13 Desember 2010

Resep Tahu Gejrot Belimbing Wuluh


Resep Tahu Gejrot Belimbing Wuluh JTT

Siang-siang panas-panas, selain rujak dan es kelapa muda ada satu lagi makanan yang masuk ketegori ringan dan bergizi. Tahu gejrot! Buat yang perutnya masih setengah kenyang tetapi mulutnya kepengin ngemil, nah kenapa tidak mencoba yang ini saja sambil menunggu sesi makan berat selanjutnya.

Tahu gejrot ini banyak dijumpai di Jakarta dan dijual dengan menggunakan pikulan atau gerobak mini. Biasanya si abang penjualnya  selain menjual tahu gejrot juga menjual tahu goreng sumedang. Karena memang bahan utama si tahu gejrot adalah tahu goreng yang yang digoreng dengan minyak banyak sehingga menggelembung dan kempos di dalam. Komposisi utamanya adalah potongan-potongan tahu goreng yang diiris kasar kemudian disiram dengan kuah gula merah yang diberi asam jawa. Bumbunya biasanya adalah cabai rawit hijau dan bawang merah yang diulek kasar di cobek tanah liat. Rasanya manis, asam  dan pedas bercampur dengan gurihnya tahu. Hmm, bikin ketagihan!

Untuk resep kali ini saya mencontek si abang penjual tahu gejrot di dekat kantor. Untuk cita rasa asamnya, si abang menggunakan belimbing wuluh. Wuih, ternyata rasanya lebih mantap.

Yuk kita bikin sendiri saja, lebih sehat dan terjamin higienitasnya.

Tahu Gejrot Belimbing Wuluh
Resep diadaptasikan dari penjual tahu gejrot di bilangan Kuningan, HR. Rasuna Said

Bahan:
- 10 potong tahu putih, goreng dengan minyak agak banyak sehingga mengembang dan berongga.

Bumbu kuah gula merah:
- 50 gram gula merah
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 1/2 sendok teh garam
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 4 buah cabai rawit merah, haluskan
- 200 ml air

Bumbu yang dulek kasar:
- 5 butir bawang merah
- 5 butir belimbing wuluh
- 4 butir cabai rawit hijau
- 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat:
Rebus air dan bumbu kuah gula merah, hingga mendidih dan matang. Cicipi rasanya, harus asin dan manis. Angkat. Masukkan bumbu kasar ke dalam kuah gula merah, aduk rata.

Siapkan mangkuk, potong-potong kasar tahu, masukkan ke mangkuk. Siram dengan kuah gula merah.  Beri sedikit kecap manis. Aduk rata. Sajikan.

Catatan:
Di penjual tahu gejrot biasanya bumbu kasar diulek di cobek kecil dari tanah liat baru kemudian potongan tahu ditata diatasnya dan disiram dengan kuah gula merah. Tahu disajikan bersama dengan cobeknya.



2 komentar:

  1. Mba.. ini tahu nya bukan tahu kulit yah? Klo tahu putih biasa setelah di goreng bisa ngeras gitu mba kulit luarnya? Tahu dalamnya gak dibuang kan mba? Udah lama mau bikin ini tapi bingung penggunaan tahunya yang mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau digoreng terlalu lama biasanya memang keras, kalau mau pakai tahu sumedang yang sudah digoreng dan empuk kulit luarnya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...