05 November 2015

Resep Super Crispy Fish & Chips dengan Homemade Bread Crumbs a la JTT


Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Weekend lalu, pasar Blok A, pasar tradisional andalan saya karena lokasinya yang sangat dekat dengan rumah Pete, untuk sementara direlokasi oleh Pemerintah DKI ke Taman Sambas. Rencananya, pasar lama akan dilakukan revitalisasi dengan konsep modern, dimana di bagian atas terdapat sebuah hotel dan menyambung stasiun layang Mass Rapid Transit (MRT). Menurut salah satu pedagang langganan di pasar, membutuhkan waktu sekitar dua tahun bagi pemerintah untuk melakukan proses revitalisasi tersebut.

Walau lokasi penampungan sementara para pedagang pasar Blok A ini sebenarnya tidaklah terlalu jauh dari rumah, namun tetap saja harus ditempuh dengan menggunakan Metromini atau bajaj. Saya yang terbiasa ketika hari libur berbelanja kebutuhan dapur di pasar dan terkadang bolak-balik dengan entengnya beberapa kali hanya untuk membeli bumbu atau bahan masakan yang terlupa, kini cukup kerepotan dibuatnya. Sejak minggu lalu sebenarnya kulkas saya dalam kondisi hampir kosong melompong, namun hendak menuju ke pasar untuk mengisinya rasanya luar biasa malas. Namun mungkin situasi ini justru ada hikmahnya, membuat saya sedikit berhemat dan akhirnya berusaha mati-matian memanfaatkan sisa bahan di kulkas untuk dipermak menjadi aneka makanan. Salah satunya adalah super crispy fish & chips yang saya posting kali ini. ^_^

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT
Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Dua bulan lalu, adik saya, Wiwin, minta tolong untuk dibelikan fillet ikan kakap di pasar. Ada satu pedagang ikan di lantai atas yang menjual aneka jenis ikan laut dan air tawar berukuran jumbo dan pas jika di fillet. Keponakan saya, Fatih, sering alergi jika terlalu banyak menyantap daging ayam, dan susah jika diajak mengkonsumsi ikan utuh berduri, karena itu Wiwin lebih sering menyetok fillet ikan di freezer. Sepotong fillet kakap lantas saya selamatkan dan simpan di kulkas di rumah Pete. Fillet itu kemudian tertumpuk makanan beku lainnya dan akhirnya terlupakan. Namun weekend lalu saya begitu ingin menyantap nugget ayam a la Burger King yang menurut saya lezat dan garing teksturnya. Dalam rangka mencari potongan fillet dada ayam untuk dipermak menjadi nugget (yang akhirnya tidak ditemukan), saya justru dipertemukan dengan lempengan fillet ikan kakap beku yang mendekam di sudut freezer. 

Tak ada nugget, maka fish and chips pun jadi, namun sialnya sebutir bread crumbs pun tidak tersisa di dapur. Teringat dengan homemade bread crumbs yang sering dibuat oleh beberapa chef dalam tayangan video memasak di internet, maka kali ini saya putuskan untuk  juga membuatnya sendiri.

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Beberapa resep hanya menggunakan roti tawar yang diproses di food processor hingga menjadi remahan kecil, namun beberapa resep lainnya menggunakan roti dan biskuit asin yang ditumbuk. Hmm, cara yang terakhir terdengar so interesting, membuat saya segera mengganti daster dengan kaus dan celana jeans, dan langsung menuju ke Indomart untuk membeli biskuit asin. Untuk rotinya, saya menggunakan whole wheat baguette yang memang saya miliki di freezer, namun jenis roti whole wheat apapun bisa digunakan atau roti tawar putih pun tidak masalah. Sedangkan untuk biskuitnya, saya menggunakan biskuit asin dengan rasa keju dari Nissin seperti gambar yang saya berikan di atas. Biskuit ini asin, sedikit 'ngeju' dan sering saya jadikan kudapan bersama selai stroberi jika nafsu 'ngemil' sedang kumat.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat fish and chips ini, dan jika anda sering menyantap hidangan serupa di restoran, err.... Misalnya ikan goreng di Fish & Co maka saat ini, sekarang juga, detik ini, di postingan ini, saya katakan segera hentikan untuk membelinya di luar! Kecuali tentu saja jika anda memang ingin menikmati suasana cozy restoran atau memang sedang ingin menghamburkan uang. Karena dengan resep fish and chips yang saya berikan di bawah, anda bisa membuat ikan goreng super crunchy yang mantap dengan rasa sedap dan tak kalah dengan versi restonya, dan harganya juga jauh lebih murah. Ah saya memang berbakat menjadi salesman obat. ^_^

