24 Desember 2010

Resep Ekkado


Resep Ekkado JTT

Gorengan ala Jepang memang beraneka ragam dan lezat, sebut saja tempura, segala macam sayuran bisa digoreng menjadi tempura. Atau menu yang ada di Hoka-Hoka Bento: Kani Roll, Ebi Furai, Chicken Egg Roll, Shrimp Roll dan masih banyak lagi. Nah, ada satu nih yang bentuknya lucu menyerupai buntelan yang diikat ujungnya dan berisi daging ayam & udang cincang plus telur puyuh. Namanya ekkado. Iseng karena kulit kembang tahu masih tersisa ketika membuat Chicken Shrimp Roll,  akhirnya saya pun menyulapnya menjadi Ekkado. Okeh memang ekkado buatan saya tidak secantik di Hokben hanya saja untuk urusan rasa saya percaya diri, ekkado buatan saya bisa diadu ^_^. Berbeda dengan Hokben, ekkado yang ini menggunakan wortel parut dan daun bawang supaya lebih sehat dan lezat.

Resep Ekkado JTT

Untuk membuat ekkado diperlukan kulit kembang tahu yang mulus dan utuh. Kendala terbesarnya ada disini, mengingat kembang tahu di pasar swalayan sering sekali kondisinya pecah-pecah dan berlipat-lipat kasar sehingga menyulitkan ketika membentuknya menjadi buntalan kecil. Jadi jika anda kesulitan menemukan kulit kembang tahu yang mulus, bisa diganti dengan kulit pangsit. Tips agar kulit kembang tahu menjadi benar-benar lemas dan mudah diatur, rendam dalam air dingin agak lama ya.
Secara umum, membuat ekkado cukup mudah dan relatif cepat. Yuk kita langsung saja. 

Resep Ekkado JTT

Ekkado
Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Ekkado

Untuk sekitar 10 buah ekkado

Bahan:
- 100 gram udang kupas kulitnya
- 100 gram daging ayam cincang
- 1/4 sendok teh soda kue 
- 1/2 batang wortel, parut kasar (optional)
- 10 butir telur puyuh rebus
- 2 lembar kulit kembang tahu, rendam air dingin hingga lemas, potong-potong ukuran 10 x 10 cm
- 1 batang daun bawang, cincang halus (optional)
- 2 sendok makan tepung sagu
- 1 butir telur ayam kocok lepas + 1 butir telur ayam untuk bahan pencelup
- benang kasur secukupnya untuk mengikat

Bumbu:
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh minyak wijen
- 1 sendok teh soy sauce (kecap asin)
- 1 sendok teh saus tiram
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:
Campur udang dengan soda kue, ratakan, biarkan 10 menit. Cincang udang hingga lembut. Siapkan mangkuk, masukkan daging ayam, udang, wortel, daun bawang serta bumbu-bumbu, tambahkan tepung sagu dan telur kocok. Aduk rata. Cicipi rasanya.

Letakkan satu lembar kulit kembang tahu di papan talenan, isi dengan 1 sendok makan adonan isi, beri 1 butir telur puyuh.

Resep Ekkado JTT

Satukan ujung-ujung kulit kembang tahu keatas dan ikat dengan benang kasur menjadi bentuk buntelan kecil.   

Resep Ekkado JTT

Lakukan hingga semua bahan habis, kukus dalam dandang panas selama 15 menit. Angkat. Celupkan ekkado ke dalam telur kocok dan goreng dalam minyak panas hingga kulit kembang tahu garing dan berwarna coklat keemasan. Ekkado siap disajikan dengan saus sambal botolan. Yummy!

Source:
Buku Kitab Masakan, Kumpulan Resep Sepanjang Masa - Ekkado

TESTIMONI PEMBACA

Sitiborna Veranice
Sekedar saran, jangan bikin saat kumpul bocah terjadi di tempatmu. Sabaaarr.. tunggu mereka terlelap dan taraaa.. kamu bisa gunakan berbagai alasan untuk mencicipinya.
EKKADO
Justtryandtaste Blogspot atau
www.justtryandtaste/2010/12/ekkado.html?m=1





  




51 komentar:

  1. Mbak, soda kue ini fungsinya apa ya? Bs dgantikan dgn apa ya klo ga ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soda kue fungsinya untuk membuat adonan menjadi kenyal dan keras sehingga ketika digigit gak terlalu empuk, bisa diganti air kapur sirih dikit atau dihilangkan saja soda kuenya gak papa kok.

