23 Desember 2010

Resep Sayur Rebus Saus Keju


Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT

Waktu yang terbatas bukan berarti membuat anda tidak bisa mempersiapkan makanan yang lezat dan bergizi untuk diri sendiri maupun keluarga. Sayur rebus saus keju ini contohnya. Mudah, cepat dan lezat.  Saya tertarik untuk mencoba resep sayur ini saat membacanya di blog Seasonal Ontario Food, karena proses memasaknya yang simple dan terlihat lezat.  Tentu saja, saya tidak kuasa menolak segala sesuatu yang berbentuk sayuran. Melihat gambarnya saja di website telah membuat air liur saya menetes. Karena menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya maka sayur rebus ini cukup mengenyangkan, jadi bagi anda yang menghindari nasi, menu ini bisa menjadi alternatif penggantinya. Sebagai informasi, kentang mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam pembentukan sel tubuh. Selain itu kulit kentang juga mengandung serat yang tinggi,  jadi saya menggunakan daging dan kulitnya sekaligus untuk dimasak.

Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT
Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT

Cuci dan sikat kulit kentang di dibawah air dingin yang mengalir, buang mata kentang yang masuk terlalu dalam dengan ujung pisau.  Untuk sayur-mayur lain yang digunakan bisa disesuaikan dengan selera anda, sebaiknya gunakan sayuran yang crunchy dan tidak mudah lembek ketika di rebus.  Tambahkan rempah-rempah bubuk di dalamnya. Hmm, so yummy! Berikut resepnya.

Sayur Rebus Saus Keju
Resep diadaptasikan dari Seasonal Ontario Food, Hodge Podge

Untuk 4 porsi
 
Bahan:
- 2 buah kentang ukuran sedang berat + 300 gram, biarkan kulitnya. Cuci bersih dengan cara disikat, potong ukuran 3 x 3 cm
- 1 buah wortel, potong dadu
- 1/2 buah zucchini, belah membujur menjadi dua bagian, iris melintang dengan ketebalan 1/2 cm
- 1 genggam kapri muda, buang ujung-ujungnya

Bumbu:
- 2 sendok makan margarine
- 50 gram keju cheddar parut
- 1 sendok makan susu bubuk
- 1 sendok makan tepung terigu
- 1 butir bawang putih cincang halus
- 1 buah bawang bombay, belah menjadi 8 bagian
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh pala bubuk
- 1/2 sendok teh bawang putih bubuk
- Seujung kuku rempah daun kering (oregano, thyme, rosemary), bisa dibeli di pasar swalayan (optional)
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- Garam secukupnya
- 1 sendok makan minyak zaitun untuk menumis
- 50 ml air

Cara membuat:
Masukkan kentang ke dalam panci, isi dengan air hingga permukaan kentang tertutupi. Rebus kentang hingga hampir matang. Masukkan wortel. Teruskan merebus. Masukkan zuchini, dan kapri.

Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT

Jika kentang telah empuk dan bahan lain matang, angkat dan tiriskan. Air rebusannya bisa anda gunakan untuk membuat sup.

Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT

Panaskan minyak zaitun, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga bawang bombay menjadi transparan. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk-aduk hingga tepung berbutir, masukkan air dan aduk hingga tumisan menjadi kental. Angkat.

Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT

Masukkan tumisan bawang ke dalam rebusan sayuran, tambahkan keju parut, mentega, kaldu bubuk, garam, gula, merica bubuk, bawang putih bubuk, pala bubuk dan allspice. Aduk rata.  Cicipi rasanya.

Resep Sayur Rebus Saus Keju JTT

Sayur rebus saus keju siap untuk disajikan.

Sources:
Seasonal Ontario Food, Hodge Podge
The World's Healthiest Food, Potatoes
 



4 komentar:

  1. Mba, zucchini bisa diganti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayuran jenis apapun bs ya mba, brokoli, kembang kol, buncis, labu, apapun hehehhe

      Hapus
  2. Hi Mbk Endang, sy Ayu salam kenal.
    Sy sempat browsing resep zucchini noodles, dan sy tertarik pengen coba.
    Apa Mbk sdh pernah coba? Kalau sdh boleh di share dong Mbk..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah mba ayu, prinsipnya sama saja dengan pasta umumnya, cuman pastanya diganti zukini yang dibentuk spiral

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...