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Tapi swear, dengan homemade bread crumbs ini, selain tekstur crispy-nya sangat terasa juga rasa gurih dari biskuit memberikan sensasi yang lebih 'nendang' dibandingkan bread crumbs dalam kemasan yang dijual di supermarket. Homemade bread crumbs juga lebih fresh, lebih sehat dan anda bisa menggunakan roti yang lebih baik kualitasnya. Nah bread crumbs buatan sendiri ini bukan saja mantap untuk fish and chips, namun mantap untuk semua jenis gorengan lainnya seperti nugget, ebi furai, kaki naga, risoles atau apapun yang ingin anda goreng dan membutuhkan balutan bread crumbs di permukaannya. Anda bisa membuatnya sekaligus banyak untuk persediaan, masukkan ke dalam plastik, ikat rapat dan simpan di freezer atau chiller untuk waktu yang lama.  

Membuat bread crumbs sendiri sangat lah mudah, cukup sobek-sobek kasar roti tawar, anda bisa menggunakan roti tawar putih biasa atau roti gandum seperti yang saya gunakan. Tepian roti yang keras bisa dibuang, atau biarkan saja seperti yang saya lakukan, karena toh tepi yang keras ini akan berubah menjadi crispy ketika digoreng. Roti yang dipakai tidak harus berbentuk lembaran, namun bisa juga menggunakan baguette, atau jenis roti gandum lainnya yang banyak dijual di supermarket atau bakery. Nah, roti yang telah disobek-sobek kasar ini kemudian dimasukkan ke dalam chopper atau food processor, dan diproses hingga menjadi serpihan kecil sebagaimana bread crumbs umumnya yang kita beli di toko. Remah-remah roti ini kemudian dicampurkan dengan biskuit yang sudah dihancurkan. Mudah bukan?

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Wokeh, kembali ke makanan yang kali ini saya posting. Fish & chips yang di Indonesia umumnya dijual di restoran kelas atas dengan harga selangit ini sebenarnya merupakan jenis fast food yang aslinya berasal dari Inggris. Awalnya, fish and chips menjadi makanan yang disantap oleh para buruh di Inggris sebagai akibat dari pesatnya penggunaan pukat ikan di Laut Utara, dan pembangunan rel kereta yang menghubungkan pelabuhan dengan kota-kota industri besar pada paruh kedua abad ke-19, yang artinya ikan segar dengan mudah diangkut ke pemukiman padat penduduk. Ikan yang digoreng dalam minyak yang banyak (deep-fried) ini pertama kali diperkenalkan di Inggris pada abad ke-16 oleh pengungsi Yahudi dari Portugis dan Spanyol, dan berasal dari makanan bernama pescado frito (bahasa Spanyol yang berarti ikan goreng)

Fish and chips  sendiri merupakan makanan berupa sepotong fillet ikan yang dilumuri dengan adonan tepung dan digoreng dalam minyak yang banyak (deep-fried). Ikan goreng ini kemudian disajikan bersama potongan kentang goreng dan saus tartar yang terbuat dari mayonnaise dan cincangan acar ketimun. Jenis ikan yang digunakan sangat beragam namun umumnya ikan berdaging putih seperti cod, ikan nila (tilapia), ikan lele (catfish), halibut, flounder (ikan sebelah) yang sering dipermak menjadi hidangan ini. 

