11 November 2015

Resep Crispy Chicken Katsu


Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Berulangkali saya mengecek kalori di website Cronometer.com dan berulangkali pula saya mengeluh dengan angka yang tercantum disana. Satu sendok makan minyak goreng memiliki kalori sebesar 117, 5 dan itu setara dengan sepotong dada ayam seberat 70 gram atau setara dengan 5 buah tomat ukuran medium. Artinya, perut saya akan lebih kenyang dan tubuh saya akan bersorak lebih riang jika diasup dengan dada ayam atau tomat segar yang kaya akan gizi dibandingkan dengan memamah biak potongan gorengan yang (pastinya!) bukan hanya sekedar mengandung satu sendok makan minyak goreng tetapi mungkin bersendok-sendok, dan bersendok-sendok minyak

Walau mengerti dengan jelas informasi tersebut tetap saja di hari Minggu kemarin saya tak kuasa menolak keinginan untuk mengunyah gorengan yang crispy.  Bukan sekedar gorengan seperti bakwan atau pisang goreng tetapi makanan gurih garing yang terbuat dari protein hewani, err.... Seperti fish and chips yang resepnya telah saya berikan beberapa hari yang lalu (anda bisa klik pada link disini), atau potongan tipis dada ayam berbalur bread crumbs bernama chicken katsu. Entah mengapa akhir-akhir ini saya menjadi keranjingan dengan makanan 'kriuk' yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan ini. Tobat!

Resep Crispy Chicken Katsu JTT
Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Chicken katsu tentu saja bukanlah makanan asing bagi mereka yang tinggal di kota besar, apalagi saat ini gerai makanan Jepang seperti Hoka Hoka Bento banyak bertebaran dimana-mana. Nah jika anda salah satu penggemarnya (seperti saya!) maka mungkin pernah menyantap potongan tipis dan lebar fillet ayam berbalur tepung panir nan crispy ini. Kata katsu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya cutlet atau sayatan/potongan kecil, yang bisa berasal dari ayam (chicken katsu) atau potongan daging babi (tonkatsu), atau tonkatsu yang disajikan di atas semangkuk nasi bernama katsudon. Saya pernah menampilkan resep chicken katsudon sebelumnya, makanan ini terbuat dari chicken katsu yang disajikan di dalam mangkuk berisi nasi, resepnya bisa diklik pada link disini.

Umumnya chicken katsu terbuat dari sayatan tipis daging ayam dengan ketebalan sekitar 1 atau 2 cm, fillet ini kemudian di lumuri dengan tepung, digoreng dalam minyak yang banyak (deep fried) hingga permukaannya menjadi super garing. Ketika akan disajikan makanan ini kemudian dipotong menjadi irisan kecil agar mudah disantap. Fillet paha ayam biasanya yang lebih sering digunakan untuk membuatnya. Paha ayam yang mengandung lemak dengan tekstur daging yang empuk ini memang memiliki cita rasa yang lebih sedap dibandingkan bagian dadanya, namun untuk resep kali ini saya menggunakan dada ayam. Alasannya selain karena lebih mudah disayat tipis juga lebih mudah garing dan matang kala digoreng dalam minyak panas

Resep Crispy Chicken Katsu JTT
Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Standar proses pembuatan chicken katsu umumnya potongan fillet di taburi dengan garam dan merica bubuk, daging ayam kemudian digulingkan ke tepung yang telah dibubuhi dengan sedikit bumbu, dicelup kocokan telur yang dicampur dengan minuman wine manis khas Jepang, dilapisi dengan bread crumbs panko, dan kemudian digoreng dalam minyak yang banyakKetika disajikan umumnya chiken katsu didampingi dengan saus tonkatsu, yaitu sejenis saus Worcestershire a la Jepang yang kental, irisan kubis, nasi dan/atau sup miso

Untuk resep kali ini saya melakukan modifikasi, agar tekstur dada ayam tetap juicy di dalam maka saya merendamnya dengan larutan bumbu, dan sedikit air selama beberapa jam. Dari hasil baca-baca di net disebutkan bahwa merendam potongan ayam dengan air garam berbumbu selama beberapa waktu atau semalaman di chiller mampu membuat potongan ayam goreng lebih moist dan juicy walaupun digoreng hingga permukaannya garing. Mengingat bread crumbs yang membalut ayam sangat mudah kecoklatan dan gosong ketika digoreng, dan untuk mencegah itu terjadi sementara ayam belum matang hingga ke bagian dalamnya, maka fillet saya iris tipis dan sedikit dimemarkan agar melebar.  