      Hapus
  2. Keren banget nih resepnya, dilampirkan juga photo-photo cara bungkus adonannya mantap deh makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Raisa, makasih ya heheh, hasilnya gak seoke ekkado Hokben sihhh

      Hapus
  3. baru nemu blog nya n love it so much
    cara transfer ilmunya ciamik..

    izin nyalin2 buat kumpulan resep di rumah ya...
    mudah2an ga males prakteknya ni..

    BalasHapus
  4. JTT itu mudah diingat... klo ada resep yg ada metode sistematis plus tanda panah, pasti JTT. sangat identik :)
    salut mbak sama blognya. salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Milanda, salam kenal. Wakakakak, tanda panah itu sebenarnya aneh juga ya, rada2 culun, akhir2 ini saya hilangkan panahnya, moga masih bisa diterima juga heheheh. makasih ya. Thanks komentarnya disini. Sukses selalu ^_^

      Hapus
    2. yang saya cari panahnya loh mbak. kok sekarang ga ada, kirain mbak lupa ngasihnya hehehe. ternyata sengaja yaa...
      salam, heti

      Hapus
    3. Hahaha, ternyata pada nyari tanda panahnya ya. Gambar searah jarum jam lihatnya Mba Twiewie ^_^

      Hapus
  5. Halo Mba,
    Emang gurih nih ekkado....makasih resep2nya ya...
    kmrn sy udah nyoba bikin,separo habis begitu keluar dr kukusan :) dan...kl mnrt saya malah lbh enak tanpa digoreng, tdk berurusan dg minyak. Sy sempet kesal dg kembang tahu yg sobek2...tp stlh tambal sana sini, diikat daun kucai, uhh cantiiik....thanks again

    Srimul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sri, itu kelemahan kulit kembang tahu ya, suka pecah2 dan banyak kebuang. Wah pakai daun kucai pasti cakep hasilnya hehehe. Thanks ya.

      Hapus
  6. Asyiik resep ekkadonya kayaknya mudah. Izin copy yah mbak soalnya pacarku suka banget makanan jepang hehe :)

    BalasHapus
  7. Pagi, mbak. Sdh saya coba resepnya. Enak, kenyal! Saya pake soda kue. Masalah saya adlh bungkusnya nggak rapi/cantik spt punya mbak. Salah satu kelemahan saya... Terima kasih atas resepnya.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Sisca, kalau pakai kulit kembang tahu biasa yang berlipat2 itu susah, robek sana sini ya. Saya suka pakai kulit tahu yang mulus seperti lembaran kertas, sayangnya hanya ada di toko tertentu saja, praktis dan gak gampang robek.

      Hapus
    2. Ya betul. Sayangnya saya belum menemukan kulit tahu spt itu. Kalau ada, saya pasti akan beli krn saya termasuk penggemar tahu dan olahannya.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
  8. Kalo kembang tahu impor buatan China atau buatan lokal tapi yg bukan pabrikan gede biasanya lembarannya tebal2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, ada kulit tahu bentuknya seperti selapis kertas, ukuran 1 x 1 m kalau gak salah, dilipat rapi. Ini mantep banget buat lipat melipat, sayangnya di jakarta cuman ada di toko buah All Fresh.

      Hapus
    2. kalo di Bogor, ada juga di toko Ngesti dan Grand.. kecap SH juga ada di sini, mbak.. :)

      Hapus
    3. kalo di bandung, pernah liat di supermarket the kiosk di setiabudi...

      Hapus
    4. Thanks ya mba Maria, saya sampai sekarang belum dapat itu kecap SH wakakkak

      Hapus
  9. salam kenal mba endang yang baik hatiii *karna total banget bagiin resepnya... duh aku semangat menggebu-gebu banget nih mba baca resep2 kue sama resep masakannya. ceritanya aku tuh baru mau belajar masak. baru banget mau coba2 jadi banyak bahan bahan kue yang aku belum tau. heheheee. jadi setelah pilah pilih aku mau coba resep ekkado dulu deh. mudah2an sukses nih. makasih ya mba buat resepnya. mau nyontek dulu nihh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Eva, salam kenal juga ya. sippp, saya senang blognya bisa membuat teman2 jadi semangat masak wakkaka. untuk ekkado, saran saya pakai kulit tahu yang lembarannya tipis seperti kertas, permukaannya halus, gak bergelombang. Kulit tahu ini lemas, liat dan fleksible dibentuk, tanpa harus direndam air seperti kembang tahu yang kering. hasil ekkadonya jadi bagus gak kaya punya saya yang belepotan hahaha. thanks sharingnya ya. sukses selalu ^_^