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Sekarang ke proses pembuatannya. Sebagaimana makanan gorengan umumnya maka membuatnya tidak terlalu susah, pertama-tama anda tentu saja harus mempersiapkan fillet ikan, jika tidak ada jenis ikan seperti yang saya sebutkan diatas maka ikan berdaging putih dengan daging yang lembut yang umum ditemukan di pasar lokal seperti gurame, kakap, kerapu, ikan sebelah, atau salmon bisa dipakai. Ikan tuna yang juga berdaging putih, menurut saya kurang tepat karena teksturnya yang keras. Pilih ikan tersegar yang bisa anda dapatkan karena teksturnya akan kenyal ketika dimasak dan baunya pun tidak amis. 

Mungkin anda sering bertanya-tanya mengapa ikan air laut beraroma lebih amis atau 'fishy' dibandingkan rekannya yang hidup di air tawar? Jawabannya berhubungan dengan faktor fisiologi unik dari makhluk laut. Air di laut terbuka mengandung sekitar 3% garam dalam berat, namun ambang batas optimal mineral terlarut yang bisa ditolerir sel hewan kurang dari 1%. Nah dalam upaya untuk menjaga keseimbangan cairan, hewan laut harus mengisi sel mereka dengan asam amino dan amina untuk melawan tingkat keasinan dari air laut. Untuk tujuan tersebut maka hewan laut umumnya bergantung pada senyawa bernama trimethylamine oxide (TMAO).

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Masalahnya adalah ketika ikan telah mati, maka bakteri dan enzym di dalam tubuh ikan akan mengubah TMAO menjadi trimethylamine (TMA), yang akan memberikan bau amis atau 'fishy'. Semakin tidak segar ikan maka bau amis ini akan semakin kuat. Aroma tidak sedap ini sebenarnya bisa dihilangkan dengan dua cara: TMA di permukaan ikan bisa dilenyapkan dengan mencucinya menggunakan air keran; atau memperlakukan ikan dengan bahan yang asam seperti lemon, jeruk nipis, cuka atau tomat. Asam mampu membuat TMA terikat dengan air dan menjadi kurang aktif. Akibatnya aroma si senyawa pembawa bau tersebut tidak mampir menyentuh hidung.  Beberapa literatur yang saya baca menyarankan untuk merendam potongan ikan (terutama salmon yang terkenal amis) ke dalam susu cair. Susu sebagaimana bahan asam lainnya ternyata mampu dengan ampuh membasmi bau ikan sekaligus membuat rasa hewan laut ini menjadi lebih sedap. 

Untuk ikan air tawar,  umumnya mereka tidak  menumpuk TMAO karena lingkungannya yang lebih rendah kadar garamnya dibandingkan sel mereka. Akibatnya tekstur dagingnya cenderung lebih lembut dan tidak beraroma 'fishy' sebagaimana rekannya yang hidup di laut. Namun ada satu kekurangan ikan air tawar, biasanya jenis ikan ini cenderung berbau 'lumpur'. Umumnya ini terjadi pada ikan yang mencari makan atau hidup di dasar sungai/kolam seperti ikan lele. Bau lumpur ini disebabkan oleh dua senyawa yang dihasilkan oleh ganggang hijau-biru (geosmin dan methylisoborneol). Kedua bahan kimia ini menumpuk di permukaan kulit dan jaringan daging ikan yang berwarna gelap. Kondisi asam akan menyebabkan kedua senyawa ini terurai, jadi memang tidak salah jika nenek atau ibu kita sering sekali menyarankan untuk merendam ikan di dalam larutan asam jawa atau jeruk nipis.