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Potongan ayam yang ditiriskan dari bumbu rendamannya ini kemudian saya keringkan permukaannya yang basah dengan kertas tisu dan dilumuri dengan campuran tepung terigu, tapioka, maizena, cabai bubuk dan beberapa bumbu lainnya. Fillet kemudian dicelupkan ke kocokan telur, dibalur dengan homemade bread crumbs dan digoreng hingga garing kecoklatan. Sejak berhasil membuat bread crumbs sendiri dari roti tawar yang diproses di chopper ditambah dengan remahan biskuit asin, maka saya lebih memilih untuk menggunakan cara ini dibandingkan membeli ready made bread crumbs yang banyak dijual di luar. Namun tentu saja chicken katsu ini akan tetap lezat menggunakan bread crumbs apapun, gunakan panko (bread crumbs) yang memiliki butiran kasar agar renyah ketika digoreng.  

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Ketika menyantap chicken katsu di resto Jepang di Indonesia umumnya makanan ini disajikan bersama salad sayur yang terdiri dari irisan tipis kubis dan serutan kasar wortel. Saus mayonnise kemudian dikucurkan ke permukaan salad, dan saya biasanya menambahkan saus tomat dan saus cabai juga agar lebih nendang. Nah saus mayonnaise di Hokben saya akui memiliki rasa unik yang membuat siapapun yang mencicipinya akan ketagihan.  Terus terang saya sendiri selalu beranggapan saus mayonnaisenya lah yang menjadi daya tarik utama dan seperti magnet yang membuat saya ingin selalu kembali dan kembali lagi kesana. ^_^

Tentu saja Hokben memiliki racikan rahasianya sendiri, namun ada satu merk saus mayo yang terkenal di Jepang dan juga dijual di supermarket di Indonesia seperti LotteMart dan Carrefour, namanya kewpie. Saus ini memiliki rasa berbeda dari saus mayo umumnya dan sedikit mirip dengan Hokben. Untuk membuatnya anda bisa mengecek berbagai resep homemade saus mayo kewpie yang banyak beredar di internet, namun resep dasar umumnya menggunakan cuka beras (rice vinegar), gula, garam, bumbu penyedap (MSG), bubuk mustard Jepang, bubuk hondashi (kaldu yang terbuat dari serpihan ikan bonito kering), bubuk bawang putih, minyak dan kuning telur. Terus terang saya cukup penasaran untuk membuat saus ini namun sepertinya harus berkunjung dulu ke supermarket Jepang untuk mendapatkan hondashi-nya. Jadi untuk chicken katsu kali ini saya harus cukup puas menyantapnya bersama saus mayonnaise biasa dan sedikit saus sambal botolan saja, dan menurut saya rasanya sudah cukup yummy! ^_^

Berikut resep dan prosesnya ya.  

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Crispy Chicken Katsu
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi

Tertarik dengan makanan a la Japanese restaurant lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Tempura 
Combo Teppanyaki dengan Ayam dan Seafood
Chicken Shrimp Roll  

Bahan: 
- 2 atau 3 buah fillet dada ayam 

Bumbu marinade (aduk jadi satu):
 - 3 sendok makan premium soy sauce (kecap asin dengan kualitas yang baik supaya tidak terlalu asin)
- 1/2 sendok makan gula palem bubuk
- 1/2 sendok teh jahe parut
- 2 siung bawang putih dihaluskan
- 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil diparut
- 50 ml air   

Bahan lumuran tepung (aduk jadi satu):
- 2 sendok makan tepung terigu
- 3 sendok makan tepung sagu/tapioka 
- 1 sendok makan maizena
- 2 sendok teh cabai bubuk (optional)
- 1/2 sendok teh merica bubuk 

Kocokan telur (kocok jadi satu):
- 2 butir telur kocok lepas + 1 sendok makan kecap asin/soy sauce

Bahan lainnya:
- bread crumbs untuk membalur potongan ayam, atau tertarik dengan homemade bread crumbs? Silahkan klik resep dan proses pembuatannya pada link disini 
- minyak yang banyak untuk menggoreng 
- biji wijen putih dan irisan daun bawang untuk garnish (optional)
- rajangan kubis/lettuce dan serutan wortel
- saus mayonnaise dan saus sambal botolan  

Cara membuat:

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Siapkan fillet dada ayam, iris tipis menggunakan pisau tajam sehingga menjadi lembaran-lembaran tipis yang lebar. Pukul-pukul perlahan dengan alat pemukul hingga dada ayam sedikit memar, lebih lebar dan pipih. 

