20 December 2010

Chicken Shrimp Roll

Selain Chicken Yakiniku yang pernah saya posting sebelumnya, ada satu lagi nih makanan favorit saya jika bersantap di Hoka-Hoka Bento. Kani Roll. Gulungan daging kepiting dan telur yang digoreng ini sangat lezat, pas sekali dicocol dengan mayonaise dan saus sambal membuat saya penasaran bagaimana cara membuatnya. 

Browsing sana sini akhirnya saya menemukan juga resep yang pas. Yang ini bernama Chicken Shrimp Roll karena menggunakan daging ayam dan udang yang dicincang, kemudian dibungkus dengan kulit kembang tahu. Rasanya? Jangan khawatir, hampir mirip kok dengan Kani Roll di Hokben. Tipsnya, cari kembang tahu yang utuh dan tidak pecah agar hasilnya bagus. Rendam dalam air dingin hingga kulit kembang tahu benar-benar lemas. Ketika akan menggoreng roll, sebaiknya celupkan dulu ke dalam telur kocok supaya kulit tahu tidak kering dan mengelupas, hasilnya pun lebih cantik.


Setelah berhasil membuat Kani Roll versi ini saya jadi ketagihan untuk membuatnya lagi karena mudah dan rasanya ... Hmm, yummy!

Yuk dicoba,
Chicken Shrimp Roll 
Resep diadaptasikan dari Warung Hamburg, Chicken Shrimp Roll

Bahan:
200 gram daging ayam cincang
200 gram daging udang cincang
1 batang wortel, parut kasar
1 batang daun bawang, rajang halus
1 butir telur ayam, kocok lepas
3 sendok makan tepung sagu
2 lembar kulit kembang tahu, rendam air dingin, potong-potong ukuran 10 x 10 cm

Bumbu:
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garlic bubuk (bawang putih parut)
1 sendok teh minyak wijen
1 sendok teh soy sauce/kecap asin
1 sendok teh saus tiram
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Tambahan:
1 butir telur, kocok lepas untuk pencelup

Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali kulit kembang tahu. Cicipi rasanya. 


Letakkan 1 1/2 sendok makan adonan isi disepanjang salah sisi kulit kembang tahu, rapikan. Gulung kulit kembang tahu hingga adonan isi tertutup, biarkan ujung-ujungnya yang terbuka. Lakukan hingga semua adonan dan kulit habis.


Kukus selama 20 menit hingga chicken shrimp roll matang. Angkat.
Kocok lepas telur ayam, celupkan chicken shrimp roll ke dalam telur hingga seluruh permukaannya tertutup telur. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Potong-potong menyerong dan sajikan dengan saus sambal botolan.





25 comments:

  1. mba,kemarin aku bikin ini, berhasil loh *bangga* anakku yg umur 20bulan aja doyan ternyata (padahal ga pake saus tiram dan kaldu bubuk):)
    minta masukan dong, merk kulit kembang tahu yg "mulus" apa ya?
    btw, makasih banget resepnya.. laik dis yo!

    --Hanif--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Hanif, hehhehe, enak ya rasanya? Saya juga suka banget mana mudah lagi dibuat. Saya suka pakai kembang tahu tipis seperti lembaran kertas, selama ini cuman nemu itu di toko buah All Fresh Mba. Di supermarket belum pernah lihat. Bentuknya lembaran lebar, besar, tipis seperti kertas dan tinggal digunting2 saja sesuai kebutuhan. Kembang tahu ini lemas banget dan nggak perlu direndam pakai air, jadi bisa langsung untuk membungkus shrim roll atau ekkado. ^_^

      Delete
  2. mba aku seneeeng banget bisa liat2 resepnya, makasih banyaak yaa udah share resepnya smg dpt balasan dr Allah Swt yaa...oiya kapan hari aku liat ada resep just try & taste di warta kota, waah jd semakin seneng berkunjung disini, smg ngga bosen2 bikin kreasi masakan ya mba,smg sukses selalu yaa...

    salam - Fitri -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Fitri, salam kenal dan thanks ya atas komentarnya. Waah saya malah belum lihat artikel resep di Warta Kota hehehe, thanks atas infonya ya Mba.

      Delete
  3. Dah nyobain nih, mbak.. Enaaakkk... Makasih ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Peni, sip, sama2. Thanks atas sharingnya ya.