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Kembali ke wajan, ups ke resep fish and chips! Nah mengingat kita hanya akan menggoreng makanan ini di pan berukuran normal untuk rumah tangga, bukan wajan super jumbo dengan berliter-liter minyak panas seperti di restoran, maka potonglah ikan dalam potongan yang tidak terlalu tebal atau terlalu besar. Ikan dalam potongan kecil akan membuatnya cepat matang hingga ke bagian dalam dengan permukaan yang garing walau minyak yang digunakan tidaklah terlalu banyak. Untuk mengurangi bau amis, maka rendam potongan ikan ke dalam larutan jeruk nipis/lemon/cuka/air asam jawa atau susu seperti penjelasan saya diatas. Cuci bersih ikan jika menggunakan cairan asam, namun jika direndam di dalam susu cair maka ikan cukup ditiriskan saja. Keringkan permukaan ikan dengan tissue atau kain bersih. Potongan ikan harus dalam kondisi kering namun lembab, tidak basah bergelimang air ketika kita ceburkan ke dalam campuran tepung. 

Untuk memudahkan supaya seluruh permukaan fillet tertutup tepung maka saya memasukkan potongan ikan dan tepung berbumbu ke dalam plastik, kemudian dikocok hingga merata. Potongan fillet ini kemudian dicelupkan ke kocokan telur, baru di balur dengan homemade bread crumbs. Untuk menciptakan kulit yang crispy maka potongan ikan harus digoreng dalam minyak yang banyak (lebih baik sampai tenggelam/deep-fried) hingga permukaannya menjadi kecoklatan. Fish & chips sedap disantap bersama mayonnaise, saus tartar atau hanya saus sambal biasa dan hati-hati, jangan sampai anda berebutan dengan si kecil ya!

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Super Crispy Fish & Chips dengan Homemade Bread Crumbs a la JTT
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 2 porsi 

Tertarik dengan resep fast food gorengan lainnya? Silahkan klik link di bawah ini: 
Resep Calamari
Resep Ebi Furai dan Tips Membuatnya Tidak Melengkung
Nugget Ayam dengan Wortel   

Bahan dan bumbu untuk crispy fish 
Bahan: 
- 400 gram fillet ikan kakap, potong melintang dengan lebar 2 - 3 cm 
- 2 sendok makan tepung terigu serba guna 
- 1 sendok teh cabai bubuk, tambahkan jika suka pedas 
 - 1/4 sendok teh merica bubuk 
- 1/2 sendok teh garam 

Bahan lainnya: 
 - 2 butir telur, kocok lepas dengan garpu 
- 3 - 4 potong roti gandum utuh, saya menggunakan 1/2 potong whole wheat baguette sepanjang 15 cm, sobek kasar 
 - 10 keping biskuit/cracker asin (saya pakai Nissin crispy crackers dengan rasa keju) 

Bahan dan bumbu untuk kentang:
- 3 buah kentang, sikat kulitnya dan belah menjadi 8 bagian (saya tidak mengupas kulitnya)
- 1/2 sendok teh garam 
- 1 sendok makan maizena 
- 1 sendok teh cabai bubuk 

Pelengkap (optional): 
- mayonnaise 
- saus sambal 
- potongan ketimun, tomat 
- saus tartar (aduk menjadi satu: 3 sendok makan mayonnaise, 2 sendok makan cincangan acar timun botolan (gerkhin), 1/2 sendok makan bawang bombay cincang, 1 sendok makan air jeruk lemon/nipis) 

Cara membuat: 

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Siapkan food processor atau chopper (saya pakai chopper), masukkan potongan roti gandum utuh. Buang tepian roti jika terlalu keras sehingga sulit diproses, namun saya tidak melakukannya. Proses hingga menjadi remah-remah seperti bread crumbs. Tuangkan ke permukaan piring datar. 

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Masukkan biskuit ke dalam kantung plastik, hancurkan dengan kayu penggilas adonan hingga menjadi serpihan kecil. Tuangkan ke piring berisi bread crumbs, aduk hingga rata. Sisihkan. 

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Siapkan fillet ikan, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan di dalam chiller selama 15 menit. Cuci bersih, tiriskan dan serap kelebihan air di ikan dengan tissue dapur atau kain bersih. Permukaan ikan harus kering dan tidak basah. 

