11 December 2010

Risoles isi Ragout Jagung Manis


Bagian apa yang membuat anda malas saat membuat risoles? Kalau saya, bagian kulitnya. Ribet dan belum tentu hasilnya memuaskan. Tetapi sore kemarin ketika saya bermaksud untuk membuat schotel jagung panggang, terjadi accident fatal. Saya lupa memasukkan telur ke dalam adonannya! Saya baru menyadarinya setelah capek menunggu 1 jam memanggang, schotel saya tetap lembek dan buyar.

Waduh, putar-putar otak untuk memanfaatkan schotel gagal ini akhirnya saya teringat dengan risoles isi ragout. Adonan schotel-nya toh sudah mirip dengan adonan ragout hanya memang kurang terigu sedikit. But it's just fine. Akhirnya dengan terpaksa saya membuat kulit risoles juga. Wah, ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan dan prosesnya juga sangat cepat. Risoles saya-pun berakhir sukses! Bye-bye schotel, mungkin next time saya akan mencoba membuatnya :) 

Untuk kulitnya saya ambil resepnya dari buku 500 Resep Kue & Masakah Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati.

Berikut ini resepnya.



Risoles Isi Ragout Jagung Manis
Resep ragout hasil modifikasi sendiri
Resep kulit risoles diadaptasikan dari buku 500 Resep Kue & Masakah Koleksi Kursus Masak Ny. Liem yang Paling Diminati.

Untuk 12 risoles

Bahan ragout:
- 200 gram jagung manis pipilan, tumbuk kasar
- 100 gram  wortel, potong dadu kecil
- 1 batang daun bawang, cincang
- 2 sendok makan tepung terigu
- 1 batang sosis, iris korek api
- 100 gram daging cincang
- 150 ml susu cair
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 butir bawang putih cincang halus
- 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
- 1/4 sendok teh pala bubuk
- 1/4 sendok teh cengkeh bubuk
- 2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan margarine untuk menumis

Bahan kulit:
200 gram terigu serba guna
1 butir telur
200 ml susu cair
100 ml air
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh  kaldu bubuk

Bahan lain:
- 1 butir telur kocok
- Tepung panir/tepung roti untuk melumuri permukaan risoles
- Minyak untuk menggoreng risoles

Cara membuat: 

Kulit
Dalam mangkuk, aduk terigu, susu dan air. Tambahkan telur, garam, aduk rata hingga menjadi adonan yang halus. Jika terigu bergumpal, saring adonan kulit atau haluskan dengan blender. 

Dengan menggunakan wajan anti lengket, buat kira-kira 12 buah dadar tipis. Sisihkan. 

Ragout
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, masukkan daging cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna.

Masukkan jagung, daun bawang, wortel, sosis, susu cair, terigu, garam, pala, cengkeh, gula pasir dan kaldu bubuk. Aduk hingga semua bahan matang dan menjadi adonan kental. Cicipi rasanya. Angkat. 

Cara membuat: 
Ambil selembar kulit, isi dengan 1 1/2 sendok makan adonan isi. Bungkus segiempat seperti amplop. Celupkan pada telur kocok dan gulingkan ke tepung panir hingga semua permukaan risoles tertutup tepung.

Goreng dalam minyak panas sebentar hingga berwarna kuning keemasan. Tiriskan.

Tips. Tepung panir cepat sekali kecoklatan dan gosong, jangan goreng dengan api besar dan goreng dalam jumlah sedikit saja. Bolak-balik risoles sehingga warnanya merata.


  

4 comments:

  1. Hai Mba, salam kenal.
    Saya hobby banget buka blognya karena resep2nya kebanyakan mudah & praktis. Semoga makin rajin upload resep2 praktis lainnya ya Mba.

    Btw, mau tanya tepung terigu serbaguna itu contoh merknya apa Mba?Maklum kurang gaul nih soal bahan kue..he..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Salam kenal juga. Thanks ya atas komentarnya. Tepung terigu serba guna itu tepung terigu protein sedang atau kalau pakai Bogasari merk dagangnya adalah Segitiga biru.Atau tepung terigu kiloan dipasar. Umum dipkai untuk aneka makanan, kue dan gorengan.

      Delete
  2. Hai mbak endang, mau tanya itu u 12 kulit dadar pke teflon ukuran brp ya? Sy msi awam ni.. hehe. Kl jagung dhilangkan bs gak mbak, krg sk sm jagung soale.. Makasii sblmnya..

    Desi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Desi, pakai teflon ukuran diameter 20 cm kalau gak salah ya, lupa udah lama banget

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...