr mbk endang gk pernah nyesel deh... selalu berhasil... hehehe thx yah mbk endang selalu menginspirasi ku dlm memasak.. aihh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba Emita sharingnya, senang resep2 JTT disuka, sukses yaa

      Hapus
  36. waaah resepnya sangat menarik mba.. jadi mau bikin dirumah juga deh setelah nyoba makan richeese. Terimakasih resepnyaa mbaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, monggo dicoba Mas Aji, moga suka yaaa

      Hapus
  37. Mbaaakk.. makasi ya resepnya. Aku lagi hamidun dan ga boleh makan junkfood termasuk richeese. Terus liat resep ini jadi lumayan terobati deh kepengenannya hehe. Kebetulan di rmh cm ada tepung maizena sama all purpose. Klo pake tepung tapioka dan beras apa harusnya bisa jadi lebih crispy mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba shringnya, moga suka dengan resepnya. pengalaman saya tapioka dan beras membuat gorengan lebih garing dan renyah ya

      Hapus
  38. Wahhh kebetulan nich mba endang,libur nanti aku mau nyoba bikin fire chicken wings ala richeese... kyanya gampang ya mba, mudah2an nanti berhasil hehehe...makasii yaa mba endang resep2 nya ^^

    BalasHapus
  39. Mbak endaaang makasih ya, aku suka bgt sama fire wibgs ini. Tp di cikarang ngga ada, hiks. Biar lebih pedes aku tambah cabe rawit ulek hehehe. Tp Saos kejunya blom nemu nih yg mirip recheese.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Feriesky, thanks ya sharingnya. Saus keju pakai keju spread saja mba, kan banyak dijual yang udah jadi di pasaran

      Hapus
  40. Saya pernah coba itu yang level 3 anjir sampe netes air mata... Soal rasa sih kayaknya mirip ayam bakar yang ada sambalnya itu gk tau apa namanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya. Btw, masa sih rasanya kaya ayam bakar? hehehhe ^_^

      Hapus
  41. enaaakkk bangetsss...manis,asem,pedes,asin rasanya. lapisan tepungnya tebel tapi crunchy mirip yg resto punya. baru sempet setor nih Mba End, sy eksekusi tgl 1 juli kemarin. Top markotop deh resep" Mba End...bukan resep abal". Thanks for the recepie, sukses terus Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mb Andiyani, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  42. Halo mba endang. mau tanya,setelah proses masak, Klo dibekuin enak gak ya kira2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang oke ya mba, balutan tepungnya menjadi kurang garing. Sebaiknya memang fresh ya.

      Hapus
  43. wah makasih mba endang atas resepnya kmrn cuba bikin sendiri dirumah...eeehh ternyata orang serumah pada suka...maantaap ga bikin kantong jebol kalo bkin sendiri...haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  44. Makasih atas resepnya, Mbak Endang. Aku udah coba bikin, pas banget waktu itu ada sisa daging ayam di freezer, jadi nggak cuma sayap. Aku potong kecil, trus dilapis tepung sesuai resep ini. Cuma gara-gara masih ada sisa tepung bumbu, jadi aku tambahin juga. Lapisan tepungnya nempel dan renyah, nggak kayak yang sebelumnya pernah aku bikin. Sausnya aku bikin dua kali, Mbak, pertama bikin dari tomat dan cabai halus gara-gara kehabisan stok saus tomat dan saus sambal, kedua baru deh pakai saus kemasan. Cuma ada beberapa bahan seperti minyak wijen dan saus tiram yang aku skip gara-gara nggak punya. Tapi tetep hasilnya alhamdulillah top markotop. Semangat, Mbak, makasih sekali lagi untuk resep-resepnya yang praktis dan mudah diikuti :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Ami, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses juga yaa

      Hapus
  45. Aaaaah resepnya mba endang endes banget 😁 Meskipun aku gak pernah makan di richeese sih tapi seisi rumah suka banget sama resep ini 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Raisha sharingnya, sennag resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  46. besok mau eksekusi ah mumpung libur nyekolah! mau ngacak2 dapur mama 😁😁😁 semoga berhasil 😊😊😊

    BalasHapus
  47. Hallo Mbak Endang, semoga sehat selalu ya. Mbak ak semangat bgt nih mau eksekusi nih, itu di resep ada bw putih yg diparut, ditaronya di mana ya? Di cara menmbuat kayanya ngga muncul lg bwg putihnya. Anw makasi resepnya ya Mbak.

    ~Arum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Arum, di bahan saus mba, saya tuliskan semua aduk jadi satu, coba dibaca ulang lagi bahan2nya ^_^

      Hapus
  48. Hay mbak Endang jika takaran bubuk cabe ditambah apa takaran pada bumbu yang lain juga ditambah, menurut mbak apa saus yang paling pedas yang dijual di Indonesia? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo,

      Tidak ya, kalau bahan lain tambah berarti ayam nambah juga. Bumbu diatas sudah cukup banyak untuk porsi ayam yang dipakai. Mungkin saus cap belibis ya

      Hapus
  49. Hai mbak endang, gimana caranya dibuat pedas ber level" tanpa mengganti rasa dan tekstur saus, misalnya sy ingin buat yg lebih pedas dari sebelumnya takaran bubuk cabe dan saos pedasnya sy tambah tapi tekstur dan rasanya jadi berubah, tekstur menjadi semakin kental menurut mbak endang bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau itu saya kurang thu ya, krn kalau bahan ditambah otomatis akan membuat tekstur berubah. Kayanya kalau resto mrk pakai ekstrak cabai, kurng tahu juga beli dimana.

      Hapus
  50. Saya baru kemaren senin nyoba fire wings nya richeese, sekalian level 5.
    Niatnya mau makan pake nasi..
    Eh malah nasinya habis..
    Wal akhir kepedesan luar biasa..😅

    Tapi nggak kapok, pengen beli lagi tapi kok ya menguras kantong anak kuliahan 😅😅

    Besok pengen coba resep kakak ini..
    Makasih resepnya 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah level 5 pedesss bangeet, saya yang doyan pedas saja gak berani wkakakak. Bs keringetan, tapi memang enak yaa. sukses yaa

      Hapus
  51. Mba endang itu kl ayamnya di ungkep dulu pake air kan yah? Jadi air pake baput, garam dan jahe? Kayanya kl di ungkep dulu ayamnya bisa di stok di kulkas yah baru kl mau dimasak tinggal dikasih tepung dan goreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Kania, yep bs diungkep dulu dengan bumbu bawang, garam jahe ya. Jadi bs stok banyak

      Hapus
  52. Saya sdh coba mba resepnya, enak bgt wlu tanpa baking powder. Pokoknya anti gagal deh resep mba Endang.tks ya mba Endang. Smg mba Endang sehat trs ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Cherlin sharingnya ya, senang resepnya disuka.

      Hapus
  53. Halo mbak, ini kecap asinnya bisa ganti kecap manis tidak??

    BalasHapus
  54. Mbak mau nanya, tekstur nya biar lbh encer gmna ya kyk richeese, kyknya yg richeese saosnya bs encer gtu ya... Rasanya enak resepnya mbak, cuma penasaran agar bs encer kyk aslinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mungkin tambah air lagi ya, jadi lebih encer

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^