Siapkan kantung plastik, masukkan tepung terigu, cabai bubuk, merica bubuk dan garam. Kocok rata. Masukkan ikan ke dalam plastik dan kocok hingga seluruh permukaan ikan terlumuri tepung dengan baik. Sisihkan. 

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Tata piring berisi campuran bread crumbs dan biskuit serta mangkuk berisi kocokan telur di permukaan meja. Keluarkan potongan ikan dari plastik, celupkan ke kocokan telur dan gulingkan di bread crumbs, tekan-tekan hingga remah-remah roti menempel dengan baik dan tidak terasa basah ketika fillet ditekan. Lakukan pada semua potongan ikan. 

Siapkan wajan atau pan anti lengket, beri minyak agak banyak untuk menggoreng ikan dan usahakan hingga potongan ikan terendam minyak. Panaskan minyak hingga benar-benar panas. Goreng ikan, jangan masukkan sekaligus terlalu banyak karena akan membuat suhu minyak kurang maksimal dan membuat ikan kurang crispy. Gunakan api sedang saja ketika menggoreng. 

Goreng hingga permukaannya kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan di rak kawat. Jangan meletakkan ikan goreng panas di permukaan tissue karena akan membuatnya menjadi lembab (uap panas susah menyebar) dan tidak crunchy. Goreng semua potongan ikan. Jika anda membuatnya dalam jumlah banyak dan ingin tetap hangat ketika disajikan, maka letakkan ikan di permukaan rak kawat dengan sebuah loyang dibawahnya dan masukkan ke oven. Set oven disuhu yang rendah saja hanya agar ikan tetap hangat hingga saat dihidangkan. 

Membuat kentang goreng

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Masukkan semua bahan dan bumbu kentang ke dalam mangkuk atau plastik, kocok atau aduk hingga rata. Goreng kentang hingga setengah matang. Angkat dan tiriskan. Biarkan kentang mendingin.

Resep Super Crispy Fish and Chips a la JTT

Goreng kentang sekali lagi di minyak panas, kali ini hingga kentang matang dan kering permukaannya. Angkat dan tiriskan. Sajikan ikan dan kentang dengan saus mayonnaise atau saus sambal. Super yummy!


Sources:
Wikipedia - Fish and Chips
American Society for Nutrition - What makes fish smell "fishy"?



57 komentar:

  1. Mba Endang paling2 deh... Fish & Chips nya bikin ngileer.. Kebayang mahalnya kalo beli di Mall.. Weekend harus coba bikin sendiri, nih.
    OOT dikit, Mba.. Pempek dos plus cuka nya beberapa minggu ini selalu saya buat dan habis di hari yang sama.. Isiannya saya ganti2, kadang telur, sosis atau keju. Panen pujian dari suami dan anak. JTT TOP deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Emilia, thanks ya.

      memang mahal banget kalau beli, saya sampai bingung apa yang bikin mhal ya hehhehe. Udah lama gak bikin pempek dos, jadi pengen hahhahahah. Thanks yaa

      Hapus
  2. Assalamualaikum. Cocok ni buat menu lo lg bosen ma nasi. Mau tnya ni mb End, lo mau nyetok ikanx, pa bisa kyk nyetok nugget gitu? Thanks infox mb ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Nita, yep bs disetok seperti nugget, ketika sudah dibalur bread crumbs, tata di loyang dan dibekukan, jangan bertumpukan, ketika sudah beku bisa ditata di wadah tertutup seperti membuat ebi furai ya

      Hapus
  3. aduhh saya masih belum bisa berpaling sama yg diresto mbak,,hahaha
    suka tekstur nya sih,,pernah coba pake aer soda ,yaa mirip2 lah,, ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkak, saya gak kuat sama harganya mba, mengerikan untuk kocek saya hehheheh.