      Hapus
  10. Pagi mba, salam kenal ya. aku ijin nyoba resep nya ya..kebetulan pacarku dr kmrn minta dibikinin ini hihihi.. thank you :)

    BalasHapus
  11. Mba Endang klo udangnya diganti ikan tenggiri aja bisa ga? soalnya di kulkas adanya ikan tenggiri..trus klo direbus aja bukan dikukus bisa ga ya mba soalnya blum punya dandang buat ngukus, maklum baru pindah dari pondok mertua indah..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa pakai ikan tengiri saja, skip udang. Kukus ya Mba, kalau rebus takutnya buyar wakakka. kalau gak punya kukusan, pakai panci isi air dan taruh mangkuk yg dibalik didalamnya. Diatas mangkuk letakkan saringan alumunium. Tata ekado di dalam saringan, jadi kaya kukusan darurat. hehhehe

      Hapus
  12. Mbak..soda kue/baking soda dan baking powder sama gak? Kl sama mau saya ganti baking powder saja. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnnya berbeda yaaa, kalau untuk cake atau cookies harus hati2 menggantikannya. Tapi untuk resep diatas boleh2 saja kok, lagipula porsinya cuman sedikit, di skip juga gpp hehhehe.

      Hapus
  13. Mbak kl pk kulit tahu agak susah ngeikatnya coz licin bgt dah gt byk yg sobek2 :) jd ku pk kulit lumpia instan deh. Sagunya ak tmbh jd lbh dr 3 sdm coz masih kelembekan kl cm 2 sdm. Rasanya enak mbak hehe..thanks buat resepnya y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep susah kalau pakai kembang tahu, dan gampang sobek, ada yang kulit tahu lembaran tipis dilipat2, itu lebih liat dan gak gampang sobek, cuman agak susah carinya. sip, thanks sharingnya ya Mba. ^_^

      Hapus
  14. mbak kalo sagunya diganti pake tepung kanji bisa gak?

    BalasHapus
  15. mba saya mau tanya, untuk benang kasurnya itu dilepasnya saat kpn ya mba agar ekkadonya tetap cantik dan adonan tidak keluar2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah dikukus, dilepas saja Mba, bentuknya gak berubah kok.

      Hapus
  16. Assalamu'alaikum mba endang, ini kalo di bikin buat frozen food dimasak sampai tahap kukus yah baru di bekukan? Mau nyoba buat jualan nih hehehe

    BalasHapus
  17. Halo mba, bisa utk berapa lama ya kalo dibekukan?

    BalasHapus
  18. Mba endang kalo resep ekkado ini dibikin kaki naga bisa ga ya mba? Apa yg mesti ditambah atau dikurangin, soalnya saya suka sm rasa resep inj tp mau bikin kaki naga 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba bisa ya, tidak usah ditambah/kurangi apa2 ya, kecuali kalau terlalu lembek ketika dipermak bs ditambah ayam atau bread crumbs

      Hapus
  19. Ayamnya ayam cincang? Dicampur ke adonan sama breadcrumbnya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, ayam giling/cincang dan bread crumbs diaduk di adonan agar tidak lembek

      Hapus
  20. Mbak tepung sagu bs diganti dengan tepung lain? Kaya tepung corn starch?

    BalasHapus
  21. Mbak, kalo ayam cincang ini sama aja sama ayam giling kah? (tadi baca mbak jawab komen di atas). Kalo sama, ayam giling yg suka dijual di SPM itu ya, mbak? Maklum pemula mbak. Hehe. Makasih ya mbak.
    Asta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi MBa Asta, yep ayam cicang sama dengan ayam giling yang banyak dijual di SPM ya.

      Hapus
  22. Mba kalo ga ada kecap asin gimana ya?

    BalasHapus
  23. Mba, mau tanya, kalau sagu disitu fungsinya apa yah?
    Satu lagi, jika saya tambahkan tepung terigu dengan mengurangi komposisi udang dan ayam gilingnya gimana mba? Soalnya buat jualan nih. Tolong saran komposisinya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk membantu daging menyatu dan tekstur ekkado lebih kenyal. wah saya belum pernah pakai terigu mba, jadi kurang bs memberi suggest ya, harus trial error sendiri mba

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...