23 Desember 2010

Resep Nasi Goreng Serai


Resep Nasi Goreng Serai JTT

Terus terang saya bukan penggemar nasi goreng, pernah 'trauma' gara-gara makan nasi goreng campur telur orak-arik. Rasa amis telur yang menyengat membuat isi perut langsung naik ke atas. Setelah itu saya berusaha menjauhi si nasi goreng. Tapi apa daya, nasi goreng merupakan alternatif tercepat memanfaatkan nasi yang tersisa. Memang sih ada menu lainnya yang bisa di kreasikan misalnya nasi pepes. Hanya saja bagaimana kalau di pagi hari dengan waktu terbatas dan terburu-buru untuk menyiapkan sarapan dan tidak memiliki daun pisang? Nasi pepes hanya tinggal khayalan saja.

Resep Nasi Goreng Serai JTT

Nasi goreng serai ini hasil mengutak-atik di dapur supaya taste-nya pas dengan selera saya. Aroma segar serai menurut saya sangat menggugah selera dan membuat tidak 'eneg'. Tidak heran minyak atsiri serai yang nama kerennya lemon grass banyak kita jumpai di penjual-penjual minyak aromatherapy. Serai sering juga dimanfaatkan di dalam masakan Thailand. Kuah TomYam tidak akan terasa segar dan harum tanpa lemon grass. Hasil utak-atik saya ternyata tidak mengecewakan, nasi goreng menjadi harum dan menghilangkan rasa 'eneg' yang suka timbul. Saya tambahkan sedikit teri, terasi dan irisan daun jeruk purut untuk mempersedap rasanya serta kunyit agar warnanya lebih cantik. Hmm, laziz!

Resep Nasi Goreng Serai JTT


Nasi Goreng Serai ala Just Try & Taste
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Bahan:
500 gram nasi putih
2 sendok makan teri medan, goreng kering

Bumbu halus:
2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
1/2  ruas kunyit
1 sendok makan ebi kering
3 buah cabai rawit merah
2 buah cabai merah
1 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sendok teh terasi
3 butir kemiri sangrai

Bumbu lainnya:
2 lembar daun jeruk iris halus
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu bubuk
garam secukupnya
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Tumis bumbu halus dengan 1 sendok makan minyak hingga harum, gunakan api kecil. Masukkan teri dan daun jeruk iris. Aduk hingga daun layu. Matikan api.

Resep Nasi Goreng Serai JTT

Masukkan nasi, teri, merica bubuk, kaldu bubuk dan garam. Aduk rata. Cicipi rasanya.

Resep Nasi Goreng Serai JTT

Hidupkan api, masak kembali nasi goreng hingga nasi agak kering. Angkat dan sajikan dengan telur dadar jika suka.   


Nasi goreng serai siap untuk disajikan. 

Selamat mencoba! 



6 komentar:

  1. nasinya dibungkus telur dadar, jadi gitu caranya biar nasi bs terbungkus sm telur.. good idea nih..
    dlu di KL tiap makan nasi pataya di kedai mamak suka bngung gmn cara bungkusnya ya.. ternyata begitu tooohh... hehehe thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Bella, thanks sharingnya ya, wakakkak, gampang sebenarnya ya, tapi kalau gak tau tetep saja bingung

      Hapus
  2. Enak... Thank you, mau berbagai resepnya....

    BalasHapus
  3. siang mba endang salam kenal, saya berterimakasih yang sebesar2nya dgn mba endang, krn saya bisa ada ide untuk tambah daftar menu diwarung, kebetulan saya jualan ayam goreng.. Alhamdulillah sudah berjlan dgn lancar, tp saya boleh minta resep gak mba? eh maaf saya kok serakah yaa? bolehkah saya tau resep nasi goreng seperti restoran ES TELER 77 ?? sekali lg saya ucapkan terimakasih mba endang. semoga ilmunya memberikan keberkahan dlam hidup ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Eva, thanks ya sudah menyukai JTT. sayangnya saya belum pernah makan nasi goreng es teler 77 wakakak. Mungkin kalau sudah coba akan saya trial. Sukses warungnya yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...