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Rendam dada ayam dalam bumbu marinade.  Tutup permukaan mangkuk dengan plastic wrap selama ayam direndam. Simpan di chiller minimal 1 jam atau maksimal 24 jam.  

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Tiriskan ayam dari bumbu marinade, keringkan permukaannya yang basah dengan tisu dapur atau serbet bersih Sisihkan.  

Siapkan kantung plastik, masukkan bahan lumuran tepung menjadi satu. Kocok-kocok hingga rata.  

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Masukkan potongan dada ayam, kocok dan tekan hingga semua permukaan dada ayam terlumuri oleh tepung dengan baik. Cara ini membuat tangan anda bersih dan tidak lengket oleh tepung.  Keluarkan ayam dari plastik. 

Siapkan kocokan telur, ambil sebuah fillet ayam yang sudah dilumuri tepung, celupkan ke kocokan telur, ketuk-ketuk untuk membuang kelebihan telur. Gulingkan ayam ke bread crumbs, lebarkan fillet hingga melebar dan tekan-tekan bread crumbs ke permukaan dada ayam hingga seluruh bagian dada ayam terlumuri bread crumbs dengan baik. Lakukan hingga semua potongan ayam  habis.

Resep Crispy Chicken Katsu JTT

Siapkan pan datar anti lengket, tuangkan minyak agak banyak dan panaskan hingga benar-benar panas.  Goreng dada ayam yang sudah dilumuri bread crumbs hingga satu sisi kering kuning kecoklatan. Balikkan dan goreng sisi lainnya hingga matang, angkat dan tiriskan di rak kawat. Jangan menggoreng sekaligus banyak, lakukan bertahap agar dada ayam benar-benar kering. Goreng semua potongan ayam.

Jangan meletakkan chicken katsu panas di permukaan tisu karena akan membuatnya menjadi lembab (uap panas susah menyebar) dan tidak crunchy.  Jika anda membuatnya dalam jumlah banyak dan ingin tetap hangat ketika disajikan, maka letakkan chicken katsu di permukaan rak kawat dengan sebuah loyang dibawahnya dan masukkan ke oven. Set oven disuhu yang rendah saja hanya agar ayam tetap hangat hingga saat dihidangkan. 

Sebagaimana semua gorengan umumnya maka makanan ini sebaiknya disantap ketika masih hangat, saat itu teksturnya akan garing dan renyah. Sajikan bersama nasi panas, irisan sayur, saus mayonnaise dan saus sambal botolan. Super yummy!

Source: 
Wikipedia - Chicken Katsu

TESTIMONI PEMBACA

Marisa Tamara:
Crispy chicken katsu resep mb Endang Justtryandtaste Blogspot enaaak, mudah dibuat n cocok ma lidah y ma syaa Allah, makasi banyakk mb, blognya banyak membantu sy.

 



50 komentar:

  1. Pucuk di cinta katsu pun tiba, baru kemarin aku mengeluarkan kocek lumayan utk membeli chicken katsu frozen utk bekal si kecil. Dan aku berpikir alangkah enaknya klo bisa bikin katsu sendiri ya, bisa bikin berkilo kilo dan gak bikin kantong bolong (otak pelitnya lagi dateng ^_^) eh today mba endang posting si katsu nya, hehehe. Makasih ya mba, berhasil membaca pikiran readers nya wkwkwkwk. Oh iya mba, apabila mau di frozen kan bisa kah? Dan gimana ya mba, ada tambahan bahan lain gak? Once again makasih ya mba, resep mba endang bikin dapur jadi rame.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Dea, untuk frozen cukup masukkan saja ayam yang sudah dilumuri bread crumbs ke freezer, jangn bertumpukn atau lapisi dengan kertas baking supaya gak lengket ya

      Hapus
  2. Piring nya bagus, Mba... *salah fokus
    Hadooooh... Mba Endang, resep kemaren aja eksekusinya harus nunggu weekend, udah ada resep baru lagi.. Ngiler, deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhhaha, tinggal hitung kancing saja mba Emilia, mana yang bakalan dieksekusi duluan ^_^