      Delete
  4. Hi mba endang, setelah kemaren saya nyoba resep somay dan berhasil, saya balik lg liat2 resep di blog mba,, akhir nya saya mencoba resep Chicken Shrimp Roll ,, alhamdulillah mba berhasil lg,,, rasa nya yummy :),, sama kaya hoka2 bento,,jangan bosen nulis resep ya mba,, resep mba mudah diaplikasikan,untuk seorang pemula seperti saya,, thxs alot mba,, sukses selalu ^_^
    Vina-Jakarta

    ReplyDelete
  5. Mba..., 2 minggu lalu Rin nemu kulit kembang tahu bentuk lembaran kering yg lebar di supermarket Setiabudi Bandung, Langsung angkut ke Jakarta, udah kebayang mau bikin "CSR" ala JTT. Nah malam ini eksekusi...., celakanya lupa tuh beli wortel, hi hi hi. Bongkar kulkas nemu bit, ya sud, pake bit saja. Huahahaha....., pas diadon warna nya jadi merah semua, lucu...,tapi begitu di kukus, berubah jadi orange, dengan semburat merah2 serutan bit. oh ya..., bumbu cair nya semua Rin pake ukuran sendok makan, ganti dari sdk teh, jadi ga perlu tambah garam lagi.
    Begitu keluar kukusan, langsung dicoba...., hmmmm, enakkk, rasanya menurut ku nendang banget. Tapi menurut hubby and daughter lebih enak kalo pake udang aja, tanpa campuran ayam, yah... namanya jadi "SR" dong. TAPI>>>>>, herannya, belon juga digoreng, CSR dah lenyap setengah nya, ternyata lagi diratah sambil dicocol sambel botolan.
    Haduh...., mau bilang apa ya...., padahal dah diperuntuk kan jadi sarapan besok, he he he. Thanks buat resep nya. Slm, Rin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, idenya cemerlang juga pakai bit hehehe, lucu juga kali ya chicken shrimp rollnya. Kulit kembang tahu ini rada2 susah cari di jakarta Mba, hanya ada di beberapa supermarket saja, kalau ketemu saya juga suka kegoda beli, sayangnya bikinnya CSR nya males wakakkaka. Simpan di palstik rapat, jangan taruh di kulkas, nanti kering gak bisa dipakai.

      Delete
  6. Salam kenal mba :-)
    Pagi ini lagi bingung mau masak apa untuk hubby tercinta, eh ternyata ketemu sama blog JTT. Asik sekali banyak resep2 yang sepertinya mesti kucoba, hubby seneng bgt kalau saya punya banyak variasi masakan, dan JTT langsung ku ctrl+D

    Jadinya saya sekarang mau coba masak shrimp roll ini, nanti kuceritakan rasa nya di blog ku hehehe..thanks ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal juga ya. Sip silahkan dicoba resepnya ya, semoga mba dan hubby-nya suka ^_^. Link back ya kalau di share di blognya. thanks sharingnya! ^_^

      Delete
  7. alo mba thanks bgt ya buat resep2 hebat dr mba :)
    ak baru tau ad blog ini..sangat senang hehe

    mba , kalo aku ga mau goreng lagi, bisa ga dimakan stlh dikukus saja?

    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Safira, salam kenal juga. Gak digoreng gak papa,tetap enak. Saya juga suka versi kukusnya, tidak berminyak hehhehe. Silahkan dicoba ya ^_^

      Delete
  8. Mba Endang, syukurlah akhirnya si sulung sudah lebih baik....sekarang dah sekolah lagi dan sudah agak mau makan (bersyukur ada resep2 dari Mba Endang, sungguh menolong!!!...terimakasih banyak yah Mba :))

    Mba, mau tanya. Kalo untuk CSR ini...kami mau simpan di freezer sebaiknya setelah dikukus atau yg belum dikukus? Terimakasih yah Mba. Motik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Motik, wah senangnya si sulung dah sembuh. Moga makin sehat ya. CSR ini dikukus dulu Mba, baru masuk ke freezer ya.

      Delete
  9. Ini sama kayak resep ekkado ya mbak?

    ReplyDelete
  10. Pengen banget nyobain resep CSR nya Mbak Endang nih.. tp masalahnya suami sama si kecil biasanya gatal2 kalo habis makan udang. gimana nih Mbak Endang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skip saja udangnya Mba, pakai ayam giling saja. moga suka yaa

      Delete
  11. mba biasanya bli kembang tahu diimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli di all fresh Mba, di supermarket susah cari kembang tahu lembaran yang bagus sepeti yang saya pakai diatas

      Delete
  12. mba endang kemarin aku ke carrefour, saya liat ada kembang tahu, tapi ada dua jenis .. yang pertama mirip kerupuk keras.. harganya kisaran 20rb. yang satunya lagi bentuk tipis mirip kertas gitu.. sekitaran 10rb, kalau buat Chicken Shrimp Roll bagusnya pake yg gimana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba novii, saya suka pakai yang tipis kaya kertas, kalau yang kerupuk keras itu harus direndam air dan mudah pecah, kalau yang kaya kertas bisa langsung digunting2 dan dipakai buat bungkus, lebih praktis ya.

      Delete
  13. Mba, klo tepumg sagu diganti tepung tapioka bisa? btw tepung sagu sama tepung tapioka itu sama ato beda si mba. ada yg bilang sama ada yg bilang beda, jadi bingung hehehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai tapioka, sagu dan tapioka beda ya hanya efeknya memang sama. Sagu dari pati batang pohon sagu, tapioka dari pati singkong. Biasanya memang terkadang ada tepung tapioka merknya pakai sagu tani, padahal isinya tapioka

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...