30 Desember 2010

Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry


Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry JTT

Tidak jelas siapa pertama kali yang menemukan produk susu yang bergizi ini yang jelas yoghurt telah ada selama 5400 tahun, sejak milenium ke-3 sebelum Masehi.  Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu yang dilakukan oleh bakteri fermentasi, hasil akhirnya adalah tekstur dan rasa yoghurt yang khas.  Bakteri yang berperan penting dalam mengubah susu menjadi yoghurt adalah bakteri Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. thermophilus

Proses pembuatannya sendiri sebenarnya tidak rumit, susu dipanaskan hingga mencapai suhu 80'C untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan sekaligus untuk mengubah struktur protein yang terdapat di dalam susu sehingga setelah fermentasi akan membentuk struktur yang lembut dan bukannya gumpalan. Kemudian susu didinginkan hingga mencapai suhu 45'C. Bakteri kemudian ditambahkan ke dalam susu dengan suhu yang tetap terjaga stabil di 45'C. Selain susu dari hewan ternak, susu kedelai bisa juga diolah menjadi yoghurt, yoghurt dari susu kedelai dikenal dengan soy yoghurt. Nah untuk homemade yoghurt anda bisa klik di postingan saya sebelumnya disini ya. 

Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry JTT
Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry JTT

Untuk kandungan nutrisinya, yoghurt kaya akan protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12. Selain itu yoghurt juga memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan susu yang menjadi bahan bakunya. Mereka yang tidak toleran terhadap laktosa bisa mengkonsumsi yoghurt karena proses fermentasi yang dilakukan oleh kultur bakteri mengubah laktosa menjadi asam laktat. Yoghurt juga dipercaya bisa membuat gusi menjadi lebih sehat, kemungkinan karena kandungan asam laktat yang terdapat didalamnya.

Aneka yoghurt dengan variasi rasa saat ini telah banyak dijual di luaran, umumnya yoghurt aneka rasa ini telah dilakukan penambahan gula dan essence agar sesuai dengan selera konsumen. Untuk benefit yang lebih maksimal sebaiknya gunakan plain yoghurt yang terbuat dari susu skim karena rendah lemak kemudian tambahkan aneka buah segar di dalamnya. Yoghurt menjadi lebih sehat dan lezat.

Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry JTT
Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry JTT

Berikut ini adalah resep berry yoghurt yang sangat mudah proses pembuatannya dan rasanya... Hmm, so yummy. Untuk buahnya bisa disesuaikan dengan selera anda, disini saya menggunakan strawberry dan blueberry yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Jadi selain lezat juga membuat cantik ^_^. Berikut resepnya ya. 

Resep Smoothie Yogurt, Strawberry, dan Blueberry JTT

Berry Yoghurt
Resep hasil kreasi sendiri 

Untuk 2 gelas

Bahan:
- 3 sendok makan penuh plain yoghurt (saya menggunakan Yummy Skim Yoghurt)
- 200 gram strawberry beku
- 50 gram blueberry kering, rendam sebentar dalam air dingin agar lemas.
- 3 sendok makan madu
- 2 sachet gula rendah kalori
- 2 sendok makan susu rendah lemak
- 400 ml air matang

Cara membuat:
Masukkan semua bahan ke dalam blender, tambahkan air. Proses hingga semua bahan halus. Saring jika menginginkan hasil yang halus. Saya tidak menyaringnya karena serat buah strawberry dan blueberry baik untuk pencernaan.

Masukkan ke dalam gelas saji, tambahkan es batu jika suka.  

Enjoy! 

Sources:
Wikipedia, Yoghurt
Wikipedia, Blueberry






2 komentar:

  1. hai mba saya Rahma, klo buat yoghurt dari susu rendah lemak bisa ga ya? ada ga di sini cara2 buat yoghurt yg lengkapnya?

    BalasHapus
  2. Halo Mba Rahma, saya rasa yoghurt bisa dibuat dari susu rendah lemak namun sayangnya saya tidak punya resep untuk membuat yoghurt karena untuk membuatnya selain membutuhkan starter (biang) juga membutuhkan alat khusus untuk menjaga suhu selama proses fermentasi sehingga susu tidak terkontaminasi mikroorganisme patogen. Semoga membantu ya.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...