      Hapus
  3. kalau gitu beli airfryer aja mbak, cuma watt sama harganya agak berat juga sih
    keuntungannya lebih hemat minyak dan masakan ttp crispy
    emng sih mayonaisnya hokben emng enak banget
    cuma kok sekarang ga sebanyak dulu ngasihnya jadi kesel juga padahal kan itu yg bikin nagih.

    mbak aku mau request roti tanpa telur dan tanpa oven dong
    maklum disini ga ada kulkas jadi nyimpen telur cuma sampe seminggu kurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah lihat tapi harganya berat hehehe, lagian nggoreng deep fried gak terlalu sering. Bikin roti kukus, roti goreng atau roti pan fried saja mba, skip saja telur di resep, ada banyak resepnya di JTT yang bs dimodif ya

      Hapus
  4. Haloo mba endang... Bumbu marinade nya kalo kuganti dng kecap asin merk lokal bisa kah? Kuantitasnya hrs sama kah dng resep mba endang? Mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba Ridha, sesuaikan porsi kecap asinnya karena lokal suka asin bnget ya

      Hapus
  5. ini dari foto yg di jepret aja bikin ngiler mba.. hehehe

    mba mau tanya, gula palem itu fungsinya untuk apa ya? bisa di skip atau di ganti ga ?

    thx ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Raisa,

      gula palem membuat gurih dan bikin rasanya balance, pakai gula merah atau gula pasir juga bs ya

      Hapus
  6. Mba Endang, mau tanya salad yg seperti hokben bagaimana caranya ya ?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayu, saya belum pernah bikin sausnya tapi perkiraan resepnya sudah saya tulis di artikel di atas ya, hanya belum dicoba

      Hapus
  7. Mba endang, kalo wortel dan kubisnya apakah direndam dengan garam dan cuka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk resep ini tidak ya mba, tapi kalau mau direndam tidak apa2 ya

      Hapus
  8. wah ide bagus buat melumuri ayamnya di plastik.. besok2 dicoba aahh :))

    BalasHapus
  9. Hai..mbak....! Just fyi....i LOVE JTT a lot....cocok buat saya yg baru beginner....anak bawang deh kalo soal urusan masak, semoga berkah ya mbak..buat mbak dan JTT nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks ya, senang resep2 JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  10. Mbak, utk beli bahan2 masakan dr Jepang, mgkn ada di supermarket yg ada di AEON mall. Denger2 disitu bnyk bahan2 masakan jepang yg ga ada di indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Loria, thanks ya infonya, di Jakarta Selatan bisa di supermarket Papaya untuk Jepang dan New Seoul untuk Korea, lengkap juga ya

      Hapus
  11. wahh... patut dicoba nih.. makasi yah mba resep nya..
    ada satu lagi nih kesukaan si kecil yaitu chicken L / XXL dari Shihlin taiwan street food.. bocah suka banget crispy chicken nya... boleh gak mba endang bantu kreasi buat resep nya... hehehe... thanks a lot yah.. :) sukses terus mba dan JTT nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba sharingnya, senang resep JTT disuka, untuk ayam shilinnya saya udah coba berkali2 mash gagal hehehhe

      Hapus
    2. Yuhuu mb endang...chef yuda bastara bikin tutorial shilin lohh diyutub..tp ak gagal bikinnya.heheheh

      Hapus
    3. saya masih kurang sreg sama campuran tepungnya hehehhe, sudah menemukan resepnya, tapi jenis tepungnya susah dicari disini

      Hapus
  12. Mba endang.. Thank u.. Enak dehhh katsu nya... Anakku sukaaaa.. Crispy n yummy, aku marinade ayamnya semaleman jd bumbunya tambah meresap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lala, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  13. Halo mba salam kenal...saya newbie/beginner dlm hal memasak tp dgn adany blog mba,sangat membantu bagi saya utk bljar masak dan alhamdulillah beberapa kli coba resepny berhasil..hehe..bsk saya mu coba resep chicken katsu ini,moga berhasil deh hehe..makasih ya mba atas share resepny,smoga makin berkah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Arsy, salam kenal juga ya, senang resep JTT disuka. Thanks sharingnya yaa, sukses selalu!