      Hapus
  4. Suka suka sukaaa, resep ini !
    Pas bgt lg cari2 olahan ikan buat si.kecil yg lg picky bgt maemnya.
    Thanks, mbak En
    Na,

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Na, moga suka dan si kecil segera doyan maem yaaa

      Hapus
  5. baru kemarin aku buka kokiku tv di youtube ada video terbaru mreka yg judulnya fish & chips, skrg sy buka blog mba endang jg sama bahas fish & chips, sy jd penasaran & tergugah jg untuk membuatnya di rumah.
    kapok makan di fish & co wktu lg di mall, harga satu porsi fish & chipsny mencapai 70 rbuan, memank enak sih, tp klo keseringan makan di sana kantong kering mba hahaha

    Resep & caranya sudah ak baca baik2, siap ak praktekan. Thx ya mba resepnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Raisa, silahkan dicoba mba, moga suka dengan resep yang ini yaa. Memang kalau beli harganya mahal bener, sampai garuk2 kepala kok bisaaaa hehhehhehe. Thanks sharingya yaa

      Hapus
  6. top sekali postingannya tantee,, saya baru mau belajar memasak ni xixixi

    BalasHapus
  7. Suka bingung kalo ngolah ikan. Dimasak yang begitu begitu aja jadi bosen. Sampai sampai kehabisan ide mau diapain lagi tuh ikan. Akhirnya lama mengendap di dalam freezer ditumpukan paling belakang dan palin bawah. Kasian. Btw, Thanks idenya ya mbak endang. Pasti yummy nih rasanya spt resep yang sudah2. Love love. Shanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Shanti, kalau saya biasanya digoreng hiiks, alternatif mentok gubrak, tapi kalau fillet sayang banget digoreng dan fillet kakap digoreng malah alot, kecuali kalau dibalur bread crumbs seperti ini ya tetap lembut dalamnya

      Hapus
  8. Mbaa new comer niih tapi aku dah nyoba blackforest kukus,cake pisang n bolu coklat kukuuus enaaakk haha klo rasa kata tmn2 oke tp masalah nya selalu penampilannya terlihat gak menarik aneh yaaa tp overal yg ptg rasanya...mba tepung panir yg bgs merk apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba Ade sharingnya, senang sekali resep JTT sudah dicoba dan dsuka. Tepung panir saya biasanya pakai panko ya, so far menurut saya oke ya

      Hapus
  9. Hai mbak ikannya bikin ngiler bingoo haha..oh iya roti tawarnya perlu dipanggang ampe garing dl ga mba..soalya klo roti tawar biasa apa bisa lang ancur juga di food procssr..sukses terus ya mbak, ku slalu nantiin terus emailnya haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Heidy, saya tidak panggang ya mba, langsung saya proses dan hasilnya oke2 sja ya. Roti tawar biasa tetap bisa mba selama pakai chopper atau food pro ya.

      Hapus
  10. Bikin ngiler bngt nih... ences.... resepnya oke2 banget.

    Oh ya mbk.. saya kan banyak pantangan nih ya karn kista endometriosis. Kalo masak ikan atau sayur kalo gak pake cabe merah dan cabe rawit kan rasanya gmn gituh... kurang berasa ya.... jadi kalo masak selalu tak ilangin cabenya. Hiks... apalagi kecap dan yg berbau kedele jg gak boleh.

    Kira2 masakan yg kayak gmn ya yg bs direkomendasikan buat aku? Atau ada pengganti cabe nih? Kadang jg suka bingung mu masak apa... hehehhehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Fania, thanks sharingnya ya.

      untuk rekomendasi makanan saya tidak berani memberikan saran ya, karena memang tidak memiliki background gizi, terutama untuk kasus Mba. Mungkin kudu konsul sama dokter atau ahli gizi ya.