      Hapus
  14. halo, mau tanya, kalau untuk disimpan di freezer untuk satu minggu dua minggu kedepan apa perlu di kukus dulu? lalu bagaimana dengan panir yg menggunakan telur? apa tidak basi jika dimasukkan ke freezer? maaf saya maasih newbie dan tinggal jauh dr rumah jadi mau stock makanan sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau di freezer, ayam yang sudah dilumuri panir ditata di wadah dan dibekukan. Supaya gak nempel satu sama lain ketika ditumpuk di freezer maka alasi masing2 ayam dengan kertas baking/daun pisang. Makanan apapun masuk freezer gak akan basi mba.

      Hapus
    2. Mba endang,Ketika mau dimasak, apa harus nunggu bekunya cair, ato langsung di masak pas keluar freezer? Thankyou ❤

      Hapus
    3. tunggu lunak dulu Mba, jadi tdk dalam kondisi beku ya

      Hapus
  15. Mba,klo kecap asin diganti saus tiram, rasanya berubah ga? Boleh kasih tau merk kecap asin yg mba Endang pake?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba halida, saya pakai merk lee kum kee ya, pakai saus tiram oke ya.

      Hapus
  16. Resep2nya selalu enak..setiap mau masak pasti buka blognya mbk endang dulu..
    mbk endang saya nyari ayam goreng kentucky ala jtt koq gag ada mbk? Tolong share resepnya donk..

    Diah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Diah, thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka. Ayam KFC belum ada yaa hehehe, blm berhasil sukses

      Hapus
  17. Mbak Endang, ini enakkkk banget resepnya. Bener2 jadi berpikir ga usah beli2 lagi chicken katsu di luar kecuali terpaksa banget. Wkwk. Makasih banyak ya mbak buat resepnya. Udah banyak sebenernya yg dicoba, tp jarang komen hihi. Sehat selalu ya mbak :)
    Asta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Asta sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  18. Halo mbam endang.. mau Tanya, kalau simpan ayam yg Sudah Di marinade slama 24 jam tetap Di chiller atau pindahan ke freezer ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayam marinade bs di chiller maksimal 3 hari ya mba, lebih dari itu sebaiknya di freezer.

      Hapus
  19. halo mbak Endang, saya mau tny untuk ayam nya ini tidak perlu di rebus sbntr ya biar dlm nya matang ? makasi sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sylvia, tidak direbus ya Mba, ayam mentah ya, kalau direbus ntar kurang oke. fillet lembaran tipis pasti matang ketika dimasak

      Hapus
  20. Hallo mbak endang. Aku pernah beli chicken katsu homemade, sepertinya 1 dada filet, karena tebel dan besar. isi katsunya ada sedikit mayones dan sosis. Pas aku goreng dan aku makan, Dagingnya lembuuut bgd deh, apa dikukus dlu atau gmn ya? Mngkin mba endang tau.
    Suami minta aku cari resepnya, hadduh bingung juga soale dagingnya bisa bgitu lembut.

    Barusan aku buat katsu digeprek juga, dagingnya jd cepet mateng ya, krna males jadi cm pake bawang putih, merica, tepung terigu, tepung panir aja. Sayangnya entah apa yg meracuni diri ini masa lupa pake garem. Tp lumayan enak kok, yg paling penting daging mateng krna digeprek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kurang tahu juga gimana bisa lembut, bisa jadi di masak dulu jadi gak langsung goreng.

      Hapus
  21. Untuk lidah yang suka makanan gurih kayak saya, mesti tambah sedikit garam di tepungnya..dagingnya jd enak, suami yang ga terlalu suka ayam aja bs habis 1 fillet dengan catatan cm kurang sdkt garam, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. garam dan merica sesuai selera saja mba, kedua bahan itu bs berbeda2 setiap orang

      Hapus
  22. Halo Mbak Endang. Aku udah coba resepnya dan suka banget karena rasanya jadi gurih ketika digoreng langsung. Setelah aku bekuin di freezer dan digoreng lagi kurang lebih 2 minggu kemudian rasanya ngga segurih ketika digoreng langsung. Apa memang akan begitu mbak? Atau ada trik agar rasanya tetap sama ketika ingin dibekukan ke freezer? Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, wah saya kurang tahu ya, menurut saya sama saja. Saya tidak punya tipsnya Mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...