      Hapus
  11. mb klo ikanny dganti dgn ikan tuna atw lainny bisa g sih?klo nyari ikan kakap agak susah y klo bkn d supermarket besar kdang g ktmu...
    thx nitha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tuna agak alot dan liat ya mba Nitha, walau tetap bs dipakai tapi biasanya fish n chips pakai ikan dengan tekstur daging lembut. gurame juga ok kok

      Hapus
  12. Mba,kalo mau buat breadcrumbsnya pakai blender biji-bijian bisa gak mba kira2?? Soalnya gak punya chopper atau food pro,kalau memang bisa,apa rotinya harus dipanggang dulu ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, setahu saya harus pakai chopper ya mba, karena hasil butiranya kasar ya. Kalau susah coba pnggang dulu rotinya sampai kering kemudian ditumbuk kasar ya.

      Hapus
  13. Mb endang, pas banget nih pas tadi pagi beli kakap fillet, buka fb eh liat postingan ini ;-)
    Tp ada yg menggelitik, klo roti tawar kan empuk ya, di giling pake food processor bisa kah? engga liat ya jadi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba Indira, tapi kalau ragu diamkan rotinya di suhu ruang kondisi terbuka supaya agak keras dan gak lembab atau panggang sebentar di oven baru diproses.

      Hapus
  14. Mba Endang, boleh kasih ide? Saya biasanya roti tawarnya dimasukkan freezer dulu jadi keras jadi bisa digiling pakai food processor atau chopper :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Melany, thanks sharingnya ya, wah makasih banget tipsnya pasti bermanfaat buat lainya. Sukses yaaa

      Hapus
  15. Dear mba Endang, salam kenal. Saya termasuk fans JTT nih! Selalu ngintip resep2 JTT kalau browsing, karena tulisan mba Endang enak untuk dibaca dan mudah dimengerti ^_^ juga hasilnya enyak-enyak! Makasih untuk sharing-sharingnya ya mbaa ♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Puti, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT, senang sekali resep2nya disuka. Sukses selalu yaaa

      Hapus
  16. Hallo mbak..
    Mau tanya, ini resep kentangnya jadinya mirip potato wedges kayanya ya? Saya mau coba bikin kentangnya, plus pingin tambahin oregano, kura2 oke gak ya? Thanks �� -Dian-

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep Mba Dian, mirip potato wedges ya, tambah oregano sedap kok hehehhe

      Hapus
  17. Mba Endang.. ternyara dlu waktu aku tinggal di jordan juga sering ngintip blog mba endang, malahan kayanya pernaha kirim email deh..
    aku sukak bgt sama blog nya, cantik rapi, enak, simple jelas! semuanya lahhh... btw untuk resep ini aku mau tanya mba,, kalo aku pake roti tawar biasa buat tepung rotinya.. apa bisa dlm keadaan roti biasa (Lembab.lembut) di jadikan breadcrumbs? jika tidak bisa bagaimana cara supaya menjadi garing apakah di oven? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Astia, thanks ya sudah menyukai JTT.

      Roti tawar biasa bisa ya mba, beberapa menyarankan untuk dimasukkan freezer dulu supaya agak keras atau di oven dulu sebentar agar agak garing juga bs ya. Sukses yaa

      Hapus
  18. Mbak Endang, kalau breadcrumbsnya bisa ga dibikin stock untuk jangka waktu lama? apa rotinya dipanggang dulu baru dihancurkan ya? need advice nih mbak.. Thanks mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba farida, tidak perlu dipaggang bs awet kok, homemade breadcrumbs-nya masuk plastik dan bekukan, oke kok. Tapi kudu masuk kulkas ya, kalau mau dipanggang oke juga

      Hapus
  19. makasih resep breadcrumbs nya Mba, saya udah coba semalem. ternyata gampang buatnya, saya ga punya food pro jadi pake blender aj, bisa nyetok banyak lagi....yeayyy. o iya Mba, klo saya simpen di toples plastik yang tertutup rapat trus di simpen di kulkas (tidak di bekukan) apa ok" saja ?
    sukses terus buat Mba Endang n JTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Andiyani, thanks sharingnya ya. Yep bs disimpan di kulkas chiller biasa ya, gak masalah kok asal tertutup rapat ya. Sukses selalu juga ya

      Hapus
  20. Walah mbak telat lihat blog nya mbak Endang. Minggu kemarin aku ke pasar. Pas di kios ikan lihat ikan Barakallah yg besar banget jadi pingin bikinkan anak-anak ikan crispy. Ga pake hunting resep pokoknya pede aja gitu bikin dg resep yg udah terbayang di kepala. Hasil akhirnya sih crispy dan lembut banget Ikan nya tapi masalahnya tuh ikan aromanya amiis banget. Baru tahu kenapa setelah baca blog nya mbak Endang ini... Next time better lah... 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Yenni, baru dengar ada ikan barakallah mba, seru juga kayanya. Mungkin jenis ikannya, kadang ada ikan yang super amis banget. thanks sharingnya ya mba

      Hapus
  21. Hahaha salah ketik mbak...yg bener ikan barakuda. ...😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya ikan ini memang amis mba, pernah dulu bikin sup ikan pakai ikan ini, beehhh sepanci gak ada yang makan wakakkak

      Hapus
  22. Hai, mba... Kehabisan ide ngolah ikan, cari2 di inet, eh nemu versi justtryandtaste, langsung ke sini aja deh hehe. Saya ada ikan tengiri sama gabus di feeezer, tapi bukan filet. Misal dijadiin satu aja, dagingnya dilumat kira2 bisa gak ya? Apa harus diproses macam bikin nugget (dicampur tepung, telur, & dikukus dulu biar padat)? Terima kasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kalau mau dilumat sebaiknya lihat resep nugget saja mba, ganti daging ayam dengan ikan. Tapi kalau mau fish chips diatas pakai daging ikan jenis apapun oke, dan kalau belum berbentuk fillet tentunya harus di fllet dulu ya

      Hapus
    2. Ga jadi dilumat, mb. Akhirnya dikukus aja semua, trus dipisahkan dr tulang & duri2nya. Berikutnya diproses sprt resepnya mba. Hehe ukurannya jd beda2, besar kecil. Yang isi ikan gabus enakk bgt ^^

      Hapus
  23. mbak endang coba deh bikin variasi fish and chi[s tapi pake air soda batter~

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yep sudah pernah bikin pakai soda dan kebayakan pembaca tidak suka ya, karena menggunakan soda. thaks ya

      Hapus
  24. halo mba Endang, mau bertanyaa.. ini menggunakan kakap merah atau putih ya? lalu bedanya apa ya mbak antara putih dan merah? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai merah ya, selain bentuknya beda juga tekstur dagingnya beda, yang merah lebih kenyal dan padat

      Hapus
  25. Salam kenal mbak.. mau tanya kalo jenis ikan yg digunakan harus ikan kakap atau ada opsi lain, seperti gurame atau salmon? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Fiona, salam kenal juga ya. Bisa pakai ikan lain, berdaging putih seperti nila, kakap, gurami, oke ya. atau salmon juga sedap kok.

      Hapus
  26. Aku dua kali bikin resep ini, pertama gak ada cracker nya diganti pakai keju pemesan dan kedua pakai cracker Nissin. Keduanya disukai anakku Lanang. Oh ya ikannya pakai dori filet. Jtt resep andalan beneran.. makasih lagi dan lagi mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Indah sharingya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  27. Mbak endang aku mau buat pakai ikan dori filet, tp pakai tepung roti biasa.. kalau ikannya aku marinade dulu pakai ketumbar garam dan bawang putih selama 1 jam, lalau di balur telur lanjut ke tepung roti dan digoreng bisa tdk ya? Dan kalau pakai cara itu apa bisa disimpan dalam waktu lama di kulkas? Stok seperti nugget homemade mbak endang maksudnya hehe makasih mbaaak ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fatwa, yep bisa kok Mba. Saya pernah stock ebi furai pakai cara itu dan oke kok. Antar lapisan ikan dikasih plastik/kertas baking supaya gak lengket. Bisa sampai 3 bulan ya mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...